Galau Gara-gara Harus Gonta-ganti Pengasuh Bayi? Yuk, Intip Tips Jitu Menemukan yang Tepat!

Galau Gara-gara Harus Gonta-ganti Pengasuh Bayi? Yuk, Intip Tips Jitu Menemukan yang Tepat!

1K
Memilih pengasuh bayi yang tepat memang gampang-gampang susah. Kalau sampai salah pilih pengasuh bayi, maka si kecillah yang menjadi taruhannya!

Bagi Mama yang bekerja kantoran, meninggalkan si kecil di rumah bersama pengasuh bayi terkadang bisa menjadi hal yang dilematis. Gimana enggak ya, Ma, selama hampir 12 jam, buah hati kita berada di tangan orang lain. Itu artinya, kita harus benar-benar memastikan bahwa pengasuh bayi kita bisa diandalkan.

Namun, mencari orang yang tepat untuk hal ini sering kali juga tak gampang. Banyak orang tua yang akhirnya "asal comot" karena faktor kepepet, nggak ada yang bisa dititipi anak saat harus ditinggal bekerja, dan lain sebagainya. Akibatnya, anak bisa saja berada dalam pengasuhan yang tak sehat.

Aduh, ngeri deh membayangkannya.

Saya sendiri pernah berada dalam posisi kepepet seperti itu, Ma, dan dengan berat hati harus meninggalkan anak pertama dengan pengasuh bayi, yang baru dikenalnya selama satu minggu. Hasilnya? Anak saya tertekan dan sang pengasuh juga minta pulang, bahkan sebelum masa kerjanya genap dua minggu.

Pusing? So pasti, Ma! Lebih tepatnya merasa bersalah sama anak, karena tega meninggalkannya dengan orang yang salah. Hiks.

But, life must go on, bukan? Jadi ya, saya harus mencari lagi pengasuh bayi yang baru untuk si kecil. Untungnya, pengasuh bayi baru kali ini cukup bersahabat dan bisa tahan sampai dua kali Lebaran. Yeeay!!


BACA JUGA


Anak Lebih Dekat dengan Pengasuh Ketimbang dengan Mama? Lakukan 6 Cara Ini Agar Mama Tak Merasa Insecure!

Anak Lebih Dekat dengan Pengasuh Ketimbang dengan Mama? Lakukan 6 Cara Ini Agar Mama Tak Merasa Insecure!

Children are not a distraction from more important work. They are the most important work

Read more..


Penasaran ya gimana caranya saya dapetin pengasuh bayi baru itu?


Berikut 8 tips jitu menemukan pengasuh bayi yang tepat, berdasarkan pengalaman saya


1. Jangan terburu-buru


Segala hal yang dilakukan secara terburu-buru biasanya nggak akan berhasil dengan baik. Oleh karena itu, usahakan Mama mengalokasikan cukup waktu untuk mencari pengasuh bayi yang benar-benar tepat.

Kalau nggak, bisa-bisa Mama akan memilih orang yang salah dan akhirnya tidak bertahan lama seperti yang sebelumnya. Lalu gimana dong, dengan si kecil?

Well, ini pertanyaan yang nggak mudah, memang. Untuk mengatasinya, cobalah meminta bantuan dari orang tua atau kerabat, atau menitipkannya di Tempat Penitipan Anak atau daycare sampai Mama menemukan pengasuh bayi yang sesuai keinginan.


2. Tetapkan kriteria

Hal kedua, pastikan Mama menetapkan kriteria pengasuh bayi seperti apa sih yang Mama harapkan untuk mengasuh si kecil? Jika perlu, buatlah daftar kriteria yang Mama dan suami inginkan. Hal ini bisa mempermudah proses screening lho.


3. Cari dari sumber yang jelas


Mencari pengasuh dari sumber yang jelas, sangat disarankan. Jangan sampai asal nemu orang tanpa memfilter sumbernya ya, Ma. Anak kita dipertaruhkan, lho!

Mama bisa memanfaatkan keberadaan yayasan penyedia ART, babysitter atau pengasuh bayi yang sudah kredibel. Selain itu, bisa juga meminta rekomendasi dari teman, tetangga, ataupun kerabat.

Intinya, Mama harus memiliki akses yang jelas terhadap asal usul calon pengasuh bayi tersebut.


4. Periksa riwayat hidupnya

Yang tak kalah penting adalah memeriksa riwayat hidup dari calon pengasuh bayi.

Perhatikan dengan saksama setiap detail informasi yang tercantum, termasuk riwayat kesehatannya. Jangan sampai si kecil berisiko tertular penyakit berat dari pengasuhnya.

Hal ini bisa kita cari tahu saat bertemu langsung dengan calon pengasuh bayi, atau ketika sesi wawancara berlangsung.

Wawancara? Iya, Ma! Penting banget lho, melakukan sesi wawancara ini. Biasanya, Mama akan dapetin feels yang tepat saat bertemu langsung.


BACA JUGA


Mengasuh Anak Adalah Prioritas, Terutama Bagi Ibu Bekerja. 3 Pertimbangan Ini Bisa Bantu Mama Memutuskan Ke Mana Harus Menitipkan Anak

Mengasuh Anak Adalah Prioritas, Terutama Bagi Ibu Bekerja. 3 Pertimbangan Ini Bisa Bantu Mama Memutuskan Ke Mana Harus Menitipkan Anak

Urusan mengasuh anak adalah hal terpenting yang harus diprioritaskan, terutama bagi para working mom yang harus meninggalkan anak saat pergi ...

Read more..


5. Buat perjanjian tertulis

Terkadang, banyak yang menyepelekan perjanjian tertulis, padahal ini sangat penting. Mengapa? Karena jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tak diinginkan, bisa diselesaikan dengan jelas.


6. Beri waktu transisi


Perubahan, sekecil apa pun itu, adalah sesuatu yang nggak mudah bagi anak. Karena itu, jangan terlalu memaksa ya, Ma!

Berikan waktu bagi anak untuk bertransisi dan mengenal pengasuh barunya. Jika anak tampak canggung, segan atau takut, dampingi dia dan berikan penjelasan yang menenangkan. Katakan kepadanya bahwa si mbak baru, akan menemaninya saat Mama tak ada di rumah.

Selama masa transisi ini, usahakan anak ditemani oleh keluarga dekat, semisal nenek atau tantenya, agar tak kehilangan rasa nyaman. Doronglah si pengasuh bayi untuk menunjukkan kemampuannya mengasuh dan menenangkan jika si kecil rewel.


7. Catat perkembangan anak

Untuk mengantisipasi hal yang negatif, cobalah untuk mencatat perkembangan anak, baik secara fisik ataupun mental.

Setelah itu, periksalah secara rutin setiap hari. Apakah ada tanda-tanda fisik yang berbeda, atau apakah ada perubahan emosi pada anak? Apakah anak tampak ketakutan, atau justru lebih happy?

Semua itu bisa dijadikan tolok ukur tentang kinerja si pengasuh bayi yang baru. Untuk anak yang sudah besar, Mama bisa menanyakan bagaimana perasaannya terhadap pengasuhnya yang baru. Jika ada hal yang membuat Mama curiga, segeralah mencari tahu sebelum semuanya terlambat.


BACA JUGA


Busy Moms' Hacks: Mencari Babysitter yang Cocok? 5 Tips Ini Akan Berguna Buat Mama!

Busy Moms' Hacks: Mencari Babysitter yang Cocok? 5 Tips Ini Akan Berguna Buat Mama!

I've honestly been really lucky. My only jobs have been babysitting and acting. ~ Anne Hathaway

Read more..


Nah, itu tadi 8 tips jitu menemukan pengasuh bayi yang tepat bagi si kecil. Ingatlah bahwa kebahagiaan dan keamanannya adalah yang paling utama.

Semoga sukses dalam menemukan pengasuh yang tepat bagi buah hati tercinta ya, Ma.

Stay smart and happy!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Galau Gara-gara Harus Gonta-ganti Pengasuh Bayi? Yuk, Intip Tips Jitu Menemukan yang Tepat!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Bety Kristianto | @betykristianto

Penikmat kopi yang jatuh cinta pada kata-kata. Penulis buku Smart mom, Happy Mom dan beberapa buku antologi bertema perempuan.

Silahkan login untuk memberi komentar