Ibu Melahirkan Ada Baiknya Melakukan Sit Moon Period Ini Agar Proses Pemulihan Lebih Cepat Dan Tubuh Makin Fit!

Ibu Melahirkan Ada Baiknya Melakukan Sit Moon Period Ini Agar Proses Pemulihan Lebih Cepat Dan Tubuh Makin Fit!

964
Ibu melahirkan itu nggak boleh mandi, nggak boleh keluar rumah, makan yang banyak! Sebenarnya apa, sih, sit moon period itu?

"Sitting for a Moon", atau biasa juga disebut sebagai "sit moon period", dan dalam bahasa Mandarin disebut "Zuo Yue Zi", adalah sebuah tradisi yang dilakukan orang Cina untuk masa pemulihan pasca ibu melahirkan selama sebulan atau 30 hari.

Di Indonesia sendiri, pasca melahirkan kita para Mama pasti melakukan beberapa hal, seperti memakai bekung (stagen/gurita) untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula, minum jamu dan sebagainya.

Nah, kalau orang Cina, dalam 30 hari seorang Mama harus melakukan beberapa hal yang dianggap membantu proses pemulihan lebih cepat. Selain itu, mereka juga tidak boleh melakukan beberapa hal tertentu.

Semua hal yang dibagikan di bawah ini, adalah demi kebaikan dan kesehatan kita para Mama, Konon katanya, kalau kita sukses menjalani semua hal selama sit moon period, saat tua nanti kondisi tubuh kita akan jauh lebih fit dan nggak gampang sakit.

Berdasarkan pengalaman pribadi dan juga informasi yang saya dapat, berikut beberapa hal yang dilakukan saat menjalani sit moon period. Sebenarnya ada banyak, namun ini yang bisa diaplikasikan oleh kita para Mama. Siapa tahu berguna dan membantu para Mama saat pasca melahirkan nanti.

BACA JUGA


Segera Pulih Setelah Melahirkan? Berikut 5 Langkah yang Akan Bisa Membantu Mama!

Segera Pulih Setelah Melahirkan? Berikut 5 Langkah yang Akan Bisa Membantu Mama!

Setelah melahirkan, Mama pada umumnya sangat bahagia secara psikis. Tapi, bagaimana dengan kondisi fisik

Read more..

7 Hal tentang sit moon yang baik untuk dilakukan ibu melahirkan.


1. Tidak boleh keramas

1. Tidak Boleh Keramas - Nggak keramas selama dua hari saja nggak betah, apalagi selama 30 hari?!
Nggak keramas selama dua hari saja nggak betah, apalagi selama 30 hari?!


Setelah saya melewati hari ketiga pasca melahirkan, saya nekat keramas di rumah sakit karena sudah nggak tahan dengan rambut lepek. Begitu Mama saya tahu, saya langsung dimarahi.

Kenapa sih, nggak boleh keramas?

Mama yang habis melahirkan mengeluarkan banyak energi dan juga darah, jadi daya tahan dan kesehatan tubuh kita belum kuat seperti sedia kala. Keramas konon bisa menyebabkan masuk angin.

Lalu, bagaimana dengan mandi? Apa tidak boleh juga?

Sebenarnya kalau orang tua yang strict, kita tidak diperbolehkan mandi. Tapi setelah lewat seminggu, mama menginjinkan saya mandi, tapi harus mandi dengan air hangat yang dicampur sereh.



2. Tidak boleh keluar rumah

2. Tidak Boleh Keluar Rumah - 'Jaga kandang' dulu ya, Ma!
'Jaga kandang' dulu ya, Ma!


Alasan yang sama dengan poin sebelumnya, kondisi tubuh ibu melahirkan masih sangat rentan.Jalan-jalan di luar rumah banyak risikonya, seperti polusi, debu, angin kencang, dll. Kalau mau cepat pulih, lebih baik diam di rumah dulu saja. 

Selain itu, ada alasan untuk menyelesaikan drama Korea atau serial TV lainnya, bukan?



3. Tidak boleh mengkonsumi minuman dan makanan tertentu

3. Tidak Boleh Mengkonsumi Minuman Dan Makanan Tertentu -


Minuman dingin seperti air es, soda dingin, es kopi, jus dan lainnya, tidak diperbolehkan saat menjalani sit-moon period. Begitu juga dengan beberapa jenis makanan seperti sayur yang sifatnya 'dingin' (kol, sawi putih, timun, tomat), buah-buahan seperti mangga, jeruk, strawberry juga tidak diperbolehkan.

Alasannya? Semua demi kesehatan kita.

Bahkan orang tua yang ekstrem tidak memperbolehkan minum air putih sama sekali. Alasannya, sih, air putih gampang bikin kita kembung. Namun sebenarnya nggak apa-apa kok. Boleh minum air putih dengan catatan tidak dingin, dan kalau bisa air hangat.



4. Perbanyak minum kuah atau arak obat untuk memperbanyak produksi ASI

4. Perbanyak Minum Kuah Atau Arak Obat Untuk Memperbanyak Produksi ASI  - Tim Obat Ayam untuk mama yang baru melahirkan
Tim Obat Ayam untuk mama yang baru melahirkan


Bagi Mama yang belum tahu, orang Cina sangat suka minum kuah.  Kuah buat mereka sama seperti air putih buat kita sebagai pendamping saat menyantap makanan.

Saat menjalani sit-mood period, minum kuah sangat disarankan untuk ibu melahirkan. Selain untuk mencukupi kebutuhan vitamin dalam tubuh, kuah bisa membantu produksi ASI kita melimpah. Semakin rajin minum kuah, akan semakin banyak ASI yang dihasilkan.

Lalu, kuah apa yang biasa diminum?

Paling standar adalah kuah yang dimasak dengan ayam kampung dan jahe. Bisa juga membuat tim obat ayam. Waktu pasca melahirkan, setiap hari saya nggak absen minum kuah ayam. Sampai bosen, Ma! Namun demi kualitas ASI, saya pun berusaha nggak mengeluh.

Selain kuah ayam, bisa juga membuat kuah sayur, seperti kuah bayam dan kuah daun katuk.

Bagi beberapa orang yang bisa minum kuah obat atau arak, mereka juga membuat ramuan khusus yang dicampur dengan rice wine (mijiu). Arak ini dimasak 3-4 bulan sebelum HPL (Hari Perkiraan Lahir), supaya mendapatkan hasil terbaik dan pekat. Setelah diramu, arak disimpan dalam sebuah wadah toples kaca besar. Boleh langsung diminum atau dicampur dengan kuah ayam.



5. Pastikan tubuh hangat dengan memakai baju dan celana panjang, serta alas kaki di dalam rumah

5. Pastikan Tubuh Hangat Dengan Memakai Baju Dan Celana Panjang, Serta Alas Kaki Di Dalam Rumah - Keep calm and wearing your pajamas
Keep calm and wearing your pajamas


Saya pernah 'diomongi' oleh salah satu orang tua yang sedang datang menjenguk karena saat itu saya memakai celana pendek dan nyeker alias tidak memakai alas kaki. Waktu itu saya bandel, sih, soalnya waktu siang hari saya merasa gerah, jadi nggak pingin pakai celana panjang.

Sebenarnya dengan memakai celana panjang dan alas kaki di rumah, lagi-lagi demi kesehatan badan kita sendiri. Memakai alas kaki di rumah itu konon untuk menghalau dingin yang berasal dari ubin. Jadi lebih baik dengar apa kata orang tua aja, deh!



6. Memakai bengkung/stagen/gurita.

6. Memakai Bengkung/stagen/gurita. - Memakai bengkung setelah melahirkan.
Memakai bengkung setelah melahirkan.


Semua Mama pasti ingin bentuk badannya kembali seperti semula setelah melahirkan. Sama seperti tradisi orang Indonesia, memakai bengkung/stagen/gurita ini pun wajib dilakukan sebagai perawatan setelah melahirkan. Zaman sekarang mungkin nggak banyak lagi yang memakai stagen, karena terlalu ribet dan ketat. Buat yang tidak terbiasa, di luaran sana sudah banyak yang menjual model belt yang tinggal di-wrap di daerah sekitar perut sampai panggul, supaya lebih praktis dan nyaman.

Saya sendiri sangat menyesal tidak rutin memakai gurita saat sit moon period. Alasannya klasik, nggak betah dan gatal-gatal. Soalnya stagen atau gurita ini harus dipakai setiap saat, bahkan saat tidur. lho.

Sebaiknya, sih, Mama rajin membengkung perut saat setelah melahirkan nantii. Jangan kayak saya, menyesal belakangan dan meratap perut yang tak kunjung kempes. Huft!



7. Tidak boleh menangis dan marah-marah.

7. Tidak Boleh Menangis Dan Marah-marah.  - Apapun yang terjadi, keep smiling ya, Ma!
Apapun yang terjadi, keep smiling ya, Ma!


Sehabis melahirkan, Mama pasti akan mengalami yang namanya mood swing. Beberapa Mama juga mengalami yang namanya baby blues. Ini wajar banget, karena kita baru saja memasuki dunia baru dan menjalani peran sebagai ibu.

Setelah melakukan proses persalinan, baik itu normal atau operasi, Mama pasti akan merasa sakit dan ngilu. Belum lagi kalau si debay kelaparan, ternyata ASI kita belum keluar banyak. Hal-hal seperti ini mudah sekali membuat kita sedih dan rasanya pingin nangis!

Eits, sedih boleh, Ma. Tapi jangan berlarut yah!

Terkadang seorang mama ingin melakukan dan melalui semuanya sendirian. Padahal kita butuh bantuan dan juga dukungan moril, yang pastinya bisa kita dapatkan dari Papa. Jangan sungkan untuk berbagi dengan orang lain saat kita memang membutuhkannya. Dengan mood yang bagus, proses pemulihan pun akan berlangsung lebih cepat.

Jadi, jangan sedih-sedih, ya, Ma!


Melakukan sit moon period bagi ibu melahirkan ini sangat baik kok karena tujuannya untuk diri kita juga. 

Coba deh Mama perhatikan kenapa orang tua zaman dahulu itu kuat-kuat, ya karena mereka kalau sehabis melahirkan melakukan sit mood period ini. 

Sekarang ini, banyak yang menganggap sit mood period ini sudah kuno, nggak relevan lagi untuk dilakukan. Well, semua punya pendapat masing-masing, terserah mau lakukan atau nggak. 

Tapi, satu yang pasti efek dari sit moon period ini bisa dirasakan dalam jangka panjang loh Ma. Dan, apa yang dikatakan orang tua itu selalu baik bukan untuk kita?

Sehat selalu ya, Ma..

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ibu Melahirkan Ada Baiknya Melakukan Sit Moon Period Ini Agar Proses Pemulihan Lebih Cepat Dan Tubuh Makin Fit!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Jane Reggievia | @janereggievia

Millennial mom with a son and a forever fan of The Devil Wears Prada. Writing regularly at http://janefromtheblog.blogspot.com

Silahkan login untuk memberi komentar