Ini Dia 3 Prinsip Gaya Hidup Sehat Agar Mudah Diterapkan Sehari-hari

Ini Dia 3 Prinsip Gaya Hidup Sehat Agar Mudah Diterapkan Sehari-hari

1.3K
Gaya hidup yang paling bermanfaat adalah gaya hidup sehat. Tapi menjalankannya tidak dengan prinsip tertentu dapat memberikan dampak berhenti di tengah jalan, loh. Tidak mau kan tergoda dan kembali lagi?

Tren gaya hidup sehat memang lagi hits di kalangan kita-kita ya, Ma. Mulai diikuti oleh para generasi millenial, hingga sekarang merambah pula ke generasi X, Z, dan juga sudah diajarkan ke generasi Alfa juga!

Ya, soalnya manfaat yang bisa Mama dapatkan dari melakukan gaya hidup sehat ini bukan hanya sekedar memberikan bentuk tubuh yang indah, tapi juga memberikan kita energi yang cukup untuk berkarya sepanjang hari.


BACA JUGA


Begini Lho Prinsip Menu Makanan Sehat Food Combining - Coba, Yuk, Supaya Keluarga Mama Lebih Sehat!

Begini Lho Prinsip Menu Makanan Sehat Food Combining - Coba, Yuk, Supaya Keluarga Mama Lebih Sehat!

Menu makanan sehat ala food combining sebenarnya gimana sih? Buah kan ada banyak jenisnya, jangan-jangan yang kita makan ini nggak termasuk ...

Read more..


Inilah beberapa tips agar resolusi Mama untuk menjaga penampilan dan stamina dengan menerapkan gaya hidup sehat di tahun ini tercapai.


3 prinsip gaya hidup sehat agar lebih mudah diterapkan sehari-hari


Tubuh Perlu Asupan Berkualitas

Mengatur pola makan 3 kali sehari memang sudah bisa dijalani, tetapi kalau pola makan dengan makanan berkualitas gimana ya caranya?

Memang gaya hidup sehat ini sebaiknya dimulai semenjak awal masuk usia produktif sih, Ma. Tapi kalau memang belum, tenang saja. Belum terlalu terlambat kok, Ma!

Tahukah Mama, bahwa pada umumnya orang dewasa memerlukan 1500-2000 kalori setiap hari. Bila tidak terpenuhi akibatnya bisa mudah sakit atau rentan stres. Untuk kita perempuan, asupan yang dibutuhkan selain zat besi dan asam folat, vitamin B12 juga diperlukan untuk kelancaran menstruasi.

Tenang saja kalau Mama belum tahu cara praktis untuk memulai gaya hidup sehat ini, karena ada beberapa cara untuk memulainya, dan cukup mudah juga simpel.

Pertama, konsumsi makanan yang mudah diproses tubuh, rendah gula dan rendah lemak sehingga tubuh tidak terbebani oleh kerja yang berat untuk menghasilkan energi. Ini juga bisa dikombinasikan dengan mengolah makanan sehat sendiri, Ma, sehingga akan lebih jelas kandungannya.

Kedua, makanlah lebih banyak ketika akan melakukan aktivitas berat atau banyak, yaitu pada siang hari. Atur pola makan Mama agar jenis makan yang dikonsumsi mengandung karbohidrat yang cukup. Tidak lupa buah-buahan dan sayur yang mengandung vitamin, serat juga air untuk mineral.

Terakhir dan yang paling sering terlupakan, hindari tidur setelah makan. Beri jeda selama 2 atau 3 jam. Bila Mama merasa kelaparan, buah, susu skim atau yoghurt juga bisa menjadi camilan yang sehat. Bisa dikonsumsi kapan saja untuk mengganjal perut yang lapar saat beraktivitas.


Olahraga itu mengasyikkan

Olahraga akan mengasyikkan jika dilakukan bersama. Pasti Mama tahu kan soal pertemanan sehat? Yup, benar sekali, pertemanan sehat adalah tren gaya hidup sehat masa kini yang memberikan kita motivasi agar bisa bersama-sama menjaga kebugaran tubuh kita. Mama boleh loh, mencoba.

Siapa tahu Mama jadi menyukai nge-gym atau yoga yang tadinya tidak ada di pikiran Mama, jika Mama melakukannya bersama teman ataupun keluarga.

Tipsnya adalah pilihlah olahraga yang Mama sukai. Dengan begitu tidak ada rasa beban untuk menjalaninya. Pilih teman atau partner berolahraga yang asyik.

Hal yang perlu diingat ketika menetapkan target yaitu jangan sampai berlebihan, karena dampaknya menjadi overtrained yang mengakibatkan rasa lelah yang berlebihan dan akibatnya sistem imun menurun. Belajarlah untuk membatasi durasi olahraga.

Ingat ya, Ma, jangan berhenti kalau belum berkeringat.


Menjaga dan berkomitmen gaya hidup sehat

Setelah melakukan kebiasaan dan gaya hidup sehat, pastinya yang harus dilakukan selanjutnya adalah tetap berkomitmen, Ma.

Kalau sudah berniat memperbaiki gaya hidup sehat, maka ya kita harus bisa membatasi diri agar kalori yang sudah dibakar tidak diisi lagi dengan yang kalori yang lain. Nggak mau kan, Ma, yang masuk dan yang keluar sama jumlahnya. Atau malah lebih banyak yang masuk lagi? Yaaah ... sia-sia dong olahraga.

Lalu, mulailah mengatur jadwal tidur yang baik, juga jangan lupa, Ma, batasi konsumsi kopi, soda dan alkohol.

Terus, kalau makan makanan yang berminyak gimana?

Yah, hal yang satu ini memang sangat sulit untuk dihindari. Kuliner Indonesia kebanyakan memang mengandung minyak. Cobalah untuk berbagi dengan teman atau anggota keluarga lagi kalau Mama memang pengin banget makan jenis makanan yang berminyak. Sehingga konsumsinya akan lebih sedikit. Because sharing is caring! Hahaha. Betul nggak, Ma?


BACA JUGA


4 Cara Agar Mama Beralih Ke Makanan Organik!

4 Cara Agar Mama Beralih Ke Makanan Organik!

Makanan organik lebih merepotkan dan mahal? Well, think again

Read more..


Nah, setelah tahu 3 prinsip ini, semoga rencana Mama untuk menerapkan gaya hidup sehat bukan wacana lagi ya, Ma!

Good luck!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 3 Prinsip Gaya Hidup Sehat Agar Mudah Diterapkan Sehari-hari". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


TriWahyu Melani | @triwahyumelani

Silahkan login untuk memberi komentar