Ini Dia 7 Hal yang Harus Ada pada Diri Seorang Rocking Single Mama

likefon.com

Ini Dia 7 Hal yang Harus Ada pada Diri Seorang Rocking Single Mama

1.4K
Being a single mom is twice the work, twice the stress and twice the tears. But also twice the hugs, twice the love and twice the pride.

Menjadi single mama bukan perkara sesederhana yang ada di benak orang-orang. Menjadi single mama berarti adalah kesediaan energi di atas rata-rata, kemampuan bertukar peran pengasuhan dan daya tahan sepanjang waktu. Segala kerumitan tentang kehidupan berumah tangga ditumpukan pada satu bahu. Bahkan terkadang bahu penumpu itu begitu ringkih dan kurus. Seperti milik saya, misalnya.

Jujur saja, Ma ....

Ketika saya memutuskan untuk mengangkat topik ini dan menuliskannya untuk Mama, saya tidak menyangka bahwa menjadi single mama sungguh serumit dan sekeras ini. Saya baru benar-benar ngeh saat browsing artikel dan kisah-kisah dari sesama single mama untuk mencari inspirasi. Dan hasilnya membuat saya terhenyak.

Menjadi single mama sungguh salah satu pengalaman hidup yang memicu adrenalin. Sejauh ini, saya menjalani peran single mama dengan penuh rasa syukur. Namun artikel-artikel tersebut juga membuka mata saya pada beberapa hal yang perlu lebih saya fokuskan dan share ke Mama.

Yuk, disimak bareng, Ma. Apa saja sih yang perlu kita siapkan supaya bisa menjadi seorang rocking single mama.



• Pengasuh

Ini perlu banget kalau Mama masih memiliki balita atau kanak-kanak di rumah. Sebagai single mama, Mama menjadi tulang punggung keluarga. Ini membawa kemungkinan untuk Mama sering berada di luar rumah. Memercayakan penjagaan anak pada pengasuh yang tepat atau keluarga adalah hal yang krusial. Mama harus berkonsentrasi saat beraktivitas di luar rumah maka bantuan dan kerja sama dengan pengasuh atau keluarga akan sangat Mama butuhkan.

• Daya Juang

Semangat yang tak putus adalah bahan bakar seorang single mama. 24 jam isi kepalanya terus bekerja. Sebab seorang single mama menjalankan dua peran sekaligus. Menjadi lelah fisik dan mental adalah manusiawi. Namun kita dituntut lebih cepat pulih. Bukan apa-apa... nggak ada pemeran pengganti, cyiiint. Semangat yang terus menyala adalah sumber stamina fisik dan mental. Dan jangan lupa jaga kesehatan Mama.

• Ketenangan dan Fokus

Di tengah daftar panjang kebutuhan yang harus Mama penuhi, tuntutan mendewasakan anak, ditambah hectic aktivitas domestik, ketenangan Mama adalah segalanya. Jalani satu per satu dengan tenang. Ketenangan Mama akan membias ke anak-anak. Demikian juga kegelisahan Mama. Usahakan berpikir sesimpel mungkin dan membatasi hal-hal remeh temeh yang membebani pikiran. Perjalanan kita masih jauh, Ma. A long and winding road ....

Fokus pada kedamaian diri dan anak-anak akan meringankan langkah kita. Luangkan waktu setidaknya 15 menit setiap hari untuk bermeditasi akan sangat membantu Mama mengupayakan ketenangan diri.

• Pandai-pandai Bertukar Peran

Menjalani dua peran, sebagai ayah dan ibu sekaligus dengan seimbang. Benar, kita tidak mungkin menggantikan peran ayah dengan mutlak. Namun dalam perjalanan akan kita temui momen-momen saat anak-anak perlu pendekatan dari aspek maskulin. Pun sebaliknya. Sebisa mungkin kita pandai mengenali setiap momen, sehingga kebutuhan anak baik afeksi maupun proteksi bisa kita berikan semaksimal kita bisa.

Semangat!

• Keinginan Untuk Meningkatkan Kualitas Diri

Kita kudu rajin-rajin belajar, Ma. Terus update kemampuan dan wawasan supaya bisa eksis dan nggak tergerus zaman. Jangan bosan update dan upgrade kualitas diri. Saingan kita dedek-dedek gemes lagi unyu yang fresh from the campus lho, Ma...

• The Art of Receiving

Kalau Mama selama ini adalah master dalam hal memberi, kali ini Mama juga akan belajar menjadi penerima yang baik. Terimalah segala bantuan apa pun bentuknya dari kerabat maupun sahabat dengan rendah hati dan tanpa syak wasangka. Menerima sama sulitnya dengan memberi. Sama-sama membutuhkan ketulusan hati.

Menerima tidak hanya berupa bantuan. Namun juga menerima hal-hal tidak mengenakkan yang kita alami sebagai bagian dari perjalanan hidup. Tidak lebih dan tidak kurang. Hanya dengan menerima, kita bisa memaafkan diri sendiri dan segala sesuatu. Hanya dengan menerima, kita akan bisa melepaskan. Sekali lagi, jalan kita sungguh panjang. Meringankan langkah tentu lebih bijak untuk kita lakukan, Ma.

Umm...

Can we do group hug right now?

Oh ternyata belum... satu lagi ya, Ma.

Last but not least...

• Senantiasa Berbahagia

Ciptakan sumber kebahagiaan yang positif dari dalam diri ya, Ma. Ada banyak hal di sekitar yang bisa membuat kita tersenyum. Rasa syukur erat sekali dengan kebahagiaan. Bersyukur dan berterima kasih adalah cara terbaik merawat kebahagiaan. Mama yang berbahagia akan membesarkan anak-anak yang berbahagia. Maka teruslah berbahagia, Ma.

Mari rayakan kehidupan!


Baca juga: Pengin Jadi Mama sekaligus Sahabat si Buah Hati? Coba 7 Tip Parenting Ala Gilmore Girls Ini!

Time to group hug!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 7 Hal yang Harus Ada pada Diri Seorang Rocking Single Mama". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Aline Mora | @alinemora

❣ humalien ❣ writer ❣ dream walker ❣ tarot & oracle reader ❣ extraordinary mother ❣ runeranu.wordpress.com akusanglirang.wordpress.com

Silahkan login untuk memberi komentar