Ibu Mertua Seperti Orang Tua Sendiri? Mudah Kok, Coba Terapkan Tips Berikut Ini!

Ibu Mertua Seperti Orang Tua Sendiri? Mudah Kok, Coba Terapkan Tips Berikut Ini!

547
Ibu mertua adalah orang tua yang di persiapkan oleh Tuhan untuk mendidikmu ketika kamu menjadi seorang istri. Cintai mereka seperti kamu mencintai orang tuamu sendiri.

Ketika Mama menikah, hal pertama yang paling ditakutkan adalah ketika Mama harus tinggal seatap dengan orang tua dari Papa. Yes, bapak dan ibu mertua.

Adaptasi mungkin akan menjadi hal tersulit yang harus Mama jalani, karena Mama yang terbiasa menjadi anak kesayangan kini harus mengurus dan merawat Papa beserta orang tuanya. Minimnya pengetahuan tentang berumah tangga menjadi kendala yang membuat ibu mertua--khususnya--menjadi sedikit posesif.

Hal ini bisa membuat Mama merasa tidak nyaman terhadap ibu mertua dan rindu tinggal bersama orang tua. Tapi hal ini bisa diatasi dengan mudah kok, Ma.


BACA JUGA


Tetap Akrab Dengan Mertua, Lakukan Beberapa Langkah Kecil Nan Sederhana Namun Membahagiakan Ini!

Tetap Akrab Dengan Mertua, Lakukan Beberapa Langkah Kecil Nan Sederhana Namun Membahagiakan Ini!

Apakah Mama salah satu anak mantu yang susah akrab dengan mertua? Wah, pasti rasanya dunia seperti jungkir balik ya, Ma, kalau chemistry ...

Read more..


Terapkan hal berikut ini agar bapak dan ibu mertua bisa jadi seperti orang tua Mama sendiri

1. Perkenalan yang baik

Photo Credit : Buddytv

Awal dari sebuah hubungan dilandasi dari sebuah perkenalan. Ketika Mama mengenal calon ibu mertua, usahakan menjadi calon menantu yang baik.

Kesalahan seseorang ketika ingin bertemu bapak dan ibu mertua adalah terlalu sibuk memperhatikan penampilan, tapi Mama lupa bahwa inner beauty juga perlu diasah.

Tutur kata yang baik dan sopan santun adalah modal utama ketika berkenalan dengan calon bapak dan ibu mertua, karena hal tersebut yang menjadi tolak ukur mereka untuk memilih menantu yang pantas mendampingi anaknya.


2. Jangan membandingkan orang tua sendiri dengan bapak dan ibu mertua

Photo Credit : Stockfresh

Rasa tidak suka adalah hal wajar, tapi setelah Mama menikah, maka buatlah sebuah komitmen untuk tidak membandingkan orang tua Mama sendiri dengan bapak dan ibu mertua. Karena mereka telah menjadi orang tua Mama, maka tanpa mereka Mama tidak mungkin bisa bertemu dengan Papa.

Jadi, hargailah bapak dan ibu mertua layaknya orang tua yang membesarkan kita, Ma. Jangan pernah membandingkan kasih sayang yang mereka berikan untuk kita, karena perilaku apa pun yang diberikan merupakan bentuk kasih sayang yang tidak bisa mereka utarakan.


3. Jadikan bapak dan ibu mertua tempat sharing

Photo Credit : Gettyimage

Bagi sebagian mama, bercerita dengan bapak atau ibu mertua mungkin adalah hal tabu. Tapi, hal ini merupakan poin utama untuk mendekatkan hubungan Mama dengan bapak atau ibu mertua menjadi semakin akrab lo.

So, tidak ada salahnya ketika Mama ingin melakukan sesuatu, juga melibatkan bapak atau ibu mertua. Jangan pernah segan untuk menceritakan kesalahan Papa pada mertua juga, Ma.

Abaikan anggapan menjadi kolokan atau tukang ngadu pada mertua, karena hal kecil ini sangat membantu Mama untuk lebih nyaman bersama bapak dan ibu mertua atau sebaliknya.


BACA JUGA


Ibu Mertua Riwil? Pahami dan Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengatasi Hubungan yang Buruk dengannya!

Ibu Mertua Riwil? Pahami dan Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengatasi Hubungan yang Buruk dengannya!

Relasi dengan Ibu Mertua kadang begitu rumit bagi sebagian perempuan. Menggantikan perannya sebagai "sosok perempuan terpenting" dalam hidup ...

Read more..


4. Belajar bersama bapak dan ibu mertua

Photo Credit : Pinterest

Ketika Mama masih kecil, pengetahuan pertama Mama mungkin adalah ibu Mama. Lalu, apa bedanya ketika Mama berada pertama kali di rumah bapak dan ibu mertua?

Pengetahuan pertama di rumah Papa adalah ibu mertua. Jangan bosan bertanya hal yang tidak Mama ketahui tentang suami atau cara memasak yang enak.

Hal ini mampu membuat Mama dan ibu mertua menjadi lebih kompak melakukan kegiatan bersama-sama.


5. Jangan pernah mengadu pada orang tuamu

Photo Credit : Theprayingwoman

Hubungan rumah tangga memiliki pasang surut, namun hal ini tidak boleh menjadi alasan bagi Mama menceritakan hal buruk tentang Papa dan orang tuanya kepada orang tua sendiri.

Memang sih, menceritakan permasalahan seperti itu akan bisa membuat hati Mama menjadi lebih baik. Tapi bukan hal baik kalau yang diceritakan adalah keburukan orang lain, terutama dalam hal ini adalah suami dan orang tuanya.

Curhat soal suami pada orang tuanya itu tentu lebih baik, karena orang tuanya lebih mengenal Papa sehingga mungkin bapak dan ibu mertua akan dapat membantu Mama untuk lebih memahami Papa seperti mereka.

Beda soal kalau Mama curhat soal Papa pada orang tua Mama sendiri. Bisa-bisa bapak dan ibu Mama malah jadi menghakimi, padahal mereka tak mengenal sifat asli Papa. Jadi timbul masalah baru deh.


BACA JUGA


Dear Ibu Mertua, I Love You - Dan 7 Alasan Ini Membuat Saya Makin Menyayangi Ibu!

Dear Ibu Mertua, I Love You - Dan 7 Alasan Ini Membuat Saya Makin Menyayangi Ibu!

Ibu Mertua sayang, Ibu memang bukan orangtua kandung saya. Tapi percayalah, saya punya banyak alasan untuk sangat dan semakin menyayangi Ibu ...

Read more..


Nah, lakukan tip-tip di atas agar Mama tidak takut lagi tinggal seatap dengan bapak dan ibu mertua. Mertua adalah orang tua Mama juga, dan pasti Mama bisa hidup rukun bersama mereka.

Semangat, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ibu Mertua Seperti Orang Tua Sendiri? Mudah Kok, Coba Terapkan Tips Berikut Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Letta diva | @Vinaleta

Silahkan login untuk memberi komentar