Ini Dia Rahasia Kecantikan Alami dan Kesehatan Perempuan-Perempuan Dunia yang Bisa Mama Contoh!

Ini Dia Rahasia Kecantikan Alami dan Kesehatan Perempuan-Perempuan Dunia yang Bisa Mama Contoh!

1.5K
Rahasia kecantikan masing-masing warga dunia ternyata berbeda-beda. Dan semuanya dilakukan secara alami, tanpa rekayasa. Yuk, cobain!

Suka merhatiin nggak, Ma? Perempuan-perempuan dari Prancis terkenal dengan tubuhnya yang ramping. Orang Italia ternyata hampir seluruhnya punya riwayat jantung yang sangat sehat. Perempuan Jepang dan Korea terkenal dengan kulitnya yang flawless. Dan Macau ... ternyata terkenal karena usia penduduknya yang cenderung lebih panjang ketimbang penduduk lain di dunia! Wah, ternyata masing-masing negara punya rahasia kecantikan dan kesehatan sendiri-sendiri lho.



Ayo, kita telusur bareng-bareng, apa saja rahasia kecantikan dan kesehatan dari beberapa negara di dunia ini. Eh, ada rahasia kecantikan dari Indonesia juga lho. Karena, ya siapa sih yang nggak mengakui kecantikan para perempuan Indonesia yang dominan kulit sawo matang ini? Hehehe.


Ini dia beberapa rahasia kecantikan dan kesehatan dari berbagai negara di dunia


Untuk tubuh indah: Prancis


“Di sebelah kiri, Anda bisa melihat Champ de Ellyses. Kemudian di sebelah kanan, saksikan kemegahan Musee de Louvre, dan ... oh, lihat! Di depan ada seorang perempuan Prancis yang sedang melahap sepiring pasta! Anda bisa melihat kan bagaimana dia benar-benar menikmati makanannya? Well, itulah rahasia di balik kerampingan tubuh perempuan-perempuan Prancis!”

Wait a second. Menikmati pasta adalah rahasia kecantikan dan kerampingan tubuh perempuan Prancis?

Well, yes, kerampingan tubuh orang Prancis, baik pria maupun perempuannya, bikin kita ngiri. Bahkan ada lho, seorang penulis bernama Mireiller Guiilliano sampai menulis buku berjudul Why French Women Don’t Get Fat.

Dan dari hasil penelitian Mireiller tersebut ditemukan fakta, bahwa ini ternyata nggak ada kaitannya dengan suatu diet tertentu, tapi justru sebuah gaya hidup.


• Tentang menikmati hidup

Istilah joie de vivre, atau menikmati hidup, sudah pasti berasal dari bahasa Prancis. Karena tak hanya menikmati hidup, orang Prancis juga sangat menikmati makanan mereka. Walau menu makanan mereka tak luput dari steak atau keju, tapi mereka cenderung melahapnya dengan pelan, dan dalam porsi yang kecil.

Maka, inilah rahasia kecantikan dan kerampingan tubuh kita, Ma. Kita boleh makan sesering mungkin dalam sehari (sebaiknya 4 jam sekali), asalkan dalam porsi yang kecil, dan kita harus mengunyahnya secara perlahan.

Hal ini akan membuat metabolisme tubuh kita bergerak terus, sehingga pembakaran lemak pun akan kerap terjadi.

Bon appetite!


• Their boots are really made for walking

Kota-kota besar di Prancis memang khusus dirancang untuk pejalan kaki dengan trotoar yang leluasa untuk berjalan. Maka, mereka, sama halnya dengan orang-orang Eropa pada umumnya, akan lebih sering mengandalkan kaki untuk pergi ke suatu tempat.

Ini adalah bentuk olahraga yang paling simpel dan efektif!

Berjalan bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, menjaga berat badan agar stabil, menaikkan mood, and keeps you on your toes at all times.


• Longer leisure

Orang Prancis memiliki waktu cuti yang lebih panjang, yang notabene akan mereka habiskan untuk berlibur. Inilah alasan mereka jarang terkena stres yang bisa mengakibatkan kenaikan berat badan.

Yes, maka pastikan Mama memanfaatkan jatah cuti, baik cuti Mama dan/atau cuti Papa, sebaik-baiknya.

*buru-buru ajuin cuti ke bos*

*boro-boro, liburan juga bawa laptop*


Untuk jantung sehat: negara-negara Mediterania


The heart is hard to “break” in the mediterranean countries.

Kok bisa? Ini dia nih rahasia kecantikan dan kesehatan yang memang hanya orang mediterania yang punya.

Well, mereka punya kisah cinta yang panjang dengan olive oil, yang telah menjadi bagian dari menu mereka sehari-hari sejak dulu kala. Makanya, Ma, pakar kesehatan sempat mencetuskan sistem Mediterranean Diet, yaitu pola makan yang memang “dipinjam” dari gaya hidup orang-orang yang berasal dari Italia, Spanyol, atau Yunani ini.

Semua ini berkat khasiat dari minyak zaitun ini. Minyaknya yang mengandung antioksidan polyphenol dan vitamin E ini sangat manjur untuk mengurangi risiko penyakit jantung, karena mampu mencegah penggumpalan darah.

Hanya dengan mengolesi salad, pasta, dan roti dengan extra virgin olive oil saja, Mama sudah mengikuti gaya hidup orang di negara Mediterania.

Atau, ikuti apa yang dilakukan oleh aktris Gwyneth Paltrow: setiap malam sebelum tidur, ia akan mengonsumsi satu sendok makan extra virgin olive oil untuk pencernaan yang lancar di pagi hari.


Untuk umur panjang: Jepang


Menurut Naomi Moriyama, pengarang Japanese Women Don’t Get Old or Fat: Secrets of My Mother’s Tokyo Kitchen, orang Jepang rata-rata mengonsumsi kalori 25% lebih rendah ketimbang orang Amerika. Dan, dibandingkan dengan negara lain di dunia, orang Jepang memang memiliki tingkat obesitas terendah, yaitu hanya 3.6% saja.

Well, setelah melihat data yang mengungkapkan kalau orang Jepang punya umur lebih panjang, tampaknya kita bisa juga nih mencontoh kebiasaan mereka, Ma. Yes, ini dia rahasia kecantikan dan kesehatan orang Jepang.


• Fish for dish

Secara turun temurun, menu makanan orang Jepang sarat akan protein yang mereka dapatkan dari daging ikan dan kacang kedelai.

Ikan mengandung omega-3 fatty acids yang ampuh dalam mengurangi risiko penyakit jantung. So, jangan lupa untuk menyisipkan menu ikan di setiap kesempatan ya.


• Healthy system

Nggak cuma makanan, tapi sistem kesehatan Jepang ternyata juga berpengaruh terhadap kelanggengan umur warganya. Bahkan, majalah Newsweek pernah menempatkan Jepang di posisi teratas dalam peringkat 10 negara yang memiliki healthcare terbaik di dunia!

Ini berarti, seluruh masyarakat Jepang menerima pelayanan kesehatan dan obat-obatan yang merata.


Untuk eksplorasi herbal: Indonesia


Yes, ada satu rahasia kecantikan dan kesehatan perempuan Indonesia sejak dulu kala, Ma. Yaitu, jamu.

Tahukah Mama, bahwa Indonesia pernah menempati posisi kedua sebagai produsen minuman herbal terbesar di dunia setelah Spanyol?

Karena itu, Ma, sebelum mengernyitkan muka karena disodorin jamu oleh mamanya Mama atau nenek, ada baiknya Mama mengerti dulu beberapa rahasia kecantikan dan kesehatan yang didapat dari manfaat jamu yang tak ditemukan di jenis minuman lainnya ini.


• Untuk tubuh langsing.

Jamu beras kencur menjadi pilihan perempuan-perempuan yang baru melahirkan. Bahan alami ini dapat diracik sendiri untuk mengatasi perut atau rahim yang kendur, sehingga akan membuat perut kembali kencang, dan mengurangi kemungkinan infeksi dalam kandungan.


• Untuk gairah seks

Kalau Mama berpikir, good sex = good life, maka bisa Mama bisa memilih jamu yang mengandung bahan dasar lengkuas. Tumbuhan yang biasa dipakai sebagai bumbu masakan ini mampu mendorong aktivitas kelenjar seksual. Selain itu, lengkuas juga bisa digunakan untuk membangkitkan nafsu makan.


• Untuk antioksidan

Nggak ada pilihan yang lebih baik dibandingkan jamu kunyit asam, Ma. Kunyit berkhasiat untuk menetralkan efek radikal bebas, dan bagus juga bagi penderita lever karena akan melindungi organ hati. Sementara asam Jawa mujarab untuk meringankan nyeri perut dan demam.


Well, masih banyak lagi rahasia kecantikan dan kesehatan dari negara lain yang bisa Mama terapkan. Misalnya beberapa di bawah ini.


Australia


They love to soak up the sun.

Dan gaya hidup outdoor ini dipandang sebagai senjata kesehatan mereka, Ma. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh University of New York, satu jam di bawah sinar matahari akan bsia membantu tubuh membunuh sel-sel kanker lho.


Macau


Kelanggengan usia nggak ada kaitannya dengan makanan, melainkan karena faktor ekonomi yang kuat.

Macau mengucurkan pemasukan yang mereka dapatkan dari sektor pariwisata ke pelayanan kesehatan, dan karena perekonomian yang merata ini orang Macau bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang bagus.


Israel


Pola makan yang sebagian besar terdiri dari produk dairy menjadi rahasia kesehatan mereka. Menu sarapan yang populer adalah salad dengan low-fat cottage cheese, yang mengandung banyak protein dan kalsium.


BACA JUGA


Ini Lho, Ma, 6 Resep Masker Organik dari Selebritis Dunia Untuk Kecantikan Kulit Mama

Ini Lho, Ma, 6 Resep Masker Organik dari Selebritis Dunia Untuk Kecantikan Kulit Mama

Bicara soal kecantikan pastinya tidak melulu tentang lipstick, pensil alis, blush on dan perangkat make up lainnya. Hal yang paling mendasar ...

Read more..


Nah, Mama. Gimana? Mau coba juga rahasia kecantikan perempuan-perempuan dari berbagai negara di atas? Kayaknya sih bisa banget ya, kita ambil baiknya? Misalnya, mengutamakan jalan kaki ketimbang naik motor. Atau perbanyak sayuran dan nyobain diet Mediterania. Atau, teratur minum jamu aja deh, seperti yang dilakukan oleh mama dan nenek kita dulu.

Nggak ada yang susah dan perlu bersakit-sakit kan demi sebuah kecantikan dan kesehatan?

Yuk, mulai hari ini ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia Rahasia Kecantikan Alami dan Kesehatan Perempuan-Perempuan Dunia yang Bisa Mama Contoh!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar