Ini Dia 7 Tokoh Parenting Paling Berpengaruh di Indonesia - Belajar dari Mereka Yuk!

Ini Dia 7 Tokoh Parenting Paling Berpengaruh di Indonesia - Belajar dari Mereka Yuk!

401
Mari belajar dari para tokoh parenting ini! Pilih siapa yang akan Mama jadikan guru keluarga Mama.

Mama, ilmu parenting memang sangat dibutuhkan dalam mengasuh dan mendidik anak. Alasannya tentu saja untuk membekali diri Mama tentang ilmu pengasuhan dan pendidikan anak.

Nah, karena ilmu ini penting, sebaiknya Mama harus lebih mengenal tentang para tokoh parenting yang aktif melakukan penelitian, praktisi, hingga menjadi kiblat dalam dunia parenting.


BACA JUGA


Mama Tetaplah yang Terbaik, Meskipun Mama Melakukan 7 Dosa Parenting Ini!

Mama Tetaplah yang Terbaik, Meskipun Mama Melakukan 7 Dosa Parenting Ini!

It's not easy being a mother. If it were easy, fathers would do it

Read more..


Berikut para tokoh parenting Indonesia yang perlu kita tahu, dan kita harus banget belajar dari mereka

1. Kak Seto


Image via Aktual

Bapak tokoh parenting yang satu ini sudah dikenal sebagai psikolog dan pemerhati anak sejak lama. Namanya sudah tak asing lagi di telinga kita semua karena sebagai pemerhati anak, Kak Seto sering menjadi narasumber di berbagai TV Nasional.

Selain itu, selaku Sekjen Komnas PA beliau juga sering mengisi seminar–seminar nasional tentang anak, pendidikan, dan orang tua.


2. Elly Risman


Image via Wajada

Nama Elly Risman sudah tidak asing lagi di telinga kita. Beliau adalah seorang tokoh parenting yang sangat concern terutama dalam hal perkembangan psikologis anak, serta pengawasan gadget dan internet kepada anak.

Selain aktif mengisi seminar maupun workshop parenting, beliau juga aktif melakukan penelitian tentang anak bersama Yayasan Kita dan Buah Hati.

Nah, ternyata, keaktifan beliau di dunia parenting, menular kepada anggota keluarga lainnya. 3 putrinya pun ikut aktif dalam bidang ini.

Facebook menjadi media sosial paling mudah untuk menemukan tulisan keluarga Risman tentang parenting, sebab seluruh anggota keluarga ibu gesit ini, dari anak–anak hingga suami beliau, memiliki jadwal rutin untuk menuliskan pengalaman mereka dalam membersamai anak dan keluarga.


3. Ayah Edy


Image via FeMale Radio

Pernah dengar slogan Indonesian Strong from Home?

Nah, program ini diinisiasi oleh Ayah Edy, seorang tokoh parenting Indonesia yang juga sangat berpengaruh. Program yang mendorong para orang tua untuk kembali ke rumah ini pun didukung oleh banyak orang.

Ayah Edy juga telah menerbitkan banyak buku yang membahas tentang pendidikan dan pengasuhan anak.


BACA JUGA


Saat Praktik Tak Semudah Teori Parenting, Maka Saya pun Harus Siap untuk Selalu Meminta Maaf pada Anak Saya

Saat Praktik Tak Semudah Teori Parenting, Maka Saya pun Harus Siap untuk Selalu Meminta Maaf pada Anak Saya

There is no such thing as perfect parents. So just be a real one. - Sue Atkins

Read more..


4. Septi Peni Wulandani dan Dodik Maryanto


Image via Twitter Septi Peni Wulandani

Kiprah tokoh parenting, Septi Peni Wulandani, ini dimulai ketika mengenalkan metode jaritmatika. Metode pembelajaran logis matematis untuk anak–anak yang dikemas dengan permainan jari.

Selain itu, aktivitas dan pengalamannya dalam mendidik anak dengan cara homeschooling mendorongnya merintis komunitas sekaligus sekolah online untuk para ibu, yakni Institut Ibu Profesional dengan jumlah member ribuan yang berada di luar maupun dalam negeri.

Septi mengaku bahwa semua program yang dia ciptakan tak lepas dari dukungan suaminya, Dodik Maryanto. Bahu–membahu dengan suami pula, ibu teladan satu ini membangun School of Life Lebah Putih.

Saat ini, beliau berdua sibuk mengisi seminar dan workshop yang berkaitan dengan homeschooling, peningkatan kapasitas perempuan sebagai ibu dan istri, juga workshop keluarga dengan tema family strategic planning.

Dalam workshop keluarga, ketiga anak beliau yang outstanding, Enes, Ara, dan Elan, sering ikut menjadi pengisi acara.


5. Kiki Barkiah


Penulis buku 5 Guru Kecilku dan 1 Rumah 5 Madrasah ini memang masih tergolong baru di dunia parenting.

Berawal dari aktivitas Kiki menuliskan semua kegiatan anak–anaknya di rumah selama masih tinggal di Amerika, tulisan tentang kegiatan bersama 5 anaknya pun menjadi viral.

Nah, sejak itu tulisan Kiki tentang kehidupannya bersama dengan anak-anaknya semakin ditunggu oleh banyak orang.


6. Mona Ratuliu


Image via Republika

Artis sinetron satu ini juga merupakan salah satu tokoh parenting Indonesia berpengaruh, karena ia memang memiliki ketertarikan yang tinggi tentang pengasuhan anak.

Ini dibuktikan dengan slogan yang ia buat, yakni ParenThink. Memang Mona masih pemain baru di dunia parenting, tapi tidak ada salahnya mengintip segala aktivitas Mona. Mau tahu seperti apa? Cek IG ibu cantik ini, di sana banyak sekali ceritanya saat membersamai anak-anaknya.


7. Abah Ihsan


Image via Auladi

Pernah dengar program 18-21? Ini salah satu program yang dibuat oleh Abah Ihsan, seorang tokoh parenting Indonesia, yang merujuk pada gadget hours di rumah. Ketika pukul 18.00 – 21.00 tiba, orang tua berlatih untuk menemani anak dan benar-benar melepas gadget mereka.

Pukul 18.00 – 21.00 benar-benar menjadi jam belajar keluarga.


BACA JUGA


Meski Dianggap Eksentrik, Ada 5 Poin Positif dari Gaya Parenting Angelina Jolie. Simak Yuk!

Meski Dianggap Eksentrik, Ada 5 Poin Positif dari Gaya Parenting Angelina Jolie. Simak Yuk!

I've never lived my life in the opinion of others. I believe I'm a good person. I believe I'm a good mom. But that's for my kids to decide, ...

Read more..


Beberapa tokoh parenting di atas memiliki background yang berbeda-beda, Ma, baik dari segi keilmuan maupun latar belakang budaya.

Mama silakan pilih mana tokoh parenting yang akan Mama dan keluarga jadikan "guru" dalam keluarga Mama.

Selamat belajar, Ma!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 7 Tokoh Parenting Paling Berpengaruh di Indonesia - Belajar dari Mereka Yuk!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Wahyu Mardhatillah | @wahyumardhatillah

Umma of Lubna Khalfani & Fedy Asfari's Wife - Student of Live and The Universe -

Silahkan login untuk memberi komentar