Ini Dia 25+ Inspirasi Ruang Baca di Rumah Supaya Anak-anak Makin Gemar Membaca

Ini Dia 25+ Inspirasi Ruang Baca di Rumah Supaya Anak-anak Makin Gemar Membaca

753
Pengin supaya anak-anak gemar membaca? Nggak cuma harus menyediakan bacaan bagus, tapi sediakan juga ruang baca yang nyaman untuk mereka.

Mengajak anak-anak dan seluruh anggota keluarga untuk lebih gemar membaca itu nggak cuma dengan menyediakan berbagai buku bacaan yang bergizi untuk mereka. Tetap juga menyiapkan ruang baca yang nyaman, yang membuat mereka betah berlama-lama menggauli buku.

Wah! Rumahnya mesti besar dong! Ruang baca kan nggak bisa kalau cuma semeter dua meter.

Ah, kata siapa? Bahkan kita bisa memanfaatkan sudut-sudut rumah yang terabaikan untuk disulap menjadi ruang baca yang nyaman, asyik sekaligus stylish lho! Mau di dapur, mau di ruang keluarga, bahkan di ruang bawah tangga juga bisa kok dijadikan ruang baca!

Nah, biar bisa membayangkan gimananya, Rocking Mama dengan senang hati mengumpulkan berbagai ide ruang baca yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

Yuk, Ma, kita lihat bareng-bareng!


BACA JUGA


Saat Anak Tak Suka Membaca Buku, Apa yang Harus Mama Lakukan? Cukup 5 Hal Ini Saja!

Saat Anak Tak Suka Membaca Buku, Apa yang Harus Mama Lakukan? Cukup 5 Hal Ini Saja!

Membaca buku itu sangat mengasyikkan! Banyak hal yang bisa kita dapatkan dari buku. Tapi, gimana kalau anak nggak suka membaca buku? Apa ...

Read more..


20+ Ide inspirasi ruang baca untuk keluarga supaya anak-anak makin mencintai buku dan gemar membaca



Yang pasti, ruang baca itu mesti mendapat cahaya yang cukup yes? Temukan sudut yang pas ya, yang nggak terlalu panas dan cukup cahaya.



Kalau ruangan ini ada di sisi utara or selatan, bakalan jadi ruang baca yang nyaman banget kan, Ma? Mama pun bisa menghemat energi, karena lebih mengutamakan pencahayaan dari matahari.



Atau mau bikin ruang baca yang terbuka sekalian, menghadap ke teras belakang, misalnya? Duh. sepoi-sepoi kena angin. Selain bisa santai membaca, kayaknya juga asyik buat sekadar merem nih ya.



Hanya punya ruang sempit di dalam rumah? No problemo! Ruang baca itu nggak makan tempat banyak kok.


BACA JUGA


Ini Dia 13 Buku Anak Terasyik Sepanjang Masa versi Rocking Mama!

Ini Dia 13 Buku Anak Terasyik Sepanjang Masa versi Rocking Mama!

The more that you read, the more things you will know. The more that you learn, the more places you'll go. ~ Dr. Seuss

Read more..



Atau ada daerah yang menyudut begini? Uh, asyiknya membaca di ruang baca seperti ini.



Yang penting, Mama harus sediakan sofa dan ruang baca pun bisa tercipta secara instan yes?



Kalau ada dana berlebih, Mama bisa membeli yang kayak gini nih untuk ruang baca. Waaaah. Saya juga mau!



See? Nggak butuh tempat yang luas untuk menyulap satu sudut menjadi ruang baca. Cukup kasih "batas" ruang dengan karpet, lalu taruh kursi yang nyaman. Jadi deh.



Yang satu ini juga bisa jadi inspirasi ruang baca nih, Ma. Cantik banget ya.



Nggak punya tempat tersisa untuk ruang baca sama sekali? Tuh, Masnya kayaknya nyaman banget nongkrong di atas gitu. Hihihi. Mau ambil buku juga deket tuh, Ma.


BACA JUGA




Jika langit-langit rumah Mama cukup tinggi, Mama bisa menambahkan kantilever begini nih. Ruang baca yang nyaman sekaligus bisa me time banget tuh kalau di situ yes?



Nah, ruang bawah tangga pun bisa dimanfaatkan sebagai ruang baca, Ma. Tuhhh ... aduh ... nyamannya!



Atau Mama mau bikin rak buku built-in sekalian dengan "ruang baca"-nya yang mini begini? Pastinya bakalan betah deh berlama-lama di situ.



Ruang baca di atas juga bisa menjadi taktik memanfaatkan satu sudut rumah, Ma. Effortless kan?



Ada ruang tersisa yang rada-rada "aneh" gini, Ma? Mau dipakai apa coba ya? Ya, cuma bisa dipakai sebagai ruang baca tuh!



Yang ini juga ruang baca yang tersembunyi di rak buku. Uuuhhh. Coba bayangkan, Mama dan Papa duduk berdua di situ sambil baca buku favorit masing-masing. Ahhh. Heaven!



Segala kondisi sudut rumah bisa disiasati kan, kalau memang kita niat untuk membuat ruang baca?


BACA JUGA


Menata Rumah Bergaya Minimalis, Berikut 6 Langkah Mudahnya!

Menata Rumah Bergaya Minimalis, Berikut 6 Langkah Mudahnya!

Menata rumah memang jadi hak prerogatif kita. Dan, gaya seperti apa yang ingin kita terapkan dalam menata rumah, akan menentukan kualitas ...

Read more..



This is so awesome! Anak-anak pasti suka banget kalau disuruh anteng di ruang baca seperti ini.



Wah! Siapa yang nggak mau punya kayak ginian di rumah? Kebangetan dehhh! Hahaha.



Atau mau bikin ruang baca di teras belakang or depan? Bisa bangetlah!



Atau, ruang baca di sisi kolam? Hmmm, siapa yang bisa nolak untuk berlama-lama di situ?



Well, I would call it as hidden reading room! Hahaha. Keren banget deh.



Waow! Bacanya bisa langsung ketiduran kayaknya ya, kalau ruang baca kita kayak gini.



Kalau Mama punya halaman rumah yang cukup luas, kenapa nggak biki ruang baca outdoor seperti ini, Ma? Kan asyik banget!






Kalau Mama punya pohon yang tumbuh besar di halaman, juga bisa lho dimanfaatkan sebagai "ruang baca".


BACA JUGA


Menata Rumah dengan Gaya Shabby Chic yang Cantik - Begini 3 Langkah Mudahnya!

Menata Rumah dengan Gaya Shabby Chic yang Cantik - Begini 3 Langkah Mudahnya!

Tahu nggak sih, Ma, Shabby Chic, gaya interior yang sedang hits saat ini pada mulanya adalah sebuah merek retail perabot rumah yang terkenal ...

Read more..


Nah, gimana, Ma? Banyak kan inspirasi ruang baca yang bisa Mama sontek. Barangkali Mama bisa mix and match antara satu ide dengan yang lainnya, disesuaikan dengan kondisi rumah yang ada.

Terus tularkan virus gemar membaca pada keluarga dan anak-anak ya, Ma!








Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 25+ Inspirasi Ruang Baca di Rumah Supaya Anak-anak Makin Gemar Membaca". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar