Inilah 10 Fakta dan Kondisi Bayi Baru Lahir yang Umum Terjadi - Jangan Panik!

Inilah 10 Fakta dan Kondisi Bayi Baru Lahir yang Umum Terjadi - Jangan Panik!

384
Pada bayi baru lahir, ada banyak hal yang akan membuat Mama terkejut. Apa saja?

Berbagai buku mengenai bayi baru lahir pasti sudah Mama baca ya, demi lancarnya perawatan yang akan Mama lakukan padanya.

Meski demikian, ada saja kejadian yang sebenarnya wajar terjadi pada bayi baru lahir, tetapi membuat Mama panik dan ingin segera membawa si kecil ke dokter.

Apa saja ya?


BACA JUGA


Belajar dari Kasus Asri Welas, Mata Katarak Bisa Terjadi pada Bayi Baru Lahir. Pelajari Fakta-Faktanya Yuk!

Belajar dari Kasus Asri Welas, Mata Katarak Bisa Terjadi pada Bayi Baru Lahir. Pelajari Fakta-Faktanya Yuk!

Ternyata penderita mata katarak bukan hanya yang usia senja saja, balita pun bisa terkena. Lebih berhati-hati ya, Ma

Read more..


10 kondisi bayi baru lahir yang wajar saja terjadi - Mama tak perlu panik menghadapinya

1. Cradle cap


Kerak yang kerap muncul pada bayi baru lahir ini memang tidak sedap dipandang. Untungnya, kerak ini akan hilang dengan sendirinya beberapa bulan setelah kelahiran.

Untuk membantu menghilangkan cradle cap, oleskan baby oil atau minyak zaitun. Diamkan selama 15 menit, kemudian sisir rambut si kecil dengan sikat halus secara perlahan.


2. Ledakan ‘poop’


Ya, mungkin ledakan adalah kata yang tepat untuk menggambarkan popoknya yang penuh dengan kotoran. Teksturnya yang encer membuat kotoran mudah menyebar.

Belum cukup kotor? Tunggu saja sampai kotorannya sampai ke punggung, Ma.

Sabar ya, Ma. Hehehe.


3. Dada menonjol


Ingat bagaimana peningkatan hormon memengaruhi fisik dan psikis Mama? Ternyata hormon ini berpengaruh pada bayi baru lahir juga lo.

Terkadang dada si kecil terlihat agak menonjol akibat peningkatan hormon yang terjadi pada Mama. Tetapi, jangan khawatir, tonjolan tersebut akan hilang kok nanti.


4. Alat kelamin membengkak


Ketika pertama kali melihat si bayi baru lahir, mungkin Mama akan menyadari bahwa alat kelaminnya berukuran sedikit lebih besar dari yang diperkirakan.

Hal ini dapat terjadi karena ia terpapar oleh hormon yang Mama produksi dalam tubuh, atau karena kelebihan cairan. Jangan khawatir, cairan itu akan keluar bersama dengan urinenya dalam beberapa hari.

Alat kelamin si kecil pun akan normal dengan sendirinya.


5. Bersin-bersin


Seberapa sering si bayi baru lahir bersin dalam sehari? Biasanya cukup sering hingga membuat Mama berpikir kalau ia sedang pilek atau kena flu.

Tenang saja, Ma, bersin belum tentu merupakan tanda alergi atau gejala sakit kok.

Si kecil kan masih beradaptasi dengan suasana, hawa dan lingkungan yang baru. Bersin menjadi salah satu caranya untuk menghalau partikel asing yang mencoba masuk ke saluran pernapasan.


BACA JUGA


Bayi Dapat Mengingat Masa-Masa Saat Berada di Rahim Lo! Hal Apa Saja yang Diingat oleh Si Kecil?

Bayi Dapat Mengingat Masa-Masa Saat Berada di Rahim Lo! Hal Apa Saja yang Diingat oleh Si Kecil?

Bayi sudah banyak belajar sejak masih di dalam kandungan. Apa saja yang sudah bisa diingatnya sejak masih dalam kandungan

Read more..


6. Suara mengerang


Bayi baru lahir mampu mengeluarkan berbagai bunyi, mulai dari suara mengendus, mendengkur, dan berbagai suara “ajaib” lain yang mungkin belum pernah kita bayangkan.

Suara ini juga menjadi tanda adanya lendir di rongga hidung si kecil, Ma. Jadi, coba dicek dengan hati-hati ya.


7. Bentuk kepala yang aneh


Terkejut dengan bentuk kepala si bayi baru lahir yang terlihat nggak rata?

Mama tidak sendirian kok, Ma. Banyak ibu yang juga mengalaminya. Melahirkan membutuhkan usaha yang tidak mudah, baik untuk Mama maupun si kecil.

Kepala bayi baru lahir sangatlah lunak, sehingga usaha untuk keluar melalui tulang pinggul menyebabkan kepalanya menjadi sedikit tak rata.

Atasi dengan mengatur posisi kepalanya saat tidur, Ma. Dan jangan khawatir. Ia masih bertumbuh, sehingga bentuk kepalanya bisa berubah seiring waktu pertumbuhannya.


8. Gerakan terkejut


Gerakan menyentak dan meronta mungkin terlihat mengagetkan pada awalnya ya, Ma. Pada beberapa bulan awal, si bayi baru lahir akan menghadapi berbagai perkembangan termasuk refleksnya.

Refleks ini sering muncul ketika ia mendengar suara yang keras.


9. Darah pada popok


Seberapa pun bercak darah yang terdapat pada popok si kecil, pasti akan membuat Mama ketakutan ya. Tetapi, Ma, perlu Mama tahu, bahwa bercak ini tidak selalu pertanda bahaya kok.

Banyak hal yang menjadi pemicunya, seperti terpapar oleh hormon saat melewati bagian uterus, atau gerakan usus yang dapat meninggalkan sedikit luka.

No need to worry ya.


10. Mata juling


Khawatir melihat mata si bayi baru lahir yang tidak melihat ke satu arah?

Jangan panik, Ma. Bayi masih mempelajari berbagai kemampuan baru, termasuk indra penglihatannya. Ia membutuhkan beberapa lama untuk memiliki kontrol pada otot dan melatih teknik fokus penglihatan ke satu arah.


BACA JUGA


Bayi Baru Lahir Gumoh? Normal Kok! Kenali Juga 6 Keluhan Bayi Baru Lahir yang Lain Ini Supaya Mama Nggak Panik!

Bayi Baru Lahir Gumoh? Normal Kok! Kenali Juga 6 Keluhan Bayi Baru Lahir yang Lain Ini Supaya Mama Nggak Panik!

Hai, Mama! Melihat bayi baru lahir kita rasanya begitu membahagiakan ya. Semua rasa sakit selama hamil dan melahirkan rasanya terbayarkan, ...

Read more..


Nah, setelah mengetahui beberapa fakta bayi baru lahir di atas, tentunya sekarang Mama nggak khawatir lagi ya, dengan kondisi si bayi baru lahir. Tapi, Mama juga boleh kok kalau saat kontrol rutin ke dokter anak, menyampaikan keluhan-keluhan Mama dan si bayi agar Mama semakin tenang saat merawatnya.

Enjoy your time with the little one ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Inilah 10 Fakta dan Kondisi Bayi Baru Lahir yang Umum Terjadi - Jangan Panik!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar