Ini Dia 10 Model Pengasuhan Anak Keluarga Zaman Now - Keluarga Mama Termasuk yang Mana?

Ini Dia 10 Model Pengasuhan Anak Keluarga Zaman Now - Keluarga Mama Termasuk yang Mana?

695
Zaman berkembang, ilmu pengetahuan pun demikian. Termasuk soal pengasuhan anak dalam keluarga. Zaman sekarang, setiap keluarga punya model pengasuhan sendiri-sendiri. Keluarga Mama termasuk yang mana nih?

Selamat Hari Anak Internasional!

Hari ini, tanggal 20 November, memang diperingati sebagai Hari Anak Internasional, Ma, yang lebih khusus lagi tahun ini kita mengangkat tema "Perlindungan Anak Dimulai dari Keluarga".

Yah, memang semua berawal dari keluarga. Karakter kepribadian dan kedewasaan anak bukanlah melulu bawaan lahir, melainkan juga pembentukan yang dimulai dalam keluarga.

Menurut Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), saat ini sedikitnya ada 23 ribu lebih kasus yang berkaitan dengan anak. Dari puluhan ribu kasus tersebut, didominasi anak berhadapan dengan kasus hukum, termasuk kasus bullying.

Dengan tema "Perlindungan Anak Dimulai dari Keluarga" untuk tema Hari Anak Internasional ini, diharapkan kita semua bisa menyebarkan awareness bahwa sebaiknya orang tua lebih memberi perhatian pada pola pengasuhan dan lingkungan anak, agar tidak menjadi pelaku bullying atau perundungan di masa depan.

Well, zaman memang berubah. Dulu model pengasuhan dan keluarga sepertinya nggak banyak berbeda satu dengan yang lainnya. Hadirnya para generasi X dan generasi Alfa yang lebih aktif dan melek pengetahuan, pun teknologi yang semakin terlibat dalam kehidupan kita sehari-hari, membuat banyak perubahan di hampir semua aspek hidup, termasuk soal pengasuhan.

Hingga kemudian berkembanlah beberapa model pengasuhan anak oleh keluarga-keluarga kekinian, seturut perkembangan zamannya. Seperti apa saja ya? Keluarga Mama masuk ke model yang mana?

Coba kita simak yuk!


BACA JUGA


Keharmonisan Keluarga Bisa Rusak Hanya Karena 4 Hal Ini - Waspada, Ma!

Keharmonisan Keluarga Bisa Rusak Hanya Karena 4 Hal Ini - Waspada, Ma!

Kurangnya sikap saling menghargai dan menunjukkan kehangatan dengan pasangan bisa memicu keretakan hubungan dengan anggota keluarga lainnya ...

Read more..


10 Model pengasuhan anak dalam keluarga zaman now

Model Keluarga #1: Ibu Bekerja


Zaman now, kesempatan perempuan untuk mendapatkan pendidikan tinggi semakin meningkat. Peluang karier perempuan pun kini sudah terbuka lebar.

Banyak mama yang memutuskan untuk tetap berkarier, karena dengan begitu mereka dapat mengaktualisasikan diri dan ikut mendukung ekonomi keluarga demi memberikan yang terbaik buat anak.

Hanya saja, tugas seorang ibu bekerja dalam keluarga memang jadi dobel; di rumah dan di kantor. Sungguh multitasker sejati!

Anak-anak yang dibesarkan oleh seorang ibu bekerja biasanya akan lebih cepat mandiri. Bahkan, lebih banyak anak yang merasa bangga memiliki mama yang bekerja dan berkarier di luar rumah, dengan menceritakan karier mamanya pada teman-teman di sekolahnya.


Model keluarga #2: Family Traveler


Zaman now, seiring tekanan hidup yang meningkat, keluarga-keluarga juga makin mengerti akan pentingnya liburan. Didukung kemudahan dan kemurahan transportasi udara, laut dan darat, yang juga telah membuka peluang bagi banyak orang untuk traveling.

Mama dan Papa, pasangan muda yang percaya diri membawa si kecil (bahkan sejak masih bayi), pasti langsung semangat deh mengajak mereka mengunjungi tempat wisata di dalam dan luar negeri.

Apalagi kamar hotel dan tempat wisata juga ramai-ramai menyediakan fasilitas kids friendly. Dengan melakukan traveling bersama, hubungan antar anggota keluarga makin dekat. Si kecil pun terdidik untuk selalu siap menghadapi situasi, suasana, orang dan budaya baru, sehingga skill adaptasi mereka pun berkembang.


Model keluarga #3: Multikultur


Dunia semakin kecil, orang semakin bebas bergerak melewati batas daerah, bahkan negara. Ini akan memberi peluang untuk berinteraksi dengan orang dari beragam ras dan bahasa.

Jadilah kini semakin banyak kita lihat pernikahan multi-etnik, multi-budaya, bahkan multi-agama. Perbedaan yang ada justru menjadi pengikat yang lebih erat lagi bagi setiap anggota keluarga.

Anak-anak yang dibesarkan dalam keluarga multikultur akan lebih fleksibel dalam menerima perbedaan. Mereka akan lebih toleran terhadap pilihan hidup orang lain.


BACA JUGA


Bangun Keseruan Keluarga dengan Melakukan 4 Hal Ini!

Bangun Keseruan Keluarga dengan Melakukan 4 Hal Ini!

Bosan dengan rutinitas dan anggota keluarga sibuk masing-masing? Coba lakukan 4 hal ini, Ma

Read more..


Model keluarga #4: Fifty Fifty

Papa yang dengan wajah bangga menggendong si kecil yang masih bayi di mal, mendorong stroller atau mengantar anak ke sekolah, adalah pemandangan yang makin biasa kini.

Well yeah, papa masa kini tampaknya makin enjoy terlibat dalam pengasuhan anak. Mereka pun dengan senang hati menunjukkan naluri keayahannya dengan merawat, mengasuh dan menjalin keakraban dengan si kecil.

Papa bukan lagi sosok pencari nafkah dan penegak disiplin belaka. Hal inilah yang memicu munculnya istilah baru, yaitu mothering dan fathering. Artinya, pengasuhan harus berasal dari Mama dan juga Papa. Persentase pengasuhannya pun sama, 50-50.

Dengan model keluarga seperti ini, anak akan secara lengkap menerima stimulasi dari kedua orang tuanya. Mereka akan lebih seimbang pertumbuhan dan perkembangannya, Ma.


Model keluarga #5: Super healthy family

Semakin sering kita mendengar perbincangan orang tua, mengenai pengalaman mereka untuk mengenalkan anak pada makanan vegetarian ataupun pada makanan organik. Pokoknya, kualitas makanan harus benar-benar diperhatikan. Makanan junk food dan jajanan harus melalui seleksi ketat!

Setiap hari anak diajak bergerak, seperti futsal atau berenang. Semua aktivitas harian ditujukan untuk hidup sehat!


Model keluarga #6: Long distance family


Mama dan anak berada di Jakarta, Papa berada di kota lain, atau bahkan di luar negeri.

Yeah, dalam usaha meniti karier, pasangan suami istri banyak menerapkan pola keluarga jarak jauh. Apalagi, kemajuan teknologi, seperti hadirnya WhatsApp, Facetime dan Skype bisa membantu berkomunikasi dengan mudah dan murah.


BACA JUGA


Urusan Keluarga Bisa Membuat Mama 'Hampir Gila'. 6 Cobaan Ini Membuktikannya!

Urusan Keluarga Bisa Membuat Mama 'Hampir Gila'. 6 Cobaan Ini Membuktikannya!

Keluarga adalah kumpulan terkecil yang selalu sukses membuat seorang Mama ' hampir gila' dan bahagia bahkan di saat bersamaan. You are a Mom ...

Read more..


Model keluarga #7: Keluarga plus plus


Sudah menjadi fenomena umum saat ini ya. Papa dan Mama bekerja, berangkat pagi dan baru tiba di rumah malam hari. Bagi yang sudah memiliki anak, mereka akan membutuhkan orang lain untuk mengawasi si kecil. Mereka pun meminta bantuan keluarga terdekat--seperti kakek dan nenek--atau pengasuh.


Model keluarga #8: Paranoid parenting

Setiap hari yang dilakukan oleh orang tua dari keluarga ini adalah memastikan anaknya tetap aman.

Saat di rumah, setiap 5 menit sekali Mama akan memastikan si kecil berada di mana, sedang apa dan bersama siapa. Saat Mama bekerja, Mama akan selalu menelepon ke rumah memastikan anak dalam kondisi aman dengan meminta anak bicara di telepon atau muncul di Skype.

Mama dan Papa juga tak lupa memasang CCTV di rumah, baik di dalam dan di luar rumah.

Ini muncul karena kini semakin banyak peristiwa seperti penculikan, perundungan, pedofilia dan makanan yang tercemar. Well yeah, siapa yang bisa menyalahkan orang tua dari keluarga ini sih ya, Ma?


Model keluarga #9: Keluarga apartemen


Seiring dengan pertumbuhan ekonomi, pembangunan apartemen di perkotaan pun semakin menjamur. Pasangan suami istri yang memilih tinggal di apartemen dengan ruang terbatas, serba minimalis dan sulit bertetangga biasanya karena mempertimbangkan kedekatan dengan tempat kerja.

Dengan demikian, tak banyak waktu terbuang di jalanan Jakarta nan macet, sehingga lebih banyak waktu bisa dihabiskan dengan keluarga.


Model keluarga #10: Radikal

Keluarga ini menerapkan aturan sesuai dengan paham yang dianut secara ketat. Entah itu tentang kesehatan, makanan, gaya hidup dan sebagainya yang dianggap terbaik untuk keluarga. Seperti anti imunisasi atau anti susu formula dan sebagainya.

Mereka menganggap dirinyalah yang paling benar dan orang lain salah.


BACA JUGA


Perbedaan Pola Pengasuhan Anak Konon Menjadi Alasan Brangelina Bercerai. Lakukan 5 Tips Berikut Untuk Mengatasi Jika Ini Terjadi

Perbedaan Pola Pengasuhan Anak Konon Menjadi Alasan Brangelina Bercerai. Lakukan 5 Tips Berikut Untuk Mengatasi Jika Ini Terjadi

Perbedaan pola pengasuhan anak biasa terjadi dalam keluarga mana pun, namun seharusnya selalu bisa dikompromikan

Read more..


Nah, keluarga Mama termasuk model keluarga yang mana nih?

Tak ada model keluarga yang lebih baik daripada yang lain sih, menurut saya pribadi. Semua kembali ke kondisi masing-masing, dan juga pastinya semua sudah dipertimbangkan baik-baik antara suami dan istri demi kebaikan si kecil. Sepakat kan, Ma?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 10 Model Pengasuhan Anak Keluarga Zaman Now - Keluarga Mama Termasuk yang Mana?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar