Ibu Hamil Harus Selalu Sehat dan Bebas Stres! Maka Lakukanlah 7 Hal Berikut, Ma!

Ibu Hamil Harus Selalu Sehat dan Bebas Stres! Maka Lakukanlah 7 Hal Berikut, Ma!

2K
Ibu hamil harus selalu sehat dan bahagia, itu pasti! Karena kebahagiaan dan kesehatan Mama berarti juga adalah kebahagiaan dan kesehatan si baby yang tengah Mama kandung!

Saat sudah terlambat haid dan ada dua buah garis pada alat tes kehamilan itu rasanya campur aduk ya, Ma. Deg-degan, bahagia, bersyukur, surprise sekaligus panik. Hihihi. Apalagi terus merasakan segala 'fenomena alam' yang mengikuti kemudian, seperti mual, muntah, lemas, sensitif, kembung, ngidam, ada yang morning sickness, males mandi, kepingin jajan ini itu, dan lain-lain. Yang akhirnya membuat kita resmi juga disebut bumil alias ibu hamil.

Masih hangat dalam ingatan saya, bagaimana rasanya menjadi ibu hamil. Kehamilan pertama biasanya jauh lebih membuat kita agak panik ya, karena kita belum punya pengalaman sama sekali. Begitu juga saya, Ma. Saat hamil anak pertama dulu masih seratus persen grogi banget, Ma, sehingga saya rajin mencari informasi, rajin melakukan pantangan makan ini itu, pokoknya riwil deh. Tapi ketika hamil anak yang kedua, lebih santai dan slow malahan. Mama gitu juga nggak?

Berbagai perubahan pun dialami oleh ibu hamil, baik fisik maupun emosinya.

Perubahan kondisi fisik saat hamil membuat Mama cepat lelah. Di kehamilan pertama dulu, saya masih bekerja naik transportasi umum. Capek? Banget. Tapi senang juga, karena sering ada yang ngasih duduk untuk saya. Rasanya, dunia ini penuh cinta ya, karena saya merasa selalu diistimewakan dan disayangi oleh orang sekeliling kita saat hamil itu. Yah, memang sudah seharusnya sih ya mengistimewakan ibu hamil, soalnya ibu hamil dalam keadaan lemah tengah mengandung.

Selain perubahan fisik, kita juga mengalami perubahan emosi, jadi lebih peka dan sensitif terhadap segala jenis perkataan yang tidak mengenakkan. Alhasil, kita menjadi mudah marah dan mudah sedih deh.

Semua itu wajar kok ma, asal tidak berlebihan dan juga tidak berdampak negatif untuk mama. Ketika hamil sebaiknya mama ngga usah ambil pusing dengan terlalu banyak hal yang nggak penting. Justru Mama harus menyikapi kehamilan dengan lebih rileks, sehingga tubuh Mama akan jauh dari stres.

Di balik Mama yang sehat terdapat bayi yang kuat. Betul nggak, Ma?

Perlu banget diingat tuh, Ma, karena kondisi kita kan sangat memengaruhi kondisi sang janin di dalam sana. Dan, untuk menjadi ibu hamil yang sehat dan bebas stres, ada beberapa hal yang perlu banget Mama lakukan nih.


7 Hal yang harus Mama lakukan agar menjadi ibu hamil yang selalu sehat dan bebas stres


1. Get some help


Cepat merasa lelah dan merasakan berbagai keluhan khas ibu hamil dapat membuat kegiatan Mama sedikit terhambat, ya.

Apabila Mama mulai merasa kesulitan mengatur pekerjaan rumah, maka segeralah minta bantuan pada Papa ya. Begitu pun di tempat kerja, misalnya kalau terasa overloaded dan capek, Mama bisa mengomunikasikannya ke rekan kerja atau atasan Mama. Tidak perlu merasa sungkan untuk meminta pertolongan.

Nah, soal di tempat umum nih, Ma. Di saat awal kehamilan, perut mama kan belum terlalu kelihatan membuncit. Jika Mama tidak mendapatkan tempat duduk saat naik transportasi umum, Mama bisa coba bilang dan katakan kalau saat ini Mama sedang hamil. Biasanya orang-orang dengan senang hati akan merelakan tempat duduk mereka pada ibu hamil.

So, jangan ragu untuk asking for help ya!


2. Makanan sehat


Sebagai seorang ibu hamil, Mama perlu mendapat asupan yang cukup dan seimbang. Selain untuk diri Mama sendiri, juga ada hak si baby yang juga membutuhkan makanan melalui tubuh Mama, supaya bertumbuh kembang dengan baik dan sesuai usianya.

Tapi kan mual!

Iya, Ma, kadang rasa mual itu mengganggu banget ya. Maka, sebaiknya Mama mengambil porsi yang nggak besar, tapi diatur frekuensinya, menjadi lebih sering dan teratur. Makanlah makanan yang banyak mengandung zat besi, misalnya daging merah, sayuran hijau, dan buah, agar tubuh dapat membangun sel darah merah yang lebih banyak.

Menurut buku Super Baby Directory, kecerdasan janin bisa terbentuk secara dini dan tergantung dari tiga parameter utama, yaitu kecukupan zat gizi, potensi diri, dan stimulan dari lingkungan. Well, oke, jangan sampai Mama kekurangan nutrisi ya, kalau gitu, supaya gizi sang buah hati tercukupi.


3. Istirahat


Kondisi yang mudah lelah akan membuat kita butuh waktu untuk istirahat, Ma.

Makanya, kalau sudah mulai merasa capek, tidur sejenak saja bisa membuat kondisi jauh lebih fresh. Mama bisa tidur menyamping saat kondisi kehamilan semakin membesar. Bahkan saat di kantor pun, sah-sah saja kok kalau ibu hamil harus mengambil rehat lebih sering ketimbang karyawan lain.

So, kalau Mama merasa perlu segera istirahat, obatnya hanyalah tidur. Bukan yang lain-lain. Let's do it.


4. Perbanyak minum air putih


Utamakan minum air putih ya, Ma, di pagi hari.

Setiap harinya tubuh kita memang memerlukan 8 - 9 gelas air putih. Ibu hamil bahkan butuh lebih dari itu. Selain untuk tubuh Mama agar terhindar dari dehidrasi, air minum juga kita perlukan agar cairan ketuban selalu mencukupi, Ma.

So, nggak boleh sampai terjadi dehidrasi ya, karena dapat menyebabkan Mama demam.


5. Olahraga


Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga ringan, Ma.

Mama bisa melakukan jalan sehat selama 20 menit sehari, atau ikutan kelas yoga prenatal dengan gerakan yang dikhususkan untuk ibu hamil. Olahraga dapat membantu Mama menjaga kondisi fisik yang lebih prima dan energik.

Waktu saya hamil, saya sering mengikuti senam hamil dari Youtube, Ma. Banyak banget lho ragamnya. Mungkin Mama bisa coba juga tuh. Tinggal masukkan saja kata "pregnancy workout" atau "senam hamil", maka akan muncul banyak sekali pilihan video senam hamil yang bisa kita pilih,

Gerakan senamnya sendiri juga biasanya berbeda-beda tergantung usia kehamilan, Ma. Biasanya dokter menganjurkan senam hamil ketika memasuki trimester ketiga. Tapi nggak ada salahnya kita lakukan sedini mungkin kan? Kita juga merasakan manfaatnya nanti saat proses persalinan, terutama latihan pengaturan napasnya.


6. Sosialisasi



Ketemu beberapa orang dan berinteraksi sosial dapat membuat jiwa Mama lebih ceria, apalagi kalau bisa sering-sering bertukar cerita dengan sesama ibu hamil.

Yes, bertukar pikiran dengan orang yang tepat akan membantu Mama melegakan beban yang dirasa. So, ayo ikutan komunitas tertentu, Ma, dan saling berbagi cerita. Mama bisa bergabung dengan berbagai komunitas atau grup, baik online maupun offline.

Yang offline, bisa sesekali ketemuan, ngobrol sambil ngeteh cantik juga. Ah, asyiknya!


7. Me time


Perubahan mood secara mendadak membuat Mama jadi sensitif ya.

Supaya mood selalu terjaga dengan stabil, ibu hamil pun perlu me time lho. So, coba deh, kalau sudah mulai suka sedih atau marah-marah nggak jelas, segera lakukan kegiatan yang bikin hati Mama senang. Mama bisa melakukan hobi Mama, atau pergi ke salon dan merawat tubuh.

Jika Mama pengin spa atau perawatan tubuh ke salon, maka pastikan dulu bahan-bahan yang digunakan adalah bahan alami ya, Ma. Kalau malas ke salon, Mama bisa juga minta tolong suami untuk memijat. Kalau mama rileks sampai akhir, insya Allah, bisa melahirkan normal kok, Ma. Semoga ya, Ma!


Nah, cukup mudah kan, ma, menjadi ibu hamil yang kuat, sehat, dan bebas stres itu?

Sekali lagi, di balik ibu hamil yang sehat terdapat bayi yang kuat. Jadi, tenang ya, semua perubahan yang Mama rasakan itu hal yang biasa terjadi pada semua ibu hamil di muka bumi ini. So just enjoy it ya. Someday you really miss that moment.

Sekali lagi, enjoy your pregnancy ya, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ibu Hamil Harus Selalu Sehat dan Bebas Stres! Maka Lakukanlah 7 Hal Berikut, Ma!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


SUCIATI CRISTINA | @suciaticristina

Part time blogger, full time mother, creative photography. Melepas hati Dan Pikiran di cigrey.com

Silahkan login untuk memberi komentar