Hobi Fotografi? Tekuni, dan Mama Bisa Saja MenJadi Sehebat 5 Fotografer Perempuan Kelas Dunia Ini!

Hobi Fotografi? Tekuni, dan Mama Bisa Saja MenJadi Sehebat 5 Fotografer Perempuan Kelas Dunia Ini!

2.6K
Fotografi telah membawa mereka ke kesuksesan dengan karya-karya yang diakui secara mendunia!

Sekarang banyak sekali perempuan yang semakin menggemari hobi fotografi. Apalagi dengan berbagai kemajuan media sosial ya, Ma. Terutama Instagram nih, yang bisa banget memunculkan ‘bibit-bibit’ baru fotografer amatir.

Well, kalau Mama benar-benar mendalaminya, bukan nggak mungkin Mama akan sehebat mereka ini, Ma, 5 perempuan fotografer dengan karya fotografi yang sangat mendunia. Mereka melakukannya passionately, dan sekarang mereka pun telah memetik hasilnya.

Mau kenalan dengan mereka?


Inilah 5 fotografer perempuan kelas dunia yang bisa menginspirasi Mama menekuni hobi fotografi


1. Dorothea Lange


Fotografi menjadi nadi hidup Dorothea Lange - sumber: Pinterest

Perempuan yang lahir pada tanggal 26 Mei 1895 ini merupakan fotografer Amerika yang paling berpengaruh. Ia terkenal melalui karya fotografi mengenai ‘Great Depression’, yaitu masa-masa saat dunia mengalami krisis ekonomi parah sebelum terjadinya Perang Dunia II.

Saat krisis terjadi, Dorothea ditugaskan oleh pemerintah untuk mendokumentasikan masa sulit sepanjang sejarah Amerika tersebut, dan hasilnya, Ma, wuahhh ... sangat mengharukan! Dramatis banget!

Karya-karyanya inilah yang mengantarnya menjadi salah satu fotografer paling berpengaruh sepanjang masa. Ia meninggal pada usia 70 tahun karena kanker.


Migrant Mother - Karya fotografi Dorothea Lange yang paling fenomenal

Karya fotografi Dorothea Lange - sumber: Youtube


2. Tsuneko Sasamoto


Fotografi mengantarnya menemui Adolf Hitler.

Barangkali dia adalah fotografer perempuan tertua yang masih hidup hingga sekarang. Usianya sudah 101 tahun, Ma! Ia masih tetap aktif memotret lho! Dia merupakan fotografer jurnalistik yang dikenal pemberani, dan nggak takut bersaing dengan para fotografer pria!

Tsuneko adalah perempuan pertama dan satu-satunya yang menjalani profesi jurnalistik di Jepang kala itu. Saat Perang Hiroshima pecah, dia pun turut mengabadikan momen-momen tragedi itu dalam foto. Dia juga pernah mengambil gambar pemimpin partai sosialis Jepang, Inejiro Asanuma, di tahun 1955. Adolf Hitler pun pernah ‘masuk’ ke dalam lensa kameranya saat dia mengunjungi Jepang.

Menurut Tsuneko, menjadi fotografer di zamannya dulu sama sekali nggak mengasyikkan karena harus membawa-bawa kamera yang besar dan berat. Hihihi. Iya juga ya, kalau sekarang mah ... kamera gadget pun banyak yang punya kualitas sama dengan kamera DSLR ya, Ma. Tsuneko juga menambahkan, dia juga sering kesulitan dalam pencahayaan karena harus bawa-bawa lampu blitz juga yang ukurannya segede-gede gaban, dan itu sangat menambah bebannya. Padahal sebagai seorang jurnalis foto, dia harus lari-lari ke sana kemari mengejar objek beritanya.

Di fotonya, Tsuneko menitikberatkan pada nilai kekuatan, keberanian, dan kemandirian para perempuan Jepang dalam menghadapi penindasan gender. Wow!



Karya fotografi Tsuneko Sasamoto - sumber: Bored Panda


3. Mihaela Noroc


Mihaela Noroc, fotografi memberinya obsesi untuk mendokumentasikan berbagai ekspresi kecantikan perempuan di seluruh penjuru dunia. - sumber Twitter Mihaela Noroc

Mihaela Noroc terkenal akan project fotografi yang ingin mendokumentasikan kecantikan perempuan di seluruh dunia. Dia bahkan rela mengundurkan diri dari pekerjaannya di Rumania, Ma, demi project besarnya ini.

Baginya, kecantikan tidak bisa didefinisikan berdasarkan ras, negara, maupun etnis tertentu saja. Dia membuktikannya dengan melakukan perjalanan keliling dunia, dan mengabadikan ratusan perempuan yang ditemuinya di 37 negara di semua benua (kecuali Antartika) dari latar belakang etnis dan budaya yang berbeda-beda. Project-nya ini bernama Atlas of Beauty.

Hasilnya, Ma? Menakjubkan!


Jakarta juga sudah menjadi tempat Mihaela Noroc memburu objek fotografinya: perempuan - sumber: Unmotivating

Karya fotografi Mihaela mengenai perempuan Myanmar - sumber: Merakiii


4. Manal Al-Dabbagh



Manal Al-Dabbagh, fotografi telah membawanya ke berbagai ajang bergengsi olahraga dunia - sumber: Marhaba

Siapa bilang, sepak bola hanya milik kaum pria?

Manal Al-Dabbagh merupakan perempuan pertama dari Arab yang menjadi fotografer olahraga di stadion Qatar, Ma.

Manal telah membuktikan dirinya sebagai fotografer olahraga andal di dunia sepakbola Arab Saudi dan negara lainnya di dunia. Puncak kariernya adalah saat Manal menjadi wartawan foto pada turnamen sepak bola paling akbar di seluruh dunia, yaitu Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Dia menjadi wartawan foto perempuan pertama dari Arab di arena Piala Dunia!


Manal menjadi satu-satunya fotografer perempuan di ajang Liga Champion - sumber: PCA Exhibitions


5. Nicoline Patricia Malina



Nicoline, fotografi telah menjadi obsesinya - sumber: 1080 plus

Ini dia nih, Ma! Jangan salah ya, Indonesia juga punya seorang fotografer perempuan yang berhasil mendunia juga lho.

Nicole, sapaan akrab Nicoline Patricia Malina, juga menjadikan perempuan sebagai objek lensa kamera dan menyulap mereka menjadi begitu seksi, kuat, dan edgy di setiap frame-nya.

Tak hanya bekerja untuk brand-brand ternama, seperti Coca Cola, A Mild, dan WWF, Nicole juga telah mempersembahkan karya-karyanya untuk Maxim, Marie Claire dan Esquire. Nicole semakin dikenal di beberapa negara di Eropa, seperti di Belanda, Prancis, dan Belgia, setelah menjuarai Iconique Societas Excellence in Photography Award pada tahun 2007 yang lalu.


Karya fotografi Nicole yang menghiasi cover Harper's Bazaar Indonesia - sumber: the citizens of fashion


Karya fotografi Nicoline - sumber: Highlike


Nah, Mama, gimana nih?

Apakah kamera Mama nganggur? Atau selama ini Mama hanya sekadarnya saja saat mengambil foto? Mengapa tak Mama eksplorasi lebih dalam hobi fotografi Mama tersebut, hingga secanggih 5 fotografer perempuan kelas dunia di atas?

Semoga dengan melihat karya-karya mereka, Mama semakin termotivasi untuk semakin menggiati hobi fotografi Mama ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Hobi Fotografi? Tekuni, dan Mama Bisa Saja MenJadi Sehebat 5 Fotografer Perempuan Kelas Dunia Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar