Gowes, Yuk! - Ini Dia 9 Alasan Mengapa Bersepeda Bisa Jadi Hobi yang Menyenangkan untuk Mama!

Gowes, Yuk! - Ini Dia 9 Alasan Mengapa Bersepeda Bisa Jadi Hobi yang Menyenangkan untuk Mama!

2.1K
Bike riding is a beautiful thing. Peaceful and serene, flowing and artistic, freeing and blissful, pedaling a bike over hill and dale is ethereal ~ Ted King.

Siapa sepakat dengan quote di atas? Bahwa bersepeda adalah hal yang indah, damai, tenang, mengalir, artistik, membebaskan, dan membahagiakan?

Saya sepakat, Ma, meski saya hanya rajin bersepeda ketika kanak-kanak. Bersepeda tuh rasanya seru banget, membebaskan pikiran dan juga ke mana kaki mengayuh. Dan, nggak menyebabkan polusi pula!

Belum lagi bunyi belnya, kring kring ... Ah, seru! Saya jadi ingat lagu anak-anak zaman dulu, yang salah satu bait liriknya berbunyi seperti berikut.

"Kring kring, gowes gowes ...
Kring kring, gowes gowes ...
Putar-putar Jakarta, Ancol, Monas ... "

Bagaimana dengan Mama? Apakah Mama pernah gowes? Atau justru Mama sudah sejak dulu menjadi seorang goweser? Saya yakin banyak di antara Rocking Mama yang sedang membaca tulisan ini setidaknya bisa dan senang bersepeda.

Apalagi sekarang tiap akhir pekan banyak kota memberlakukan Car-Free Day. Makin asyik, dong, kita bersepedanya. Nggak usah khawatir dengan kendaraan bermotor yang lalu-lalang. Iya, kan, Ma?

Well, ngomongin bersepeda, saya jadi ingat kalau hari ini, 9 September, adalah Hari Olahraga Nasional. Kebetulan pula hari ini menjelang akhir pekan, dan itu berarti waktunya Mama gowes!

Yeayy, kring kring, gowes gowes! Ayo gowes bersama keluarga, tetangga, atau kawan-kawan, Ma!

Saya sering melihat, khususnya saat Car-Free Day, mama goweser mengayuh sepeda mereka beramai-ramai dengan ceria. Kebanyakan, sih, kalau goweser perempuan mengambil rute kota-kota saja, gowes santai gitulah. Kemudian diakhiri dengan sarapan bersama. Dan tentu saja nggak ketinggalan ... selfie-selfie!

Nggak jarang juga Mama goweser ini ikut berpartisipasi dalam kegiatan fun bike. Sambil menyelam minum air, gowes sehat, berpeluang dapat door prize pula. Wah, siapa yang nggak mau, ya, Ma?


Baca Juga: Sibuk? Cukup Lakukan 6 Aktivitas Bakar Kalori Ini Setiap Hari Saja!


Ngomongin gowes saya jadi ingat kawan baik saya, Retno Asri Lestari. Saya biasa menyapanya dengan Mbak Eno.

Sebagai working Rocking Mama, Mbak Eno sudah cukup sibuk dengan kerja kantoran setiap Senin-Jumat. Plus mengurus dua buah hatinya yang sudah ABG. Meski begitu, Mbak Eno memanfaatkan weekend-nya dengan berolahraga: berenang dan gowes.

Boleh dibilang setiap Minggu editor sebuah surat kabar lokal di Surabaya ini mengayuh sepedanya bersama kawan-kawan sekolahnya dulu. Sekalian reuni gitu, ceritanya. Rutenya kota-kota saja, nggak yang ekstrem ke perbukitan luar kota atau gimana. Gowes santai gitu, deh.

Soal hobi gowesnya itu, Mbak Eno mengatakan dia memang menyukai bersepeda sejak dulu.


Retno Asri Lestari, salah satu Mama goweser. Hampir tidak pernah absen gowes setiap akhir pekan. You rock, Ma! (Foto Dok. Pribadi)


"Saya senang bersepeda. Makin senang lagi karena di antara sekian banyak olahraga, renang dan bersepeda ternyata yang paling bagus untuk jantung karena membuat semua organ tubuh bergerak. Jadi cocok, deh, saya rutin gowes tiap Minggu."


Sambil istirahat, selfie dululah. (Foto: Dok. Pribadi)
Gowes nggak cuma menyehatkan tubuh. Pikiran juga sehat, lho! (Foto: Dok. Pribadi)


Manfaat gowes lainnya, lanjut Mbak Eno, kita bisa dapat banyak teman dan itulah resep mengapa hingga saat ini dia selalu ceria nan gembira.

"Olahraga sambil refreshing dan silaturahmi gembira bisa menyehatkan pikiran, lho!"

Betul juga, ya, apa yang dibilang Mbak Eno. Gowes ternyata nggak sekadar mengayuh sepeda, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan Mama.


Baca Juga: 5 Ritual Pagi yang Harus Dilakukan Agar Tubuh Mama Selalu Bugar Setiap Hari


Nah, kalau Mama bisa mengayuh sepeda dan ingin menjadikan gowes sebagai aktivitas rutin akhir pekan, yuk dimulai weekend besok. Mumpung momennya pas, Hari Olahraga Nasional, makin sip, deh, untuk Mama mengawalinya.

Kalau Mama masih belum sreg, cari tahu lebih dalam, yuk, benefit bersepeda lainnya. Untuk memudahkan Mama, Rocking Mama coba bantu mengompilasi sembilan manfaat gowes agar Mama bisa menjadikannya sebagai hobi yang menyenangkan. Here they are.


Baca Juga: Yuk, Jangan Mager! Ini Dia 5 Olahraga yang Cocok Buat Mama yang Lagi PMS!


1. Badan Sehat dan Bugar, It Makes You Feel Better



Ini manfaat yang hampir semua orang tahu. Sama seperti olahraga lainnya, gowes juga bikin badan Mama sehat dan bugar. Kabar baiknya lagi, untuk perempuan seperti kita, gowes bisa bikin bodi lebih oke, lho!

Sebuah riset yang diadakan Cambridge University --seperti diwartakan The Guardian-- menyebutkan, salah satu manfaat gowes dari sisi kesehatan adalah membuat tubuh lebih fit.

Menurut salah satu responden perempuan dalam riset tersebut, selama enam bulan gowes dia telah merasakan tubuhnya lebih oke, terutama pada bagian bokong. Selain itu dia merasa lebih berenergi dan tentu saja lebih sehat.

Dan tahu nggak, Ma, hasil penelitian mengungkapkan, goweser adalah salah satu orang paling fit di dunia. Gimana nggak, satu jam gowes aja mampu membakar lebih dari 500 kalori. Untuk jumlah pastinya, tentu saja bergantung pada kecepatan mengayuh kita.

Jadi, biarpun Mama makan donat dengan topping cokelat dan keju, Mama bisa tetap in a good shape kalau rajin-rajin gowes. Eits, tapi ini bukan berarti Mama bebas mengonsumsi banyak gula, lho! Tetap awasi konsumsi makanan manis Mama, ya!

Manfaat kesehatan lain dari hobi bersepeda adalah bagus untuk jantung, seperti dikatakan kawan baik saya, Mbak Eno, di atas tadi. Dan benar, Ma, berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada 2013 lalu, goweser cenderung jarang mengalami penyakit jantung.

Tambahan lagi, nih, Ma, gowes bikin Mama kuat karena gowes melibatkan otot-otot paha depan, paha belakang, betis, dan bahkan bokong. Gowes juga cenderung minim risiko cedera persendian, seperti lari atau olahraga kardio lainnya, lho, Ma!


Baca Juga: 3 Langkah Mudah Mengencangkan Paha Indah


Masih kurang sreg? Nih, ada riset lain, Ma. Seperti dilansir Huffington Post, goweser pada umumnya lebih berenergi dibandingkan mereka yang nggak gowes. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2008 silam mengungkapkan, mereka yang rutin bersepeda jarang merasa kelelahan dan justru lebih berenergi.

Selain itu, gowes juga bagus untuk mempercepat proses penyembuhan. Seperti ditulis The Guardian, salah seorang goweser mancanegara mengatakan, dia sudah lima tahun berjuang melawan penyakit kronis.

Alih-alih patah semangat, dia justru menggeluti kembali hobi gowesnya yang lama terhenti karena sakit, namun dengan bantuan sepeda elektrik. Setelah rutin gowes hidupnya berubah. Simak apa katanya berikut ini.

"Saya merasa lebih baik setelah bersepeda. Jauh lebih baik daripada hanya bergantung pada obat-obatan medis."

Riset lain yang dilakukan di Norwegia terhadap sekelompok pria pada rentang usia 70 dan 80-an menyebutkan, mereka bisa bertahan hidup hingga usia lanjut seperti itu salah satunya karena kebiasaan berolahraga.

Mereka yang berolahraga 30 menit per hari hidup lima tahun lebih lama daripada mereka yang tidak berolahraga. Dan gowes termasuk olahraga, kan, Ma?


Baca Juga: Jaga Gula Darah Mama Agar Tetap Normal Dengan Melakukan Olahraga Rutin!


2. Gowes itu Bebas



Seperti quote Ted King, pembalap sepeda profesional Amerika Serikat di awal tulisan ini.

"Bike riding is a beautiful thing. Peaceful and serene, flowing and artistic, freeing and blissful..."

Ya, bersepeda itu membebaskan! Dengan bersepeda, Mama bisa pergi ke mana saja sesuai keinginan Mama, kapan pun Mama mau, dan secepat apa Mama ingin mengayuh.

Cycling is freedom. Mama goweser tidak tergantung pada orang lain, melainkan pada diri sendiri.

Gowes juga memunculkan perasaan unik terkait kebebasan, lho, Ma. Goweser biasanya merasakan hal yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Perasaan bebas setiap kali mengayuh sepeda atau saat menyusuri tempat-tempat baru.

Para goweser juga selalu semangat dan bebas mencari rute-rute yang belum pernah mereka lewati setiap akhir pekan. Ide mencari spot-spot baru ini bisa dilakukan secara spontan saat gowes atau sudah direncanakan sebelumnya.

Pokoknya, seru abis, Ma!


3. Kembali ke Alam


Kalau selama ini Mama lebih kenal mal, atau lebih akrab dengan gadget, ini saatnya Mama kembali ke alam bebas. Back to nature kalau kata orang Inggris mah.

Benar banget, Ma, gowes bikin Mama kembali dekat dengan alam. Apalagi sekarang musim Car-Free Day, kegiatan gowes bisa Mama lakukan pada hari itu. Sebaiknya Mama memulai hobi gowes Mama pagi hari setelah Subuh, karena udaranya masih bersih dan sangat segar.

Soal kembali ke alam, gowes memang olahraga yang tepat untuk itu. Novelis Ernest Hemingway pernah berkata seperti ini, Ma.

"It is by riding a bicycle that you learn the contours of a country best, since you have to sweat up the hills and coast down them."

Saya setuju banget dengan Hemingway. Mama juga, kan?

Ya, gowes --apalagi jika dilakukan beramai-ramai bersama keluarga maupun kawan-- memberi peluang kita mengunjungi tempat-tempat baru yang alami sekaligus instagrammable. Misalnya hutan mangrove, countryside, tepi pantai, perbukitan, pelabuhan, dan lainnya.

Menyusuri tempat-tempat alami seperti itu mengasyikkan, lho, Ma. Tubuh diterpa angin semilir di pagi hari, telinga dihibur oleh kicauan burung bersahut-sahutan dan suara hewan lainnya, serta mata dimanjakan oleh pepohonan hijau di sana sini. Duh ... menyenangkan sekaligus menenangkan sekali, ya, Ma?

Dari hobi ini kita jadi bisa ingat betapa indahnya ciptaan Tuhan. Dengan begitu kita jadi makin mensyukuri segala nikmat dan karunia-Nya. Bukan begitu, Ma?


Baca Juga: Yuk, Lebih Sayangi Bumi dengan 4 Langkah Kecil Termasuk Diet Plastik yang Sudah Kami Lakukan Sejak 5 Tahun yang Lalu!


4. Petualangan yang Mengasyikkan



Bikin sehat dan membuat kita back to nature tentu menjadi petualangan yang mengasyikkan. So, Mama yang suka petualangan, olahraga ini cocok banget untuk dilakukan, lho!

Setiap pekan, goweser --terutama yang tergabung dalam klub atau komunitas-- mencari rute baru untuk dijelajahi. Kadang daerah yang akan dituju sama sekali asing bagi mereka. Namun karena kebanyakan goweser berjiwa petualang, mereka nggak takut untuk mengayuh sepeda mereka sampai ke tujuan, dan kemudian kembali ke rumah masing-masing.

Nggak sedikit klub atau komunitas gowes yang menggelar tur ke luar kota. Ini tentu petualangan yang mengasyikkan, untuk mereka yang berjiwa petualang tentunya.

Menyiapkan dan melakukan perawatan serta melengkapi sepeda dengan aksesori penunjang, terutama menjelang touring, juga menjadi bagian dari petualangan mengasyikkan itu sendiri, lho, Ma! Nggak percaya? Coba, yuk!


5. Bisa Selfie di Spot Baru nan Keren



Wah, kalau ini ciri khas mama-mama banget. Hayo, Ma, ngaku! Eh tapi nggak juga, kok, papa-papa juga banyak kok yang selfie-selfie setelah atau pada saat gowes. Nggak mau kalah eksis, deh, kayaknya! Hahaha ...

Oke, back to the topic, gowes juga bermanfaat banget, lho, Ma, buat mempercantik media sosial Mama, entah di Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest, atau juga buat materi tulisan di blog Mama?

Selfie nggak selamanya jelek, lho, Ma. Apalagi kalau background selfie Mama adalah potensi alam yang kurang begitu dikenal orang. Wah, Mama bisa jadi orang yang memperkenalkan kekayaan alam yang tersembunyi itu sehingga banyak orang ngeh dan pada akhirnya membantu melestarikannya. Tuh, ujung-ujungnya berdampak positif, kan, Ma?

Mama bisa melakukan selfie kapanpun Mama mau. Sedang asyik gowes dan tetiba melihat spot yang bagus, maka Mama bisa segera mengerem dan say cheese!

"Berhenti dulu, ah. Spotnya cantik banget."

Intinya, dengan gowes, Mama bisa multitasking: ya mengayuh sepeda, ya kumpul-kumpul, ya mencatat nama-nama lokasi unik yang baru saja Mama kunjungi di notepad ponsel Mama, berkeliling sambil mencari inspirasi untuk menulis di blog, dan tentu saja cekrak-cekrik. Asyik nggak, tuh, Ma?


Baca Juga: 7 Festival Belanja di Seluruh Dunia ini Benar-benar Memanjakan Perempuan!


6. Membuat Lingkungan Lebih Bersih, Membantu Mengurangi Polusi



Waini, betul banget, Ma!

Berkeliling kota dengan kendaraan bermotor memang menghemat waktu dan tenaga, namun tidak ramah lingkungan. Mama tahu, kan, betapa dahsyatnya dampak polusi udara bagi kesehatan manusia dan lingkungan?

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dalam sepuluh tahun terakhir ini polusi dunia memburuk dan berkontribusi besar terhadap kematian di seluruh dunia. Penelitian WHO serta lembaga lainnya juga mengungkapkan, polusi udara memegang peranan terhadap meningkatnya risiko penyakit jantung, stroke, maupun pernapasan.

So, cukup, deh, Ma, membebani dunia dengan polusi. Mari kita mencoba untuk lebih ramah lingkungan, salah satunya dengan gowes. Dicanangkannya Car-Free Day di berbagai kota di tanah air adalah langkah positif untuk mengurangi polusi. Meski tanpa kendaraan bermotor, Mama dan keluarga tetap bisa bersenang-senang, kok.

Dengan apa? Tentu saja dengan bersepeda! Setuju?


7. Bikin Lebih Percaya Diri



Hmm ... memang ada ya hubungannya bersepeda dengan kepercayaan diri? Ada, dong, Ma!

Masih terkait dengan kesehatan, kali ini dengan kesehatan pikiran dan jiwa, mereka yang bersepeda dipercaya lebih mampu mengelola emosi dibandingkan mereka yang tidak.

Nggak cuma itu, Ma, konon bersepeda bagi perempuan juga bagus untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam urusan rumah tangga dengan si Papa. Ehm, Mama paham kan maksud saya? *wink*


Baca Juga: Pede Aja Lagi! - Ini Dia 9 Cara Sederhana Agar Mama Tidak Lagi Krisis Kepercayaan Diri


8. Mengurangi Kecemasan, Depresi, dan Risiko Kanker Payudara



Ini juga salah satu manfaat gowes, Ma. Mengurangi kecemasan, depresi, dan bagi kita para perempuan, gowes juga dapat mengurangi risiko kanker payudara, lho!

Menurut penelitian, seperti dilansir laman Bicycling, perempuan yang melakukan perjalanan dengan berjalan kaki atau bersepeda sedikitnya 30 menit setiap hari ternyata memiliki risiko terkena kanker payudara lebih kecil dibandingkan mereka yang melakukan perjalanan dengan kendaraan bermotor. Untuk alasan kesehatan lebih detailnya, Mama bisa melihat kembali poin no. 1 di atas.

Sementara kaitannya dengan mengurangi kecemasan dan depresi, seperti dikatakan kawan saya di awal tulisan, gowes membuat kita bertemu banyak orang, ngobrol, dan bergembira, sehingga secara otomatis menyehatkan pikiran. Melihat pemandangan yang indah dan alami juga membuat fresh pikiran yang akhirnya membuat kita selalu berpikir positif.

Gowes jika dilakukan secara rutin, termasuk ke tempat kerja atau kuliah, juga dapat meningkatkan energi dan mengurangi rasa lelah. Bahkan jika Mama hanya bersepeda 30 menit sekalipun, Mama bisa memperbaiki pikiran Mama dan membuat Mama lebih kreatif dalam berpikir, lho! Wow!

Coba simak apa kata Corey Kunzer, physical therapist dari Mayo Clinic's Sports Medicine Department berikut ini.

"Bersepeda adalah salah satu olahraga terbaik yang saya rekomendasikan. Olahraga ini dapat mengangkat stres."

Pernyataan Kunzer ini didasarkan pada data yang menyebutkan bahwa gowes memang dapat mengurangi stres dan depresi. Ketika diberikan kuesioner, mereka yang biasanya mudah stres atau depresi menjawab, mereka mengalami perubahan luar biasa dan lebih mampu mengelola emosi mereka setelah rajin gowes. Selamat, ya!


Baca Juga: Jadilah Mama yang Kuat Menghadapi Masalah Hidup dengan 7 Langkah Ini!


9. ... Dan tentu saja, Gowes Itu Fun!


Photo via The Guardian

Tapi, dari semua yang sudah saya tulis di atas, manfaat gowes yang paling mudah dirasakan adalah ... bikin hati senang! Ya, gowes itu fun banget, Ma!

Bayangkan, berkeliling kota bersama keluarga, sahabat, tetangga, komunitas, atau bahkan sendirian pun, bikin kita hepi. Berangkat setelah Subuh, menghirup udara segar, tubuh diterpa angin sepoi-sepoi, suara burung di mana-mana, pemandangan indah nan segar tanpa polusi, sungguh sangat fun!

Apalagi jika Mama bersepeda bersama rombongan, selesai berkeliling, Mama dan rombongan berhenti di pitstop yang tak lain adalah kedai makanan atau makanan kaki lima. Makan ramai-ramai, apapun menunya, sambil ngobrol dan cekrak-cekrik, aduduuh ... fun tak terkira!


Baca Juga: Nggak Sempat Me Time? Ini Dia 7 Cara Jitu untuk Bisa Menciptakan Me Time yang Berkualitas!


Jadi bagaimana, Ma, masih cari 1001 alasan untuk memantapkan hati ber-kring-kring gowes-gowes akhir pekan ini? Atau justru Mama sudah siap dengan perangkat gowes Mama --seperti helm, kaus gowes, dan sepeda tentu saja-- serta sudah menghubungi beberapa mama tetangga untuk bersepeda santai besok?

Kasih tahu saya jawabannya di kolom komentar, ya!

Selamat bergowes ria, Mama! Enjoy your day!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Gowes, Yuk! - Ini Dia 9 Alasan Mengapa Bersepeda Bisa Jadi Hobi yang Menyenangkan untuk Mama!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Zaki DNZ | @dinizakidnz

Seorang ibu rumah tangga yang jatuh cinta luar biasa dengan dunia tulis-menulis.

Silahkan login untuk memberi komentar