Hindari Bau Kaki Sepanjang Hari Dengan 5 Langkah Mudah Ini, Ma! Nomor 1 Sering Banget Disepelekan!

nuestepprocedure

Hindari Bau Kaki Sepanjang Hari Dengan 5 Langkah Mudah Ini, Ma! Nomor 1 Sering Banget Disepelekan!

2.1K
Jangan sampai bau kaki membuat Mama, Papa, ataupun si kecil merasa rendah diri.

Mama mungkin berusaha keras menjaga diri juga keluarga dari bau mulut dan bau badan. Namun, selain kedua bau-bauan tersebut, bau kaki pun menjadi salah-satu masalah yang cukup mengganggu dan meresahkan.

Akar permasalahan dari bau kaki, umumnya, adalah kelembapan yang mengundang pertumbuhan bakteri dan jamur. Agar bau kaki tidak menghampiri, yuk cegah dan hilangkan bau sebelum membuat Mama dan keluarga menjadi tidak percaya diri.

Ada 3 hal yang Mama harus perhatikan agar dapat terbebas dari bau kaki, yaitu kaki, kaus kaki, dan sepatu. Pastikan agar ketiga hal tersebut sering dicuci, diganti dan dijemur.

BACA JUGA


Ini Dia 7 Dosa Kesehatan yang Sering Kita Lakukan Berulang Kali!

Ini Dia 7 Dosa Kesehatan yang Sering Kita Lakukan Berulang Kali!

Kadang kita itu memang sok kuat dan sok jago sih. Dengan sengaja, kita melakukan hal-hal yang jelas-jelas membahayakan kesehatan

Read more..

Nah, untuk mengatasi bau kaki Mama bisa lakukan 5 langkah mudah berikut ini.

1. Bersihkan kaki dengan baik, benar dan menyeluruh

Apakah Mama selalu mencuci kaki setiap pulang ke rumah? Jika iya, berarti Mama sudah melaksanakan langkah pertama dengan baik.

Namun, apakah Mama sudah membersihkannya secara benar? Ternyata, membersihkan kaki tidak cukup dengan sekadar membasuh kaki dengan air.

Untuk mencegah bau kaki, cucilah kaki dengan sabun antibakteri secara rutin, kemudian keringkan dengan handuk bersih.

Saat mencuci kaki dengan sabun, pastikan Mama bersihkan juga area di sela-sela jari. Area tersebut adalah area yang paling lembap sehingga akan lebih mungin untuk mengeluarkan bau.

Jika diperlukan, Mama bisa menyemprotkan foot spray ke daerah kaki dan juga sepatu. Mama bisa menggunakan footspray apapun, tetapi spray antibakteri atau spray penyerap bayu lebih direkomendasikan. Rutinitas ini dapat membantu Mama bebas dari bau kaki sepanjang hari.

2. Membuat rendaman penghilang bau kaki sendiri


Jika kaki Mama, Papa, atau si kecil menjadi bau karena terus-menerus menggunakan kaus kaki dan sepatu yang kotor, cobalah beberapa resep di bawah ini.

- Air cuka : buatlah rendaman air cuka dengan perbandingan 1 (cuka) : 2 (air), kemudian rendam kaki selama 10-20 menit. Air cuka dapat mengurangi kadar bakteri dalam kaki.
- Air teh : gunakan 4-5 kantung teh untuk 250 ml air panas, kemudian dinginkan, lalu rendam kaki selama 20 menit setiap hari.
- Air garam : campurkan 1 liter air dengan 120 gram garam kosher (bisa diganti dengan garam biasa), kemudian rendam kaki selama 10-25 menit.
- Taburkan campuran baking powder, tepung jagung, bedak bayi, dan bedak talcum ke dalam sepatu, kemudian diamkan semalaman. Bahan-bahan ini akan menyerap kelembapan dan bau pada sepatu.

3. Memilih kaus kaki dan sepatu berbahan ramah kaki

livestrong

Pilihlah kaus kaki dan sepatu yang mengizinkan kulit kaki untuk bernapas, seperti kaus kaki berbahan katun. Kain berbahan sintetis biasanya lebih rapat daripada kain berbahan alami, jadi kaus kaki polyester atau kaus kaki nilon lebih mungkin menimbulkan bau kaki daripada kaus kaki katun. Begitu pun dengan sepatu ya Mama. PIlihlah sepatu berbahan kanvas atau kulit yang mengizinkan kulit untuk bernapas.

Tentu saja Mama boleh mengenakan sepatu berbahan sintetis, tetapi sebaiknya hindari penggunaan sepatu tersebut selama berhari-hari berturut-turut.

Satu tips lagi, sebaiknya Mama jangan bepergian tanpa mengenakan kaus kaki, jika Mama mengenakan sepatu. Penggunaan sepatu tanpa kaus kaki lebih berkeringat dan membuat bakteri tumbuh subur.

BACA JUGA


Pola Hidup Sehat Bisa Mama Capai Dengan Meminimalisir 5 Kebiasaan Buruk Ini!

Pola Hidup Sehat Bisa Mama Capai Dengan Meminimalisir 5 Kebiasaan Buruk Ini!

Pola hidup sehat penting banget untuk Mama terapkan dalam keseharian. Hindari 5 kebiasaan buruk ini untuk pola hidup sehat

Read more..

4. Merotasi penggunaan kaus kaki dan sepatu

wardrobelooks

Sebaiknya Mama memiliki dan membelikan beberapa potong kaus kaki dan pasang sepatu untuk Papa dan anak-anak.

Kaus kaki wajib diganti setiap hari, sementara sepatu cukup diganti sebanyak dua hingga tiga kali seminggu. Pastikan sepatu benar-benar kering sebelum dipakai lagi ya Ma.

Selain itu, meskipun sedikit merepotkan, tetapi Mama harus mencuci sepatu setidaknya satu bulan sekali ya.

5. Berkonsultasi pada dokter

usnewes

Langkah terakhir adalah yang harus Mama ambil ketika cara-cara di atas masih belum ampuh untuk menghilangkan bau kaki. Dengan berkonsultasi ke dokter, Mama akan mendapatkan berbagai pengobatan seperti obat antiperspirant yang kuat, ataumelakukan tes untuk memeriksa penyebab dari keringat berlebihan yang dimiliki.

Terkadang, bau tidak sedap merupakan gejala dari penyakit yang lebih besar, terutama pada orang yang memiliki permasalahan imunitas, serta diabetes.

BACA JUGA


7 Manfaat Minyak Argan yang Ampuh Untuk Perawatan Tubuh. Nomor 4 Pasti yang Dicari Mama!

7 Manfaat Minyak Argan yang Ampuh Untuk Perawatan Tubuh. Nomor 4 Pasti yang Dicari Mama!

Minyak argan berasal dari Maroko ini ternyata menawarkan manfaat besar bagi kulit Mama, loh

Read more..

Gimana, Ma, mudah banget bukan, langkah untuk mengatasi bau kaki yang bikin kita menjadi kurang percaya diri dan nggak nyaman? Kalau rutin Mama lakukan, dijamin bau kaki akan hilang dengan sendirinya!

Selamat mencoba, Ma.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Hindari Bau Kaki Sepanjang Hari Dengan 5 Langkah Mudah Ini, Ma! Nomor 1 Sering Banget Disepelekan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ra'idah Azyyati | @raidahazyyati

Silahkan login untuk memberi komentar