Ide Bisnis Cemerlang untuk Ibu Rumah Tangga, Agar Tak Perlu Hanya Menunggu Uang Jajan dari Papa

Ide Bisnis Cemerlang untuk Ibu Rumah Tangga, Agar Tak Perlu Hanya Menunggu Uang Jajan dari Papa

1.5K
Ide bisnis nggak cuma boleh dicari oleh wanita karier. Ibu rumah tangga pun zaman sekarang bisa berbisnis, dan mungkin saja bisa lebih sukses, karena lebih fokus dan dedicated dalam bekerja!

Kadang yang kita perlukan sebagai ibu rumah tangga (apalagi yang sudah pernah bekerja) supaya tetap waras adalah beberapa ide bisnis yang actionable dan mencerahkan.

Sepakat nggak, Ma, dengan saya?

Well, gimana enggak? Saat kita sudah pernah menjadi seorang perempuan pekerja dengan karier yang bagus, dan harus memutuskan untuk resign demi bisa mengurus keluarga sepenunya itu merupakan pilihan yang agak-agak sulit.

Saya pun demikian.

Sebagai perempuan yang terbiasa sibuk, mendapat kesempatan untuk bertemu banyak orang, berinteraksi dengan rekan sekerja, termasuk saat-saat hangout bareng afterhours, menjadi hal yang saya rindukan sekarang.

Bukannya saya nggak ikhlas dan nggak senang berada di tengah keluarga. But, somehow, saya merindukan atmosfer kerja yang fast pace, plus juga nggak ketinggalan stresnya.

Wah, aneh juga kalau dipikir. Seharusnya berkurangnya stres kan malah bagus buat diri kita ya? Tapi, setuju nggak, Ma, bahwa stres itu memicu adrenalin kita. Kita seperti ditantang terus menerus, dan jadi lebih semangat dan bergairah!

Dan ... satu alasan terkuat mengapa sulit move on dari karier adalah soal keuangan.

Yes, kita yang pernah bekerja kantoran, kan menerima gaji setiap bulannya. Kita pun bebas mempergunakannya, buat tambah-tambah jajan anak-anak, atau untuk keperluan pribadi. Nyalon, misalnya, atau membeli baju dan tas kekinian tanpa harus menodong suami kan?

Tapi, kan memperoleh penghasilan itu sekarang nggak cuma bisa dilakukan oleh perempuan karier saja kan? Ibu rumah tangga juga bisa kok, berbisnis dari rumah. Hare gene gitu loh! Saat teknologi berkembang begitu pesat, memungkinkan semua yang nggak mungkin dilakukan. Betul?

Nah, Mama, nggak perlu galau lagi. Jika saat ini Mama belum punya ide bisnis untuk dijalankan dari rumah, Rocking Mama punya beberapa ide nih. Siapa tahu ada yang bisa menginspirasi Mama.


Berikut ini 10 ide bisnis yang bisa di lakukan oleh ibu rumah tangga di rumah


1. Bisnis makanan dan minuman


Ide bisnis yang pertama ini sepertinya yang paling mudah dijalankan nih, Ma.

Menjadi seorang mama, pastinya Mama bisa memasak kan? Nah, kalau dianugerahi keterampilan lebih, Mama bisa membuka bisnis rumahan makanan dan minuman ini. Mama barangkali bisa menerima pesanan katering, bisa untuk acara seperti arisan, atau bisa juga kalau di sekitar rumah Mama banyak anak kos, Mama bisa menawarkan katering untuk anak kos. Bahkan para karyawan kantoran pun sekarang juga banyak yang suka pesan makan siang kateringan lho!

Kalau Mama lebih suka membuat camilan, seperti kue atau snacks, beri sampel gratis pada tetangga dan saudara, Ma. Atau Mama juga bisa menawarkannya pada orangtua teman anak-anak kita di sekolah, atau pada sekolah sekalian, siapa tahu bisa nitip di kantin kan?

Lalu, kalau Mama nggak begitu terampil memasak bagaimana?

Mudah juga, sekarang ada banyak bisnis franchise ditawarkan. Tergantung pada modal kita saja, kita bisa langsung berjualan. Cara memasaknya sudah ada, tinggal diikuti cara penyajiannya. Ada franchise yang hanya membutuhkan modal sekitar Rp 3juta, ada juga yang hingga ratusan juta rupiah. Tinggal pilih kan?

Bisnis makanan dan minuman adalah bisnis sepanjang masa alias nggak ada matinya, Ma. Asalkan kita bisa memilih produk yang tepat.


2. Agen Asuransi


Ide bisnis yang satu ini bisa dilakukan secara freelance, Ma.

Menjadi agen asuransi bisa disesuaikan dengan waktu yang kita punya. Paling-paling waktu yang harus benar-benar kita sisihkan adalah saat melakukan training dari perusahaan asuransi untuk mendapatkan product knowledge.

Jika Mama tertarik menjadi seorang agen asuransi, maka Mama akan mendapatkan komisi jika ada closing order atau prospek yang memutuskan untuk menjadi nasabah melalui kita. Kita bisa menentukan sendiri ingin mendapatkan penghasilan berapa per bulan dan berapa banyak waktu yang akan kita habiskan untuk berjualan asuransi.


3. Agen properti


Bidang properti bisa menjadi ide bisnis yang sangat menguntungkan apabila kita paham cara kerjanya. Kita bahkan bisa memulainya tanpa modal, Ma. Asal ulet dan pantang menyerah.

Mulailah dengan membuat listing atau daftar properti dari lingkungan sekitar tempat tinggal kita terlebih dahulu untuk ditawarkan kepada klien prospektif. Hubungi pemilik rumah yang akan disewakan atau dijual, dan utarakan niat kita untuk membantunya.

Kalau ditolak bagaimana? Kan sering tuh, para penjual rumah nggak suka adanya perantara. Ya, nggak apa-apa. No worries! Cari lagi yang lain.

Komisi yang bisa Mama dapatkan sebagai agen properti seperti ini berkisar antara 2 - 5% dari harga sewa atau harga jual. So, buat kesepakatan dulu dengan sang pemilik rumah di awal ya, Ma, untuk seberapa besar komisi ini.


4. Membuka toko sembako


Meskipun franchise minimarket sudah menjamur sedemikian rupa, namun ide bisnis toko sembako ini tetap bisa menjadi pilihan lho, Ma!

Temukan di mana Mama bisa membeli stok toko dengan harga grosir, kemudian tentukan harga jualnya. Catat secara teratur pemasukan dan pengeluaran toko Mama.

Nah, kalau bisnis toko sembako begini, paling rentan justru pada tetangga rumah kita, Ma. Hati-hati untuk nggak memberikan piutang yang terlalu besar sehingga mengganggu perputaran modal toko kita.


5. Membuka online shop


Yes, hari gini, saat teknologi sudah maju, apa-apa bisa kita lakukan secara online. Ide bisnis online adalah ide favorit banyak ibu rumah tangga sekarang, Ma.

Apalagi sekarang makin banyak marketplace yang bisa membantu sales kita, plus masih ditambah dengan berbagai media sosial yang bisa menjadi etalase online toko kita, misalnya seperti Facebook ataupun Instagram.

Mama tinggal riset pasar dulu, dan kemudian menemukan produk yang tepat untuk dijual, sesuai keinginan pasar.

Nggak punya dagangan sendiri? Jadi dropshipper saja, nggak harus punya produk sendiri.

Biasanya besaran komisi sebagai dropshipper sudah ditentukan oleh sang produsen. Kita, istilahnya, tinggal mempromosikan dan memasarkannya saja.


6. Menjadi Baby Sitter


Jangan dikira ide bisnis ini nggak serius, Ma. Ini serius banget!

Kalau Mama suka anak kecil, bisa lho kita menjadi baby sitter di rumah sendiri. Penghasilannya lumayan. Kan sekalian kita mengasuh anak kita sendiri, ditambah satu dua anak lain barangkali masih bisa dilakukan. Siapa tahu Mama bisa serius mendirikan daycare kan?

Coba dilihat, Ma, kalau di kompleks rumah Mama banyak ibu bekerja, barangkali bisnis jasa ini bakalan laris.


7. Membuka Salon


Siapa yang suka creambath dan berbagai perawatan lain yang biasa dilakukan di salon? *semua ngacung*

Yes, Mama, ide bisnis ini boleh juga kan Mama lakukan di rumah, target pelanggannya adalah para mama-mama tetangga. Apalagi kalau harganya bisa lebih bersahabat ketimbang salon-salon terkenal yang di mal.

Pasti lebih laris deh.

Sulap ruang tami menjadi ruang salon. Atau kalau masih ada lahan kosong tersisa di halaman, bisa juga ditambahkan ruangan semi permanen. Sebelumnya, Mama tentu saja harus kursus dulu ya, nggak perlu ambil yang terlalu lama. Cukuplah Mama bisa memotong gaya rambut standar, dan melakukan beberapa perawatan seperti meni-pedi, creambath dan facial.

Sembari jalan, Mama bisa mencari dan belajar lagi mengenai gaya rambut yang lagi ngehits.


8. Menjadi Penulis Lepas


Mama punya passion menulis? Jangan sia-siakan kalau begitu. Menulis juga bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan.

Mama bisa mencari kesempatan untuk menjadi kontributor lepas majalah, koran, atau, sekarang yang lagi ngehits, media online. Banyak media online memberi kesempatan pada para penulis pemula untuk menjadi kontributor. Ada yang menawarkan fee (meski belum dalam jumlah yang besar), ada pula yang menawarkan sebagai tempat latihan menulis dan bisa menjadi portfolio.

Selain menulis di media lain, Mama juga bisa membangun portofolio tulisan sendiri menggunakan blog. Sekarang banyak blogger yang mendapatkan penghasilan dari blognya lho.


9. Membuka Les Privat


Pengalaman pribadi saya dulu, Ma, begitu lulus kuliah saya nggak bisa langsung kerja. Yah, nasib fresh graduate. Susah banget mencari kerja ya. Apalagi jauh dari orangtua, sedangkan saya butuh makan.

Nggak kurang akal, saya pun menawarkan jasa les pelajaran untuk anak SD pada para tetangga. Saya tentukan jadwal lesnya, berapa kali dalam seminggu dan berapa jam setiap kali pertemuan.

Makin banyak anak yang ikutan les, makin banyak pula pendapatan.

Ide bisnis yang lumayan juga kan, kalau dilakukan sekarang sementara kita sudah tak kerja kantoran lagi, Ma?


10. Menerima jasa terjemahan


Mama memiliki kemampuan berbahasa asing? Oh, itu merupakan salah satu karunia terindah!

Karena nggak semua orang mau dan mampu mempelajari bahasa asing. Sedangkan di era globalisasi seperti sekarang, semua-mua dalam bahasa Inggris, sebagai bahasa internasional. Pun dalam dunia literasi. Banyak novel luar yang masuk dan dijual di Indonesia. Jasa Mama pasti akan diperlukan.

Tentunya, akan lebih baik jika Mama mendapatkan Sertifikat Penerjemah Tersumpah dari HPI. Peluang karier pasti akan lebih terbuka lebar.


Nah, Mama, banyak kan, ide bisnis yang bisa kita jalankan di rumah, meski kita "hanya" ibu rumah tangga? Bisa menambah pemasukan bulanan, dan bahkan nanti kalau pengin baju-baju cantik, sepatu dan tas yang kekinian itu, kita nggak perlu lagi melancarkan rayuan maut pada Papa. Kita bisa beli sendiri. Hahaha.

Selamat menjelajah ide bisnis Mama ya!

Semangat!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ide Bisnis Cemerlang untuk Ibu Rumah Tangga, Agar Tak Perlu Hanya Menunggu Uang Jajan dari Papa". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Indriyas Wahyuni | @indriyaswahyuni

Blogger, Freelancer, Book & Food Lover Blog : http://www.indriariadna.com

Silahkan login untuk memberi komentar