Ini Dia 10 Ide Sederhana Resolusi Tahun Baru Agar Kita Bisa Menjadi Mama yang Lebih Baik Lagi!

Ini Dia 10 Ide Sederhana Resolusi Tahun Baru Agar Kita Bisa Menjadi Mama yang Lebih Baik Lagi!

2.9K
Apa yang menjadi resolusi tahun baru Mama? Jika menjadi Mama yang lebih baik lagi adalah resolusi tahun baru ini, Mama bisa memulai dari hal-hal kecil ini.

Membuat resolusi tahun baru memang terdengar klise, ya, Ma. Tapi kalau itu memang dapat menyemangati Mama untuk terus memperbaiki diri, ya, kenapa enggak?

Yuk, di tahun 2018 ini, kita bikin resolusi tahun baru terkait peran kita sebagai Mama.

Tidak ada Mama yang sempurna. Tapi kita bisa selalu berusaha menjadi Mama yang baik untuk anak-anak tercinta. Meskipun gelar ‘Mama’ yang baik ini memang tidak akan mungkin diperoleh dari universitas atau sekolah tinggi mana pun, namun kita justru bisa memperolehnya dengan terus memperbaiki diri dari hari ke hari.


BACA JUGA


Sudah Membuat Resolusi Tahun Baru demi Karier yang Lebih Cemerlang? Kalau Belum, 9 Hal Ini Bisa Jadi Resolusi Terbaik Untuk Mama

Sudah Membuat Resolusi Tahun Baru demi Karier yang Lebih Cemerlang? Kalau Belum, 9 Hal Ini Bisa Jadi Resolusi Terbaik Untuk Mama

Resolusi Tahun Baru ibarat janji untuk membuat diri sendiri lebih baik. Meski terlihat mainstream, namun kalau bisa meningkatkan kualitas ...

Read more..


Mulai saja dari beberapa hal sederhana di bawah ini, Ma, untuk resolusi tahun baru yang dapat Mama coba mulai hari ini juga.


1. Memasak sendiri hidangan untuk keluarga

Menurut Robin Taylir Swaft, penulis buku Quick Family Meals in No Time, dengan memasak sendiri, Mama bisa mengontrol bahan-bahan yang digunakan, menyesuaikan rasa masakan dengan selera si kecil, dan mengontrol porsi makan keluarga.

Kebiasaan memasak dan bersantap bersama keluarga juga bermanfaat menanamkan pola makan sehat dan memilih makanan bergizi pada anak. Jadi, kurangilah makanan instan tahun ini, dan sempatkan diri memasak terutama untuk si kecil ya, Ma.

Mama bisa memulai dengan mencoba resep-resep praktis yang pernah dimuat di Rocking Mama. Semuanya praktis, dengan bahan yang mudah, dan cepat pula masaknya.


2. Membacakan lebih banyak buku cerita

Menurut penelitian yang pernah dimuat dalam Archives of Disease in Childhood, anak-anak yang sering dibacakan buku cerita oleh orangtuanya mempunyai kemampuan berbahasa, membaca, dan menulis yang lebih baik ketika masuk sekolah.

Kesimpulan serupa juga didapat dari penelitian yang dilakukan oleh beberapa universitas terkemuka di AS, seperti Columbia dan Harvard.

Membacakan bukut cerita untuk si kecil juga sekaligus melatih listening skill serta meningkatkan attention span seorang anak. Kedua hal tersebut sangat bermanfaat dalam mengembangkan daya konsentrasi si kecil, modal yang akan ia butuhkan saat bersekolah dan bekerja kelak. Mama juga bisa loh mengajarkan bahasa Inggris untuk si kecil lewat buku yang Mama bacakan.


3. Weekend without mall!

Bagi para Mama yang tinggal di kota besar, membawa anak-anak wisata ke mal megah sebagai one stop entertainment center, tentu menjadi pilihan yang praktis, ya.

Tapi mal bukan segalanya lho. Ada banyak hal menarik di luar sana yang dapat dijadikan tujuan jalan-jalan keluarga dan akan memberikan banyak pengalaman berharga bagi si kecil.

Nah, mulai tahun ini, canangkan tekad untuk wisata di luar mal setidaknya sebulan sekali yuk, Ma. Mama bisa mengajak si kecil mengunjungi beberapa area di kota Mama yang juga penuh dengan objek menarik lainnya, tapi nggak dalam satu atap.

Ajak juga si kecil mengunjungi museum, pameran foto ataupun pertunjukan seni.


4. Menyediakan waktu spesial bersama setiap anak

Dengan menghabiskan waktu spesial bersama tiap anak, Mama bisa menyediakan waktu untuk mengenal kepribadian si kecil lebih dalam, dan begitu pula sebaliknya.

Ikatan emosional yang kuat antara Mama dan si kecil akan terbangun. Hal itu akan memberikan rasa aman dan nyaman secara emosional pada si kecil sekaligus membangun kepercayaan antara orangtua dan anak.

Kalau perlu buat ‘menu’ personal untuk setiap anak. Misalnya, acara jalan pagi berdua setiap hari Sabtu dengan si sulung, lalu acara crafting sederhana dengan si bungsu setiap Minggu pagi ketika kakaknya les renang.


5. Memprioritaskan hubungan dengan suami

Begitu menjadi Mama, biasanya si kecillah yang menjadi prioritas sekarang. Padahal, lebih baik menomorsatukan hubungan dengan suami lho, Ma, soalnya kan anak-anak akan tumbuh lebih sehat secara emosional dalam keluarga yang bahagia kan?

Hubungan suami istri yang harmonis biasanya punya keterampilan komunikasi yang baik, yang bisa dicontoh oleh anak-anak mereka. Selain itu, mereka juga mempunyai pola pengasuhan yang kompak sehingga bisa menerapkan peraturan dan disiplin secara konsisten pada anak.

So, Mama, selalu sediakan momen-momen untuk dinikmati berdua dengan Papa lebih banyak di tahun ini ya!


6. Menjalankan program kebugaran keluarga

Instruktur olahraga yang juga anggota Parenting Mom Squad US, Larysa DiDio mengatakan bahwa anak-anak yang dibiasakan berolahraga sejak kecil akan meneruskan kebiasaan itu seumur hidupnya.

Karena itu sangatlah penting bagi Mama dan keluarga untuk rutin berolahraga, karena si kecil akan meniru kebiasaan orangtuanya.

So, mulai tahun ini, sempatkan waktu untuk melakukan aktivitas fisik bersama si kecil ya, bisa bersepeda atau berenang bersama, bermain bulutangkis di halaman, atau bersama-sama yoga dengan panduan Youtube atau DVD.


7. Membiarkan si kecil melakukan hal-hal yang sudah mampu ia lakukan sendiri

Tak sabar rasanya menunggu si kecil selesai makan, apalagi melihat makanan yang berceceran di sekitar piringnya dan juga wajahnya yang belepotan.

Wajar sih kalau Mama lebih suka menyuapinya, makanannya akan cepat habis dan Mama tak perlu membereskan ceceran makanan.

Well, tahan diri, Ma! Walaupun lambat dan sering malah nambahin repot, si kecil perlu melakukan hal-hal yang sudah mulai bisa ia lakukan sendiri. Hal ini akan melatiih kemandiannya dan menumbuhkan rasa percaya dirinya.

Lagipula, Ma, saat memanjakan anak sebenarnya adalah saat kita mencuri kesempatannya untuk belajar dan haknya untuk dipercaya lho. Nah loh.


8. Menerapkan batas waktu penggunaan gadget di rumah

Pasti pernah dengar kan, Ma, bahwa gadget bisa mendekatkan yang jauh dan juga bisa menjauhkan yang dekat?

Nah, jangan sampai deh, hubungan emosional keluarga merenggang gara-gara gadget ini.

Karena pemakaian gadget memang nggak mungkin dihentikan, maka sekarang terapkan saja waktu pemadamam gadget selama beberapa jam saat Mama sekeluarga berada di rumah, dan gunakan waktu tersebut untuk aktivitas fisik bersama keluarga. Pemadaman ini juga berlaku untuk Mama dan Papa lho!


9. Berhenti menjadi tukang teriak

Duh, si kecil memang keras kepala! Diberi tahu berkali-kali masih saja ia mengulang hal-hal yang sudah Mama larang atau tunjukkan kesalahannya. Akhirnya kemarahan, teriakan, dan penyesalan menjadi siklus rutin bagi Mama.

Mulai tahun ini, coba kurangi kemarahan dan teriakan Mama saat si kecil susah diberitahu. Coba taktik yang diberikan oleh Patty Dow ini Ma, seorang pembicara dalam parenting workshop bertema How to Master Positive Discipline Strategies di New York; rendahkan suara, pandang matanya, dan beri perintah pada anak dengan bahasa persuasif tanpa ancaman.

Jangan anggap remeh si kecil, Ma, tanpa teriakan pun mereka mengerti dan paham kok.


10. Buat sendiri resolusi Mama

Nah, Rocking Mama sudah memberikan ide, sekarang saatnya Mama menuliskan sendiri resolusi yang ingin Mama lakukan. Karena situasi dan kondisi yang dihadapi oleh setiap mama pasti berbeda, dan hanya Mama sendiri yang paling mengerti solusinya.


BACA JUGA


11 Resolusi Tahun Baru untuk Hidup yang Lebih Sehat di Tahun 2018 - Karena Resolusi Menurunkan Berat Badan Itu Terlalu Mainstream

11 Resolusi Tahun Baru untuk Hidup yang Lebih Sehat di Tahun 2018 - Karena Resolusi Menurunkan Berat Badan Itu Terlalu Mainstream

Resolusi tahun baru pengin menurunkan berat badan? Ah, mainstream sekali! Dan, apa hasilnya? Biasanya hanya tinggal jadi resolusi, tanpa ...

Read more..


Resolusi tahun baru nggak perlu yang muluk-muluk, yes. Yang sederhana dan bisa langsung kita kerjakan adalah yang lebih baik. Walaupun klise, ya, untuk menjadi Mama yang lebih baik lagi tapi nggak ada salahnya kan kita mencoba. Setidaknya ini untuk self improvement kita as a wife and mom.

Jangan lupa share ke Rocking Mama ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 10 Ide Sederhana Resolusi Tahun Baru Agar Kita Bisa Menjadi Mama yang Lebih Baik Lagi!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar