Fakta Terbaru tentang Bahaya Minyak Kelapa Ini Cukup Mengejutkan! Be Smart, Mama!

pixabay

Fakta Terbaru tentang Bahaya Minyak Kelapa Ini Cukup Mengejutkan! Be Smart, Mama!

1.7K
Minyak kelapa ternyata tidak sesehat yang Mama kira!

Belakangan ini minyak kelapa, terutama minyak kelapa murni atau virgin coconut oil mendapatkan cukup banyak perhatian dari para beauty enthusiast. VCO disebut-sebut sebagai minyak multifungsi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh, dari mulai menyehatkan rambut, mengatasi selulit, pelembap tubuh, hingga menjadi menu diet.

Apakah Mama memercayai semua manfaat VCO yang disebutkan di atas?

Jika iya, sebaiknya Mama mempertimbangkannya kembali ya.


Baru-baru ini, American Heart Association (AHA) mengungkapkan bahwa minyak kelapa ternyata tidak sesehat yang diklaim. Dugaan tersebut berasal dari kandungan lemak jenuh VCO yang cukup tinggi sehingga sangat mungkin membuat minyak kelapa menjadi lebih membahayakan daripada menyehatkan.

Penelitian terbaru yang seringkali bertentangan dengan penelitian lama, atau dengan keyakinan masyarakat seperti ini sangat wajar terjadi ya, Ma. Justru, penelitian ini sangat penting dilakukan agar masyarakat selalu mendapatkan informasi yang terbaru.

Jadi, semua manfaat VCO di atas gugur sudah?


BACA JUGA


Beberapa Fakta Kopi yang Harus Mama Tahu Agar Mama Bisa Mengendalikan Kegemaran Mama Ngopi

Beberapa Fakta Kopi yang Harus Mama Tahu Agar Mama Bisa Mengendalikan Kegemaran Mama Ngopi

Kopi sudah menjadi bagian dari kebutuhan pokok kita tiap harinya. Sehari saja tanpa kopi, rasanya mood berantakan, lemas dan nggak bisa ...

Read more..


Tentu tidak dong, Ma. Sejauh ini, bahaya yang dimaksud adalah bahaya mengonsumsi minyak kelapa. Saat ini, banyak yang meyakini bahwa minyak kelapa sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti membantu pencegahan penyakit jantung, stroke, dan artherosclerosis, dan bahkan dianggap mampu mencegah Alzheimer.

Sayangnya, klaim manfaat VCO tersebut tidaklah benar.

Kandungan lemak jenuh VCO yang cukup tinggi, nyatanya, sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. Seperti yang Mama ketahui, konsumsi lemak jenuh terlalu banyak akan meningkatkan kolesterol LDL, atau kolesterol buruk, yang tentu saja sangat tidak baik untuk tubuh.


BACA JUGA


Sudahkah Mama Membatasi Asupan Gula Hari Ini? Fakta-Fakta Tentang Gula Berikut Akan Mengejutkan Mama!

Sudahkah Mama Membatasi Asupan Gula Hari Ini? Fakta-Fakta Tentang Gula Berikut Akan Mengejutkan Mama!

Di balik manisnya gula, ada bahaya yang perlahan menghampiri. Yuk, batasi asupan gula keluarga

Read more..


Penelitian membuktikan bahwa 82% kandungan minyak kelapa adalah lemak jenuh. Kandungan tersebut ternyata jauh lebih tinggi dari mentega (63%), lemak daging sapi (50%) dan bahkan lemak babi (39%)!


Cukup banyak yang terkejut saat mengetahui hasil penelitian ini, apalagi saat diungkapkan bahwa lemak jenuh VCO lebih tinggi daripada lemak jenuh babi. Selama ini, cukup banyak pihak yang meyakini bahwa lemak nabati jauh lebih sehat daripada lemak hewani.

Hasil penelitian ini memang masih diperdebatkan. Beberapa pihak meyakini bahwa lemak jenuh di dalam VCO berbeda dengan lemak jenuh lainnya, dan baik untuk tubuh.

Namun, para peneliti AHA kembali membantah pernyataan tersebut.

Meskipun VCO mengandung antioksidan dan asam lemak esensial, penelitian membuktikan bahwa konsumsi minyak kelapa meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh. Sebagai pengganti VCO, AHA merekomendasikan minyak tak jenuh lain, seperti minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, atau minyak kedelai.


BACA JUGA


Mitos dan Fakta tentang Yoghurt Berikut Ini Sebaiknya Mama Kenali untuk Mendapatkan Manfaat Kesehatannya Secara Maksimal!

Mitos dan Fakta tentang Yoghurt Berikut Ini Sebaiknya Mama Kenali untuk Mendapatkan Manfaat Kesehatannya Secara Maksimal!

Yoghurt makin banyak dikenal dan selalu direkomendasikan sebagai salah satu makanan sehat. Namun, ternyata masih ada mitos salah kaprah yang ...

Read more..


Untuk manfaat minyak kelapa atau VCO terhadap kecantikan tubuh bagian luar, AHA tidak melakukan koreksi apa pun.

Jika Mama menggunakan minyak kelapa sebagai make up remover, pelembap rambut dan tubuh, ataupun masker, selama cocok dengan kulit Mama, silakan lanjutkan saja.

You can put VCO on your body, but not in your body


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Fakta Terbaru tentang Bahaya Minyak Kelapa Ini Cukup Mengejutkan! Be Smart, Mama!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ra'idah Azyyati | @raidahazyyati

Silahkan login untuk memberi komentar