Ini Dia 5 Cara Sederhana Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Ini Dia 5 Cara Sederhana Menghilangkan Jerawat Secara Alami

792
Sudah banyak cara saya tempuh untuk menghilangkan jerawat bandel itu, dari dokter, tempat perawatan kecantikan, sampai obat-obatan tradisional, semua sudah saya coba. Tapi cara menghilangkan jerawat paling jitu memang adalah cara yang paling alami.

Tahu nggak sih, Ma? Saya punya jerawat sejak SMP, makin parah saat SMA dan menjadi sangat parah lagi menjengkelkan saat pindah ke Surabanya untuk melanjutkan pendidikan. Sudah banyak cara saya tempuh untuk menghilangkan jerawat bandel itu, dari dokter, tempat perawatan kecantikan, sampai obat-obatan tradisional, semua sudah saya coba.

Produk perawatan kulit wajah pun, saya selalu memilih yang berlabel “Acne Series” atau “Acne Prone Skin”. Sampai bosan saya, karena nggak bisa update pakai produk kecantikan kekinian yang sering dipakai oleh teman-teman saya.

Usaha menghilangkan jerawat ini tak cuma soal mengobatinya lho. Saya pun sangat membatasi cokelat, gorengan, kacang, dan sebagainya, demi membendung nongolnya si jerawat.

Persoalan jerawat akhirnya mereda saat saya hamil sampai melahirkan. Saya pun lega. Berarti, bisa nih pakai bedak dan skin care lain. Tapi, begitu ganti produk, jerawat langsung muncul lagi. Waduh! Nggak banyak dan separah sebelumnya sih, tapi tetap saja mengganggu.

Sehingag, berdasarkan pengalaman mempunyai jerawat selama bertahun-tahun, saya ingin berbagi tips menghilangkan jerawat secara alami yang bisa Mama coba juga. Ini dia, Ma.


BACA JUGA


Menghilangkan Jerawat Nggak Semudah yang Dibayangkan! Kenali Jenisnya Dan Atasi Dengan Beberapa Trik Berikut Ini!

Menghilangkan Jerawat Nggak Semudah yang Dibayangkan! Kenali Jenisnya Dan Atasi Dengan Beberapa Trik Berikut Ini!

Menghilangkan jerawat kadang butuh trik khusus. Apalagi jerawat yang membandel, duh menghilangkan jerawatnya pun butuh lots of effort

Read more..


5 Cara sederhana menghilangkan jerawat secara alami

1. Bersihkan Secukupnya


Siapa pun pasti menyarankan agar kita menjaga kebersihan kulit untuk menghilangkan jerawat. Iya sih, saran itu memang tepat. Tapi, sebaiknya jangan berlebihan juga.

Kadang ada yang saking hati-hatinya soal kebersihan wajah jadi sampai cuci muka berulang kali dalam sehari. Ini sih nggak optimal menghilangkan jerawat malah. Yang ada, kulit malah mengering, dan surprise! Jerawat tetap saja betah.

Jika Mama sudah berusaha membersihkan jerawat namun tetap membandel, maka cobalah untuk mengganti pembersih dengan yang lebih menyeluruh dan alami. Apa itu? Oil cleansing.

Saya pribadi sangat suka membersihkan wajah dengan berbagai jenis oil-oil alami. Pilih saja yang sesuai untuk kulit berjerawat. Oil cleansing lebih bisa mengangkat kotoran lebih sempurna ketimbang sabun muka. Oil cleansing juga nggak menimbulkan wajah kering sesudahnya. Kulit bahkan akan terpelihara kekenyalannya.


2. Pilih-pilih Produk


Ada produk-produk kecantikan tertentu yang kalau dipakai bakal makin memicu jerawat. Makanya, setiap kali memakai produk tertentu, coba dirasakan, apakah setelah mengaplikasikannya jerawat Mama makin parah?

Saya sendiri paling sensitif dengan produk ber-"whitening". Setiap kali beli, karena kurang teliti, ternyata produk tersebut ada label "whitening". Wah, sudah dijamin deh. Jerawat langsung nongol semua.

Jika Mama sudah bisa mengenali produk mana yang nggak cocok untuk kulit Mama, maka hindarilah. Cara ini sudah pasti merupakan cara terampuh untuk menghilangkan jerawat.


3. Cek Pola Makan


Jerawat sebenarnya termasuk dalam salah satu bentuk alarm tubuh, Ma.

Jika Mama berjerawat, apalagi kalau parah dan tidak sembuh-sembuh, itu menunjukkan ada sistem tubuh yang kurang beres.

Sekarang, coba cek pola makan Mama. Apakah Mama masih mengonsumsi terlalu banyak protein hewani, makanan prosesan, apalagi makanan mengandung gluten?

Kalau iya, sekarang saatnya mengubahnya menjadi pola makan berlimpah buah dan sayur segar. Hindari junkfood dan camilan pabrikan.


BACA JUGA


Menjaga Kesehatan Kulit Wajah 4 Hal Ini Harus Mama Hindari! Nomor 3, Pasti Jarang Dilakuin!

Menjaga Kesehatan Kulit Wajah 4 Hal Ini Harus Mama Hindari! Nomor 3, Pasti Jarang Dilakuin!

Kesehatan kulit wajah penting banget untuk diperhatikan. Semakin bertambah usia, perawatan yang dibutuhkan Mama harus ekstra nih demi ...

Read more..


4. Pola Hidup Sehat


Nah, seperti yang sudah disebutkan di poin no. 3, bahwa jerawat merupakan cerminan bagian dalam tubuh, maka cek juga pola hidup Mama secara keseluruhan.

Coba ingat-ingat, bagaimana pola tidur Mama. Hindari begadang, kelola stres dengan lebih baik. Jangan lupa olahraga ya!


5. Bukan Hanya Kebersihan Wajah


Nah, kadang ini luput dari perhatian kita ya, Ma. Jerawat juga kadang dipengaruhi oleh kebersihan rambut ataupun perlengkapan tidur kita lho. So, untuk menghilangkan jerawat yang tak kunjung sembuh, coba deh sarung bantalnya lebih sering diganti.

Nah, terus kalau jerawatnya muncul selama puasa, terutama di akhir Ramadan? Jika pola makan Mama sudah baik, kemungkinan sih Mama perlu detoks. Perbanyak saja asupan buah, sayur dan minum air putih untuk mengefektifkan detoks-nya.


BACA JUGA


4 Langkah Sederhana Merawat Kulit dan Wajah Ini Wajib Mama Lakukan Demi Kulit Kinclong Setiap Hari!

4 Langkah Sederhana Merawat Kulit dan Wajah Ini Wajib Mama Lakukan Demi Kulit Kinclong Setiap Hari!

Merawat kulit tidak akan berat jika menjadi kebiasaan dan rutinitas. Hanya 4 hal saja kok yang harus kita lakukan setiap hari, tapi efeknya ...

Read more..


Jadi, Mama, itu saja sih cara menghilangkan jerawat secara alami ala saya. Simpel. Tapi memang butuh konsistensi, Ma.

Kalau Mama bisa melakukannya dengan konsisten, Insya Allah, nggak cuma menghilangkan jerawat, tubuh pun lebih sehat dan bugar.

Salam hangat penuh cinta dari Rocking Mama.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 5 Cara Sederhana Menghilangkan Jerawat Secara Alami". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Widyanti Yuliandari | @widyantiyuliandari

Ibu dua anak, pecinta sayur dan buah lokal, food combiner, blogger dan penulis buku.

Silahkan login untuk memberi komentar