Ini Dia 12 Makanan Sehat Berkhasiat yang Wajib Dimasukkan dalam Menu Diet Mama Sehari-hari!

Ini Dia 12 Makanan Sehat Berkhasiat yang Wajib Dimasukkan dalam Menu Diet Mama Sehari-hari!

2.1K

Atur menu diet Mama agar tubuh lebih sehat dan bugar. Caranya, cukup dengan mengonsumsi makanan sehat ideal yang terdapat di sekitar kita.

Menurut pendapat Michael Van Straten, seorang ahli pengobatan natural, akan lebih baik jika dalam menu diet Mama terdapat makanan sehat berkhasiat yang dapat memberi tambahan energi bagi tubuh.

Karena menurutnya lagi, sesungguhnya nggak ada makanan yang buruk. Yang ada hanya diet nggak sehat, Ma.


BACA JUGA


Tetap Menyiapkan Makanan Sehat Walaupun Sibuk Bekerja? Bisa Banget, Ma!

Tetap Menyiapkan Makanan Sehat Walaupun Sibuk Bekerja? Bisa Banget, Ma!

Bersiap kerja sekaligus menyiapkan makanan sehat untuk sarapan dan makan siang keluarga? Siapa takut? Mama bisa kok

Read more..


12 contoh makanan sehat di bawah ini merupakan makanan peningkat energi, penambah daya tahan tubuh dan penunda proses penuaan lo.

1. Apel


Dalam satu hari tubuh kita memerlukan masukan zat pectin dan vitamin C yang cukup, minimal 2 kali dalam sehari, untuk mengurangi kadar kolesterol yang ada dalam tubuh.

Untuk mendapatkannya, kita dapat mengonsumsi apel yang mengandung 2 unsur tersebut.

Nutrisi yang terkandung di dalam apel juga dapat membantu memperkecil risiko terkena penyakit tulang, seperti encok dan rematik. Sementara itu, buah apel yang telah diparut dapat digunakan untuk mengobati penyakit diare.


2. Wortel


Banyak yang sudah tahu bahwa kandungan vitamin A pada wortel dapat membuat mata menjadi sehat.

Ternyata, selain kandungan vitamin yang berkhasiat, betacarotene dalam bahan makanan sehat ini juga dapat membantu mencegah penyakit mata, liver dan juga kulit lo, Ma. Juga, dapat melindungi Mama dari penyakit lainnya seperti kanker usus.

Dengan hanya mengonsumsi satu potong wortel besar sehari, cukup untuk mengalirkan betacarotene yang diperlukan oleh tubuh selama setahun!


3. Bawang putih


Bawang putih yang masih segar terkenal ampuh untuk menyembuhkan bermacam-macam penyakit. Bawang putih bisa berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur, dan dapat melindungi tubuh dari serangan kanker.

Mau memasukkan unsur bawang putih dalam menu makanan sehat Mama? Coba saja masukkan bawang putih dalam ramuan pizza buatan Mama. Bawang putih sudah jelas sangat efektif menurunkan kolesterol, tekanan darah dan membantu pembuatan sel-sel darah dalam tubuh.


4. Bawang bombay


Bawang bombay adalah makanan sehat yang berkhasiat sebagai antibiotik yang membantu melindungi sistem sirkulasi dalam tubuh, Ma.

Selain itu, dengan mengonsumsinya, Mama dapat mengurangi risiko terkena sakit perut, sesak napas, dan infeksi saluran kencing.

Bawang bombay juga mempunyai khasiat seperti apel, yaitu meringankan gangguan reumatik dan encok.


BACA JUGA


Bahan Makanan Harus Dicuci Sebelum Dimasak? Tidak dengan 3 Bahan Ini!

Bahan Makanan Harus Dicuci Sebelum Dimasak? Tidak dengan 3 Bahan Ini!

Bahan makanan harus dicuci, itu betul demi higienitas. Tapi, 3 bahan makanan ini justru jangan dicuci

Read more..


5. Avokad


Buah avokad memang dikenal memiliki kadar lemak tinggi, tetapi ternyata avokad juga memiliki kadar potasium tinggi, yang berarti mengandung banyak vitamin A, B, C dan E.

Buah ini dapat membantu Mama memerangi kelelahan dan depresi, juga melindungi tubuh dari kanker, dan menurunkan kadar kolesterol.

Kelebihan lain dari buah yang lezat ini adalah berfungsi sebagai pemicu produksi zat anti kerut pada kulit akibat penuaan, karena buah ini mengandung kadar vitamin E yang tinggi.

Jadi, bagi Mama yang ingin selalu tampak awet muda, avokad adalah pilihan makanan sehat yang terbaik.


6. Pasta


Mungkin Mama pikir diet akan terganggu jika mengonsumsi makanan lezat yang mengenyangkan seperti pasta ya.

Tapi, jika dilihat dari sisi yang lain, ternyata pasta kaya akan kandungan serat, vitamin B dan mineral.

So, kalau seumpama waktu makan sudah tiba, nggak ada salahnya tuh Mama menyajikan menu diet makanan sehat berupa pasta dilengkapi minyak zaitun, buah tomat segar, bawang bombay dan tuna. Yummm!

Dengan demikian,Mama sudah mendapatkan santapan yang tinggi akan kandungan serat. Nilai plus-nya, menyiapkan sarapan seperti ini kan mudah ya?


7. Kol


Kol yang kaya akan kandungan zat besi, zat hijau daun, zat sulfur dan vitamin C ini dikenal sebagai makanan sehat yang dapat memerangi kanker, membantu mencegah penyakit anemia dan menyembuhkan penyakit perut.

Kol juga dapat menangkal penyakit jantung, stres dan infeksi, Ma.


8. Gandum


Gandum memiliki kandungan zat yang cukup banyak. Mulai dari kalsium, potasium, magnesium, silikon, protein, sampai vitamin B dan E.

Ini berarti gandum dapat mengurangi kadar kolesterol dan menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh Mama.


BACA JUGA


Cantik dan Sehat? Tentu Bisa! Konsumsi 3 Jenis Makanan Ini Deh, Ma!

Cantik dan Sehat? Tentu Bisa! Konsumsi 3 Jenis Makanan Ini Deh, Ma!

Cantik selalu menjadi prioritas perempuan. Tapi, relakah Mama mengorbankan kesehatan demi hanya terlihat cantik

Read more..


9. Pisang


Tahu nggak sih, Ma, di India, orang mengobati sakit perut dengan mengonsumsi pisang dan yoghurt yang berbahan dasar alami lo.

Pisang adalah makanan sehat yang berkhasiat tinggi bagi kesehatan. Pisang memberi tubuh kita zat potasium, seng, serat, zat besi, zat asam, kalsium dan vitamin B6.

Buah ini juga dapat melancarkan pencernaan, dan sangat baik dikonsumsi oleh perempuan di masa pra menstruasi.

Keampuhan lain dari buah ini adalah memberi tambahan energi yang cepat, cocok untuk kudapan sebelum pergi bekerja.


10. Kentang


Kentang (yang tidak digoreng) banyak mengandung serat serta vitamin B dan C. Kentang rebus sangat baik bagi tubuh jika Mama tidak menghilangkan seluruh air rebusannya yang banyak mengandung vitamin.

Saat menyantapnya, kulit kentang lebih baik nggak dikupas sih, Ma, karena justru dalam kulit tersebut terdapat banyak nutrisi.


11. Kacang kedelai


Kacang kedelai merupakan bagian dari keluarga kacang polong yang kaya akan protein.

Menurut Dr. Arien Van Der Merwe, masyarakat yang hidup di negara Asia yang negaranya memroduksi 60% kacang kedelai setiap harinya, mempunyai persentase penyakit seperti kanker payudara, kanker rahim, kanker usus dan kanker prostat lebih rendah ketimbang negara lain.

Kacang kedelai juga bagus untuk mencegah penyakit jantung, Ma, serta tulang keropos.

Untuk perempuan, pada khususnya, konsumsi kacang kedelai juga amat penting, karena kacang kedelai membantu menormalkan hormon estrogen dalam tubuh dan meningkatkan kadar estrogen yang rendah di tulang.

Kacang kedelai merupakan makanan sehat yang baik dikonsumsi setiap hari, minimal satu atau dua kali dalam seminggu.


12. CLA


Conjugated Linoleic Acid (CLA) adalah zat yang penting bagi pembentukan otot dan berfungsi sebagai nutrisi yang membakar lemak.

Zat ini terkandung dalam beragam makanan,terutama dalam daging sapi dan susu.

Para ahli menemukan, bahwa metabolisme dan kemampuan tubuh menghasilkan energi didapat dari zat tersebut. CLA juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat melindungi tubuh dari serangan kanker.

Coba memasukkan sedikit porsi CLA ke dalam menu diet Mama setiap minggu, jika perlu Mama dapat mengonsumsinya melalui suplemen sekitar 500-1000 mg sehari.


BACA JUGA


5 Makanan Ini Ternyata Nggak Bergizi Seperti yang Digembar-gemborkan - Be Wise!

5 Makanan Ini Ternyata Nggak Bergizi Seperti yang Digembar-gemborkan - Be Wise!

Banyak makanan beredar di pasaran yang diklaim sehat dan bergizi. Namun kalau kita lebih jeli lagi, ternyata makanan tersebut justru ...

Read more..


Nah, Mama, jangan sampai lupakan ke-12 makanan sehat di atas dalam daftar menu diet Mama sehari-hari, agar selain Mama bisa mendapatkan bentuk tubuh idaman, Mama pun tetap terpenuhi nutrisinya ya.

Jadinya, tubuh indah plus sehat deh. Mau kan?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 12 Makanan Sehat Berkhasiat yang Wajib Dimasukkan dalam Menu Diet Mama Sehari-hari!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar