Ini Dia Beberapa Menu Makan Siang yang Ternyata Mencuri Kalori Lebih Banyak dari yang Dibayangkan

Image via Ladies Who Lunch Show

Ini Dia Beberapa Menu Makan Siang yang Ternyata Mencuri Kalori Lebih Banyak dari yang Dibayangkan

7.3K
Menu makan siang memang bisa bermacam-macam, tapi ternyata dalam beberapa menu makan siang yang biasa kita santap, tersembunyi kalori yang lebih banyak dari yang kita bayangkan.

Mama yang sedang berdiet biasanya dianjurkan untuk mengonsumsi menu makan siang dengan porsi normal. Namun, tetap ya, asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh sebaiknya dijaga.

Per harinya, rata-rata kita, para perempuan, membutuhkan kalori sekitar 2200 kalori, sedangkan para pria membutuhkan kalori yang lebih banyak, yaitu 2500 kalori.

Namun sebenarnya, standar setiap orang berbeda-beda, begitu pula soal menu makan siang yang pas. Hal ini tergantung pada umur, berat badan, kegiatan, dan juga faktor-faktor lainnya.

Yang penting, Mama harus selalu ingat untuk memenuhi menu makan siang yang 4 sehat 5 sempurna, dan berolahraga demi keseimbangan kalori dalam tubuh.


BACA JUGA


Begini Lho Prinsip Menu Makanan Sehat Food Combining - Coba, Yuk, Supaya Keluarga Mama Lebih Sehat!

Begini Lho Prinsip Menu Makanan Sehat Food Combining - Coba, Yuk, Supaya Keluarga Mama Lebih Sehat!

Menu makanan sehat ala food combining sebenarnya gimana sih? Buah kan ada banyak jenisnya, jangan-jangan yang kita makan ini nggak termasuk ...

Read more..


Jadi, jika kebutuhan kalori Mama adalah 2200 kalori per harinya, maka Mama bisa membaginya menjadi komposisi: makan pagi 20%-nya, makan siang dan makan malam masing-masing 30%, dan sisanya snack sebanyak 2 kali masing-masing 10%.

Pada dasarnya, setiap makanan memiliki jumlah kalori yang berbeda meski jenisnya sama. Hal ini berkaitan dengan cara penyajian, komposisi, dan jumlah porsinya, Ma.

Nah, supaya jelas, berikut ini Rocking Mama sajikan beberapa fakta terhadap beberapa menu makan siang beserta kisaran kalorinya.


Beberapa menu makan siang yang umum kita konsumsi di Indonesia, beserta kalori yang menyertainya.


Menu makan siang nasi soto ayam: sekitar 596 kalori



Menu makan siang nasi rawon: sekitar 680 kalori



Menu makan siang nasi rames: sekitar 680 kalori



Menu makan siang nasi goreng (1 piring): sekitar 637 kalori




Nasi uduk (1 mangkuk): sekitar 389 kalori


Nah, jadi mendingan menu makan siang Mama mendingan pilih nasi rames, nasi uduk atau nasi goreng, kalau begini? Well, angka-angka kalori di atas adalah rata-rata ya, Ma. Karena pastinya tergantung pada apa saja yang disajikan di hadapan Mama.



Dan berikut adalah perbandingan kalori antara nasi putih, bubur ayam, dan gado-gado lontong.

  • Nasi putih (1 piring): sekitar 242 kalori
  • Bubur ayam: sekitar 241 kalori
  • Gado-gado lontong: sekitar 488 kalori

Wah, kok bisa ya, gado-gado lontong itu mempunyai kalori yang dua kali lipat dari nasi putih biasa. Padahal isinya sayuran?

Well, mari kita lihat lagi, Ma.

Kita lihat dulu kandungan kalori yang lebih detail dari beberapa menu makan siang yang biasanya kita santap berikut ini yuk.


1. Aneka soto


Menu makan siang aneka soto

• Soto daging: sekitar 102 kalori

• Soto ayam: sekitar 100 kalori

• Soto betawi: sekitar 200 kalori

• Soto makasar: sekitar 525 kalori

• Sup iga: sekitar 278 kalori

• Sup kambing: sekitar 227 kalori

Sekadar reminder ya, Ma, bahwa kita harus hati-hati. Soto ayam dengan potongan kulit ayam, kalorinya bisa lebih tinggi ketimbang soto daging.


2. Aneka sate


Menu makan siang: aneka sate

• Sate ayam 10 tusuk: 400 kalori

• Sate kambing 3 tusuk: 353 kalori

• Sate padang: 326 kalori

Kalori 3 tusuk sate kambing memang hampir setara dengan 10 tusuk sate ayam, Ma. Kalau pengin makan sate kambing, lebih baik pesan setengah porsi saja ya!


3. Ayam panggang


Menu makan siang: ayam panggang

• Ayam panggang tanpa kulit: sekitar 142 kalori

• Ayam panggang dengan kulit: sekitar 193 kalori

Yes, perbedaan kalori antara ayam dengan dan tanpa kulit cukup besar ya, Ma. 50 kal lho!


4. Aneka lauk pauk


Aneka lauk menu makan siang: tahu, tempe dan lain-lain

• Tahu goreng: 32 kalori

• Telur dadar: 127 kalori

• Tempe goreng: 82 kalori

• Ikan mas goreng: 150 kalori

Wah, ternyata kalori tahu goreng sangat kecil ya, dibandingkan dengan sumber protein lain seperti tempe, telur dan ikan.


5. Aneka mi


• Mi ayam bakso: sekitar 400 kalori

• Kwetiau goreng: 385 kalori

• Bihun goreng: 290 kalori

• Mi goreng: 325 kalori

Jadi, Mama mendingan pilih mi, bihun atau kwetiau nih?


6. Pangsit



• Pangsit goreng 130 gr: 551 kalori

• Pangsit rebus kuah (10 buah): 242 kalori

Yes, Mama, makanan yang direbus memang lebih sehat ketimbang yang digoreng ya.


BACA JUGA


Diet Sehat Ala Rocking Mama: 9 Cara Jitu Mengontrol Mengemil pada Malam Hari

Diet Sehat Ala Rocking Mama: 9 Cara Jitu Mengontrol Mengemil pada Malam Hari

Mau diet sehat tapi nggak bisa menahan nafsu ngemil pada malam hari? Sama kita, Ma

Read more..


Dan, FYI, Mama, 1 sendok makan bumbu kacang mengandung kalori paling besar dibandingkan jenis saus lainnya, yaitu sekitar 130 kalori. Saus thousand island mengandung 80 kalori, dan mayonnaise mengandung 75 kalori saja. Sedangkan 1 sendok makan kecap manis hanya mengandung 35 kalori.

Jadi itulah mengapa, gado-gado lontong kalorinya malah tinggi padahal sudah didominasi oleh sayuran.

Nah, Mama, dengan mengetahui kandungan kalori dalam masing-masing menu makan siang di atas, pastinya sekarang Mama sudah bisa lebih pintar memilih ya, menu makan siang apa yang paling oke untuk disantap besok.

Stay healthy, Mama.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia Beberapa Menu Makan Siang yang Ternyata Mencuri Kalori Lebih Banyak dari yang Dibayangkan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar