dr. Ryan Thamrin dan 7 Tips Hidup Sehat Sederhana yang Sering Dibagikannya

dr. Ryan Thamrin dan 7 Tips Hidup Sehat Sederhana yang Sering Dibagikannya

3.2K
dr. Ryan Thamrin terkenal melalui gayanya membawakan acara kesehatan di televisi. Ia juga sering sharing berbagai tips kesehatan di mana saja. Beberapa yang berikut ini adalah tips hidup sehat yang sederhana yang selalu dibagikannya pada siapa pun.

Mama penonton setia acara Dr. Oz Indonesia yang ditayangkan di salah satu TV swasta? Kalau iya, pasti akrab banget dengan dr. Ryan Thamrin yang menjadi host-nya ya?

Dan, pasti juga sudah mendengar berita headline di mana-mana kemarin ya, Ma? Bahwa dr. Ryan Thamrin, yang tampak begitu muda, gagah dan bugar di setiap penampilannya itu, meninggal dunia?

Banyak kabar kabur yang beredar mengenai penyebab meninggalnya dr. Ryan Thamrin. Namun, kabar terakhir seperti yang diungkapkan oleh sepupu dr. Ryan sendiri, dr. Ryan meninggal karena maag akut yang telah dideritanya selama setahun terakhir.

Wah, rasanya kok agak ironis ya, Ma? Seorang dokter yang sangat peduli akan kesehatan dan pola hidup sehat, ternyata tak bisa menghindar dari penyakit dalam tubuhnya.

Semasa hidupnya, dr. Ryan Thamrin banyak sekali berbagi tips gaya hidup sehat, baik dalam liputan-liputan, atau juga melalui tweet-tweet pribadi di akun Twitternya.

Berikut ini adalah beberapa tips hidup sehat paling sederhana yang sering dibagikan oleh dr. Ryan Thamrin, seperti yang dirangkum oleh Rocking Mama.

Yuk, Ma, kita simak bareng-bareng.


BACA JUGA


Pola Hidup Sehat Bisa Mama Capai Dengan Meminimalisir 5 Kebiasaan Buruk Ini!

Pola Hidup Sehat Bisa Mama Capai Dengan Meminimalisir 5 Kebiasaan Buruk Ini!

Pola hidup sehat penting banget untuk Mama terapkan dalam keseharian. Hindari 5 kebiasaan buruk ini untuk pola hidup sehat

Read more..


7 Tips hidup sehat sederhana ala dr. Ryan Thamrin


1. Kenali diri sendiri

Pertama-tama, yang perlu kita lakukan memang adalah mengenali tubuh kita sendiri, Ma. Kita harus tahu, bagaimana mendengarkan sinyal dari dalam tubuh kita sendiri.

Dan yang penting, setelah kita mengenali diri sendiri, maka be comfortable in your own skin. Berhentilah membandingkan dengan tubuh orang lain, dengan tubuh teman-teman Mama, dengan tubuh siapa pun.

Saat kita mulai mengenal cara kerja tubuh kita sendiri, maka akan lebih mudah untuk memenuhi apa yang dibutuhkannya.


2. Atur makanan dan pola makan

Seperti kata pepatah, “Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang", seperti itulah seharusnya kita makan karena pada dasarnya tubuh selalu mengirimkan sinyal, kapan waktu makan dan kapan waktu berhenti. Ya, itu tadi, Ma. Kita harus mengenali diri sendiri lebih dahulu memang.

Dan, memang terdengar klise sih. Tapi dr. Ryan Thamrin memang selalu menyarankan kita untuk lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur.

Menurut dr. Ryan Thamrin, orang langsing rata-rata makan lebih dari satu sajian buah dan makan lebih banyak serat dan kurang lemak dibanding orang gemuk.

Juga, ini nih. Yang sering kita abaikan. Jangan pernah lupakan sarapan pagi! Mulailah hari dengan menu dan porsi sarapan yang cukup. Ini akan membantu mengurangi asupan kalori di sepanjang sisa hari.

Perbanyak minum air putih. Cukupi kebutuhan tubuh akan air putih minimal 2 liter per hari. Kalau perlu, gunakan aplikasi smartphone yang bisa mengingatkan kita, kapan kita perlu minum. Karena saking sibuknya, kita jadi nggak mendengar alarm tubuh.



3. Berolahraga

Jadikanlah olahraga sebagai kegiatan yang tidak bisa dikompromikan lagi. Pokoknya, apa pun yang terjadi, harus berolahraga setiap hari! Meski hanya sebentar.

Dr. Ryan Thamrin memberi alternatif, ber-aerobik dengan musik kesukaan bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi kita, Ma.

So, ayo. Mulai hari ini ya, jadwalkan olahraga harian Mama!


BACA JUGA


Ini Dia 3 Prinsip Gaya Hidup Sehat Agar Mudah Diterapkan Sehari-hari

Ini Dia 3 Prinsip Gaya Hidup Sehat Agar Mudah Diterapkan Sehari-hari

Gaya hidup yang paling bermanfaat adalah gaya hidup sehat. Tapi menjalankannya tidak dengan prinsip tertentu dapat memberikan dampak ...

Read more..


4. Berdiet dengan tepat

Yang perlu diperhatikan dan penting jika Mama ingin diet, adalah memastikan makanan yang Mama konsumsi bebas gula.

Cobalah 2 minggu tanpa gula. Rasanya luar biasa mengetahui napsu makan Mama yang biasanya tak bisa dipendam berangsur-angsur akan menghilang.

Dan, please deh. Jangan melakukan tindakan ekstrem.

Tindakan ekstrem seperti apa?

Tindakan ekstrem di sini maksudnya seperti sama sekali tak makan demi kurus dalam waktu cepat. Yang terbaik adalah makan dalam porsi sedikit, yang mencakup 3 nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan dua kali camilan tiap hari, untuk metabolisme yang lebih efisien.



5. Gosok gigi segera

Nah, ini nih. Sepertinya strategi yang cukup jitu dan penting untuk kita sontek supaya bisa menghindar dari nafsu ngemil tengah malam nih, Ma.

Dr. Ryan Thamrin menyarankan, supaya kita setelah makan malam segera menggosok gigi untuk mengingatkan diri kita sendiri bahwa waktu makan sudah habis.


6. Perasaan dan makanan itu bukan teman

Hayo, siapa yang suka ngemil kalau lagi stres? Suka ngemil kalau lagi sedih? Dan makan banyak kalau lagi pesta bareng teman-teman sampai tak terkendali?

Ngacung! *cung!*

Yes! Jangan sekali-kali kompensasikan perasaan ke dalam bentuk makanan.

Kebiasaan yang sangat tidak baik bila kita makan berlebih di saat-saat perasaan kita sedang buruk ataupun terlalu gembira. Pada umumnya orang yg terlalu terbawa emosi sesaat agak susah mengontrol pola makannya.

Catet ya, Ma!


7. Konsisten!

Yups,ini nih yang susah-susah sedep yes?

Konsistenlah dengan apa yang akan dan sedang kita kerjakan! Sebenarnya, semua program diet yang dilakukan secara konsisten bisa menurunkan berat badan secara ideal. Entah itu menambah berat badan, maupun bagi yang ingin mengurangi berat badan. Biarkan tubuh menemukan sendiri bentuknya yang paling ideal.

Tapi, persoalannya, kebanyakan dari kita sulit untuk konsisten melakukan program dietnya, sehingga banyak yang gagal dan menyalahkan program diet tersebut.

Hayo, ngaku. Siapa yang suka gitu? *ngacung sendirian*


BACA JUGA


Tips Sehat Dari 12 Personal Trainer Selebriti Hollywood Ini Bisa Mama Sontek dan Lakukan Setiap Hari

Tips Sehat Dari 12 Personal Trainer Selebriti Hollywood Ini Bisa Mama Sontek dan Lakukan Setiap Hari

Tips sehat selalu dicari oleh semua orang yang menginginkan perubahan terhadap kesehatan, termasuk Mama kan. Ada beberapa tips sehat dari ...

Read more..


Memang penting ya, Ma, untuk menjaga kesehatan kita sendiri.

Ya, soalnya siapa yang bisa menjaga kesehatan kita kalau bukan si empunya sendiri? Dokter, ahli gizi, presenter acara kesehatan seperti dr. Ryan Thamrin, mereka hanya memberikan informasi terkait apa yang terjadi dalam tubuh dan bagaimana menjaganya. Selanjutnya? Ya, tergantung diri kita sendiri.

Terima kasih, ilmu-ilmu sehat yang sudah dititipkan pada kami, dr. Ryan Thamrin. Baik-baik di sana. Sampai ketemu lagi.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "dr. Ryan Thamrin dan 7 Tips Hidup Sehat Sederhana yang Sering Dibagikannya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar