Ibu Hamil yang akan Ber-Commuter Line, Baca Dulu Tips Aman dan Nyaman Naik Transportasi Umum Ini Yuk!

Ibu Hamil yang akan Ber-Commuter Line, Baca Dulu Tips Aman dan Nyaman Naik Transportasi Umum Ini Yuk!

1.4K
Ibu hamil harus tetap aktif, namun di sisi lain juga pengin selalu nyaman. Makanya, harus ada tips agar ibu hamil nggak malas ber-Commuter Line, bisa tetap aktif, dan tetap nyaman.

Ibu hamil yang bekerja ber-Commuter Line dalam perjalanan menuju dan kembali dari tempat kerja? Antara bertanya-tanya, aman nggak ya? Atau, nyaman nggak ya? Apalagi kalau saat jam padat. Yang buat berdiri saja bahu bersenggolan dengan bahu orang.

Pasti yang kepikiran adalah duh ... betapa nggak enaknya! Kemudian banyak ibu hamil yang akhirnya memilih menggunakan motor yang tingkat risikonya justru lebih tinggi.

Hmmm ...

Sebenarnya, dan mungkin Mama dan semua pembaca artikel ini juga tahu, bahwa PT.KAI menyediakan tempat duduk prioritas bagi ibu hamil di setiap gerbong Commuter Line. Tapi, mengapa rasanya malah kurang berhasil guna?

Jawabannya, adalah tidak mudahnya ibu hamil untuk bisa mencapai tempat duduk yang sudah disediakan tersebut. Apalagi nih, ini menurut saya lho, Ma, rasa empati terhadap sesama itu mulai memudar, terutama kalau sudah urusan transportasi. Di dalam bus, di dalam kereta, dan di mana saja sebenarnya selalu ada aturan untuk memprioritaskan ibu hamil.

Tapi, apa yang terjadi? Kadang ada beberapa penumpang melihat ibu hamil yang sedang kebingungan karena tak ada tempat duduk, malah justru pura-pura nggak melihat, pura-pura tidur atau cuek saja. Sehingga kadang ibu hamil memilih diam dan pasrah berdiri hingga tempat tujuan.

Ya, memang sih. Nggak semua penumpang bersikap seperti itu, Ma. Nggak sedikit juga sih yang bersedia memberikan tempat duduknya, atau memberikan jalan, bahkan menolong berjalan ibu hamil yang kepayahan di atas transportasi umum semacam Commuter Line ini. Mereka nggak jarang juga berani menegur penumpang lain yang duduk di tempat duduk prioritas bagi ibu hamil.

Kalau bisa ketemu orang-orang yang peduli ini sih enak. Kita, yang hamil, pasti jadi merasa tertolong dan pastinya jadi nyaman jalan ke mana saja.

Kalau enggak? Tenang! Saya punya tips untuk para ibu hamil yang ingin bepergian menggunakan transportasi umum, khususnya Commuter Line. Tips-tips ini sudah saya terapkan saat saya hamil kemarin lho, Ma, dan cukup tokcer!


Tips Aman dan Nyaman Ber-Commuter Line bagi Ibu Hamil



1. Nyamankan Diri Sendiri

Sebelum melakukan perjalanan dengan menggunakan Commuter Line, ada baiknya nyamankan diri Mama sendiri dulu.

Maksudnya begini. Pakailah pakaian yang nyaman, pastikan sepatu atau alas kaki Mama juga nyaman. Tak perlu membawa barang-barang terlalu banyak dan nggak penting dalam tas Mama. Jangan lupa membawa air minum yang banyak, kipas, essential oil agar Mama merasa rileks di jalan. Oh ya, boleh juga membawa music player, semacam iPod atau smartphone dan juga ear phone ya. Supaya masih sempat mendengarkan musik kesayangan Mama.


2. Berangkat lebih awal

Supaya nggak terburu-buru di jalan sehingga Mama bebas dari rasa stres, sebaiknya berangkatlah lebih awal menuju stasiun terdekat. Dengan berangkat lebih awal, Mama dapat memilih Commuter Line yang lebih sepi penumpang, sehingga akan lebih nyaman untuk Mama.


3. Klaim tempat duduk Mama

Saat menunggu Commuter Line datang, carilah posisi di mana pintu gerbong yang terdekat dengan posisi tempat duduk khusus ibu hamil akan berhenti di depan Mama. Dengan demikian, Mama nggak akan terlalu kesusahan untuk mencapainya.

Kalau ada yang menduduki? Klaimlah tempat duduk Mama tersebut! Karena Mamalah yang berhak duduk di sana. Nggak usah pedulikan kalau ada yang ngomel atau melototin. You deserve your seat!


4. Katakan kalau Mama sedang hamil

Bagi ibu hamil yang usia kandungannya masih terbilang muda, kan kadang belum kelihatan ya, Ma. So, wajar saja kalau orang pada nggak ngeh kalau Mama sedang hamil.

Kalau begitu kondisinya, sebaiknya Mama informasikan saja dengan sopan bahwa Mama sedang hamil dan membutuhkan tempat duduk. Saya sendiri selalu bilang, "Ada yang sedang nggak hamil? Maaf, saya lagi hamil dan butuh tempat duduk." Biasanya sih direspon dengan baik. Yang duduk di tempat duduk khusus ibu hamil pasti akan segera berdiri. Atau yang duduk terdekat dengan kita bisa juga memberikan tempat duduknya.



5. Tetap beretika

Tapi kadang, mungkin saking penuhnya, kita jadi benar-benar nggak bisa mencapai tempat duduk khusus ibu hamil yang disediakan.

Kalau sudah begini, lalu ada orang yang memberikan tempat duduknya untuk Mama, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih ya, Ma. Saya sering melihat lho, ibu hamil yang sudah dapat tempat duduk yang diberikan oleh penumpang lain, lantas duduk tanpa mengatakan sepatah kata pun. Duduk saja gitu tanpa dosa. Ih! Sebal juga lihatnya, Ma. Hihihi. Ada orang baik lho yang sudah menolong, masa ucapan terima kasih pun nggak ada.

So, meski itu memang sudah menjadi hak Mama, tetaplah beretika dengan mengucapkan terima kasih ya.


6. Siap-siap kalau mau turun

Kalau keretanya sudah mendekati stasiun tujuan, sebaiknya Mama segera persiapkan diri.

Jadi saat hendak turun di stasiun tujuan, Mama nggak perlu buru-buru dan dapat berjalan dengan hati-hati menuju pintu keluar gerbong Commuter Line. Fyuh! Kebayang nggak sih, kalau kita buru-buru padahal lagi padat?


7. Dukungan dari orang tersayang

Nah, ini yang terpenting ya.

Karena Mama sedang hamil, maka tentunya harus didukung oleh Papa nih kalau mau ber-Commuter Line. Paling nggak yakinkan Papa bahwa Mama akan baik-baik saja selama di atas kereta. Kalau kondisi biasa sih, ber-Commuter Line pasti akan asyik-asyik saja. Tapi bagi ibu hamil, mungkin agak kurang nyaman. Tapi pastinya, karena kemauan atas alasan-alasan yang Mama sendiri yang tahu, ber-Commuter Line akhirnya menjadi pilihan untuk tetap beraktivitas.

Pastikan Mama bisa langsung bisa menghubungi Papa atau orang lain ya, jika ada kondisi darurat di jalan. Dan, sebaiknya sih kalau usia kandungan sudah mendekati persalinan, ada baiknya untuk dipertimbangkan lagi kalau mau ber-Commuter Line. Untuk mama yang akan menggunakan Commuter Line, sangat diperlukan dukungan penuh dari keluarga supaya kemauan semakin kuat untuk siap menggunakan Commuter Line.


Nah, nyaman kan sekarang? Yang pasti, dengan ber-Commuter Line sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa Mama dapatkan. Selain Mama mengurangi polusi udara akibat terlalu banyaknya kendaraan pribadi di jalan, juga mengurangi macet pastinya ya, Mama jadi bisa 'memaksa' diri untuk selalu aktif. Si baby yang ada di perut juga pasti senang kan kalau diajak aktif begini?

So, bagi ibu hamil, nggak perlu takut dan khawatir kalau ber-Commuter Line lagi.

Selamat beraktivitas and stay healthy, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ibu Hamil yang akan Ber-Commuter Line, Baca Dulu Tips Aman dan Nyaman Naik Transportasi Umum Ini Yuk!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ayu Utami | @mamaayuutami

Silahkan login untuk memberi komentar