Ini Dia 9 Peluang Usaha Online yang Bisa Mama Ambil dengan Memanfaatkan Smartphone Mama!

Ini Dia 9 Peluang Usaha Online yang Bisa Mama Ambil dengan Memanfaatkan Smartphone Mama!

1K
Peluang usaha online terbuka tak hanya sebatas yang bisa dilakukan dengan laptop. Bahkan hanya dengan smartphone yang paling sederhana pun, peluang usaha online itu ada, Ma!

Sudah gatal ingin memulai usaha tapi selalu terbentur dengan ketiadaan modal, Ma? Atau kondisi Mama yang harus mengurusi keluarga di rumah membuat Mama merasa tidak berdaya? No worries, karena peluang usaha online itu bisa ditemukan di mana saja lho! Bahkan sebenarnya sudah ada di tangan Mama sekarang!

Coba deh, lihat lagi ke tangan Mama. Besar kemungkinan Mama saat ini sedang membaca artikel ini dari smartphone yang Mama miliki.

Iya lho, Ma, peluang usaha online tak hanya bisa Mama ambil melalui laptop, tapi juga bisa dari smartphone. Smartphone yang Mama sedang pakai sekarang bisa jadi modal yang luar biasa yang Mama bisa pergunakan untuk memulai usaha. Semuanya dimungkinkan dengan koneksi internet yang sangat mumpuni sekarang ini. Apalagi smartphone sekarang canggih-canggih. Betul?

Nah, peluang usaha online seperti apa saja yang bisa Mama lakukan hanya dengan bermodalkan smartphone? Here's some clues!


9 Peluang usaha online yang bisa Mama lakukan via smartphone


1. Social Media Admin


Tidak perlu panjang lebar ya, Ma, tentang peluang usaha online yang satu ini.

Pasti sudah tahu kan, betapa media sosial saat ini sudah menjadi bagian dari hidup banyak orang. Banyak brand atau merek produk nasional juga punya akun media sosial sebagai sarana public relation-nya, mulai dari sarana promosi hingga sebagai line untuk menyampaikan komplain.

Mengapa Mama tak memanfaatkan kesempatan ini? Seringkali ada lowongan kerja sebagai admin media sosial milik brand-brand terkenal itu lho.

Tentu saja, Mama harus menjadi seorang yang social media savvy jika ingin memanfaatkan peluang usaha online ini. Mama harus banyak mengenal dan harus familier menggunakan berbagai macam media sosial yang banyak digunakan oleh brand atau merek-merek produk ini. Mulai dari blog, Twitter, Facebook Page, Instagram, Snapchat, Youtube dan beragam media sosial lainnya.

Tak cuma familier dengan media sosialnya, Mama juga harus fasih mengoperasikan berbagai tools untuk mendukung kinerja Mama dalam mengurus media sosial brand klien Mama, misalnya bagaimana menggunakan Tweetdeck, Hootsuite dan sebagainya.

Ah, tapi apa sih yang nggak bisa dipelajari? Iya kan, Ma?


2. Developer Mobile App



Peluang usaha online satu ini bagus banget terutama untuk Mama yang punya latar belakang IT dan paham tentang seluk beluk pembuatan aplikasi mobile nih, Ma.

Yes, smartphone Mama bisa dijadikan modal untuk membuat aplikasi-aplikasi yang bisa dijual lho, baik di App Store iOS maupun Play Store di Android. Ide yang harus diusung pun tidak melulu aplikasi yang serius, Ma. Bahkan aplikasi musik dan ramalan bintang pun laku didownload orang lho!

Atau, sudah pernah memainkan games Tahu Bulat, Ma? Games tersebut adalah games ringan namun sangat fun! Sudah didownload oleh 5 juta pengguna! Ckckck.

Mama juga bisa membuat games berdasarkan apa yang sedang ngetrend sekarang. Yang Mama perlukan adalah kreativitas, and that's it! Banyak lho, yang sudah meraih jutaan dollar dari game yang ada di smartphone.

Untuk membuat aplikasi mobile ini juga cukup mudah sekarang, Ma. Ada banyak platform pembuat mobile apps yang bisa manfaatkan, mulai dari Good Barber, TheAppBuilder, AppMachine dan sebagainya.

Tertarik, Ma? Yuk, coba cari informasi dulu sebanyak-banyaknya!


3. Pemilik Toko Online


Mama punya produk-produk dengan kualitas luar biasa yang belum terpapar ke banyak orang? Tas rajutan Mama sudah beberapa kali dipesan oleh teman, atau mungkin juice dan bakso goreng buatan Mama ramai ludes terjual di kantor? Atau mungkin sudah banyak yang memesan karya hand lettering pada Mama?

Mungkin sudah waktunya untuk Mama mulai melirik peluang usaha online berupa online shop, untuk bisa memberikan kesempatan yang lebih luas kepada produk-produk buatan Mama.

Jangan khawatir Ma, sudah banyak aplikasi dan website yang bisa Mama pergunakan untuk membuka toko online Mama. Selain itu, Instagram dan segudang media sosial lainnya bisa Mama pergunakan sebagai sarana promosi gratis!

Yang penting, jangan biarkan hasil karya Mama hanya dibiarkan nganggur begitu saja di rumah ya!


4. Re-Seller Toko Online



Pengin punya toko online, tapi nggak punya produk? Gampang! Mama bisa jadi reseller toko online yang sudah ada.

Kalau Mama rajin mencari pasti akan menemukan beberapa toko online yang menjual barang yang cukup murah untuk bisa Mama jual kembali. Mama bisa menjadi reseller toko-toko online tersebut. Ambil saja keuntungan yang tidak terlalu besar agar tetap bisa bersaing ya! Mendingan untung sedikit tapi laku banyak, daripada ambil untung terlalu besar tapi nggak laku-laku kan?

Yes, peluang usaha online itu kadang nggak butuh modal terlalu banyak kok.


5. Event Planner


Mama tipe orang yang mudah bergaul dan bersosialisasi? Suka menyimpan kontak orang, dan memanage hubungan dengan begitu banyak orang bukan masalah buat Mama?

Dengan beragam aplikasi yang seolah bisa menjadi asisten pribadi di smartphone, Mama mungkin bisa menciptakan peluang usaha online event planner, dan memulai merencanakan event-event untuk kenalan-kenalan Mama.

Hubungan dengan client, vendor dan juga pendukung-pendukung event yang Mama rencanakan bisa langsung dilakukan melalui chat, telepon dan juga email. Bahkan untuk memilih suatu design kartu undangan, Mama tinggal video call saja.


6. Konsultan


Mama ahli di satu bidang? Maka satu peluang usaha online pun tercipta. Yes, Mama bisa membuka jasa konsultan dengan bermodalkan smartphone.

Misalkan saja, konsultan keuangan. Siapa bilang Mama harus bertemu dengan klien sejak awal? Nggak kok, bisa saja Mama mulai membangun hubungan dengan smartphone yang Mama miliki.

Sedangkan untuk branding, membangun reputasi, dan memperkenalkan diri Mama, Mama bisa memanfaatkan media sosial kan?

Konsultasi-konsultasi pun bisa dilakukan melalui beragam aplikasi yang ada dalam genggaman Mama. Sekali lagi, saat ini video call bukan lagi menjadi suatu hal yang susah dilakukan apabila memang dibutuhkan percakapan langsung.


7. Videografer



Kalau Mama memiliki hobi mengabadikan keseharian menggunakan video dan menemukan keasikan dalam editing dan produksi video, maka peluang usaha online sebagai videografer bisa Mama pertimbangkan.

Sekarang ini tidak lagi diperlukan biaya yang mahal untuk memroduksi video-video berkualitas tinggi. Sudah ada banyak aplikasi pembuatan dan editing video yang bisa Mama manfaatkan di smartphone. Hanya dibutuhkan tidak lebih dari Rp 200 ribu bagi Mama untuk bisa menghilangkan watermark aplikasi, dan mendownload fitur-fitur tambahannya.

Dan ... voila! Mama baru saja menyulap smartphone Mama menjadi mesin pembuat video-video keren yang kreatif!

Upload video Mama ke Youtube, dan iklankan video Mama gratis. Mama bahkan bisa memonetize video-video yang Mama buat di Youtube!


8. Motivator



Yes, Mama bisa jadi motivator hanya dengan mengandalkan smartphone. Motivator di sini bukan berarti Mama harus memberikan salam super dan sapaan-sapaan khas yang membangkitkan gairah kehidupan yang luar biasa saja, Ma!

Ambil saja satu sisi yang benar-benar Mama kuasai dan bagikan pengalaman-pengalaman Mama. Bisa jadi itu dari segi parenting, desain rumah, karier, kesehatan, atau bagaimana menjalin hubungan suami istri yang mesra dan harmonis.

Dari mana Mama bisa mendapatkan materi untuk sesi motivasi Mama? Ah, Mama kan punya Rocking Mama, yang selalu punya artikel keren dan bermanfaat? Iya, Mama bisa menggunakan artikel-artikel di Rocking Mama ini sebagai inspirasi. Sesekali boleh juga lho memperkenalkan Rocking Mama dalam satu sesi motivational Mama. Ha! *kok ada maunya*

Sekali waktu Mama bisa upload video tentang suatu topik yang juga dibuat dengan menggunakan smartphone Mama.

Siapa bilang kalau mau menjadi motivator, Mama harus tampil di TV setiap Minggu malam? Uhuk!


9. Pemilik Penginapan



Dengan adanya Airbnb yang lagi ngehits di kalangan traveler sekarang ini, Mama bisa juga memanfaatkan peluang usaha online dan kamar kosong di rumah untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Mama bisa langsung mengatur jadwal pesanan dari para calon penyewa, dan juga ketersediaan kamar yang Mama miliki langsung dari smartphone. Dari satu kamar yang Mama sewakan, bisa jadi berkembang menjadi satu rumah penuh. *terus Mama dan keluarga menyingkir ke rumah yang lebih kecil demi peluang usaha online yang lebih besar* Hahaha.

Nah, tidak perlu kredit milyaran rupiah dari bank untuk bisa memulai bisnis penginapan kan Ma?


So, Mama, masih ada banyak lagi peluang usaha online yang bisa Mama lakukan hanya dengan menggunakan smartphone, tanpa laptop. Yang penting koneksi internet Mama bagus.

Sekarang, smartphone Mama pasti lebih bermanfaat kan? Ketimbang hanya dipakai untuk chatting tanpa ujung pangkal, sebar pesan hoax, sekadar "kopas dari grup sebelah", atau hanya untuk follow akun Instagram full gosip? #eh





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 9 Peluang Usaha Online yang Bisa Mama Ambil dengan Memanfaatkan Smartphone Mama!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dani Rachmat | @danirachmat

An avid blogger with passion in financial planning at http://danirachmat.com

Silahkan login untuk memberi komentar