Gunung Agung di Bali Meletus - Ini Dia 10 Letusan Gunung Paling Mematikan yang Pernah Tercatat dalam Sejarah

Image via @Yettidewi

Gunung Agung di Bali Meletus - Ini Dia 10 Letusan Gunung Paling Mematikan yang Pernah Tercatat dalam Sejarah

596
Efek letusan gunung berapi dirasakan sampai berbulan-bulan setelahnya. Satu gunung meletus bisa memengaruhi seluruh dunia.

Sejak hari Sabtu, terdengar kabar bahwa letusan Gunung Agung di Karangasem Bali terjadi beberapa kali. Bahkan pagi ini, PVMBG menaikkan status Gunung Agung dari Siaga menjadi Awas. Duh, semoga tak ada korban yang terlalu berarti.

Mau tak mau, memori saya berputar kembali ke tahun 2010, saat letusan Gunung Merapi membuat kota Jogja begitu kelabu. Peristiwa itu tak bisa benar-benar hilang dari ingatan saya, karena waktu itu kantor saya hanya berjarak 23 km saja dari kawah Gunung Merapi, dan saya dalam kondisi hamil besar. Berbagai pikiran buruk timbul setiap kali mesti berangkat ngantor.

Gunung Agung sendiri sebenarnya "baru" meletus sebanyak 5 kali saja dalam 200 tahun. Berbeda dengan Gunung Merapi yang memang termasuk dalam gunung api paling aktif sedunia. Sepertinya setiap dua tahun sekali deh Gunung Merapi ini batuk-batuk.

Penelusuran saya lantas berlanjut. Ternyata letusan gunung api merupakan salah satu bencana alam paling mematikan, selain gempa, tsunami, angin topan dan banjir. Ya, gimana enggak. Sekali ada letusan gunung api, efeknya banyak sekali; lahar panas dan lahar dingin, belum lagi awan panas yang kecepatannya begitu mengerikan. Efek letusan pun nggak berhenti sebulan dua bulan. Kalau masuk musim hujan, waspada saja banjir lahar dingin di sungai-sungai yang biasanya banyak terdapat di sekitaran sebuah gunung berapi.

Dari penelusuran tersebut, Rocking Mama berhasil mengumpulkan 10 letusan gunung api paling banyak menelan korban sepanjang sejarah yang pernah terekam.

Ternyata 4 di antaranya adalah letusan gunung berapi di Indonesia!


BACA JUGA


Ini Dia Cara Berlibur Sehat Menikmati Alam Bebas Bersama Keluarga a la Rocking Mama Petualang!

Ini Dia Cara Berlibur Sehat Menikmati Alam Bebas Bersama Keluarga a la Rocking Mama Petualang!

“The sun does not shine for a few trees and flowers, but for the wide world’s joy.” –Henry Ward Beecher

Read more..


10 Letusan gunung berapi paling mematikan di dunia sepanjang sejarah

10. Gunung Galunggung, Indonesia



Letusan Gunung Galunggung terbesar terjadi pada bulan Oktober tahun 1882. Letusan ini telah membunuh 4.011 orang dan menghancurkan 114 desa.

Gunung Galunggung, yang terletak di daerah Tasikmalaya ini termasuk dalam Cincin Api Pasifik, sebuah gugusan gunung berapi yang terkenal dengan bentuk tapal kuda di sekitar pantai-pantai di Asia hingga pantai barat Amerika Tengah dan Selatan.


9. Gunung Kelud, Indonesia


Image via Global Volcanism Program - Smithsonian Institution

Tahun 2014 yang lalu, terjadi letusan Gunung Kelud yang cukup besar. Abunya terbang sampai ke seluruh Pulau Jawa. Tapi, ternyata letusan Gunung Kelud tersebut bukanlah yang terbesar yang pernah terjadi.

Tahun 1919, Gunung Kelud pernah meletus dan menewaskan 5.110 orang, dan menghancurkan 100 desa karena banjir lahar panas yang mencapai jarak 40 kilometer.

Gunung Kelud ini termasuk aktif, karena sudah beberapa kali meletus lagi sejak 1919 tersebut, dengan kapasitas yang hampir sama besar.


8. Gunung Vesuvius, Italia

Image via Windows to the Universe

Ini adalah letusan Gunung Vesuvius yang terjadi tahun 1631, menewaskan 6.000 orang ini dan merupakan letusan Gunung Vesuvius kedua terbesar sepanjang sejarah.

Saat meletus, terjadi gempa vulkanik di seluruh Italia, hujan abu dan batu, serta sungai lava membanjiri dari arah kawah gunung tersebut. Sampai 3 hari lamanya, para relawan penyelamat tak dapat bertindak menolong para korban karena medan yang tak memungkinkan mereka memasuki wilayah korban bencana.


7. The Laki Volcanic System, Islandia

Image via FondaPhotos

Letusan gunung di Islandia ini berlangsung selama 8 bulan, Ma! Ada total 14,7 kilometer kubik lava dimuntahkan dari celah gunung sepanjang 27 km. Menewaskan 9.350 orang.

Meskipun volume materi vulkanik sangat tinggi, namun sebenarnya bukan itu pembunuh utamanya. Justru yang mematikan adalah sejumlah besar gas yang dilepaskan ke atmosfer yang terdiri atas uap air, karbon dioksida, sulfur dioksida, hidrogen klorida dan fluorida. Gas-gas ini menciptakan awan yang menurunkan hujan asam, dan kemudian meracuni ternak dan tanah.


