Ini Dia Mantera-Mantera Bahagia dari RA Kartini dan Audrey Hepburn untuk Diingat Setiap Hari!

Ini Dia Mantera-Mantera Bahagia dari RA Kartini dan Audrey Hepburn untuk Diingat Setiap Hari!

2.7K
Our greatest battles are those with our own mind.

Zaman sekarang kalau masih menganggap perempuan sebatas beauty and brain, well it is completely wrong. Ada banyak sosok perempuan yang bisa dijadikan panutan; tidak hanya kisah perjalanan hidup, tapi juga sikap dan buah pemikiran mereka.

Dari sosok-sosok mereka, dunia jadi melek jika keturunan Ibu Hawa ini adalah makhluk yang yang cerdas dan juga pandai. Buah pikiran dan perkataan perempuan-perempuan hebat ini tak jarang disimak, diresapi bahkan diikuti seolah mantera ajaib yang bisa jadi booster ketika emosi lagi down dan labil.

Nah, kenapa quotes-quotes ini sering dikutip? Apakah karena datangnya dari sesama perempuan, maka ada kesamaan cara pandang bahkan perasaan. Baper? Bisa jadi. Seolah ada efek psikologis yang ditimbulkan setelah orang membaca quotes mereka. Yang pasti, quotes ini selain bersifat menenangkan, kalimat bijak ini menyuarakan kebahagiaan, membangkitkan motivasi, bahkan tak jarang jadi inspirasi.

Saking seringnya quotes ini diperdengarkan dan ditulis, jangan heran jika untaian kata-kata tersebut melintas waktu, bahkan jauh dari masa hidup orang yang mengucapkannya.

Uniknya lagi, Ma, quotes ini seperti karya sastra lho, banyak topiknya. Ada quotes tentang kecantikan, quotes tentang hobi seperti menulis atau membaca, quotes tentang mengatasi kesulitan hidup. Pokoknya macem-macem deh.

Coba saja browsing dengan keyword quotes about ... (topik yang diinginkan). Lihat hasilnya di search engine Mama! Bahkan Pinterest pun berlomba menampilkan koleksi quotes dengan desain grafis yang memanjakan mata.

Dari sekian banyak quotes yang berseliweran di dunia maya, saya berkesan dengan quotes dari Audrey Hepburn dan Kartini. Walau terpaut zaman dan beda kultur, somehow I found similarity in both. Tuhan mengaruniakan kedua sosok yang legendaris di bidangnya masing-masing ini dengan kombinasi brain and beauty yang tak lekang dimakan waktu. Dua perempuan ini memiliki sama-sama rasa kemanusiaan yang tinggi.


Baca juga: Begah Melihat Kondisi di Sekitar? 5 Cara Sederhana yang Penuh Cinta Ini Akan Mampu Mengubah Dunia!


Jika humanisme Kartini bermula dari dalam rumahnya karena melihat perlakuan yang berbeda terhadap ibu kandungnya yang bukan berasal dari kaum bangsawan sedangkan ayahnya seorang turunan ningrat, maka kepedulian Audrey bisa jadi karena latar belakang Perang Dunia kedua yang dialaminya semasa remaja.

Saya jadi tahu banyak tentang pemikiran Kartini setelah membaca buku Panggil Aku Kartini Saja karangan Pramoedya Ananta Toer. Lewat buah karya penulis yang pernah jadi korban politik NKRI ini, saya betul-betul tersadarkan betapa buah pikiran Kartini itu jauh ke depan. She is a visioner. Visioner atau kemampuan cara pandang yang jauh ke depan ini merupakan salah satu karakter seorang leader atau pemimpin.

Tidak heran jika dari ketiga putri Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, perkataan dan polah Trinil –nama kecil Kartini- akan ditiru oleh kedua adiknya. Tidak hanya kedua adiknya saja karena buah pikiran Kartini jelas bisa melintas waktu dan ditiru oleh banyak perempuan Indonesia.

Bagi penggemar film klasik, pastinya tahu sosok Audrey Hepburn. Saya pun mengenalnya lewat mama saya yang juga penggemar nonton film. Bagi pemerhati fashion, Audrey ini dikenal akan little black dress plus untaian panjang kalung mutiara di film Breakfast at Tiffany’s. Aktris yang semasa hidupnya menjadi muse desainer kondang Givenchy ini ternyata tidak merasa cantik walaupun khalayak menganggapnya demikian.

Alasan lain kenapa saya menyukai Audrey dan Kartini, karena buat saya keduanya mewakili suara perempuan. Tampil cantik perlu tapi isi kepala dan sikap diri juga nggak kalah penting.


Beauty Beneath



Jadi cantik itu datangnya dari dalam diri kita ya, Ma!

Bukannya tidak boleh memakai make-up, tapi jelas-jelas Audrey mengafirmasi bahwa kecantikan itu datangnya dari hati. Riasan wajah hanyalah alat bantu semata agar seseorang tampil prima.


Baca juga: Sering Merasa Nggak Percaya Diri dengan Penampilan? Coba Temukan Personal Style Kita Yuk!


The Beauty of Brain



Perkataan ini sepakat menggugurkan opini umum bahwa brain belongs to male only.

Tuhan telah menciptakan lelaki dan perempuan dalam bentuk yang sama, dengan kemapuan akal yang tak berbeda. Tugas kita memanfaatkannya semaksimal mungkin sesuai dengan peran kita sebagai perempuan dalam masyarakat, entah sebagai ibu, sebagai istri dan sebagai pekerja.


Baca juga: Kata Siapa, Menjadi Ibu Rumah Tangga Nggak Butuh Peningkatan Kualitas Diri? Saya Sudah Melakukannya dengan Kuliah Lagi!


Atau bahkan merangkap semuanya karena perempuan dikenal sebagai mahluk dengan multi tasking yang mumpuni.

Hmmm, bukan sesuatu yang mudah bukan?




The Beauty of Opportunity & Passion




Jangan merasa minder sebagai perempuan atau beranggapan jika kesempatan itu pilih-pilih gender.

Semua mempunyai kesempatan yang sama dan jika kita melihat peluang itu di depan mata, jangan sekalipun mengabaikannya.

Kalaupun kesempatan tak kunjung datang, maka ciptakan peluang itu. Terciptanya peluang terkait erat dengan kesadaran akan kemampuan diri sendiri.


Baca juga: Selalu Membandingkan Diri dengan Orang Lain? Stop It! Ini Dia 4 Cara Asyik Menjadi Diri Sendiri!


Saya mengartikan perkataan Audrey dan Kartini ini sebagai ajakan bagi para perempuan untuk mengenali diri sendiri dan menggali potensi yang dimiliki. Dari sanalah kita menetapkan hal apa yang kita inginkan.



The Beauty of Compassion & Happiness



Pengalaman keduanya menelurkan pemahaman bahwa kebahagiaan itu diciptakan oleh hati kita sendiri.

Kita akan merasa bahagia setelah melihat orang di sekeliling kita juga bahagia. Bahagia tercipta dari rasa ikhlas atas sesama. Kita akan bahagia jika melihat anak-anak dan pasangan kita juga bahagia ‘kan, Ma?



Ada banyak quotes lain tapi itu adalah kata-kata mantera yang sering saya baca. Selain sebagai pengingat diri, ampuh juga menjadi pedoman dalam bersikap.


Baca juga: Kate Winslet, Sang Role Model untuk Perempuan Usia 40 Tahun - Dia Perempuan Biasa Seperti Mama Lho!


Mama punya quotes favorit lain? Share yaaa!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia Mantera-Mantera Bahagia dari RA Kartini dan Audrey Hepburn untuk Diingat Setiap Hari!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ratna Amalia | @ratnaamalia

an independence project manager | content writer | owner www.mydairynote.blogspot.com

Silahkan login untuk memberi komentar