Ini Dia 10 Film India Terbaik versi Rocking Mama! Mama Sudah Nonton yang Mana?

Ini Dia 10 Film India Terbaik versi Rocking Mama! Mama Sudah Nonton yang Mana?

3.9K
Film India memang nggak ada matinya! Setiap tahun ratusan judul dirilis. Nggak hanya ngetop di negeri sendiri, sekarang film India juga sudah banyak digemari sampai ke seluruh dunia. Kapan industri film kita bisa seheboh industri film India?

Ada yang suka nonton serial Thapki di televisi? Atau mungkin, Anandhi? Atau banyak juga yang suka nonton film India di layar perak?

Barangkali Mama masih ingat saat kejayaan film Kuch Kuch Hota Hai dan Kal Ho Naa Ho?

Yes, film Bollywood memang nggak ada matinya ya, Ma? Industri film India ini sepertinya nggak pernah mengalami surut ya? Selain bisa menjadi tuan rumah di negerinya sendiri, film India pun perlahan mulai diakui di kancah industri hiburan dunia.

Dan berikut ini adalah 10 film India rekomendasi Rocking Mama, untuk Mama tonton bersama keluarga. Kesepuluhnya menjadi favorit saya, Ma, so, barangkali Mama akan suka juga.


A Wednesday (2008)


Film India pertama rekomendasi saya adalah A Wednesday!

Bercerita tentang pria tak dikenal yang meneror kepolisian untuk mencoba membebaskan 4 orang teroris yang sedang ditahan. Pria beruban tersebut mengancam untuk mengebom kota Mumbai jika permintaannya nggak dituruti.

Peristiwa pengancaman ini itu terjadi di hari Rabu, dan menjadi peristiwa paling mengerikan di Mumbai namun entah mengapa nggak pernah tercatat dalam catatan kriminal.

Film India ini durasinya cukup singkat, Ma, nggak lebih dari 2 jam dan penuh dengan ketegangan.


Bajrangi Bhaijaan (2015)


Film India ini bercerita mengenai seorang gadis kecil dari Pakistan. Dia tunawicara, namun pendengarannya normal. Gadis ini terpisah dengan ibunya di India. Untung dia bertemu pria bernama Bajrangi.

Bajrangilah yang kemudian berjuang untuk memulangkan si gadis kecil ini ke Pakistan. Ada pesan mengenai perbedaan agama yang nyata di film ini, Ma. Pelajaran bagus untuk kita semua.

Film ini mempunyai sad ending ya, so, siapkan tisu yang banyak!


Barfi! (2012)


Masih tentang seseorang dengan kekurangan, film India ini berkisah mengenai pria tunawicara dan tunarungu bernama Murphy. Dia kesulitan menyebutkan namanya sendiri, sehingga dia kemudian dipanggil Barfi.

Uniknya, meski tunawicara dan tunarungu, Barfi memiliki kecerdasan di atas rata-rata, dan ganteng pula. Tapi sayang, pacarnya lebih memilih dijodohkan dengan pria lain. Jadi deh, dia patah hati.

Namun kemudian, tanpa sengaja Barfi terlibat peristiwa penculikan yang melibatkan gadis berkebutuhan khusus. Mulailah petualangan Barfi yang seru dan penuh haru.


PK (2014)


Film India ini pernah menuai sedikit kontroversi, gara-gara disebut menyinggung isu SARA nan sensitif itu, Ma.

Namun meski kontroversial, film PK ini recommended banget, karena mengemas persoalan intoleransi agama in a fun way. Garis besar film ini bercerita mengenai alien yang bertubuh manusia yang datang ke bumi, dan berusaha untuk mencari 'Tuhan'.


Udaan (2010)


Kehidupan antara seorang papa dan anak memang nggak selamanya harmonis, demikian pesan yang ingin disampaikan oleh film ini.

Bercerita mengenai seorang siswa di sekolah asrama bernama Rohan. Karena ketahuan menonton film porno bersama tiga temannya, maka dia pun dikeluarkan dari sekolah.

Rohan pun pulang dan harus menghadapi si papa yang otoriter, keras, dan temperamental. Si papa, yang bahkan tak pernah menyetujui passion Rohan yang suka menulis puisi, pun pastinya marah.

Endingnya ironi namun sangat realistis.


Kahaani (2012)


Bagi pencinta genre film suspense, thriller, ataupun misteri, film ini cocok, Ma.

Bercerita mengenai seorang ibu hamil yang berusaha mencari suaminya yang hilang, setelah peristiwa gas beracun di kereta.

Alur film ini sangat cerdas, Ma, dengan banyak kejutan di sepanjang film. Tema feminisme yang diangkat mampu menunjukkan kekuatan dan perjuangan seorang perempuan, meskipun tengah hamil.


Rahasya (2015)


Lagi-lagi film India bergenre thriller dan misteri nih, Ma.

Mengenai drama pembunuhan dengan konflik yang kompleks. Berkisah tentang seorang gadis yang meninggal dengan leher tersayat di kamarnya sendiri.

Pencarian terhadap siapa pelaku pembunuhan tersebut akhirnya membuka tabir masa lalu keluarga si gadis. Watch out for the twist ya! Jangan kaget.


Taare Zameen Par (2007)


Film ini merupakan salah satu film India yang paling menguras air mata, Ma.

Adalah seorang anak kecil bernama Ishaan yang selalu dianggap bodoh, nakal, dan malas. Ia pun lantas dikirim ke sekolah asrama saking si papa sudah menyerah dalam mendidiknya.

Di sanalah kemudian, Ishaan bertemu guru seni bernama Ram. Gurunya ini merupakan orang pertama yang menyadari bahwa di balik 'kebodohan'-nya, Ishaan ternyata cerdas.

Film ini didistribusi secara internasional berjudul Like Stars on Earth. Ini merupakan film India bertema pendidikan yang seharusnya diputar untuk semua anak sekolah. Gratis! Karena ada banyak sekali pelajaran yang bisa kita petik di dalamnya.


Drishyam (2015)

Film yang mengajarkan kita bahwa jika ada kesalahan, maka selalu ada jalan untuk membenarkannya.

Film ini merupakan remake dari film India sebelumnya yang berjudul sama. Alurnya menegangkan dengan banyak tingkatan kejutan.

Ceritanya mengenai seorang kepala keluarga bernama Vijay, yang seorang dropout-an SD namun cerdas gara-gara suka nonton film. Dia ini pembelajar, Ma. Dia belajar banyak mengenai problem solving dari film-film yang ditontonnya.

Vijay harus berjuang melindungi istri dan anaknya yang tanpa sengaja tersangkut kasus pembunuhan.


3 Idiots (2009)


Nah, ini nih, Ma, film India terbaik sepanjang masa!

Film ini merupakan film bergenre komedi yang sarat akan pesan moral dan pantas ditonton berulang-ulang. 3 Idiots ini merupakan salah satu Top 250 Rated Movies di IMDb lho. Menjadi satu-satunya film India dalam list tersebut, karena ya memang film ini sudah go international! *kayak mbak penyanyi itu ya!*

Film 3 Idiots ini berkisah mengenai persahabatan tiga orang mahasiswa yang melawan sang diktator kampus. Banyak adegan, mulai dari yang lucu, haru hingga sentilan-sentilan isu sosial, dihadirkan oleh trio Rancho dan teman-temannya.


Sebetulnya masih ada lho, film India lain yang juga pantas untuk masuk ke daftar rekomendasi film di atas. Misalnya saja, No One Killed Jessica (2011), Bhaag Milkha Bhaag (2013), My Name is Khan (2010), dan, tentu saja, Kuch Kuch Hota Hai (1998), juga Mohabbatein (2000). Namun sayang, pesan dalam filmnya sendiri kurang tertangkap, nggak seperti 10 film India yang sudah saya rekomendasikan di atas. So, jika Mama pengin yang sekadar hiburan, sambil ikut berjoged berjamaah, kelima film yang saya sebut terakhir, bisalah ditonton.

Nah, Mama, apakah ada rekomendasi film India favorit yang lain? Kalau ada, silakan ditulis di kolom komen ya! Siapa tahu saya belum nonton, jadi bisa ikutan nonton juga.

Stay happy, Mama! *lalu joged keliling pohon*


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 10 Film India Terbaik versi Rocking Mama! Mama Sudah Nonton yang Mana?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rido Arbain | @ridoarbain

Silahkan login untuk memberi komentar