Duh, Masak Itu Susah Ya! Ini Dia 5 Tips Memasak Lebih Mudah

Duh, Masak Itu Susah Ya! Ini Dia 5 Tips Memasak Lebih Mudah

280
Ternyata, nggak semua orang mempunyai bakat memasak. Ada yang dengan mudahnya memasak apa saja terasa enak, tapi ada juga yang sudah mencoba berkali-kali hasilnya tetap tak memuaskan.

Memasak itu ternyata susah ya, Ma? Kadang ada kesalahan-kesalahan dalam memasak yang sering terjadi meski Mama sudah sudah mencobanya beberapa kali.

Apalagi untuk newbie, mulai dari terlalu matang, masih mentah, atau merusak resep yang sudah ada. Hvft!

Tenang, Ma, melakukan kesalahan dalam memasak adalah hal biasa. Banyak latihan akan memberi kita pengalaman, seperti kata pepatah, “experience is the best teacher”.


BACA JUGA


11 Tips Manajemen Kulkas Untuk Para Mama Yang Sibuk dan Selalu Bingung Mau Masak Apa

11 Tips Manajemen Kulkas Untuk Para Mama Yang Sibuk dan Selalu Bingung Mau Masak Apa

Kebanyakan Mama mungkin belum tahu, kalau dengan perencanaan menu bulanan kita bisa saja menghemat belanja bulanan sekaligus membuat kulkas ...

Read more..


Nah, ini ada 5 hal yang bisa Mama lakukan agar memasak terasa lebih mudah

1. Rendam, rendam, rendam

image : pexels

Beberapa makanan membutuhkan waktu dari persiapan sampai saatnya memasak, dan itu bisa jadi sangat rumit dan memakan banyak waktu.

Tapi, jika Mama ingin memotong waktu yang lama itu, Mama bisa memakai cara merendam bahan-bahannya. Sebagai contoh, merendam atau merebus kentang sebelum menggorengnya.


2. Jangan buang-buang makanan!

image : pexels
Jika bisa dimakan, maka jangan dibuang.

Moto ini sepertinya sudah sangat menempel untuk orang yang biasa berkutat di dapur. Membuang-buang makanan kata orang tua itu pamali dan juga dilarang di budaya kita.

Tapi, Ma, ada juga hal-hal kecil yang jarang orang lain gunakan dan berujung dibuang, padahal itu bisa dimakan dan rasanya enak! Contoh: Kita bisa menggoreng dan memanggang kentang dengan kulitnya.

Kulit kentang itu berserat tinggi dan bernutrisi sangat baik, bahkan dibanding dagingnya sendiri lo!

Ya, jadi Mama mesti cari tahu dan kreatif nih, untuk selalu mengolah makanan, bahkan yang sudah rusak sekalipun.


3. Ketahui apa yang dimakan

Membaca buku tentang buah-buahan, sayur-sayuran, atau buku pengetahuan tentang memasak bisa memberi kita kemudahan dalam memasak juga.

Kita bisa tahu kandungan gizi yang terkandung di dalam makanan, apa yang baik dan buruk untuk tubuh kita. Juga tahu cara memilih sayur dan buah yang bagus, tahu juga cara mengolah bahan-bahan itu tanpa menghilangkan kandungan di dalamnya.

Begitu pun dengan ikan-ikanan, buku-buku sejenis juga mengajari cara memilih ikan yang masih segar, mengetahui ciri-cirinya agar kita nggak buta pengetahuan tentang ikan yang nantinya akan kita makan bersama keluarga.

Jadi jangan sungkan mencari informasi, ya, Ma!

Rocking Mama juga sering banget kasih tip-tip memasak lo, Ma. Langsung intip saja ke bagian Food ini ya!


BACA JUGA


Mama Baru Belajar Masak? Tenang! Ini Dia 7 Tips dan Cara Belajar Masak Untuk Pemula!

Mama Baru Belajar Masak? Tenang! Ini Dia 7 Tips dan Cara Belajar Masak Untuk Pemula!

Belajar masak itu yang penting jangan panik, jangan bingung dan nggak takut mencoba. Dan kenali beberapa prinsip memasak. Dengan latihan ...

Read more..


4. Perhatikan suhu

image : pexels

Yang pertama harus diketahui adalah, minyak; panggangan; penggorengan harus sudah panas sebelum memasukan bahan makanan.

Kalau suhunya masih rendah, mau masak ayam misalnya, akan menempel di penggorengan dan nantinya akan susah untuk dibalik. Pasti akan butuh tenaga dan waktu ekstra, belum lagi ketika mencuci penggorengan setelah selesai memasak.

Yang nggak kalah penting, nih, perhatikan suhu saat memasak. Jangan sampai makanan kita gosong dan usaha berjam-jam di dapur sia-sia. Sedih kan, Ma?


5. Berhati-hati dengan bumbu

image : pixabay

Bumbu, khususnya untuk masakan Indonesia, sangat penting. Banyaknya jenis bumbu yang dibutuhkan mulai dari garam sampai rempah-rempah, kadang membuat kita bingung dengan takaran yang harus dimasukkan.

Tak jarang masakan akan terlalu asin, manis, atau terlalu pedas sehingga anak-anak menolak makan masakan kita. Kita bisa memasukkan sedikit demi sedikit bumbunya jika masih ragu.

Tenang saja, Mama bebas bolak-balik untuk mencicipi. Bahkan chef sekelas Gordon Ramsay saja selalu mengingatkan untuk mencicipi masakan yang kita masak.


BACA JUGA


Resep Masakan Praktis dan Sehat untuk Mama Sibuk dan Mama yang Sedang Belajar Masak: Daging Sapi Asam Pedas

Resep Masakan Praktis dan Sehat untuk Mama Sibuk dan Mama yang Sedang Belajar Masak: Daging Sapi Asam Pedas

Resep masakan yang praktis memang selalu dibutuhkan oleh para mama sibuk ya? Cobain yang satu ini yuk, Ma! Dijamin tak akan makan waktu lama ...

Read more..


Nah, Ma, kesalahan dalam proses memasak memang bisa saja kerap terjadi, jadi Mama nggak perlu berkecil hati kalau belum bisa memasak dengan rasa yang sempurna.

Bagi keluarga di rumah, apa pun yang Mama masak--apalagi dengan ketulusan--pasti akan terasa enak. Lidah si Papa dan anak-anak akan terbiasa dengan masakan Mama, dan itu akan diingat sepanjang waktu yang bisa saja menimbulkan rasa rindu jika mereka mulai dewasa dan jauh dari rumah.

Satu lagi nih, Ma... Ingat, practice makes perfect!

Jadi berlatih terus ya, Ma.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Duh, Masak Itu Susah Ya! Ini Dia 5 Tips Memasak Lebih Mudah". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Indah Lestari | @indtari

Silahkan login untuk memberi komentar