Diet? Nggak Perlu! Begini Cara Mencintai Bentuk Tubuh Seutuhnya Apa Adanya dan Tanpa Syarat

Sumber: DIY Couture

Diet? Nggak Perlu! Begini Cara Mencintai Bentuk Tubuh Seutuhnya Apa Adanya dan Tanpa Syarat

5.8K
Mencintai bentuk tubuh dan diri sendiri adalah langkah pertama untuk menjadi sehat dan memiiki pandangan positif terhadap tubuh yang kita miliki. Jika Mama masih mencari cara untuk mencintai dan memperindah bentuk tubuh, juga meningkatkan kesehatan, terus baca ya, Ma!

Kebanyakan teman mengaku heran ketika mengetahui bahwa saya makan dengan porsi hampir setara dengan orang hamil. Hahaha. Iya, makan saya banyak, Ma. Padahal, menurut teman-teman, bentuk tubuh saya itu tergolong langsing, tinggi, dengan muka tirus, ala-ala model majalah. Aih.

Ah, sepertinya masalah bentuk tubuh ini merupakan masalah tiada akhir buat kita perempuan ya, Ma. Kalau kurang, pengin lebih. Kalau lebih, pengin kurang. Kalau langsing dan pas, dinyinyirin karena bikin iri, katanya. Hahaha. Serba salah deh.

Banyak pula yang bertanya, apakah saya menjalani diet untuk menjaga bentuk tubuh saya ini. Well, enggak. Saya nggak diet khusus. Sesungguhnya, saya hanya sudah belajar mencintai bentuk tubuh saya, bahkan sejak berat badan saya jauh kurang dari berat badan saya sekarang ini.



Bentuk tubuh dan berat badan, biasanya dianggap berbanding lurus dengan porsi makan. Porsi makan banyak pasti akan memengaruhi jarum timbangan bergerak jauh ke kanan. Porsi makan sedikit akan membuat berat badan juga berangka kecil.

Saya sering ditanya, bagaimana bisa saya yang makannya banyak tetap punya bentuk tubuh langsing? Well, saya tidak menjawab pertanyaan tersebut dengan memberikan tips-tips diet, melainkan dengan menjawab bahwa saya sudah mencintai bentuk tubuh saya apa adanya.

Ya, mencintai bentuk tubuh kita sendiri merupakan langkah pertama untuk menjadi sehat dan memiiki pandangan positif terhadap diri sendiri.


"To lose confidence in one’s body is to lose confidence in oneself." (Simone de Beauvoir, Penulis asal Perancis)


Begini seharusnya cara perempuan mencintai bentuk tubuh yang sudah dimiliki


1. Pahami, bahwa olahraga tak akan mengubah tipe bentuk tubuh seseorang


Heather Hazzan and Lily Cummings (All Woman Project)

Ya, dan ini termasuk Mama.

Konon, kalau mau langsing dan kurus ya olahraga!

Well, Mama, olahraga memiliki efek yang lebih baik dari itu. Olahraga akan membuat kita sehat, dan bugar. Namun bentuk tubuh tetaplah bentuk tubuh.

Kebanyakan perempuan punya stereotype yang standar mengenai bentuk tubuh, yaitu seperti yang dipajang di majalah-majalah. Ya, media punya andil besar terhadap stereotype ini. Gambaran dari majalah itu akhirnya membuat kita tak menyukai apa yang kita lihat di cermin, saat kita berkaca. Alis yang tidak simetris, mata yang besar sebelah, dahi yang lebar, bibir yang tebal, pipi yang chubby.

Sahih kan, Ma, kalau saya bilang bahwa perempuan saat ini cenderung melihat dari kacamata media yang jauh dari kehidupan sebenarnya?

Seperti kutipan di atas, bahwa perempuan yang tidak mencintai bentuk tubuh yang ia miliki, berati ia tidak memiliki kepercayaan pada diri sendiri.

See, betapa pentingnya untuk bisa mencintai apa pun tipe bentuk tubuh yang Mama miliki.


2. Pakailah pakaian yang tepat


Heather Hazzan and Lily Cummings (All Woman Project)

Suatu ketika, sahabat saya mengaku bahwa ia sudah mulai untuk mencintai bentuk tubuh yang ia miliki sekarang. Sudah jelas di raut wajahnya, betapa ia merasa percaya diri. Namun, setelah ia kembali melihat pakaian di lemarinya, beberapa baju yang ia coba ternyata sudah tidak cukup.

Kondisi ini membuatnya kembali terintimidasi.

Jika hal ini juga terjadi pada Mama, maka sekarang yang perlu Mama lakukan adalah memilah pakaian yang Mama punya. Keluarkan semua pakaian yang terlalu kecil dan sudah tak bagus lagi Mama pakai. Masukkan ke dalam kotak, lalu bisa Mama jual dalam garage sale atau mungkin Mama donasikan.

Efek setelah memakai baju kesempitan inilah yang harus Mama hindari. Pakailah baju yang cukup saja, yang membuat Mama bisa tampil pede dan stand out.


3. Waspadai semua hal yang "masuk" ke dalam tubuh Mama


Ada beberapa lampu merah berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan tubuh Mama.

Yang pertama, Mama perlu berhenti mengikuti program diet yang ekstrem, walaupun menjanjikan tubuh yang indah dan mulus sekalipun.

Yang kedua, jauhi suntik hormon. Untuk alasan kesehatan, penambahan hormon artifisial ke dalam tubuh ini akan sangat mengganggu kesehatan Mama, misalnya seperti adanya efek intoleransi yang akan bisa menjadikan tubuh Mama "kebal" sehingga dosis bisa akan terus bertambah.

Dan, yang terakhir adalah operasi plastik. Sama halnya dengan suntik hormon, sekali Mama melakukannya, maka kemudian bisa saja Mama juga ingin mengubah area lain yang tidak Mama suka. Mungkin pertama adalah hidung, lalu turun ke bagian payudara, selanjutnya pinggul dan deretan area lainnya.

Ayo, Ma, berusaha lebih baik dalam mencintai diri sendiri mulai dari sekarang.


4. Pahami, bahwa kecantikan dan kebahagiaan tidak ada hubungannya dengan bentuk tubuh


Ma, pernahkan tersirat di pikiran bahwa Mama perlu meiliki berat badan ideal dan bentuk tubuh sempurna untuk jadi cantik dan bahagia?

Jika pernah, buang pikiran tersebut jauh-jauh, Ma, karena pada dasarnya hal itu jauh dari kebenaran. Pola pikir ini akan membuat Mama lebih tertekan lagi, dan akan berpengaruh pada tubuh.

Bukan hanya itu, pola pikir tersebut terbukti menahan kita untuk mengejar mimpi dan cita-cita kita seutuhnya.


5. Temukan motivasi lain untuk sehat


Ya, olahraga nggak akan mengubah tipe tubuh yang Mama miliki.

Karena itu konsentrasikan kegiatan olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh Mama, untuk mendapatkan kulit yang kencang, dan temukan kenyamanan diri bukan pada angka yang ada di timbangan atau ukuran baju.

Jadikan tubuh sebagai tempat yang nyaman bagi Mama untuk mengekspresikan diri sendiri. Tidak peduli berapa angka yang tertera di timbangan, atau apakah Mama sudah bisa memakai baju dengan ukuran S atau kecil. Kebugaran memberikan efek jangka yang lebih panjang, sedangkan angka bisa naik dan turun dalam sekejap.

Agar Mama bisa konsisten olahraga demi kesehatan dan kebugaran Mama sendiri, maka Mama bisa mencari motivasi lain juga. Misalnya, membeli sepasang pakaian olahraga yang Mama sukai, atau mungkin membeli buku resep makanan vegetarian jika memang Mama butuh lebih banyak asupan nutrisi dari sayuran.

Coba juga cara lain yaitu mulai membuat daftar apa saja jenis aktivitas olahraga yang akan Mama lakukan. Beri reward pada diri sendiri jika target Mama telah tercapai, seperti membeli baju atau sepatu baru.

Find the way you can be happy and healthy!


6. Berteman dengan orang-orang yang "sehat"


Sehat di sini, bisa berarti orang-orang yang bisa mendukung Mama untuk sehat, baik secara fisik maupun mental.

Coba lihat teman-teman di sekitar Mama, adakah dari mereka yang selalu memberikan energi positif? Mereka yang menginspirasi Mama untuk lebih percaya diri, dan bisa membuat Mama mencintai bentuk tubuh Mama sendiri.

Akan lebih baik jika Mama berteman dengan mereka yang mau membantu Mama mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, bukan mereka yang membuat Mama iri dan ingin mendapatkan tubuh seperti mereka.

Pilih teman yang selalu berpikir positif tentang tubuh mereka sendiri, yang bisa membawa dan menyemangati Mama untuk menjadi lebih sehat, dan yang tidak akan mempermalukan Mama karena bentuk tubuh Mama.


BACA JUGA


Stop Judging Me Because I Love Myself! Begini 5 Cara untuk Bisa Mencintai Diri Sendiri Lebih dan Lebih Lagi!

Stop Judging Me Because I Love Myself! Begini 5 Cara untuk Bisa Mencintai Diri Sendiri Lebih dan Lebih Lagi!

Whatever you are doing, love yourself for doing it. Whatever you are feeling, love yourself for feeling it

Read more..


Mau lebih sehat, cantik dan bahagia, itu sudah menjadi keinginan setiap perempuan. Prosesnya memang sama, yaitu mulai dari perubahan pola hidup yang lebih baik, rajin olahraga, dan kalaupun Mama mau diet, ya dietlah yang baik.

Namun, dari semuanya itu, janganlah diet hanya karena Mama nggak suka pada bentuk tubuh Mama. Karena Mama nggak mencintai diri Mama yang sekarang.

Cintailah dulu diri Mama, bentuk tubuh Mama, dan segala yang ada sekarang. Itu yang akan membuat Mama hidup lebih baik.

Nah, jadi apa yang akan Mama lakukan untuk mulai mencintai tubuh yang Mama miliki? Share ide, cerita atau tips Mama pada kolom komentar di bawah, yuk!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Diet? Nggak Perlu! Begini Cara Mencintai Bentuk Tubuh Seutuhnya Apa Adanya dan Tanpa Syarat". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


TriWahyu Melani | @triwahyumelani

Silahkan login untuk memberi komentar