Ini Dia 7 Kiat Membangun Rasa Percaya Diri dalam Waktu Singkat

Mudra for Mood booster

Ini Dia 7 Kiat Membangun Rasa Percaya Diri dalam Waktu Singkat

138
Siapa yang tidak ingin terlihat cantik, menarik, dan percaya diri? Semua orang mendambakannya! Mama juga, kan?

Tampil percaya diri dengan sesuatu yang membuat orang-orang memperhatikan, mendengarkan, bahkan mengagumi tentu sangat menyenangkan.

Setiap yang Mama lakukan, orang akan memasang baik-baik kedua telinga mereka untuk mendengarkan berbagai cerita--bahkan yang garing sekalipun! Apa pun yang Mama kerjakan, mereka juga akan memperhatikan dengan kekaguman. Bilapun salah, Mama akan segera mengoreksinya dengan keanggunan, hingga orang-orang tak bisa yang lain kecuali senyum penuh kemakluman.

Aiiih! Mama hebat!

Iya, kalau memang benar begitu. Tapi, kalau sebaliknya? Mama berjalan cepat-cepat di depan kerumunan orang dengan menunduk, supaya ngga terlalu diperhatikan. Mama datang terlambat dan pergi duluan pada sebuah acara, supaya tidak perlu berdiam di sana terlalu lama. Mama juga gelisah tak menentu bila diajak bicara. Malu kalau ada salah-salah kata.

Pokoknya, ngapa-ngapain sama sekali tanpa percaya diri deh. Oh my!

Hmm, kalau memang begitu kasusnya, Rocking Mama sudah menyiapkan 7 tips agar Mama bisa tampil percaya diri dalam waktu singkat, nih. Yuk ambil kopi dan camilan, lalu baca sambil latihan!


BACA JUGA


Percaya Akan Diri Sendiri Itu Penting, Ma! Mulai Sekarang Stop Untuk Merasa Rendah Diri dan Lakukan 7 Hal Ini Agar Hidup Lebih Bergairah!

Percaya Akan Diri Sendiri Itu Penting, Ma! Mulai Sekarang Stop Untuk Merasa Rendah Diri dan Lakukan 7 Hal Ini Agar Hidup Lebih Bergairah!

Pernahkah Mama merasa tidak percaya akan diri sendiri dan tidak cukup baik menjadi manusia? Saya pernah Ma. Banyak hal dalam hidup yang ...

Read more..


7 Kiat percaya diri

Angkat dagu dan tersenyumlah!


Mengangkat dagu tidak berarti sombong, Ma. Hanya sebatas untuk mem-boost rasa percaya diri saja.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Behavior Therapy and Experimental Psychiatry, cara keren untuk menjadi positif adalah dengan mengangkat dagu. Ini karena otak manusia menghubungkan postur tubuh dengan emosi.

Kalau tidak percaya, berjalanlah dengan menunduk selama beberapa meter. Bandingkan dengan gaya berjalan dengan dagu terangkat. Gimana rasanya, Ma?

Tambahkan dengan sebuah senyuman ya, Ma! Lagi-lagi dengan alasan bahwa emosi berkaitan dengan gerak tubuh. Cobalah Mama bercermin lalu cemberut, maka dalam seketika mood Mama akan turun. Lalu cobalah tersenyum, dan moodnya akan terlempar ke atas.

Sederhana, ya? So, chin up and smile, Ma!


Pilih kata-kata positif!


Percaya diri ada hubungannya juga dengan kata-kata yang terlontar dari mulut kita, karena kata-kata adalah doa. Mama mau mendoakan diri sendiri yang baik-baik, kan? Nah, pilihlah kata-kata dengan baik sebelum dikeluarkan dalam bentuk ucapan. Usahakan mencari lawan kata yang tepat untuk untuk sebuah kata negatif, dan perbanyaklah kata-kata aktif.

Misalnya, katakan begini pada diri sendiri, "Saya bahagia dengan tubuh saya apa adanya. Saya makan setengah porsi dan tetap sehat dan kuat, juga semakin langsing."

Bandingkan dengan sugesti ini, "Saya malu sama badan yang tidak beraturan bentuknya ini! Saya ngga mau kelebihan berat badan begini, saya janji nggak mau makan banyak lagi!"

Tahukah, Ma, kalau otak TIDAK merespon kata 'TIDAK/JANGAN'?

Kalau ada menyuruh Mama, "Jangan pikirkan penguin pakai bikini warna pink!", pasti burung lucu berbadan hitam putih itu segera muncul di benak Mama--dengan bikini pink!

Apa kabarnya kalau Mama terus mengatakan, "Saya nggak mau makan banyak lagi!"?

Yes, justru kebalikannya!


Bicaralah dengan perlahan!

Ya, nggak lambat-lambat amat seperti yang sedang menyinden sih. Maksudnya, bicaralah dengan tempo lambat, dengan artikulasi yang jelas. Katanya, yang bicara cepat-cepat itu hanya bedasar 2 alasan: terlalu (sok) pintar, atau nggak percaya diri dan tidak yakin didengarkan orang.

Nah, Mama yang mana?

Bicara perlahan justru akan membuat orang memperhatikan. Mungkin karena mereka penasaran dengan endingnya ya.

Perhatikan juga artikulasi, ya, karena bertutur dengan jelas itu enak didengar. Tidak seperti yang bicaranya cepat, malah jadi banyak typo, eh keserimpet ngomong.

Jadi, bicaralah perlahan dan jelas ya, Ma, agar ucapan Mama tertangkap dengan baik dan diperhatikan.


Duduk dan berjalan dengan punggung tegak


Masih dengan alasan bahwa emosi dan percaya diri ini berkaitan dengan postur dan gestur, maka duduk dan berjalanlah dengan tegak, Ma!

Menurut sebuah penelitian di Kellog School of Management pada Northwestern University, postur tegak membuat kita 'berkuasa', jauh melebihi apa yang dikatakan titel atau jabatan. Duduk dan berjalan dengan tegak menyatakan sikap percaya diri dan 'kekuasaan' kita--walaupun sebenarnya hati ini dagdigdug!

Oh iya, duduk dan berjalan tegak ini juga tidak berarti sombong, ya Ma! Bukan membusungkan dada layaknya anak abege diajak ke restoran mahal sama pacarnya. Hahaha. Tegak sekaligus juga santai yang menyiratkan keyakinan akan diri sendiri, tidak membusung dan kaku.

Gabungan tegak namun santai itu adalah kombinasi yang pas untuk menyatakan 'penguasaan' sekaligus keramahan.


BACA JUGA


Sering Merasa Nggak Percaya Diri dengan Penampilan? Coba Temukan Personal Style Kita Yuk!

Sering Merasa Nggak Percaya Diri dengan Penampilan? Coba Temukan Personal Style Kita Yuk!

Gaya adalah sebuah kepercayaan diri yang muncul tanpa paksaan dari dalam diri kita. ~ Diane Von Furstenberg

Read more..


Jadilah pekerja sukarela


Ini salah satu tip percaya diri yang cukup efektif, Ma. Tangan di atas lebih lebih baik daripada tangan di bawah, kan?

Dengan memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan, Mama akan merasa dihormati. Penghormatan yang membuat Mama semakin membumi dan berhati baik, bukannya penghormatan yang menyilaukan. Hal ini akan turut mem-boost rasa percaya diri.

Selain dihormati, Mama juga akan merasa dibutuhkan. Orang-orang tak berpunya itu akan membuat Mama layaknya superhero yang bisa menolong saat kesusahan.

Nah, siapa yang tidak ingin jadi pahlawan? Pahlawan yang cantik dan manis budi pula, seperti Mama!


Dandan, selfie, dan edit!


Oke, tips yang ini memang terkesan 'palsu'. Jadikan ini sebagai cadangan saja, ya Ma! Jadi, berdandanlah dengan rapi dan cantik di suatu pagi.

Buatlah diri Mama senang dengan penampilan sendiri. Bongkar lemari, lakukan mix and match sepatu, tas, aksesoris, dan tentu saja pakaian.

Lalu bereksperimenlah dengan make up. Pulaskan eye shadow dengan warna berani, juga lipstik yang biasanya tidak pernah dilirik. Pastikan Mama berdandan maksimal tapi tidak menor, ya!

Setelah merasa cukup, ambil ponsel pintar Mama dan segera ber-selfie! Tampilkan wajah secantik mungkin. Ekspresikan gaya semenarik yang Mama bisa. Teruslah bereksplorasi sampai percaya diri muncul.

Terakhir, edit foto-foto dengan beautify, Picsart, Snapseed atau aplikasi-aplikasi foto yang lain agar makin keren. Jangan ragu untuk menambah atau menghilangkan sesuatu. Klik saja semua tombolnya, Ma!

Kemudian apa? Pandangi diri Mama sendiri pada layar ponsel itu. Bersyukurlah Mama masih bisa berdandan rapi, berhias cantik, dengan hasil indah pula.

Lihatlah, Mama adalah seorang perempuan dengan anugerah fisik yang baik, dan kemampuan diri yang menunjang. Jadikan pagi itu sebagai awal hari yang penuh dengan percaya diri!


Ber-Hansi Mudra


Rakyat di dataran India sana sudah melakukan ini selama ribuan tahun. Mereka diajarkan untuk ber-Mudra, sebuah teknik self healing kuno yang sekarang hampir terlupakan.

Teknik ini mudah dan murah, hanya melakukan formasi jari-jemari, agar titik-titik syaraf pada jemari tersebut mengirimkan gelombang-gelombang elektromagnetik ke organ-organ yang membutuhkan. Formasinya ada ratusan, Ma. Ada yang berefek menyembuhkan penyakit fisik, ada yang menstimulasi syaraf-syaraf yang berhubungan dengan ketidakseimbangan mental.

Hansi Mudra adalah salah satu yang memiliki efek mood booster. Melakukan Mudra yang satu ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dengan instan dan long lasting.

Caranya hanya dengan menyatukan ujung-ujung semua jari pada masing-masing tangan. sisakan jari kelingking agar tetap lurus, namun tidak kaku. Lakukan dengan kedua tangan, sambil duduk bersila, atau senyamannya Mama, setidaknya selama lima menit saja.

Setelah itu, lihatlah apa yang Hansi Mudra berikan pada Mama dalam waktu singkat! Selamat ber-Mudra!


BACA JUGA


Pede Aja Lagi! - Ini Dia 9 Cara Sederhana Agar Mama Tidak Lagi Krisis Kepercayaan Diri

Pede Aja Lagi! - Ini Dia 9 Cara Sederhana Agar Mama Tidak Lagi Krisis Kepercayaan Diri

The most beautiful thing you can wear is confidence ~ Blake Lively

Read more..


Well, bagaimana Ma? Sekarang sudah cukup percaya diri kan?

Yuk, jalani hari ini dengan penuh keyakinan akan diri sendiri!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 7 Kiat Membangun Rasa Percaya Diri dalam Waktu Singkat". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar