Ini Dia 8 Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi Agar Kehamilan Lancar dan Sehat Hingga Melahirkan!

Ini Dia 8 Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi Agar Kehamilan Lancar dan Sehat Hingga Melahirkan!

356
Kesehatan ibu hamil dan janinnya tergantung pada nutrisi ibu hamil yang bisa dipenuhi. Yuk, kita lihat nutrisi seperti apa sajakah itu?

Kehamilan merupakan sebuah proses mulai dari upaya agar tetap dapat melestarikan generasi manusia. Sebagai upaya pelestari tentunya kualitas kehamilan yang sehat perlulah kita jaga ya, Ma, agar generasi yang dihasilkan pun turut berkualitas. Salah satu caranya adalah dengan memenuhi nutrisi ibu hamil.

Ya, logikanya sih simpel saja. Kalau ibu hamil nggak sehat, janin yang dikandung pun nggak akan sehat juga. Terus, supaya sehat, selain rajin berolahraga (pastinya yang cocok untuk ibu hamil), ya harus diperhatikan juga asupan nutrisi ibu hamil yang masuk ke dalam tubuh.


BACA JUGA


Ibu Hamil, Ini Dia yang Perlu Diketahui tentang Multi-mikronutrien Agar Janin Tumbuh Optimal

Ibu Hamil, Ini Dia yang Perlu Diketahui tentang Multi-mikronutrien Agar Janin Tumbuh Optimal

Selain harus selalu bahagia, seorang ibu hamil pun harus bisa memenuhi asupan nutrisi bagi dirinya sendiri dan bagi janin yang sedang ...

Read more..


Dan, ini dia 8 nutrisi ibu hamil yang penting dan harus terpenuhi

1. Karbohidrat dan lemak


Karbohidrat atau hidrat arang merupakan zat gizi yang berfungsi utama sebagai penghasil energi dan nutrisi ibu hamil yang wajib dipenuhi. Karena kebutuhan kalorinya meningkat, ibu hamil secara otomatis juga membutuhkan karbohidrat lebih untuk menopang kebutuhan kalorinya.

Karbohidrat kompleks lebih baik dibanding karbohidrat sederhana. Karbohidrat kompleks terdapat pada serealia, umbi-umbian, dan lain-lain.


2. Vitamin B Kompleks


Vitamin B kompleks merupakan kumpulan nutrisi ibu hamil yang terdiri atas berbagai jenis vitamin B, yaitu vitamin B1, B2, dan B3. Vitamin-vitamin ini bermanfaat mendorong pertumbuhan berat badan yang optimal bagi janin.

Vitamin tersebut juga berguna untuk menjaga system syaraf, otot, dan jantung agar berfungsi secara normal. Vitamin B kompleks bisa terdapat di serealia, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau, ragi, telur, produk susu, dan lain-lain.


3. Vitamin E


Vitamin E merupakan nutrisi ibu hamil yang berguna bagi pembentukan sel darah merah yang sehat. Vitamin E dapat mencegah sel darah merah dari kerusakan yang disebabkan oleh racun, memperkuat dinding kapiler darah, serta mencegah sterilitas dan destrofi otot.

Vitamin E terdapat pada susu, mentega, sayuran hijau, selada, kacang-kacangan, telur dan buah-buahan.


BACA JUGA


Ibu Hamil, Hindari 6 Makanan yang Bisa Membahayakan Kehamilan Ini Ya!

Ibu Hamil, Hindari 6 Makanan yang Bisa Membahayakan Kehamilan Ini Ya!

Demi kesehatan ibu hamil sendiri dan juga sang buah hati. tentunya, hindari dulu mengonsumsi keenam makanan ini ya, Ma

Read more..


4. Vitamin D


Vitamin D juga merupakan nutrisi ibu hamil yang penting untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi bagi ibu hamil dan pada bayi. Vitamin D membantu dalam proses penyerapan kalsium pada makanan ibu hamil, serta memaksimalkan fungsi kalsium bagi tubuh.

Vitamin D banyak terdapat pada minyak hati ikan, kuning telur, susu. Yang paling berlimpah sih dari matahari pagi, Ma.


5. Zat besi


Zat besi dibutuhkan oleh ibu hamil agar terhindar dari anemia.

Dr. Inge Permadhi MS, SpGK dalam sebuah seminar media mengatakan, bahwa anemia bisa membahayakan kondisi ibu atau janin yang dikandung jika tidak segera ditangani. Pada ibu bisa menyebabkan berat badan susah naik, abortus (keguguran), penyulit kehamilan, persalinan, nifas dan pasca melahirkan.

Zat besi terdapat pada bayam, kangkung, daun singkong, daun pepaya, daging dan hati.


6. Protein


Protein merupakan nutrisi ibu hamil yang penting, juga untuk bayi Mama.

Dalam Conception Pregnancy and Birth, dr Miriam Stoppard, mengatakan asam amino dalam protein merupakan zat dasar untuk pembangunan sel dan jaringan yang membentuk semua otot, tulang, jaringan penyambung dan organ tubuh lainnya.

Protein dapat diperoleh di daging, ikan, telur, kacang-kacangan.


BACA JUGA


Penuhi 2 Jenis Nutrisi Ibu Hamil Ini Agar Mama Bisa Menjalani Kehamilan dengan Sehat dan Bahagia!

Penuhi 2 Jenis Nutrisi Ibu Hamil Ini Agar Mama Bisa Menjalani Kehamilan dengan Sehat dan Bahagia!

Nutrisi ibu hamil ada 2; nutrisi ibu hamil secara fisik, dan nutrisi jiwa. Penuhi keduanya untuk masa kehamilan yang sehat dan bahagia

Read more..


7. Asam folat


Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi asam folat bahkan sejak masih merencanakan kehamilan. Asam folat berguna untuk perkembangan system syaraf dan sel darah.

Asam folat merupakan nutrisi ibu hamil yang berguna untuk mencegah insiden cacat tabung syaraf pada bayi atau Neural Tube Defects (NTDs). Kebutuhan asam folat selama hamil adalah 800 mcg per hari, terutama pada 12 minggu pertama kehamilan.

Asam folat terdapat pada bayam, kembang kol, brokoli, jeruk, pisang, wortel, tomat.


8. Kalsium


Kalsium diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Ibu sendiri butuh untuk melindungi dirinya dari osteoporosis.

Sebab jika kebutuhan nutrisi ibu hamil satu ini tidak tercukupi, maka kekurangannya akan diambil dari tulang ibu. Miriam mengatakan, kebutuhan kalsium meningkat 150 mg per hari selama masa kehamilan.

Makanan sumber kalsium: sayuran hijau, kacang-kacangan, susu serta produk olahannya.


BACA JUGA


Awas! 9 Makanan Ini Harus Dihindari Oleh Mama yang Lagi Hamil!

Awas! 9 Makanan Ini Harus Dihindari Oleh Mama yang Lagi Hamil!

Pregnancy is the happiest excuse for feeling like crap

Read more..


Nah, penuhilah ke-8 nutrisi ibu hamil wajib di atas selama menjalani proses kehamilan ya, Ma. Agar sehat dan persalinan Mama pun lancar.

Stay healthy, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 8 Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi Agar Kehamilan Lancar dan Sehat Hingga Melahirkan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar