Ini Dia 7 Keluhan Ibu Hamil yang Biasanya Harus Dihadapi Berikut Cara Mengatasinya

Keluhan Kehamilan

Ini Dia 7 Keluhan Ibu Hamil yang Biasanya Harus Dihadapi Berikut Cara Mengatasinya

192
Katanya jadi ibu hamil itu menyenangkan, tapi kenapa banyak masalahnya, ya?

Menjadi seorang ibu hamil adalah salah satu masa indah dalam perjalanan hidup seorang wanita. Bayangkan, perut yang tadinya rata, jadi menggelembung, menyimpan makhluk hidup di dalamnya. Diri yang satu ini, ttiba-tiba saja menjadi dua. Tidak lagi Mama merasa makan hanya untuk memanjakan lidah sendiri, mendengarkan musik untuk beryanyi-nyanyi sendiri, dan sebagainya. Pokoknya, tidak ada lagi jalan-jalan tanpa memegangi perut, karena selalu 'eling' mengenai dan mengkhawatirkan sang janin di kandungan.

Indah, bukan?

Namun demikian, menjadi ibu hamil itu juga membawa konsekuensinya sendiri. Perubahan hormon, perbedaan keadaan lahiriah-batiniah, dan hal-hal aneh yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan, terjadi. Wajar memang, tapi tetap saja merepotkan!

Nah, berikut ini adalah 7 keluhan yang biasanya dirasakan oleh ibu hamil, dan cara untuk mengatasinya! Baca baik-baik dan siap-siap mempraktikannya, ya Ma!


BACA JUGA


Ibu Hamil Sering Menangis? Awas, Ternyata Begini Efeknya pada Janin!

Ibu Hamil Sering Menangis? Awas, Ternyata Begini Efeknya pada Janin!

Ibu hamil memang harus sangat menjaga semua yang berkaitan dengan dirinya sendiri, makanan misalnya. Termasuk kalau ibu hamil sering ...

Read more..


7 Keluhan yang biasanya dialami oleh ibu hamil

Morning Sickness

Konon, hanya sekitar belasan persen saja dari total ibu hamil yang tidak mengalami gejala morning sickness ini. Betapa beruntungnya!

Puluhan persen lainnya terpaksa menderita mual-mual dan berakhir pada muntah. Diduga, rasa tidak nyaman ini disebabkan karena hormon Human Chorionic Gonadotropin (HCG) yang diproduksi tubuh saat sel telur yang terbuahi menempel di dinding rahim.

Selain itu, kemampuan panca indra juga akan meningkat semasa hamil, terutama pada indra pengecap dan penciuman. Lidah Mama jadi lebih mampu mengenali rasa, dan hidung jadi terlalu sensitif terhadap bau. Ini yang membuat Mama jadi sedikit-sedikit merasa mual, karena makan ini terasa ngga enak, membaui itu terasa menyengat. Huek!

Cara mengatasi:

Mintalah Papa untuk membelikan semangkuk pot pouri dengan wangi yang menenangkan, semisal lavender atau sandalwood, sebagai peneman tidur. Selain memberi efek ketenangan, harumnya akan membantu memanipulasi bebauan sekitar.

Untuk masalah makanan, cobalah untuk membayangkan dahulu bau dan rasanya sebelum benar-benar masuk ke mulut. Misalnya, apakah rasa terasi yang biasanya menambah kenikmatan sambal masih sama nikmatnya, atau malah menjijikkan?

Dengan membayangkan, niscaya makanan yang akan disantap akan lebih terseleksi tanpa harus dimuntahkan kembali.


Pening

Sebenarnya rasa pusing yang dialami oleh ibu hamil itu wajar, karena ada makhluk hidup lain bertumbuh dalam tubuh Mama. Ia butuh asupan oksigen yang terkandung dalam darah, sehingga pembuluh darah Mama melebar untuk memberinya jalan.

Jantung akan memompa darah 50% lebih banyak dari biasanya. Aktivitas alami ini membuat aliran darah kepada sang janin aman, namun efeknya adalah tekanan darah sang ibu hamil menjadi rendah. Asupan oksigen ke kepala jadi berkurang, hingga wajar saja pusing atau bahkan pingsan.

Well, sabar, ya Ma!

Cara mengatasi:

Ikuti kelas yoga atau senam-senam yang menitikberatkan pada masalah pernapasan. Bernapas yang benar akan mengalirkan oksigen dengan merata ke seluruh tubuh, tanpa terkecuali.

Selain itu, melatih napas juga akan membantu bila tiba saatnya persalinan nanti.


Kontraksi Braxton Hicks

Kontraksi pada perut ini dialami oleh para ibu hamil, meskipun tidak semua merasakannya. Keadaan ini terjadi karena rahim mengencang dan mengendur secara tidak beraturan, dan biasanya terjadi pada trimester kedua dan ketiga.

Kontraksi Braxton Hicks bukanlah kontraksi menjelang persalinan, Ma. Ini nih yang kadang bikin para ibu hamil salah sangka. Kirain sudah waktunya si bayi lahir, tapi ternyata kontraksi palsu.

Cobalah rasakan benar-benar, di mana kontraksi itu berada. Jika terjadi pengecangan di jalur perut di mana perut rasanya seperti diikat, maka itu adalah Braxton Hicks. Tak perlu panik, Ma. Karena kalau kontraksi menjelang persalinan itu terjadi di bagian punggung bawah sampai perut.

Cara mengatasi:

Kontraksi ini bisa terjadi pada ibu hamil karena dehidrasi ringan, dan otot-otot kekurangan cairan. Untuk itu, cukupkanlah kebutuhan cairan dengan banyak minum.

Selain itu, Mama juga harus lebih berhati-hati saat bergerak, karena pergerakan yang tiba-tiba juga bisa menimbulkan kram perut dan kaki. Sering-sering berjalan kaki dan melakukan senam-senam kecil agar kelenturan otot senantiasa terjaga, ya!

Kontraksi di perut juga bisa disebabkan oleh aktivitas seksual dan orgasme. Nah, jadi kalau mau bermesraan dengan Papa, ya dengan cara yang sederhana dulu saja, Ma!


BACA JUGA


Ini Dia 9 Kondisi yang Sering Dikeluhkan oleh Mama Hamil - Wajar Kok, Tak Perlu Khawatir!

Ini Dia 9 Kondisi yang Sering Dikeluhkan oleh Mama Hamil - Wajar Kok, Tak Perlu Khawatir!

It is the most powerful creation to have life growing inside of you, there is no bigger gift. - Beyonce

Read more..


No Sex!

Kebanyakan ibu hamil enggan berhubungan seksual karena berbagai hal. Takut kram perut, mood swing yang bisa saja tiba-tiba jadi sebal gaje sama Papa, nyeri payudara, mudah lelah, juga khawatir berlebih tentang keselamatan si jabang bayi. *puk puk Papa*

Padahal, berhubungan intim selama masa kehamilan banyak manfaatnya dan relatif aman kok bagi ibu hamil, jika dilakukan dengan posisi-posisi yang tidak aneh-aneh. Penis bahkan juga tidak akan menembus vagina, sehingga tidak ada itu yang namanya 'Papa 'menengok' bayinya'! Hahaha.

Selain itu, rahim yang sudah dirancang dengan maha sempurna memiliki sistem pengamannya sendiri, yaitu cairan ketuban dan otot-otot rahim yang kuat, serta cairan lendir kental yang melindungi leher rahim, sehingga janin selalu aman dan tidak akan terkena infeksi.

Cara mengatasi:

Mintalah Papa untuk banyak-banyak melakukan hal yang romantis untuk Mama, karena wanita itu mudah sekali tersentuh hatinya.

Lalu, carilah posisi yang dirasa nyaman untuk Mama, misalnya berbaring miring atau telentang, dengan Papa mengikuti ritme Mama, dan bukan sebaliknya.

Oral seks juga tidak masalah, asalkan tidak meniup-niup ke dalam vagina karena emboli atau gelembung udara yang masuk dalam sirkulasi darah itu bisa membahayakan. Jangan lupa minta untuk foreplay yang lebih lama, agar cairan lubrikasi lebih banyak sehingga nyaman saat penetrasi.


Buang Gas

Seorang ibu hamil akan mengalami asam lambung yang mudah naik, sehingga wajar saja produksi gas bertambah. Berubahnya hormon progesteron juga turut berperan, karena membuat kerja usus melambat.

Lagipula, ruang dalam rongga perut ibu hamil akan menyempit seiring dengan berkembangnya janin. Padahal pada kondisi normal, seseorang bisa menampung sekitar 500cc gas di perutnya.

Makanya, ibu hamil akan mengalami masalah ganda karena ini: rongga yang menyempit dan produksi gas bertambah. Hadeuh!

Cara mengatasi:

Mama bisa mengurangi produksi gas dengan cara lebih memperhatikan makanan. Hindari bahan-bahan makanan yang mengandung gas tinggi seperti kol dan tape, ya!

Juga, atur polanya agar perut senantiasa terisi makanan dan bukannya angin. Menyamillah dengan sering walau porsinya sedikit, sambil menunggu saat makan besar. Lalu, perbanyak minum air putih hangat, dan hindari soda karena berpotensi menimbulkan gas.


Inkontinesia Urin

Sama seperti nasib rongga perut, kapasitas kandung kemih ibu hamil juga mengecil karena ditekan kepala sang jabang bayi. Terus ya gitu deh. Beser.

Kejadian mudah pipis tanpa terkontrol ibu hamil ini tergolong normal, dan disebut sebagai inkontinesia urine. Otot-otot pada saluran kemih mejadi lemah sehingga terkadang tidak bisa mengontrol lajunya urin.

Sebanyak 42% dari Mama yang pernah melahirkan sebelumnya, dan sebanyak 31% dari Mama yang belum pernah melahirkan, akan mengalaminya saat hamil.

Cara mengatasi:

Karena inkontinesia urine ini sering terjadi saat batuk, maka berusahalah awali batuk dengan berdeham agar otot-otot saluran kemih bersiaga.

Selain itu, 'mengompol' ini juga suka terjadi ketika tertawa terbahak-bahak. Jadi, tertawalah dengan anggun nan bijaksana ya, Ma. Hahaha.


Varises

Pembengkakan pembuluh darah ini sering terjadi pada ibu hamil, karena memang ada tekanan berlebih pada pembuluh darah/vena besar di sisi kanan tubuh seiring dengan berkembangnya rahim, dan meningkatnya kerja jantung.

Pembengkakan ini biasanya terjadi pada kaki, bahkan juga vulva vagina dan anus. Jika terjadi pada kaki, maka jaringan-jaringan pembuluh darah akan terlihat mengumpul di belakang lutut. Demikian pula bila berkumpulnya di sekitar vulva vagina dan anus, sehingga Mama hamil rawan terkena wasir.

Cara mengatasi:

Mama harus sering-sering melakukan stretching ringan, atau setidaknya meluangkan waktu lebih untuk berjalan kaki. Jika duduk atau tidur, taruhlah sebuah bantal lembut di kaki agar posisinya tinggi, sehingga darah tidak berlebihan mengumpul di kaki.

Perhatikan juga pakaian, ya Ma. Jangan memakai outfit yang terlalu ketat sehingga mengganggu jalannya darah. Jangan juga mengangkat beban berat yang menyebabkan otot melakukan kerja berlebih.


BACA JUGA


Lagi Hamil, Boleh Makan Ini Nggak Ya? Boleh Makan Itu Nggak Ya?

Lagi Hamil, Boleh Makan Ini Nggak Ya? Boleh Makan Itu Nggak Ya?

Let us make pregnancy an occasion when we appreciate our female bodies. ~ Merete Leonhardt-Lupa

Read more..


Sekarang, sudah siap untuk jad ibu hamil yang bebas keluhan dan memilih untuk menikmati, kan Ma? Yuk, menuju hamil dan persalinan sehat!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 7 Keluhan Ibu Hamil yang Biasanya Harus Dihadapi Berikut Cara Mengatasinya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar