Ini Dia 9 Objek Wisata Pantai Tercantik di Indonesia - Berapa yang Belum Mama Kunjungi?

Ini Dia 9 Objek Wisata Pantai Tercantik di Indonesia - Berapa yang Belum Mama Kunjungi?

1.6K
Liburan ke objek wisata pantai? Sudah pernah mengunjungi ke 9 pantai tercantik di Indonesia ini belum, Ma? Belum? Ther-lha-lhu!

Objek wisata pantai yang kita miliki tak hanya yang ada di Pulau Bali lho, Ma. Banyak pantai indah yang terhampar di negeri ini. Belum lagi keindahan bawah lautnya yang mengundang decak kagum.

Dan di antara semua objek wisata pantai yang indah, ada 9 di antaranya yang termasuk kategori TER-cantik. Hmmm, penasaran nih, pantai mana saja yang termasuk dalam kategori ini. Jangan-jangan masih ada yang belum dikunjungi. Atau, malah belum pernah berkunjung ke semua objek wisata pantai tercantik ini? Aduh, ke mana saja?!


BACA JUGA


9 Objek Wisata Pantai Terpopuler di Gunung Kidul Yogyakarta yang Wajib Kunjung Musim Liburan Kali Ini!

9 Objek Wisata Pantai Terpopuler di Gunung Kidul Yogyakarta yang Wajib Kunjung Musim Liburan Kali Ini!

Berlibur nggak seru tanpa berkunjung ke lokasi wisata pantai, yes? 9 wisata pantai Jogja ini jangan lupa dimasukkan dalam itinerary Mama ya

Read more..


Berikut 9 objek wisata pantai tercantik di Indonesia yang wajib masuk daftar destinasi wisata keluarga Mama


1. Pantai Gili Trawangan (Lombok, NTB)


Objek wisata pantai tercantik di Indonesia - Pantai Gili Trawangan, NTB. Image via Les Villas Ottalia

Gili Trawangan adalah satu dari 3 pulau yang ada di Lombok, selain Gili Meno dan Gili Air, Ma. Dari ketiga pulau di sebelah barat Laut Lombok ini, Gili Trawanganlah pulau yang paling besar.

Objek wisata pantai ini tak hanya menyajikan pantai berpasir putih nan indah saja, tetapi juga alam bawah laut yang sangat indah, begitu jernih bergradasi warna hijau dan biru. Oh my!

Bahkan, begitu jernihnya sampai-sampai kita bisa melihat terumbu karang dan ikan badut yang pasti dikenali oleh anak-anak sebagai Nemo itu berenang tanpa harus menyelam!

Yah, selanjutnya tinggal nyari Dory saja tuh, Ma, terus kita bisa bikin film sendiri. Hahaha.

Yang unik di Gili Trawangan, kita bisa menikmati sunset dan sunrise sekaligus! Karena pantai ini ada yang menghadap barat dan timur. Wow, serunya!

Jika Mama ingin berkunjung ke Gili Trawangan, Mama bisa melalui jalur udara cari tujuan Lombok International Airport ataupun Bandara Selaparang.

Atau, bisa juga melewati jalur laut jika Mama pergi dari Bali. Jika ingin naik pesawat, rajin-rajin aja mencari tiket promo ya, Ma. Hehehe.


2. Pantai Hunimua (Ambon, Maluku)


Objek wisata pantai tercantik di Indonesia - Pantai Hunimua, Maluku. Image via KSMTour.

Objek wisata pantai ini kebanggaan orang Maluku, Ma. Mereka juga biasa menyebutnya sebagai Pantai Liang. Lokasinya ada di Desa Liang, sekitar 15 km dari Pantai Natsepa.

Pantai Hunimua pernah dinobatkan sebagai objek wisata pantai terindah di Indonesia pada tahun 1990 lho. Selain pasirnya yang putih dan air lautnya yang jernih, kita dimanjakan pula oleh rimbunan pepohonan beringin hutan yang tumbuh di tepi pantai yang berhamparan pasir.

Oh my! Indahnya, Ma ....

Di sekitar pantai, Mama akan bisa menemukan sebuah jembatan panjang mengarah ke laut yang menjadi spot keren untuk selfie. Dari jembatan itu terlihatlah Pulau Seram, salah satu pulau terbesar di Kepulauan Maluku, juga Pulau Pombo atau yang biasa disebut Pulau Burung.

Sayang, penginapan di sini kurang bagus, Ma. So, bila Mama sekeluarga ingin menginap di sini, cobalah untuk menginap saja di Ambon.


3. Raja Ampat (Papua)


Objek wisata pantai tercantik di Indonesia - Raja Ampat (Papua). Image via raja-ampat

Semua yang baru pertama kali melihat Raja Ampat pasti merasa seperti di surga! Yah, agak lebay sih memang. Hehehe. Tapi keindahan alam di sana memang belum banyak tersentuh sih, Ma.

Objek wisata pantai di Raja Ampat menyajikan laut yang didominasi oleh warna biru, hijau dan putih. Tahu nggak sih, Ma, Raja Ampat dinobatkan sebagai lokasi di mana koleksi terumbu karang dan biota lautnya paling beragam di dunia lho! Subhanallah!

Bahkan, menurut laporan The Nature Conservancy and Conservation International, ada sekitar 75% spesies laut dunia tinggal di pulau yang menakjubkan ini!

Waaahhh ....


4. Pantai Tanjung Tinggi (Bangka Belitung)


Objek wisata pantai tercantik di Indonesia - Pantai Tanjung Tinggi, Belitung. Image via pantaimalang

Nah, sudah nonton film Laskar Pelangi kan, Ma? Pasti mengenali objek wisata pantai yang satu ini, kalau gitu.

Pantai Tanjung Tinggi berlokasi di Kepulauan Bangka Belitung, sekitar 30 km dari kota Tanjung Pandan, ibu kota Belitung.

Pasirnya putih halus, air lautnya biru yang jernih, dan dikelilingi oleh batu granit yang membuatnya tampak semakin eksotis. Semua orang yang melihatnya pun ingin buru-buru nyebur deh.


5. Pantai Sawarna (Banten)


Objek wisata pantai tercantik di Indonesia - Pantai Sawarna, Banten. Image via Info Tempat Wisata Terbaru

Objek wisata pantai satu ini mendapatkan julukan sebagai “The Hidden Paradise” karena keindahannya. Pasir putihnya yang mengilap. Pantai ini juga menjadi surga bagi para surfer dunia untuk berselancar karena gelombang ombak yang sempurna.

Sebelum memasuki area wisata pantai ini, Mama sekeluarga harus melewati hutan dulu, jembatan Cikaung dan persawahan. Nikmati ya, Ma. Karena nuansa alami sangat terasa sepanjang perjalanan.

Kalau Papa hobi fotografi, ingatkan untuk membawa peralatan lengkap, karena sepanjang perjalanan Papa bisa memuaskan hobi Papa tersebut karena pemandangannya begitu indah.


BACA JUGA


Ini Dia 11 Lokasi Wisata Pantai di Gunung Kidul Yogyakarta yang Indah Menawan Namun Belum Populer

Ini Dia 11 Lokasi Wisata Pantai di Gunung Kidul Yogyakarta yang Indah Menawan Namun Belum Populer

Wisata pantai tapi malas juga kan kalau pantainya terlalu crowded dengan wisatawan? Coba deh ke 11 lokasi wisata pantai di Gunung Kidul yang ...

Read more..


6. Pantai Merah (Pink Beach, Flores, NTT)


Objek wisata pantai tercantik di Indonesia - Pink beach, NTT. Image via Indonesia Surfer Paradise.

Wih, beneran warna pasirnya pink?

Iya, Ma! Beneran pink! Objek wisata pantai ini punya pasir berwarna pink! Tahu nggak sih, bahwa pantai berwarna pink memang hanya ada 7 saja di dunia, salah satunya ya ada di Indonesia. Wow!

Pantai merah muda ini berlokasi di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Sebenarnya, warna pasir di pantai ini juga nggak langsung berwarna pink sih, tetapi terbentuk secara alami.

Pantainya kosong, Ma, di sini. Tak ada bangunan ataupun penduduk yang tinggal di pinggir pantai. Jadi, bagai pantai tak bertuan. Yang ada hanya hutan hijau, tebing, bukit, dan gelombang ombak serta pasir pink yang menawan. Meski sesekali ada nelayan yang melabuhkan perahu di sini.


7. Pantai Wakatobi (Sulawesi Tenggara)


Objek wisata pantai tercantik di Indonesia - Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Image via Top Indonesia Holidays

Surga para penyelam dunia? Wakatobi, jawabannya!

Objek wisata Pantai Wakatobi ini berlokasi di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Wakatobi sendiri merupakan singkatan dari Wangiwangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko yang merupakan nama-nama pulau utama di sana.

Di sini kita bisa melihat 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia! Wow!


8. Pulau Bunaken (Manado)


Objek wisata pantai tercantik di Indonesia - Bunaken, Manado. Image via Youtube Original Diving

Jika kita mengunjungi Manado, pasti akan mendengar istilah 3B. Apa itu 3B? Yaitu bubur, bibir, dan bunaken. Hahaha.

Yes, kurang lengkap rasanya kalau kita mengunjungi Manado tanpa merasakan bubur Manado, kenalan dengan (bibir) Nona Manado, dan mengunjungi Taman Nasional Bunaken.

Pulau Bunaken merupakan bagian dari kota Manado, ibukota provinsi Sulawesi Utara. Tempat ini merupakan ekosistem perairan tropis, Ma, di mana ada objek wisata pantai yang indah dengan pasir putih dan air laut biru, lengkap dengan terumbu karang, hutan bakau, dan pesisir.

Alam bawah lautnya sangat indah, sehingga menjadi salah satu surga snorkeling dan diving. Tak hanya bawah lautnya yang istimewa, di daratannya, ada berbagai jenis pohon eksotis; pohon palem, woka, silar, kelapa dan sagu. Untuk hewannya ada kuskus, rusa dan kera hitam Sulawesi.


9. Kepulauan Derawan (Kalimantan Timur)


Objek wisata pantai tercantik di Indonesia - Derawan, Kalimantan Timur. Image via Indonesia Tourism & Travel Official Guides

Objek wisata pantai ini punya pasir yang putih lembut, air laut yang sangat jernih, serta sinar matahari dan pepohonannya membuat tempat ini layak masuk kategori objek wisata pantai tercantik Indonesia.

Selain Pantai Derawan, masih ada pantai lainnya yang tak kalah bagusnya lho di sekitarnya, Ma. Ada Pantai Kakaban, Maratua, dan Sanggalaki.


BACA JUGA


9 Lokasi Wisata Pantai di Bantul Yogyakarta dengan Ciri Khas Masing-masing yang Sangat Beragam

9 Lokasi Wisata Pantai di Bantul Yogyakarta dengan Ciri Khas Masing-masing yang Sangat Beragam

Wisata pantai di Bantul memang tak berpasir putih seperti di Gunung Kidul. Tapi keindahannya tak kalah, pun punya ciri khas masing-masing ...

Read more..


Gimana, Ma? Belum ada yang pernah dikunjungi?

Oh my. Kalau begitu, ayo, Ma, mulai rencanakan liburan ke objek-objek wisata pantai tercantik di Indonesia di atas bersama keluarga sekarang!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 9 Objek Wisata Pantai Tercantik di Indonesia - Berapa yang Belum Mama Kunjungi?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar