Ini Dia 4 Penyebab Haid Tak Teratur yang Harus Mama Ketahui!

Ini Dia 4 Penyebab Haid Tak Teratur yang Harus Mama Ketahui!

1.7K
Haid tak teratur kadang bikin pening, ya, Ma. Udah mikir macam-macam deh, mulai dari hamil lagi atau ada penyakit yang bersarang dalam tubuh.

Mama sering mengalami haid tak teratur? Meresahkan banget, ya, Ma! Berbagai macam pikiran selalu muncul ketika haid tak kunjung datang di tanggal biasa. Masalah haid memang sedikit sensitif yes bagi kita. Karena bergesernya tanggal pun kita mikirnya udah hamil lagi. Apalagi haid tak teratur, mikirnya kita menderita satu jenis penyakit. Hvft.

Memang sih, haid tak teratur ini disebabkan oleh beberapa hal. Jangan dulu Mama berburuk sangka akan haid tak teratur ini. Mending mama ketahui dulu penyebabnya, lalu mengambil tindakan untuk mengatasinya. Kalaupun sudah stuck, silahkan konsultasi ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat yang bisa mengembalikan siklus haid kita seperti semula.

Baca juga : Hati-hati, gangguan tidur yang nampaknya sepele bisa jadi merupakan indikasi terserang penyakit lho!

Yuk, Ma, kenali dulu penyebab haid tak teratur.

1. Terganggunya fungsi hormon

Terganggunya fungsi hormon karena haid memang berhubungan erat dengan sistem hormon yang diatur di otak, tepatnya di kelenjar hipofisa. Sistem hormonal ini akan mengirim sinyal ke indung telur untuk memproduksi sel telur. Bila sistem pengaturan ini terganggu, otomatis siklus haid pun akan terganggu.

2. Stres

Mama jangan pernah anggap stres, efeknya bisa ke mana-mana lho salah satunya menyebabkan haid tak teratur. Stres yang dialami mengganggu kinerja sistem metabolisme di dalam tubuh. Bisa saja karena stres, Mama jadi mudah lelah, berat badan turun drastis, bahkan sakit-sakitan, sehingga metabolismenya terganggu, siklus haid pun terganggu.

Jika mama merasa stres, coba deh melakukan aktivitas positif seperti membaca buku, mendekor rumah, olahraga ataupun menulis. Yakin deh, stres akan reda dengan sendirinya!

3. Terganggunya fungsi kelenjar gondok atau tiroid

sumber : alodokter

Terganggunya fungsi kelenjar gondok atau tiroid ternyata menjadi salah satu penyebab haid tak teratur. Gangguan bisa berupa produksi kelenjar gondok yang terlalu tinggi atau hipertiroid, maupun terlalu rendah (hipotiroid) sehingga mengganggu sistem hormonal tubuh.

Gejala hipotiroid seperti, konstipasi, kulit kering, kelelahan, kenaikan berat badan tanpa sebab jelas, serta lebih sensitif terhadap hawa dingin.
Gejala hipertiroid seperti, detak jantung yang cepat atau tidak beraturan, penurunan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba meski nafsu makan meningkat, berkeringat, gugup, serta cemas.

Untuk mengetahui apakah mama mengalami hipertiroid ataupun hipotiroid perlu dilakukan tes darah. Dengan hasil yang ada, mama bisa konsultasi dengan dokter untuk pengobatan. Don't worry, Ma, karena hal ini bisa diatasi kok dengan penanganan medis.

4. Kelainan sistemik

Kelainan sistemik yang juga memengaruhi sistem metabolisme. Biasanya terjadi pada penderita penyakit diabetes, ataupun perempuan yang memiliki kelebihan berat badan atau sebaliknya, terlalu kurus.

Nah, coba cermati lagi diri Mama, apakah Mama sedang mengalami stres atau kelebihan berat badan, atau mungkin berat badan menurun drastis? Haid tak teratur ini bisa kok diobati dengan melakukan serangkaian penanganan medis dan menjaga pola makan. Mama yang memiliki kelebihan berat badan, ada baiknya menjalankan diet yang sehat.

Sehat selalu, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 4 Penyebab Haid Tak Teratur yang Harus Mama Ketahui!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar