Hati-hati, Ma! Ada Bahaya dalam Makanan-Makanan Berikut Ini!

Hati-hati, Ma! Ada Bahaya dalam Makanan-Makanan Berikut Ini!

1.9K
Food is essential to life, therefore, make it good.

Semua orang pasti mau makan enak dan sehat. Iya nggak, Ma? Apalagi sudah ada MyPlate ya, kalau dipenuhi sudah pasti nutrisi yang masuk ke tubuh akan sangat ideal.

Tapi ternyata, dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari ini ada kandungan zat-zat yang membahayakan kesehatan tubuh, kalau dikonsumsi secara berlebihan.

Makanan apa saja ya? Coba, yuk, kita lihat.


1. Apel, Jeruk, Tomat


Buah-buah ini mempunyai kesamaan, yaitu ada kandungan asam pada ketiganya. Meski memang sehat, tapi jika dimakan secara berlebihan maka akan menimbulkan gangguan pencernaan. Seperti yang diungkapkan oleh Gina Sam, seorang dokter dari The Mount Sinai Hospital, buah-buah tersebut bisa mengakibatkan naiknya asam lambung, beserta makanan yang dicernanya ke kerongkongan dikenal sebagai reflux atau aliran balik. Bila hal ini terjadi cukup lama, maka bisa melukai esophagus. Untuk itu disarankan untuk mengonsumsinya tak lebih dari dua buah setiap harinya.


2. Kentang


Dalam kentang ternyata juga terkandung zat yang bernama glycoalkaloids, yang biasanya terkadnung dalam bunga kecubung, yang kalau dikonsumsi terlalu banyak akan menimbulkan kram, diare, sakit kepala, bahkan bisa koma dan meninggal. Zat ini terbentuk jika kentang dibiarkan terlalu lama dalam keadaan panas hingga menimbulkan semburat warna hijau.

So, kalau memasak kentang, pastikan jangan sampai ada warna hijau yang muncul ya, Ma!


3. Ikan tuna


Well, siapa pun tahu bahwa ikan adalah sumber protein ya. Tapi ternyata, ada kandungan merkuri pada ikan tuna yang lebih tinggi ketimbang jenis ikan yang lain. Meski mengonsumsinya tak langsung menimbulkan bahaya dalam waktu dekat, namun efek merkuri memang akan muncul jika dikonsumsi terus menerus dan dalam jangka waktu yang panjang. Merkuri sangat berbahaya untuk ginjal dan otak. Disarankan untuk mengonsumsi berbagai ikan tak lebih dari 12 ons setiap minggunya. Sedangkan ikan tuna tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh mama yang sedang hamil maupun anak-anak dalam jumlah yang banyak.


4. Susu pasteurisasi


Susu merupakan pelengkap makanan sehat. Empat sehat lima sempurna, ingat kan Ma? Susu merupakan sumber kalsium yang baik. Sayangnya, susu pasteurisasi ternyata tak baik untuk tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak. Protein dalam susu ini bisa berubah bentuk karena suhu yang panas, sehingga nggak dapat diserap oleh tubuh. Akibatnya bisa menimbulkan diare, juga menyebabkan terbentuknya lendir di sekitar paru-paru dan usus.


5. Bayam


Menurut Eufif.org, terdapat kandungan nitrat yang tinggi pada bayam yang besarnya tergantung pada tanah di mana bayam tersebut tumbuh. Nitrat bisa berubah menjadi asam nitrat yang bersifat korosif, atau bisa juga berubah menjadi nitrosamin yang bisa memicu kanker. Perubahan tersebut dipicu oleh pemanasan suhu, yang terjadi saat sayur bayam tersebut dipanaskan. Jika dikonsumsi bayi, maka bisa menimbulkan blue baby syndrome (bukan baby blues syndrome lho, Ma!), yaitu kondisi darah yang tiba-tiba berhenti membawa oksigen ke seluruh tubuh.


Waduh, siapa sangka ya, Ma, makanan enak sehari-hari ternyata bisa membawa ‘bahaya’ sampai segitunya. Tapi, asalkan dimasak dan dikonsumsi sesuai dengan semestinya, tentunya tetap akan membawa manfaat yang baik bagi tubuh kita.

Setuju, Ma?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Hati-hati, Ma! Ada Bahaya dalam Makanan-Makanan Berikut Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar