Ibu Rumah Tangga Membangun Bisnis Sendiri? Bisa Banget, Begini Caranya!

Ibu Rumah Tangga Membangun Bisnis Sendiri? Bisa Banget, Begini Caranya!

952
Membangun bisnis sendiri juga bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga lho. Jangan salah, membangun bisnis di rumah bisa sesukses yang menjalankan bisnis dari gedung bertingkat!

Mama, walaupun Mama 'hanya' seorang ibu rumah tangga tapi Mama juga bisa kok mempunyai penghasilan untuk keluarga dengan membangun bisnis sendiri. Berikut ini saya akan memberikan pilihan untuk Mama beberapa kerja sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga.

Sebagai ibu rumah tangga, Mama bisa mulai membangun bisnis dengan memilih kerja sampingan yang bisa dilakukan di rumah ya, dan yang disesuaikan dengan minat dan talenta yang Mama punya. Meski mungkin pada awalnya Mama membangun bisnis hanya sebagai hobi semata, namun kalau dikerjakan secara serius, kerja sampingan seperti ini juga bisa sangat menjanjikan lho, sehingga akan sangat tepat untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan bagi seorang ibu rumah tangga seperti Mama.


BACA JUGA


Ide Bisnis Cemerlang untuk Ibu Rumah Tangga, Agar Tak Perlu Hanya Menunggu Uang Jajan dari Papa

Ide Bisnis Cemerlang untuk Ibu Rumah Tangga, Agar Tak Perlu Hanya Menunggu Uang Jajan dari Papa

Ide bisnis nggak cuma boleh dicari oleh wanita karier. Ibu rumah tangga pun zaman sekarang bisa berbisnis, dan mungkin saja bisa lebih ...

Read more..


Namun, dalam pengelolaan bisnis selanjutnya, sebagai seorang mompreneur, Mama harus cerdas. Kesalahan dari kebanyakan ibu rumah tangga yang membangun bisnis adalah pada suka "kebakaran jenggot".

Eh, emang ibu rumah tangga pada punya jenggot ya?

Bukan, Ma! Maksudnya, mereka membangun bisnis tanpa planning, dan terkesan 'maruk'. Buka usaha ini, buka usaha itu, semua pengin dicoba. Sehingga apa yang didapat pada akhirnya? Yes, gagal fokus! Padahal yang namanya membangun bisnis dan kemudian mengelolanya itu butuh banyak modal ya; modal uang, modal tenaga, modal pikiran dan modal waktu.

Kalau nggak fokus, niat awal yang ingin menambah penghasilan dan pemasukan bagi keluarga, eh malah jadi nambah pengeluaran.

Nah, sebelum Mama terjebak dengan kondisi itu, yuk, coba kenali dulu 3 jenis penghasilan berikut.

  • Penghasilan Aktif : penghasilan yang didapat dengan kita bekerja; kita menukarkan waktu, keringat, pikiran, uang dan terkadang perasaan demi menghasilkan uang.
  • Penghasilan Investasi : penghasilan yang didapat dengan menggunakan uang kita untuk menghasilkan uang lagi.
  • Penghasilan Pasif : penghasilan yang didapat dengan memanfaatkan aset untuk bekerja menghasilkan uang.

Nah, iya, Ma. Ada 3 jenis penghasilan yang bisa Mama dapatkan dari membangun bisnis sendiri ini. Kira-kira Mama mau bisnis yang seperti apa nih?

Setelah menentukan jenis penghasilan yang ingin didapatkan, sekarang Mama bisa melihat ada beberapa jenis kerja sampingan berdasarkan jenis penghasilannya seperti yang saya tulis di atas.


Membangun bisnis berdasarkan beberapa jenis pekerjaan sampingan


1. Penghasilan Aktif: Membuka Usaha atau Bisnis


Yes, Mama. Mama bisa membangun bisnis atau usaha yang sesuai dengan hobi dan talenta Mama sendiri.

Bisnis yang bisa Mama kembangkan berdasarkan hobi ini misalnya membangun bisnis katering bagi Mama yang mempunyai hobi masak. Atau mungkin membuka usaha dan membangun bisnis kerajinan tangan untuk hiasan rumah, jika Mama suka crafting.

Yang penting, Ma, pilihlah jenis usaha atau bisnis yang bisa membuat Mama bahagia saat melakukannya.


2. Penghasilan Aktif: Menjadi Freelancer


Jangan salah, kini semakin banyak mama yang sukses membangun bisnisnya sendiri dengan menjadi seorang freelancer lho.

Menjadi freelancer juga bisa Mama lakukan berdasarkan hobi Mama. Misalnya, bagi Mama yang suka menulis, Mama bisa menjadi penulis artikel lepas di beberapa website atau media online yang membutuhkan jasa penulis freelance.

Kalau Mama suka fotografi atau utak atik dan editing foto, bisnis foto produk atau wedding photography juga lagi ngehits banget loh. Bisa banget kan, jadi pilihan Mama untuk menambah penghasilan keluarga?


BACA JUGA


Agar Bisnis Lebih Sukses, Ini Dia 5 Investasi yang Harus Dilakukan oleh Seorang Mompreneur!

Agar Bisnis Lebih Sukses, Ini Dia 5 Investasi yang Harus Dilakukan oleh Seorang Mompreneur!

Hai, Mama! Apa kabar bisnis Mama? Sudah mulai berprospek baik? Investasi sudah mulai berbuah?Apakah Mama sudah mulai melakukan evaluasi? ...

Read more..


3. Penghasilan Investasi: Reksadana


Investasi reksadana bisa juga menjadi salah satu alternatif sebagai untuk sumber penghasilan investasi, Ma.

Keuntungan dari bisnis ini adalah investasi reksadana nggak perlu harus dikontrol setiap hari. Mama cukup memilih perusahaan manajer investasi yang sesuai dan cocok dengan Mama, dan juga kejelian dalam produk reksadananya.

Yuk, Ma, googling dan cari informasi lebih banyak mengenai manajer investasi dan produk reksadananya. Ada banyak pilihan kok!


4. Penghasilan Investasi: Logam Mulia


Perempuan dan emas, konon keduanya bersahabat. Hihihi.

Makanya nih, Ma, kayaknya nggak ada salahnya kalau Mama mencoba membangun bisnis investasi logam mulia ini. Kalau Mama bisa fokus untuk berinvestasi, Mama bisa mengembangkannya dengan baik lho. Untuk investasi emas, supaya lebih aman, belilah emas yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang atau Antam, yang memiliki ciri-ciri khusus hingga sulit untuk dipalsukan.

Coba simak artikel mengenai investasi yang pernah ada di Rocking Mama ini yuk, Ma, sebagai bekal tambahan memulai bisnis investasi Mama.


5. Penghasilan Pasif: Bisnis Franchise atau Waralaba


Salah satu cara membangun bisnis dan mendapatkan penghasilan pasif adalah dengan menggunakan waralaba (franchise). Mama dapat membeli hak usaha dan menjalankan waralaba yang lagi ngehits sekarang, misalnya laundry, minimarket, makanan ataupun tempat les.


6. Penghasilan Pasif: Menyediakan Tempat Iklan Online


Jika Mama cukup tech-geek, Mama bisa juga membangun bisnis penghasilan pasif dengan membuat situs atau blog yang kemudian di-monetize untuk mendapatkan pemasukan dari iklan, afiliasi, penjualan produk, job review dan sebagainya.

Mama juga bisa memanfaatkan Youtube sebagai sumber penghasilan pasif loh. Mama tinggal memikirkan konsep video yang sekreatif mungkin, kemudian unggah dan membuka jasa pemasangan iklan di video Mama.


BACA JUGA


Pertahankan Bisnis Online Shop Mama dengan 4 Trik Mudah dan Sederhana Ini!

Pertahankan Bisnis Online Shop Mama dengan 4 Trik Mudah dan Sederhana Ini!

If your business is not on the internet, then your business will be out of business. ~ Bill Gates

Read more..


Nah, gimana, Ma? Banyak kan kesempatan kita sebagai ibu rumah tangga untuk membangun bisnis dan mempunyai penghasilan sendiri meski hanya dari rumah saja?

Pastinya makin kreatif Mama memikirkan konsep dan planning bisnis Mama, maka akan makin terbuka pula peluang bisnis Mama untuk sukses.

Stay smart, Mama!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ibu Rumah Tangga Membangun Bisnis Sendiri? Bisa Banget, Begini Caranya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahmi Nurfajriani | @RahmiNurf

Silahkan login untuk memberi komentar