Ini Dia 7 Sinetron Indonesia Lawas yang Masih Lekat dalam Ingatan

Ini Dia 7 Sinetron Indonesia Lawas yang Masih Lekat dalam Ingatan

1K
Bicara soal sinetron Indonesia, seakan ada ikatan batin yang tak kasat mata ya. Selain jadi sarana hiburan, rupanya sinetron Indonesia ini adalah teman terbaik Mama dalam menjalani hari

Dahulu sebelum para oppa Korea merajai dunia pertelevisian kita. Mama pasti pernah mengalami era di mana sinetron Indonesia menjadi tontonan yang paling ditunggu setiap hari. Kalau nggak salah sekitar tahun 90-an, ada banyak sinetron Indonesia yang tayang di televisi lalu menjadi booming sampai membuat kita terbius. Bener nggak, Ma?

Seiring waktu, sinetron Indonesia, yang awalnya hanya sebagai hiburan, lalu jadi semacam acara wajib. Karena, ternyata, nggak cuma menghibur, sinetron-sinetron itu juga mampu membolak-balikkan perasaan kita, pemirsa setianya.

Hayo, ngacung. Siapa yang sering ikutan baper kalau tokoh utamanya bersedih? Hihihi. Lalu, saat tokoh utamanya ditindas, Mama pun serta merta pengin ngebelain, dan nyubit si tokoh antagonisnya.

Ya, kurang lebih sih sama dengan reaksi kita sama oppa-oppa Korea itu sekarang yes?


BACA JUGA


Bintang-Bintang Film Indonesia Lawas: Kangen Nggak Sih, Ma, Melihat Akting Mereka Lagi?

Bintang-Bintang Film Indonesia Lawas: Kangen Nggak Sih, Ma, Melihat Akting Mereka Lagi?

Film-film Indonesia telah melalui ups and downs. Banyak deretan aktris dan aktor film Indonesia lain yang ngangenin, pengin lihat mereka ...

Read more..


Sekarang, coba Mama ingat-ingat deh, ada berapa banyak sinetron Indonesia yang selalu Mama tunggu penayangannya? Sampai terkadang bikin Papa gemas karena harus tergusur, nggak bisa nonton siaran bola kesukaannya? Atau anak-anak yang protes karena diusir dari depan TV sama Mama?

Hayo. Ngaku Ma.

Untuk menyegarkan ingatan Mama tentang sinetron Indonesia yang pernah menjadi trending topic, coba yuk kita lihat sinetron Indonesia mana saja yang dulu pernah jadi acara favorit kita.


7 Sinetron Indonesia yang pernah jadi favorit dan ditunggu banget penayangannya



Tersanjung

Tersanjung -


Sinetron Indonesia ini berkisah tentang Indah, seorang gadis yatim piatu yang dibesarkan oleh keluarga Kadir, pamannya. Indah bekerja membantu pamannya yang punya usaha percetakan.

Suatu hari Indah berkenalan dengan Boby, salah seorang pelanggan percetakan. Lambat laun, Indah dan Boby pun saling jatuh cinta. Indah, yang lugu, terbuai oleh rayuan Boby hingga akhirnya hamil

Retno, istri Kadir yang mengetahui Indah hamil pun lantas mengusirnya. Kadir dan anaknya sudah berusaha mencegah, namun tidak berhasil.

Tersanjung adalah salah satu sinetron Indonesia yang pernah sangat mewarnai hari-hari kita dulu ya, Ma? Sinetron Indonesia yang dibintangi oleh beberapa artis papan atas ini memang ngehits banget di zamannya. Sebut saja Ari Wibowo, Lulu Tobing, Jihan Fahira, Reynold Subakti, Cut Tari, Fabby Fabiola dan Mega Utami, pernah membintangi sinetron ini.

Belakangan sinetron Indonesia satu ini jadi panjang banget jumlah episodenya, sehingga jalan cerita melebar tak jelas. Yang kemudian secara perlahan ditinggalkan oleh pemirsanya.



Keluarga Cemara

Keluarga Cemara -

Harta yang paling berharga adalah keluarga
Istana yang paling indah adalah keluarga
Puisi yang paling bermakna adalah keluarga
Mutiara tiada tara adalah keluarga

Selamat pagi Emak
Selamat pagi Abah
Mentari hari ini berseri indah

Wah, Mama ikutan nyanyi! Hahaha. Berarti dulu pasti juga sering nongkrongin sinetron Indonesia satu ini deh. Iya, Ma?

Yah, setiap kali kita mendengar lagu ini terdengar, Mama pasti akan teringat sosok Abah yang mengayuh becak demi menghidupi keluarga sederhana ini. Juga ingat akan Emak yang menjual opak untuk membantu kehidupan keluarga, pun ingat juga pada Teh Euis, Ara dan Agil, tiga anak Abah dan Emak yang ikut membantu menjual opak.

Saat itu kemunculan sinetron Keluarga Cemara ini bak sebuah oase di tengah sinetron-sinetron yang jalan ceritanya mulai ngawur. Sinetron Indonesia berkategori keluarga ini tidak hanya menghibur, tapi sarat makna tentang arti sebuah keluarga.



Janjiku

Janjiku -


Laras adalah seorang gadis yang bekerja sebagai seorang guru SD. Semenjak orang tuanya meninggal, Laras tinggal bersama kakeknya, Pak Budaya. 

Saat menghadiri pesta ulang tahun salah seorang muridnya, di situlah Laras digoda Jimmy, seorang pemuda kaya yang urakan dan temperamental. Sikap Jimmy yang kurang ajar, membuat Laras marah hingga menamparnya. Jimmy pun terkejut dan sakit hati, nggak pernah menyangka ada gadis yang begitu berani menolak dirinya.

Hingga kemudian kakek Laras ingin menjodohkannya dengan anak laki-laki dari salah seorang mantan muridnya. Betapa terkejutnya Laras ketika mengetahui bahwa laki-laki itu adalah Jimmy. 

Namun, Laras tidak punya pilihan lain. Demi sang kakek, Laras pun akhirnya menerima perjodohan tersebut, dan berjanji akan menjadi istri yang baik untuk Jimmy. 

Jimmy ternyata masih menaruh dendam terhadap Laras karena kejadian di pesta ulang tahun di mana mereka pertama bertemu. Demi melampiaskan dendamnya, Jimmy pun langsung menyetujui perjodohan tersebut. 

Pernikahan pun berlangsung dengan meriah. Dan di sini kemudian cerita berawal.

Sinetron Indonesia yang dibintangi oleh Paramitha Rusadi dan Reynold Subakti ini sempat ngetop banget dulu ya. Sampai kita jadi baper-baper saat melihat perjuangan Laras kala melakoni perannya sebagai istri Jimmy.



Gara-Gara

Gara-Gara -


Gara-Gara adalah sinetron Indonesia yang berkisah tentang seputar kehidupan pasangan suami istri Jimmy (Jimmy Gideon) - Lydia (Lydia Kandou). 

Sebagai istri, Lydia kerap kesal lantaran Jimmy sering malu-maluin. Misalnya, menggoda pembantu rumah tangga sebelah rumah, tukang jamu, dan lain-lain. 

Semula Lydia memang diam saja, lama-lama ia pun melakukan perlawanan. Ia lantas berhasil mendeteksi semua trik-trik Jimmy untuk melakukan tipu-tipu. 

Meski demikian, sejatinya Jimmy dan Lydia ini adalah pasangan yang saling menyayangi satu sama lain, Ma.

Sinetron Indonesia satu ini berkategori komedi. Di setiap episodenya, kita akan dibuat terbahak-bahak, ngetawain kekonyolan Jimmy yang suka bikin Lidya marah. 



Si Doel Anak Betawi

Si Doel Anak Betawi -


Siapa yang dulu nggak nungguin penayangan sinetron Indonesia yang sempat menduduki rating tertinggi ini? 

Siapa sih yang bisa melupakan Si Doel Anak Sekolah yang mengangkat adat budaya Betawi?

Sinetron ini berkisah tentang keseharian dan cita-cita Si Doel dalam mengapai cita-citanya menjadi insinyur. Dalam perjalanannya Doel pun teribat cinta segitiga antara Sarah dan Zaenab.

Sinetron si Doel yang merupakan adaptasi dari novel karya Aman Datuk Madjoindo ini pernah begitu memikat penonton dengan segala lika-likunya. Pun kita dibuat jatuh cinta dengan tingkah polah orang-orang yang ada di sekitar Doel, seperti Nunung, Atun, Babe dan Enyak, Mandra, Karyo dan sebagainya.



Si Manis Jembatan Ancol

Si Manis Jembatan Ancol -


Sinetron Indonesia ini diangkat dari kisah turun temurun (urban legend) tentang Mariam, seorang gadis cantik yang diperkosa lalu dibunuh di jembatan Ancol. Mayat Mariam kemudian dibuang ke sungai, tepatnya di jembatan yang terletak di Jalan RE. Martadinata, Jakarta. 

Sejak saat itu arwah Mariam yang penasaran pun berkeliaran mencari pembunuhnya di sekitar jembatan.

Sinetron Si Manis Jembatan Ancol ini menjadi pionir sinetron Indonesia bergenre mistis dan horor. Bagusnya, sinetron ini nggak melulu menghadirkan cerita seram, Ma, namun juga ada misi-misi tertentu. Karena Mariam diceritakan sering menolong orang-orang yang kesusahan. 

Inget nggak, Ma, begitu ngehitsnya sinetron Indonesia ini, bahkan model baju yang dipakai Mariam pun laris banget di pasaran loh!



Gerhana

Gerhana -

Pusiiing ...!

Tuh, siapa yang nggak kenal dengan teriakan khas Peggy Melati Sukma lewat sinetron Indonesia ini? 

Sinetron yang selalu ditunggu penggemarnya ini mengambil tema yang agak berbeda, Ma, yaitu science fiction, dengan sedikit action di dalamnya.

Gerhana adalah seorang anak laki-laki yang lahir pada saat gerhana bulan terjadi, hingga ia memiliki kekuatan untuk mengendalikan benda-benda sekelilingnya. Gerhana menggunakan kekuatannya itu untuk membantu yang lemah. 

Gerhana punya pacar yang bernama Bulan. Sayangnya, hubungan Gerhana dan Bulan nggak direstui oleh keluarga Bulan, karena Gerhana bukan orang kaya.

Dalam usahanya membantu yang lemah, Gerhana pun harus menghadapi musuh bebuyutannya (Adipura) yang lahir tepat saat terjadi gerhana matahari. 

Nah, Bulan sendiri sudah dijodohkan oleh orang tuanya dengan Poltak, si Raja Minyak, yang diperankan oleh Ruhut Sitompul. Sementara, Gerhana sendiri selalu bermasalah dengan Peggy (Peggy Melati Sukma) yang mengejar cintanya.

Duh, Yayang Nana!



Selain 7 sinetron Indonesia di atas, masih ada pula beberapa sinetron Indonesia lawas yang pernah begitu ngehits di eranya, sebelum sinetron Indonesia digantikan oleh sinetron India dan drama Korea, Ma. Misalnya saja Cinta Fitri, Intan, Jin dan Jun, Misteri Gunung Merapi, Cinta, Wah Cantiknya!!!, Doaku Harapanku, Kecil-Kecil Jadi Manten, Putri yang Ditukar, Bajaj Bajuri dan oh... ternyata banyak juga ya! Hahaha.

Gimana, Ma, kangen nggak sih dengan semua sinetron Indonesia di atas? Bagaimana menurut Mama, jika dibandingkan dengan sinetron Indonesia sekarang-sekarang ini? Yuk, tuliskan pendapat Mama di kolom komen ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 7 Sinetron Indonesia Lawas yang Masih Lekat dalam Ingatan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Swastikha Maulidya Mulyana | @swastikha

Seorang Guru Taman Kanak-kanak yang suka menulis

Silahkan login untuk memberi komentar