Ini Dia 5 Cara Tidur Nyenyak Sebagai Bekal Awal Hidup Sehat Mama Sehari-hari

Ini Dia 5 Cara Tidur Nyenyak Sebagai Bekal Awal Hidup Sehat Mama Sehari-hari

3K
Gimana cara tidur nyenyak yang paling efektif? Karena kualitas istirahat adalah kunci kesehatan kita sehari-hari.

Ada yang susah tidur? Rasanya gimana, Ma? Pastinya nggak enak ya di tubuh. Makanya Mama harus tahu beberapa cara tidur nyenyak yang bakalan membuat Mama bisa beristirahat dengan baik.

Well, tidur memang merupakan salah satu kebutuhan setiap mahluk hidup ya, termasuk kita-kita. Dari sononya, tubuh kita sudah diciptakan dengan metabolisme yang baik. Kita bisa bekerja dengan maksimal, namun perlu juga diimbangi dengan istirahat yang cukup.

Akhirnya kualitas tidur pun menjadi salah satu kebutuhan utama yang perlu untuk kita perhatikan, karena bisa menjadi awal dari niat hidup sehat kita serta dapat memengaruhi performa metabolisme tubuh.

Mengapa tidur menjadi salah satu hal penting dalam pola hidup sehat kita?

Karena ada riset yang mengungkapkan, bahwa semakin tidur kita berkualitas, maka semakin baik pula kualitas kinerja otak kita. Nggak cuma itu, kualitas tidur pun mampu memengaruhi berat badan, Ma. Kalau kita sering begadang dan kurang tidur, biasanya juga akan cenderung memiliki berat badan berlebih dibandingkan dengan seseorang dengan jam tidur yang cukup.


BACA JUGA


Hati-hati, Gangguan Tidur yang Nampaknya Sepele Bisa Jadi Merupakan Indikasi Terserang Penyakit Lho!

Hati-hati, Gangguan Tidur yang Nampaknya Sepele Bisa Jadi Merupakan Indikasi Terserang Penyakit Lho!

Kenali 8 gangguan tidur yang sering terjadi pada perempuan, terutama seusia kita, Ma

Read more..


Tapi, kalau memang kita punya kesulitan untuk bisa tidur, terus gimana dong?

Tenang, Rocking Mama punya beberapa cara tidur nyenyak yang bisa Mama praktikkan demi mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik sehingga akan mendukung pola hidup sehat Mama.


5 Cara tidur nyenyak demi kualitas istirahat yang lebih baik



Cara tidur nyenyak #1: Perbaiki pola makan dan olahraga

Cara Tidur Nyenyak #1: Perbaiki Pola Makan Dan Olahraga -


Salah satu cara tidur nyenyak yang pertama kali harus menjadi perhatian adalah perbaiki dulu pola makan kita yang salah.

Makanan yang kita konsumsi sehari-hari akan berdampak besar pada metabolisme tubuh, Ma. Jika kita rajin mengonsumsi makanan yang kaya serat, misalnya seperti sayur maupun buah-buahan, secara lebih berimbang, maka tubuh pun akan menjadi lebih sehat dan jauh dari penyakit. Sudah tahu kan ya, manfaat serat bagi tubuh kita

Dan, sebaliknya, jika kita teralu banyak mengonsumsi olahan dengan karbohidrat dan lemak dalam jumlah yang berlebih, apalagi tanpa diimbangi dengan serat, maka tubuh kita akan cenderung lebih rentan terhadap penyakit. 

Hal lain yang penting juga untuk diperhatikan pertama kali, selain makan dan pola makan, adalah olahraga. Olahraga mampu membantu menguatkan imunitas tubuh, dan membuang racun yang ada di dalam tubuh. 

Jika tubuh "terisi" oleh hal-hal baik, racun terbuang semua, maka kualitas tidur pun meningkat.



Cara tidur nyenyak #2: Selesaikan semua pekerjaan

Cara Tidur Nyenyak #2: Selesaikan Semua Pekerjaan -


Kalau pekerjaan selesai, nggak ada beban lagi, enak kan, Ma, tidurnya? Pastinya dong!

Kadang kita memang tergoda ya, untuk menunda pekerjaan dan meninggalkannya sementara belum selesai dengan berbagai alasan. Kemudian, walaupun kita berusaha meyakinkan diri bahwa semua masih bisa diselesaikan besok, tapi tahu nggak sih, bahwa pekerjaan yang tertunda seperti itu sebenarnya mengganggu alam bawah sadar kita?

Pernah ngalamin nggak, mata tertutup tapi otak nggak mau berhenti bekerja? Mikiiir terus ... "Duh, bisa selesai nggak ya, kerjaannya?" Atau, "Duh, sudah setengah jalan proyek, ide masih belum keeksekusi juga."

Rasanya gimana tuh, tidur sambil mikirin kerjaan? Huft banget kan? Nggak nyenyak deh!

So, cara tidur nyenyak paling efektif memang selesaikan semua pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kita sebelum saatnya tidur. 

Tapi sudah capek banget, dan ngantuk pun! Gimana dong?

Yah, enggak apa-apa sih, Ma. Toh memang istirahatlah yang diperlukan oleh tubuh. Jika memang masih bisa ditunda, dan tubuh memang sudah mengirimkan sinyal lelah, ya istirahatlah. 

Intinya, dengarkanlah sinyal tubuh, dan jangan jadikan kebiasaan. Kerjakanlah tugas tanpa menunda, sehingga mengakibatkan istirahat Mama terganggu.



Cara tidur nyenyak #3: Mengurangi konsumsi kopi dan obat tidur

Cara Tidur Nyenyak #3: Mengurangi Konsumsi Kopi Dan Obat Tidur -


Yah, kopi memang sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian dari kita ya, Ma. Dan kandungan dalam kopi sendiri ... hmmm ... Mama pasti juga sudah tahu deh, apa efek yang ditimbulkan oleh kafein terhadap tubuh kita.

Nah, jika kita ingin mendapatkan tidur yang lebih berkualitas, maka nggak ada salahnya untuk mengurangi konsumsi kopi dalam satu hari. Jika misalnya Mama biasa minum kopi 3x sehari, sekarang cobalah untuk menguranginya menjadi 2 kali atau 1 kali ngopi saja di pagi atau siang hari. 

Jika selama ini Mama mengonsumsi obat tidur, itu sebenarnya juga bukan solusi yang tepat. Obat akan membuat seseorang mengalami ketergantungan, dan pastinya Mama tahu kan, kalau ini nggak baik bagi tubuh kita? 

Dengan mencoba mengurangi konsumsi obat tidur ini sedikit demi sedikit diharap mampu lebih meningkatkan kualitas tidur dan menghindarkan dari ketergantungan obat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 5 Cara Tidur Nyenyak Sebagai Bekal Awal Hidup Sehat Mama Sehari-hari". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Hanifa Setiatmadji | @honeyvha

Status: Belum menikah tapi sudah dipanggil "Bu" oleh karyawan minimarket waralaba.

Silahkan login untuk memberi komentar