6. Gunung Vesuvius, Italia


Image via Pinterest

Saya dulu pernah membaca mengenai letusan Gunung Vesuvius yang terjadi tahun 79 AD, yang menghancurkan 2 kota termaju saat itu, Herculaneum dan Pompeii, dan menewaskan 10.000 lebih orang ini. Saya kira, ini adalah bencana gunung meletus yang paling dahsyat yang pernah ada. Ternyata, letusan gunung ini "hanya" berada di peringkat ke-6.

Korbannya bisa begitu banyak, karena dugaan besar bahwa ilmu pengetahuan yang belum maju saat itu, Ma. Sehingga hampir semua orang nggak menyadari kalau mereka bertempat tinggal di dekat gunung yang mematikan. Jadi, begitu terjadi letusan gunung, baru deh mereka semua panik. Nggak seperti sekarang yang sudah maju jauh sekali untuk monitoring sebuah gunung api aktif.

Gini aja, korbannya masih banyak ya, Ma? Apalagi yang nggak ngerti semacam penduduk Teluk Napoli ini? *sigh* Pantas saja korbannya banyak sekali.


BACA JUGA


17 Objek Wisata di Jogja Paling Populer - dari Wisata Alam Hingga Wisata Kuliner

17 Objek Wisata di Jogja Paling Populer - dari Wisata Alam Hingga Wisata Kuliner

17 objek wisata di Jogja yang nggak boleh sampai dilewatkan. Kalau belum ke sini, rasanya belum ke Jogja aja gitu

Read more..


5. Gunung Unzen, Jepang


Image via Encyclopedia Britannica

Letusan Gunung Unzen pada tahun 1792 merupakan letusan paling dahsyat dan mematikan dalam sejarah Jepang. Letusan awal gunung ini bahkan sampai memicu longsor dan tsunami.

Gunung Unzen terdiri atas sekelompok gunung berapi komposit dan berada di timur Nagasaki. Dikatakan bahwa sebagian besar korban tewas yang berjumlah kurang lebih 14.000 orang ini adalah korban tanah longsor dan tsunami. Jejak-jejak longsor yang dahsyat tahun 1792 itu bahkan masih bisa dilihat sampai sekarang, Ma.


4. Gunung Nevado del Ruiz, Kolombia

Image via 10 Deadliest - The Most Deadly Things on Earth

Meski dianggap sebagai letusan sedang, namun peristiwa letusan gunung yang terjadi tahun 1985 ini tetap saja membawa korban banyak karena telah menewaskan 23.000 orang.

Letusan gunung ini terjadi pada malam hari dan menyebabkan banjir lahar dingin dan panas, yang mengubur kota Armero.


3. Gunung Krakatau, Indonesia


Karena letusan gunung ini di tahun 1883, 36.000 jiwa melayang dan dua pertiga Pulau Krakatau benar-benar rusak berat. Hancur deh pokoknya.

Bahkan terjadi pula dampak signifikan yang dirasakan sampai ke seluruh dunia. Suara ledakannya sangat nyaring dan terdengar hingga Australia. Matahari pun tertutup awan (dan ini terjadi di seluruh dunia!) selama berbulan-bulan setelah peristiwa letusan gunung ini.


2. Gunung Pelee, Kepulauan Karibia

Pada saat terjadi letusan, sebenarnya gunung berapi tersebut dianggap tidak aktif, Ma. Namun, serangkaian letusan gunung lantas terjadi, dimulai pada tanggal 25 April 1902. Hingga puncaknya 8 Mei 1902 yang begitu merusak sehingga menghancurkan kota St. Pierre.

Hanya ada dua orang yang selamat dari bencana ini, sedangkan sekitar 40.000 jiwa lainnya melayang.


1. Gunung Tambora, Indonesia

Akibat letusan gunung ini, Gunung Tambora yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat dan tingginya mencapai 13.000 kaki itu berkurang menjadi 9.000 kaki.

Akibat letusan gunung ini, tahun 1816 dikenal sebagai "Year Without Summer" atau "tahun tanpa musim panas", karena abu vulkaniknya menyebar di atmosfer sampai memengaruhi suhu udara menjadi dingin luar biasa, dan dirasakan hingga ke seluruh dunia.

Sesungguhnya, hampir 100.000 korban yang tercatat meninggal tersebut diduga akibat bencana kelaparan yang melanda dunia gara-gara gagal panen sebagai efek dari penurunan suhu global tadi. Wow!


BACA JUGA


Kebun Teh Nglinggo, Samigaluh: Wisata Alam Khusus Buat yang Bernyali Lebih!

Kebun Teh Nglinggo, Samigaluh: Wisata Alam Khusus Buat yang Bernyali Lebih!

Bentuk perbukitannya, warna hijau yang dominan, suasana asri yang kental, membuat lupa kalau kita masih berada di Jogja. Berada di tempat ...

Read more..


Wow! Betapa mengerikan ya, Ma, bencana letusan gunung berapi ini. Apalagi yang terjadi di zaman-zaman dulu itu. Korbannya banyak banget. Salah satu penyebab banyaknya korban bisa jatuh adalah karena kurangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang bisa membantu kita membaca sinyal-sinyal alam yang terjadi.

Yah, semoga kita semua bisa menjaga alam dengan lebih baik dan bisa terhindar dari bencana selalu ya, Ma. Amin.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Gunung Agung di Bali Meletus - Ini Dia 10 Letusan Gunung Paling Mematikan yang Pernah Tercatat dalam Sejarah". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar