Ingin Memberikan Handphone pada Si Kecil? Lakukan 5 Langkah Ini Dulu untuk Keamanan Mereka

vancity

Ingin Memberikan Handphone pada Si Kecil? Lakukan 5 Langkah Ini Dulu untuk Keamanan Mereka

115
Memberikan handphone bagaikan membuka kotak pandora: bisa mengakibatkan berbagai bencana.

Dunia maya bagaikan hutan belantara, kita tidak pernah tahu apa yang akan kita temukan. Handphone adalah salah-satu cara bagi kita untuk mengakses hutan belantara tersebut.

And you know what, saat ini, usia pemegang handphone semakin muda saja. Mama mungkin seringkali melihat, atau justru mengalami sendiri. Ada anak kecil usia 5-6 tahun sudah bisa mengoperasikan smartphone dengan baik.

Keponakan saya yang berusia 6 tahun, contohnya. Ia sudah bisa mengunduh games di PlayStore, dan mencari video di YouTube, dan jika sudah asyik, wah .... biasanya mereka akan sulit diganggu!

Nah, sebelum memberikan akses dan kontrol besar tersebut, pastikan Mama sudah mengamankan handphone terlebih dahulu.

Ada 5 langkah yang dapat Mama lakukan agar anak bisa terlindungi dari hal-hal yang dapat mengganggu perkembangan mereka.


BACA JUGA


Hati-hati! 4 Aplikasi Smartphone Ini Ditengarai Berdampak Buruk Bagi Anak

Hati-hati! 4 Aplikasi Smartphone Ini Ditengarai Berdampak Buruk Bagi Anak

Perkembangan teknologi yang telah merasuk ke dalam setiap sendi kehidupan kita saja ya, Ma. Apalagi sekarang yang namanya smartphone, wah, ...

Read more..


5 Hal yang perlu Mama lakukan terlebih dahulu sebelum memberikan handphone pada si kecil

1. Menyaring konten

smokecheaper

Mulailah dengan menghubungi provider layanan seluler pada handphone Mama untuk menanyakan cara menghidupkan filter konten dewasa.

Langkah ini akan memutus akses situs-situs yang ditujukan untuk orang dewasa. Jika Mama menggunakan Wi-Fi untuk berselancar di dunia maya, maka hubungi penyedia broadband untuk menghentikan akses konten dewasa dari jaringan Wi-Fi.


2. Mengatur PIN

theatlantic

Gunakan PIN atau lock pattern untuk mencegah anak mengambil dan menggunakan handphone diam-diam tanpa sepengetahuan Mama.

Selanjutnya, jika Mama sudah percaya pada si kecil, Mama bisa juga kok memberitahukan password handphone. Berikan juga pengertian kepada anak untuk tidak memberitahukan password handphone kepada orang lain.


3. Browser ramah anak

huffingtonpost

Jika selama ini anak menggunakan browser umum seperti Chrome, Mozilla, Opera, atau Safari. Namun demi keamanan yang lebih, cobalah untuk menggunakan browser lain yang lebih ramah anak. Browser ini akan membatasi akses pada konten dewasa.

Salah satu yang bisa Mama coba adalah Mobicip Safe Browser, yang gratis dan tersedia di Android, iOs, juga tablet.

Mobicip Safe Browser juga bisa membatasi akses browser lainnya. Mama bisa mengaturnya melalui setting dari browser. Pada perangkat Apple, buka Mobocip bagian Setting, General, Restriction, kemudian nonaktifkan Safari. Untuk perangkat Android, biasanya Mobocip sudah mengaturnya secara otomatis.


BACA JUGA


Anak Tertarik Gadget? Jangan Panik, Ma! Bantu Dia Menggunakannya Secara Bijak dengan 5 Tips Ini!

Anak Tertarik Gadget? Jangan Panik, Ma! Bantu Dia Menggunakannya Secara Bijak dengan 5 Tips Ini!

Waktu terus bergulir. Zaman sudah berubah. Teknologi semakin berkembang, bahkan begitu pesat. Dan saat ini, segala sesuatu menjadi lebih ...

Read more..


4. Membatasi akses dalam aplikasi lain berdasarkan rentang usia

abc7ny

Beberapa aplikasi handphone lain yang dapat Mama atur adalah kamera, video calling, musik, video, buku, film, dan acara televisi.

Pengguna iPhone bisa mengaturnya di Setting, General, dan Restriction. Untuk Android, para pengguna hanya bisa membatasi berdasarkan tingkat kedewasaan (maturity level), kunjungi PlayStore, pilih Setting. Temukan User Control, kemudian tekan Content Filtering, lalu pilih maturity level, dan tekan OK.


5. Stop in-app purchases

landscape

Ada banyak aplikasi handphone, khususnya games, yang menerapkan in-app purchases. Anak-anak biasanya menghabiskan banyak uang secara tidak sengaja demi nyawa atau item tambahan dalam games. Mama pasti tidak mau kan pengeluaran jadi bertambah akibat hal kurang penting seperti games.

Nah, Mama bisa menghentikannya dengan mengatur PIN sebelum pembelian dapat dilakukan. Atau mungkin Mama ingin total berhemat dengan memilih untuk menghentikan penggunaan kartu kredit di handphone.


BACA JUGA


Ini Dia 7 Cara Melepaskan Kecanduan Gadget pada Balita

Ini Dia 7 Cara Melepaskan Kecanduan Gadget pada Balita

Kecanduan gadget kita sudah sampai pada taraf yang memprihatinkan, apalagi kalau sudah menjangkiti balita-balita kita juga

Read more..


Nah, Mama, setidaknya setelah Mama melakukan 5 langkah pengamanan handphone sebelum diberikan pada si kecil di atas, pastinya si kecil akan lebih nyaman dan aman dalam menggunakan handphone-nya untuk meningkatkan berbagai skill. Mama pastinya juga akan nyaman juga kan?

Stay smart, dan tetap awasi si kecil dalam menggunakan handphone-nya ya. Karena pengawasan langsung dari Mama tetaplah yang paling penting.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ingin Memberikan Handphone pada Si Kecil? Lakukan 5 Langkah Ini Dulu untuk Keamanan Mereka". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Azyyati | @raidahazyyati

Silahkan login untuk memberi komentar