Ini Dia 7 Mitos Tentang Lemak yang Ternyata Salah Kaprah!

Ini Dia 7 Mitos Tentang Lemak yang Ternyata Salah Kaprah!

6.4K
Lemak memang bikin jengkel ya! Tapi, ternyata ada beberapa hal berkaitan dengan lemak yang salah kita mengerti lho. Dan kita pun berusaha menghindari lemak, tapi berakibat kekurangan nutrisi yang lain. Cermati yuk!

Lemak berlebih di beberapa bagian tubuh itu bikin jengkel, ya, Ma, di bagian pinggang, perut, lengan. Duh, kadang bikin nggak pede!

Mau pakai skinny pants, ealah, paha kok jadi kelihatan gede gitu ya. Mau pakai blus, mesti pilih yang agak longgar biar lemak di pinggang dan perut bisa tersamarkan. Dan warna hitam pun menjadi favorit untuk menutupi lemak-lemak ini.

Lemak seringkali dituding sebagai biang keladi obesitas, serta berbagai jenis penyakit berbahaya lainnya. Nggak hanya penyakit saja sih, lemak nih pemicu kita menjadi kurang percaya diri. *Hiks


BACA JUGA


Perut Buncit, Selain Bikin Nggak Nyaman, Ternyata Bisa Mendatangkan 6 Penyakit ini, Ma!

Perut Buncit, Selain Bikin Nggak Nyaman, Ternyata Bisa Mendatangkan 6 Penyakit ini, Ma!

Perut buncit ini memang jadi masalah sejuta umat deh. Nggak cuma masalah, perut buncit juga mendatangkan penyakit berbahaya lho

Read more..


Padahal nih, Ma, ada beberapa di antara pernyataan buruk tentang lemak itu hanyalah mitos yang menyesatkan lho. Ya, makanya nih, Ma, sebaiknya kita lebih hati-hati ya dalam membaca atau mendengar. Jangan langsung percaya saja.

Coba yuk, kita lihat mitos tentang lemak apa saja nih yang kita percayai sehari-hari. Jangan-jangan kita semua masih saja salah.


7 mitos lemak menyesatkan ini perlu Mama ketahui agar tidak salah kaprah.


1. Jangan minum susu kalau mau kurus


Waini!

Sering banget yes, kita dengar bahkan baca di sosial media. Susu ditengarai sebagai ‘biang’ lemak di dalam tubuh!

Tapi, tahu nggak sih, Ma, bahwa tubuh kita ini membutuhkan protein, vitamin (A dan D), mineral dan suplai energi yang terkandung di dalam susu. Susu itu baik loh, karena kandungan kalsium yang tinggi (116 – 290 mg kalsium per 100 gram susu).

Nah, jika Mama kekurangan kalsium, maka hal itu akan membuat kita rentan terserang osteoporosis, dan juga justru membuat kita kekurangan produksi hormon yang bisa membantu mengurai lemak di dalam tubuh.

Tip:

Minumlah susu 1-2 kali sehari. Perempuan berusia di bawah 30 tahun masih boleh kok kalau mau mengonsumsi susu full cream. Susu low fat ataupun non fat adalah pilihan terbaik bagi yang usianya di atas 30 tahun.


2. Avokad adalah jenis ‘buah terlarang’


Lemak di dalam avokad adalah asam lemak omega-9, jenis lemak baik yang justru mampu menekan kadar kolesterol jahat (LDL).

Avokad kaya akan serat sehingga bisa menyerap kelebihan LDL, dan membuangnya bersama sisa-sisa pembakaran. Avokad juga kaya akan kalium yang berkhasiat menstabilkan debar jantung dan tekanan darah, serta memelihara kesehatan sistem saraf.

Selain itu, avokad juga kaya vitamin E dan B yang penting untuk menjaga kesehatan kulit, mencegah penuaan dini dan memperkuat imunitas.

Tip:

Santap avokad tanpa tambahan dressing apa pun, Ma, seperti susu, cokelat ataupun gula. Avokad juga lezat dinikmati sebagai pengganti mentega atau butter untk melapisi roti lho. Cobain deh resep sandwich dengan avokad ala Rocking Mama ini, Ma. Wah, rasanya enak bingits!


3. Mentega lebih baik daripada minyak goreng


Hayo ngacung, siapa suka memasak menggunakan mentega?

Mentega terbuat dari krim susu sehingga kandungan kolesterol di dalamnya justru lebih tinggi dibandingkan minyak goreng lho, Ma.

Meski minyak goreng nabati mengandung lebih banyak lemak dibandingkan mentega, tapi sebagaian besar kandungan lemak yang terdapat di dalamnya tergolong lemak ‘baik’ yang mudah diuraikan tubuh.

Tip:

Hindari memroses makanan dengan cara digoreng, dan pilihlah makanan yang direbus, dikukus atau ditumis. Jika terpaksa memilih gorengan, pilihlah jenis minyak nabati untuk menggoreng.


BACA JUGA


Inilah 5 Makanan yang Sehat Tapi Ternyata Bisa Menjadi 'Silent Killer' - Mama Harus Tahu dan Hindari!

Inilah 5 Makanan yang Sehat Tapi Ternyata Bisa Menjadi 'Silent Killer' - Mama Harus Tahu dan Hindari!

Makanan yang sehat itu ternyata nggak sekedar menghindari junk food, perbanyak makan buah dan sayuran tapi ada juga makanan yang harus Mama ...

Read more..


4. Banyak makan telur itu aman untuk tubuh


Memang sih banyak olahragawan yang makan telur banyak demi mendapatkan tubuh berotot. Tapi, Mama tahu nggak, kalau mereka lakukan hal itu karena punya panduan diet yang tetap membatasi jumlah konsumsi telur dan mengimbanginya dengan asupan nutrisi lain.

Telur memang mengandung banyak zat gizi seperti vitamin B-kompleks, asam amino esensial serta mineral (besi, fosfor dan kalsium).

Namun, selain kaya gizi kandungan, kolesterol di dalam kuning telur sangat tinggi sehingga konsumsinya harus dibatasi.

Tip:

Batasi makan telur menjadi 2 butir per minggu. Bersama telur, konsumsilah sayuran yang kaya vitamin A, D, E dan K. Seperti, wortel dan tauge untuk membantu melarutkan lemak.


5. Pantang makan daging bikin tubuh langsing


Wah, ini mah yang ada di pikiran saya juga nih. Banyak makan daging bikin lemak menumpuk!

Tapi, Ma, daging adalah bahan pangan yang kaya protein serta asam amino esensial yang penting dalam tubuh, terutama daging ikan.

Di dalam daging ikan terkandung asam lemak omega-3 yang berguna untuk mencegah penyakit jantung, serta omega-6 yang mampu meningkatkan pembakaran energi dalam tubuh, mengatasi retensi (penarikan air dalam tubuh) dan penyakit jantung koroner.

Tip:

Perbanyak konsumsi ikan dibandingkan daging sapi dan ayam. Buang kulit dan bagian yang berlemak. Jika ingin menyatan steak, hindari steak prime rib atau T-bone yang fatty.


6. Doyan es krim bikin badan melar


Hayo, pasti semua Mama memiliki pemikiran yang sama kan?

Es krim yang berbahan dasar susu memang mengandung lemak dan kolesterol dalam jumlah bervariasi. Tapi, jangan lupa, di dalam setiap jenis makanan kan selalu terdapat zat gizi yang baik dan buruk bagi tubuh.

Selain lemak dan kolesterol, es krim juga mengandung banyak sekali mineral (kalsium, magnesium, natrium, kalium, besi, seng dan iodium), protein serta vitamin A, B, D dan E.

Kalsium malah mampu meningkatkan produksi hormon yang bertugas menguraikan lemak dalam tubuh lho.

Tip:

Pilih es krim rendah lemak, sorbet ataupun gelato. Akan lebih baik lagi, nikmatilah es krim dengan dicampur beraneka macam potongan buah.


7. Kacang-kacangan adalah camilan menggemukkan


Penelitian di Purdue University menyatakan, bahwa menyantap kacang-kacangan bisa mendatangkan rasa kenyang lebih lama dibandingkan camilan diet seperti biskuit beras dalam jumlah sama.

Lemak dalam kacang adalah omega-9, lemak ‘baik’ yang mampu menurunkan level LDL.

Kacang almond, hazelnut dan walnut mengandung asam amino arginine yang mampu memperlebar pembuluh darah arteri dan menurunkan tekanan darah, Ma.

Tip:

Menurut penelitian, ngemil kacang 5 kali seminggu 1 bungkus kecil dapat menurunkan risiko serangan jantung sebesar 25-39%. Dengan catatan, kacangnya disangrai ya, bukan digoreng.


BACA JUGA


Rasanya Jadi Perempuan Bertubuh Gemuk di Jakarta (dan Hampir di Semua Tempat Lainnya di Muka Bumi)

Rasanya Jadi Perempuan Bertubuh Gemuk di Jakarta (dan Hampir di Semua Tempat Lainnya di Muka Bumi)

Punya tubuh yang lebih besar atau lebih lebar atau lebih gemuk dari teman-teman lain sudah saya jalani sejak saya duduk di Sekolah Dasar. ...

Read more..


Mitos tetang lemak di atas udah sering banget yes, kita dengar, Ma. Beberapa bikin kita salah kaprah untuk percaya karena tidak memiliki data pendukung untuk membantahnya.

Sekarang Mama lebih tahu alasan mengapa mitos lemak itu kurang tepat. Dan, Mama pun bisa menyiasati untuk mengonsumi makanan tersebut dengan pilihan yang menyehatkan.

Stay healthy, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 7 Mitos Tentang Lemak yang Ternyata Salah Kaprah!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ranny Afandi | @rannyafandi

Content creator. Aquarian. Movie lover. Bookaholic. Read my stories at www.hujanpelangi.com | Find me on IG & twitter : @rannyrainy

Silahkan login untuk memberi komentar