Ibu Menyusui Akan Membutuhkan Dukungan dari Seluruh Keluarga - Berikut Hal-hal yang Bisa Dilakukan Agar Sukses Menyusui!

Ibu Menyusui Akan Membutuhkan Dukungan dari Seluruh Keluarga - Berikut Hal-hal yang Bisa Dilakukan Agar Sukses Menyusui!

1K
 Ibu menyusui tidak sendirian. Ada banyak orang tersayang yang bisa membantu dan mendukung selama proses ibu menyusui. Ayo, ajak mereka untuk membantu Mama.

Hai, Mama! Apa kabar si kecil? Sehat kan ya? Sudah bisa apa saja sekarang? Ah, senangnya kalau si kecil sudah banyak memperlihatkan perkembangan. Bagaimana acara menyusuinya? Semoga juga selalu lancar ya. Jangan lupa untuk selalu meminta support dari keluarga, karena sebagai ibu menyusui, kita memang akan selalu membutuhkan dukungan 24/7 dari keluarga.

Mengapa sih keluarga harus dilibatkan dalam proses menyusui?

Well, secara gampangnya begini, Ma.

Secara sosiologi, keluarga didefinisikan sebagai kesatuan sosial yang terikat oleh hubungan darah atau perkawinan atau adopsi yang masing-masing anggotanya memiliki peranan berlainan sesuai dengan fungsinya. Di dalam masyarakat terdapat beberapa tipe keluarga, antara lain keluarga inti (papa, mama, dan anak-anak yang belum menikah) dan keluarga besar (selain papa, mama, dan anak-anak, juga terdapat anggota keluarga lainnya).

Karena si baby hadir di tengah keluarga, baik itu keluarga inti maupun keluarga besar, maka peran keluarga pun sangat besar terhadap keberhasilan ibu menyusui.


BACA JUGA


Menyusui itu Gampang? Sebelum Berkata Demikian, Catat Dulu Hal-Hal Berikut Ini!

Menyusui itu Gampang? Sebelum Berkata Demikian, Catat Dulu Hal-Hal Berikut Ini!

Breastmilk is a magical elixir and have this strong conviction to breastfeed your baby

Read more..


Nah, lalu, apa saja nih yang bisa dilakukan oleh masing-masing anggota keluarga untuk bisa memberi support ibu menyusui? Coba yuk, Ma, kita lihat. Mama nanti bisa menunjukkan artikel ini pada Papa, Nenek, Kakek, Om, Tante, bahkan Kakak si bayi dan seluruh anggota keluarga yang lain ya. Supaya jelas gitu, Ma, bahwa tugas menyusui tuh bukan cuma tugasnya seorang ibu saja. Ok?


Peran keluarga sebagai pendukung ibu menyusui

Peran Papa


Papa merupakan sponsor utama dalam keberhasilan ibu menyusui. Selama ini mayoritas masyarakat masih menganggap bahwa proses menyusui adalah urusan antara ibu dan bayi. Padahal ya, Ma, agar proses menyusui ini berjalan sukses, Papa harus ikut berpartisipasi aktif, bahkan sejak proses kehamilan.

Berikut ini adalah beberapa peran yang bisa dilakukan oleh Papa dalam mendukung proses ibu menyusui:


1. Memilih Fasilitas Kesehatan

Sukses ibu menyusui dimulai sebelum proses persalinan, yaitu saat memilih fasilitas kesehatan yang mendukungnya. Sebelum saat persalinan tiba, Papa harus memastikan bahwa fasilitas kesehatan yang dipilih memiliki 10 langkah menuju keberhasilan menyusui sesuai dengan aturan WHO.


2. Memberi Dukungan

Awalnya pasti akan menjadi saat-saat yang sulit bagi seorang ibu menyusui, sehingga nggak jarang beberapa dari mereka pun mengalami stres, bahkan terkena syndrome baby blues .

So, dukungan dari Papa sangat diperlukan. Antara lain Papa bisa memberikan perhatian dan dukungan, misalnya nih, menemani Mama saat melaksanakan kewajibannya sebagai ibu menyusui, terutama di malam hari. Kan di awal kelahirannya, bayi akn lebih sering menyusu di malam hari. Betul, Ma?

Selain menemani, Papa juga dapat membantu menyendawakan bayi setelah selasai menyusu. Dengan demikian, Mama pun merasa tidak sendirian sehingga menyusui menjadi hal yang menyenangkan baginya.


BACA JUGA


Ternyata Depresi Pasca Kelahiran Juga Terjadi pada Papa. Begini Gejalanya!

Ternyata Depresi Pasca Kelahiran Juga Terjadi pada Papa. Begini Gejalanya!

Siapa sangka depresi pasca melahirkan ternyata nggak hanya terjadi pada para mama baru. Para papa juga rentan terserang depresi ini, dan ...

Read more..


3. Memberi Semangat

Pengalaman pertama menyusui seringkali membuat Mama nggak percaya diri ya. Banyak mama yang merasa ASI-nya kurang atau nggak cukup.

Nah, berarti ini saatnya Papa memberikan semangat nih pada Mama. Bahwa semakin sering menyusui, semakin banyak pula ASI yang diproduksi. Papa perlu meyakinkan bahwa produksi ASI Mama itu selalu sesuai dengan kebutuhan bayi.


4. Memberi Bantuan

Proses ibu menyusui terkadang menjadi proses yang sangat melelahkan ya, Ma. Seringnya kita terbangun di malam hari dan kurang istrirahat, sehingga bikin kita kecapekan.

Rasa lelah ini akhirnya membuat Mama nggak mampu mengerjakan pekerjaan rumah lainnya. Bantuan dari Papa pasti akan sangat berarti di sini. Ayo, Pa, bantu Mama mengerjakan pekerjaan rumah yang lain, bahkan mungkin juga ikutan membantu merawat bayi. Misalnya membantu mengganti popok? Atau sekadar mengajaknya berjalan-jalan menikmati udara pagi yang segar.


5. Menciptakan Rasa Nyaman

Kelancaran produksi ASI juga bergantung pada rasa nyaman yang dirasakan oleh Mama. Makanya, Papa juga sebaiknya ikut menciptakan rasa nyaman itu. Misalnya, mengambilkan air minum dan camilan saat Mama sedang melaksanakan kewajiban sebagai ibu menyusui. Atau bisa juga memijit punggung Mama ketika selesai menyusui, sehingga rasa lelah pun jadi hilang.


Peran Kakak si Bayi


Setiap kakak memerlukan waktu untuk menerima kehadiran seorang adik, Ma. Adalah wajar saat kemudian ada rasa cemburu yang hadir pada diri si Kakak.

Makanya, ini menjadi tugas orangtua juga untuk membantu si Kakak untuk beradaptasi. Hal ini bisa dimulai jauh sebelum kelahiran sang adik. Ajak si Kakak berinteraksi dengan adiknya yang masih ada dalam kandungan. Bila saat hamil si Kakak masih menyusu, maka Mama harus mulai mengajak si Kakak untuk berbicara dari hati ke hati, bahwa ia harus berbagi ASI dengan sang adik. Berilah pengertian, bahwa adiknya harus didahulukan ketika meminta ASI. Pertegas pula, bahwa itu bukan berarti Mama pilih kasih ya, tapi karena adik bayi masih perlu ASI sebagai makanan utama, maka Kakak harus bersedia mengalah sebentar.

Sementara menunggu giliran, mungkin Mama pun bisa mengajak Kakak membaca buku bersama-sama, atau bermain apa pun yang tak menggunakan fisik yang terlalu banyak.


BACA JUGA


Inilah Drama Yang Sering Terjadi Pada Anak Pertama Ketika Anak Kedua Lahir. Seru!

Inilah Drama Yang Sering Terjadi Pada Anak Pertama Ketika Anak Kedua Lahir. Seru!

I may fight with my sibilngs. But once, you lay finger on them, you'll be facing ME

Read more..


Peran Nenek


Kalau Mama adalah seorang ibu bekerja, maka mungkin Mama seringkali harus melibatkan nenek dalam proses pengasuhan bayi ya.

Makanya, peran seorang nenek dalam proses ibu menyusui juga sangat penting, Ma. Berikut peran nenek dalam mendukung proses ibu menyusui:


1. Memberikan ASIP Tanpa Dot

Saat Mama sedang bekerja, Nenek dapat membantu dengan memberikan ASIP (Air Susu Ibu Perahan) melalui berbagai cara, misalnya dengan sendok, pipet, gelas sloki ataupun cup feeder.

ASIP sebaiknya tidak diberikan melalui dot. Mengapa? Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan dot telah terbukti mengakibatkan penyapihan dini pada bayi, Ma. Bayi akan lebih senang mengisap dot dan menjadi tidak berselera menyusu langsung. Akibatnya rangsangan isapan bayi ke puting susu Mama pun akan menurun, sehingga produksi ASI juga akan menurun.


BACA JUGA


Inilah Alasan Mengapa Kakek dan Nenek Merupakan Tambahan Cinta dari Orangtua Untuk Anak-anak

Inilah Alasan Mengapa Kakek dan Nenek Merupakan Tambahan Cinta dari Orangtua Untuk Anak-anak

Grandparents are people with silver in their hair and golden in their heart

Read more..


2. Membantu Menyiapkan Makanan Bergizi

Dukungan lain yang bisa diberikan Nenek kepada ibu menyusui adalah membantu menyiapkan makanan bergizi. Mama pasti seringkali masih merasa lemah ya, sehingga belum bisa memasak sendiri. Apalagi kalau proses melahirkannya baru belum begitu lama berlalu.

Nah, Mama bisa meminta bantuan pada nenek untuk membantu menyiapkan makanan bergizi, sehingga proses produksi ASI menjadi lancar.


3. Memberi Semangat

Nenek juga bisa memberi semangat pada Mama untuk terus memompa ASI secara rutin setiap dua jam sekali, bila ibu sedang bekerja.


BACA JUGA


Ini Dia 7 Masalah Ibu Menyusui yang Biasanya Dialami, Beserta Tips untuk Mengatasinya!

Ini Dia 7 Masalah Ibu Menyusui yang Biasanya Dialami, Beserta Tips untuk Mengatasinya!

Bisa menyusui, pastilah sudah menjadi keinginan Mama begitu si bayi lahir ya, Ma. Dan, jangan dikira pula bahwa menyusui itu mudah, tinggal ...

Read more..


Nah, demikianlah, Ma, dukungan yang bisa diberikan oleh masing-masing anggota keluarga agar proses ibu menyusui bisa berjalan lancar. Memang, breastfeeding family merupakan faktor pendorong utama dalam keberhasilan menyusui.

So, ayo dukung ibu menyusui. ASI untuk generasi yang lebih baik.

Semangat, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ibu Menyusui Akan Membutuhkan Dukungan dari Seluruh Keluarga - Berikut Hal-hal yang Bisa Dilakukan Agar Sukses Menyusui!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dian Kusumawardani | @diankusumawardani

Silahkan login untuk memberi komentar