Ingin Mendidik Anak Mandiri, Ini Dia Checklist yang Harus Mama Perhatikan!

Ingin Mendidik Anak Mandiri, Ini Dia Checklist yang Harus Mama Perhatikan!

1.4K
Kita sudah bisa mendidik anak untuk mandiri sejak usia berapa? Dan, apa saja yang harus kita ajarkan pada anak lebih dulu saat mendidik anak menjadi mandiri? Ikuti artikel ini sampai selesai ya, Ma!

Mama, pastinya Mama ingin mendidik anak Mama untuk bisa menjadi pribadi yang mandiri kan? Bisa makan dan minum sendiri, mandi sendiri, atau bahkan sudah berani tidur sendiri.

Hmmm ... pasti bangga dan senang kan, Ma, jika si kecil sudah bisa diandalkan, setidaknya untuk melakukan keperluannya sendiri.

Mungkin masih ada yang bertanya-tanya, memangnya kita bisa mulai mendidik anak untuk mandiri sejak usia berapa sih?

Sebenarnya, kita bisa mulai mendidik anak untuk mandiri bahkan sejak balita, Ma.

Wah, balita? Bukannya mereka masih perlu dibantu dalam melakukan segala aktivitasnya ya?

Iya, memang masih perlu dibantu di beberapa hal, tapi jangan salah, Ma. Balita bisa mulai diajarin mandiri kok. Ada caranya agar balita kita bisa mandiri, dari beberapa hal kecil yang kita lakukan setiap hari. Rocking Mama telah mengulas beebrapa tips mendidik anak mandiri dalam beberapa artikel, bahkan. Mama bisa membaca kembali artikel-artikel tersebut jika Mama belum membacanya ya.


BACA JUGA


Agar Anak Mandiri Ternyata Hanya Perlu Kita Ajak Melakukan Beberapa Hal Kecil Sehari-hari Ini Saja!

Agar Anak Mandiri Ternyata Hanya Perlu Kita Ajak Melakukan Beberapa Hal Kecil Sehari-hari Ini Saja!

Mendidik anak mandiri tak perlu dengan cara mendidik yang keras ala tiger mom. Cukup lakukan 5 hal kecil sederhana ini saja

Read more..


Nah, sekarang kita akan membahas mengenai checklist, hal apa saja yang seharusnya sudah bisa dilakukan anak sendiri, agar kita bisa terarah dalam mendidik anak menjadi pribadi yang mandiri.

Yang pertama kali harus diingat dan ini yang terpenting ya, Ma, Mama harus menyadari bahwa kemandirian balita itu berbeda dengan kemandirian orang dewasa. Karena itu, kita harus menyesuaikan latihan dalam mendidik anak mandiri ini berdasarkan usia anak.


Beberapa latihan yang dapat Mama berikan untuk mendidik anak mandiri sesuai dengan usianya

Usia 1-3 Tahun

Di usia ini anak akan banyak berlatih mengontrol dirinya. Maka, latihan kemandirian sesuai untuknya adalah:


Usia 3-5 Tahun

Anak-anak usia ini telah memiliki inisiatif yang besar untuk melakukan kegiatan berdasarkan keinginannya. Mereka biasanya senang mencontoh perilaku orang dewasa. Jadi, sebelum mendidik anak di usia ini untuk mandiri, adalah penting untuk Mama agar selalu berhati-hati dalam bersikap dan bertindak. Mereka peniru yang ulung, Ma.

Latihan kemandirian yang bisa Mama lakukan antara lain:

  • Mengajari anak untuk selalu membereskan mainannya sendiri.
  • Mengajari anak mencuci piring makannya sendiri
  • Meletakkan baju kotor pada tempatnya


BACA JUGA


Awas, 5 Senjata Mendidik Anak Ini Bisa Melukai Perasaan dan Perkembangan Jiwa Mereka! Jangan Teruskan!

Awas, 5 Senjata Mendidik Anak Ini Bisa Melukai Perasaan dan Perkembangan Jiwa Mereka! Jangan Teruskan!

Dalam hal mendidik anak, karakter anak akan terbentuk berdasarkan pola kebiasaan orangtua. Apakah Mama sering mempergunakan 5 senjata ...

Read more..


Nah, selain memberikan beberapa latihan dalam mendidik anak mandiri di atas, Mama juga perlu untuk menciptakan lingkungan rumah yang ramah anak. Misalnya, ketika ingin anak mencuci piring makannnya sendiri, pastikan wastafel atau tempat cuci piringnya mudah dijangkau oleh anak. Selain itu, singkirkan benda-benda tajam seperti pisau saat anak akan mencuci piring.

Ini penting ya, Ma, demi menghindarkan anak-anak dari kecelakaan yang bisa terjadi karena ia akan mengeksplorasi lingkungan sekitarnya sendiri lebih banyak.

Akan lebih baik lagi, jika Mama juga mengajak anak dalam membuat aturan bersama. Misalnya, bahwa setiap selesai bermain wajib untuk dibereskan. Bila tidak maka mainan akan dibuang.

Membuat aturan bersama akan membuat anak lebih paham, dan kemudian lebih patuh, karena mereka merasa terlibat dengan aturan tersebut.

Mama juga perlu konsisten dalam menjalankan aturan-aturan yang sudah disepakati tersebut ya. Jangan mudah goyah dengan rengekan dan tangisan si kecil kalau Mama memang ingin mendidik anak agar menjadi pribadi yang mandiri. Mama harus menjadi "raja tega", karena semua ini juga untuk kepentingan anak.

Selalu berikan motivasi kepada anak, bahwa mereka bisa melakukan apa yang perlu mereka lakukan sendiri. Ajarkan selalu mantra ajaib, “ Yes, I can!“ setiap Mama akan melatih dan mendidik anak mandiri. Dan, jangan pernah lupa, berikan pujian setiap kali anak mampu melakukan latihan kemandiriannya.


BACA JUGA


Mendampingi dan Mendidik Anak Melewati Fase Egosentris, Ini Dia 7 Langkah Efektifnya!

Mendampingi dan Mendidik Anak Melewati Fase Egosentris, Ini Dia 7 Langkah Efektifnya!

Mendidik anak memang menjadi tugas orang tua ya, Ma. Termasuk saat si kecil sedang mengalami fase egosentris ini, di mana sering memancing ...

Read more..


Nah, cukup sederhana kan, cara mendidik anak mandiri ini? Asal Mama konsisten melakukannya, pasti deh, anak dengan sendirinya berkembang dan tumbuh menjadi anak yang percaya diri.

Happy parenting, Mama!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ingin Mendidik Anak Mandiri, Ini Dia Checklist yang Harus Mama Perhatikan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dian Kusumawardani | @diankusumawardani

Silahkan login untuk memberi komentar