Ibu Hamil, Hindari 6 Makanan yang Bisa Membahayakan Kehamilan Ini Ya!

Ibu Hamil, Hindari 6 Makanan yang Bisa Membahayakan Kehamilan Ini Ya!

1.8K
Demi kesehatan ibu hamil sendiri dan juga sang buah hati. tentunya, hindari dulu mengonsumsi keenam makanan ini ya, Ma!

Ibu hamil biasanya akan memakan lebih banyak dari biasanya. Yah, demi terpenuhinya nutrisi janin dan juga diri Mama sendiri.


BACA JUGA


Penuhi 2 Jenis Nutrisi Ibu Hamil Ini Agar Mama Bisa Menjalani Kehamilan dengan Sehat dan Bahagia!

Penuhi 2 Jenis Nutrisi Ibu Hamil Ini Agar Mama Bisa Menjalani Kehamilan dengan Sehat dan Bahagia!

Nutrisi ibu hamil ada 2; nutrisi ibu hamil secara fisik, dan nutrisi jiwa. Penuhi keduanya untuk masa kehamilan yang sehat dan bahagia

Read more..


Namun, tahu nggak sih Mama, 6 makanan ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil!


1. Padi-padian, gandum, biji-bijian dalam jumlah besar

pinterest

Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa ibu hamil yang menderita diabetes gestasional berkemungkinan lebih besar untuk melahirkan anak yang berisiko besar terkena obesitas di usia 7 tahun.

Diabetes gestasional adalah diabetes yang dialami ibu selama masa kehamilannya. Seorang ibu hamil yang sudah terkena diabetes gestasional cenderung berisiko tinggi terkena diabetes tipe dua di kemudian hari.

Seperti yang sudah Mama ketahui, konsumsi padi-padian secara berlebih adalah salah satu penyebab dari obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Jadi selama masa kehamilan, sebaiknya Mama mengurangi konsumsi padi-padian.

Apa saja sih padi-padian dan biji-bijian yang harus dihindari? DI antaranya adalah nasi putih, serta makanan biji-bijian olahan seperti pasta, roti putih, dan kue kering.

Jika Mama ingin tetap dapat mengonsumsi nasi, gantilah nasi putih dengan nasi merah, nasi cokelat, atau nasi hitam. Jika Mama ingin mengonsumsi roti, pilihlah roti gandum.

Namun harus tetap dalam batasan tertentu ya, Ma.


2. Daging setengah matang dan daging olahan

pinterest

Protein hewani dapat mengandung parasit dan bakteri yang dapat mengakibatkan keracunan makanan, tetapi ternyata efeknya jauh lebih parah jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

Daging mentah, daging unggas atau unggas mentah harus Mama waspadai karena dapat mengandung listeria. Listeria monocytogenes adalah suatu bakteri yang dapat menyebabkan infeksi serius dan fatal pada bayi, anak-anak, orang sakit dan lanjut usia, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Orang sehat juga dapat terinfeksi bakteri Listeria, dengan gejala jangka pendek yang muncul seperti demam tinggi, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut dan diare.

Listeriosis merupakan nama penyakit yang disebabkan oleh bakteri L. monocytogenes ini, Ma. Bagi ibu hamil, infeksi Listeria dapat menyebabkan keguguran. Selain daging mentah, daging olahan seperti kornet dan sosis pun tidak direkomendasikan untuk ibu hamil.

Saat hamil, risiko listeriosis (infeksi akibat mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri) Mama akan meningkat dan dapat diturunkan ke bayi.

Jadi, jika Mama adalah penggemar sushi atau steak dengan tingkat kematangan rare, sebaiknya Mama tahan-tahan dulu keingnan Mama hingga buah hati lahir ya.


3. Kafein

pinterest

Sudah sejak lama kafein dikaitkan dengan efek kelahiran buruk pada anak jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

Meskipun Mama adalah penggemar kopi, teh, atau soda mania, namun Mama harus jauh-jauh dari tiga minuman mengandung kafein tersebut.

Sebuah penelitian menemukan bahwa kafein mengakibatkan berat badan bayi menjadi rendah.


BACA JUGA


Faktor Penyebab Keguguran Salah Satunya Adalah Makanan. Ibu Hamil Harus Hindari 6 Makanan Ini Selama Kehamilan!

Faktor Penyebab Keguguran Salah Satunya Adalah Makanan. Ibu Hamil Harus Hindari 6 Makanan Ini Selama Kehamilan!

Penyebab keguguran bisa karena beragam faktor, salah satunya Makanan. Oleh karena itu, Mama mesti lebih berhati-hati lagi dalam mengonsumsi ...

Read more..


4. Minyak hati ikan kod

lifehack

Ahli diet Sara Shencker menyatakan, bahwa ikan dan suplemen yang terbuat dari tubuh ikan (seperti Omega 3) memang bagus untuk perkembangan janin. Namun, suplemen yang terbuat dari hati ikan, seperti minyak hati ikan cod, tidak aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Minyak hati ikan kod mengandung retinol tinggi yang akan membahayakan bayi jika dikonsumsi dalam jumlah besar.


5. Telur mentah atau setengah matang

pinterest

Seperti halnya daging mentah, telur mentah atau setengah matang sangat tidak direkomendasikan bagi ibu hamil.

Telur yang tidak matang sempurna masih mengandung berbagai bakteri seperti salmonella, listeria, dan taxoplasma gondii. Ibu hamil jauh lebih rentan terkena infeksi usus dan bisa mengakibatkan komplikasi serius pada kehamilan.


6. Buah dan sayur yang belum dicuci

naturallivingideas

Buah dan sayur yang belum dicuci biasanya mengandung parasit toksoplasma.

Pada ibu hamil, toksoplama dapat mengakibatkan keguguran, kelahiran mati, atau toksoplasmosis kongenital yang dapat menimbulkan kerusakan otak, hilang pendengaran, dan gangguan penglihatan pada bayi pada saat dilahirkan, atau beberapa bulan/tahun setelah dilahirkan.

Jadi pastikan Mama selalu mencuci buah dan sayur sebelum diolah atau dimakan, meskipun buah dan sayur tersebut tidak Mama makan bersama kulitnya (seperti semangka, melon, mangga, atau jeruk).


BACA JUGA


Lagi Hamil, Boleh Makan Ini Nggak Ya? Boleh Makan Itu Nggak Ya?

Lagi Hamil, Boleh Makan Ini Nggak Ya? Boleh Makan Itu Nggak Ya?

Let us make pregnancy an occasion when we appreciate our female bodies. ~ Merete Leonhardt-Lupa

Read more..


Jika salah satu dari keenam makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil di atas masuk ke dalam list makanan dan minuman favorit Mama, maka sebaiknya Mama bersabar dulu selama 9 bulan.

Menjadi ibu memang tugas yang sangat berat, dibutuhkan banyak pengorbanan dan entah sampai kapan Mama harus berkorban.

Namun, menjadi ibu pun adalah sebuah anugerah luar biasa yang akan mengisi kekosongan jiwa.

Selalu semangat untuk memberikan yang terbaik bagi si buah hati ya, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ibu Hamil, Hindari 6 Makanan yang Bisa Membahayakan Kehamilan Ini Ya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ra'idah Azyyati | @raidahazyyati

Silahkan login untuk memberi komentar