Inilah 12 Potret Perjuangan Anak-anak Sekolah dari Seluruh Penjuru Dunia sebagai Gambaran Mahalnya Pendidikan Kita!

Inilah 12 Potret Perjuangan Anak-anak Sekolah dari Seluruh Penjuru Dunia sebagai Gambaran Mahalnya Pendidikan Kita!

7.2K
Sekolah dan sistem pendidikan kita masih mahal! Nggak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia.

Selamat Hari Pendidikan Nasional! Meski 2 Mei merupakan hari yang seharusnya diperingati oleh para pihak yang terlibat langsung dalam sistem pendidikan nasional Indonesia, dalam hal ini adalah pemerintah, guru dan siswa sekolah, tapi nggak ada salahnya kalau kita, orang tua, juga turut serta memperingatinya kan, Ma?

Yah, bagaimanapun, kitalah pendidik anak-anak kita sendiri kan? Malah kitalah pendidik utama dan pertama mereka, dan bukan guru ataupun sekolah.

Pendidikan masih merupakan "barang yang mahal" ya, Ma. Nggak melulu mahal dalam pembiayaannya, namun juga "mahal" dalam menjalaninya.


BACA JUGA


Sekolah Bagus? Harus Memenuhi 5 Syarat Ini!

Sekolah Bagus? Harus Memenuhi 5 Syarat Ini!

Education is the most powerful weapon we can use to change the world. ~ Nelson Mandela

Read more..


Mama ingat kan, berita mengenai anak-anak sekolah yang untuk berangkat saja mereka mesti bertaruh nyawa melewati jembatan rusak di sebuah daerah di Banten? Itulah bukti betapa "mahal"-nya sekolah bagi anak-anak tersebut. Nyawa lho, taruhannya!

Memang, banyak perjuangan yang harus dilakukan oleh anak-anak ini sekadar untuk ke sekolah saja. Dan, itu tak hanya terjadi di Indonesia.

So, meski tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional di Indonesia, yang katanya belum mencapai kualitas yang optimal ini, nggak ada salahnya juga kita melihat berbagai perjuangan pendidikan di negara-negara lain di dunia.


Berbagai perjuangan anak-anak sekolah di berbagai belahan dunia yang menunjukkan bahwa pendidikan memang menjadi hal yang "mahal" di dunia ini.


1. Filipina

Foto ini diambil di Sitio Kinabuksan, desa Kawag, Subic, Provinsi Zambales, Filipina Utara.

Seorang ibu nampak menemani anak-anak seusia SMP harus melewati bagian terdangkal dari pantai berkarang untuk hari pertama mereka sekolah.

Yes, mereka harus melewati area ini untuk bisa sampai ke sekolah setiap hari, Ma.


2. Afrika Selatan

Anak-anak sekolah ini berjalan melewati polisi anti huru-hara yang berjaga di luar pengadilan Hillbrow saat sedang diadakan pengadilan terhadap pengunjuk rasa yang menuntut pendidikan gratis di Universitas Witwatersrand Johannesburg, Afrika Selatan, 12 Oktober 2016.

Kondisi rawan konflik kerap juga mengganggu proses pendidikan anak-anak kita kan, Ma? Saya masih ingat saat kerusuhan 1998, dan harus libur di rumah saja karena kondisi yang kurang aman. Saya sampai berpikir, apakah saya sudah nggak bisa dan nggak boleh bersekolah lagi?


3. Irak

Seorang anak sekolah menaiki tepi sungai setelah melintasi jalur air dengan sebuah kapal kayu kecil di distrik Al-Mishikhab, sekitar 25 kilometer selatan kota suci Najaf, saat mereka berangkat ke sekolah pada tanggal 1 April 2015. Di daerah ini, hanya perahulah satu-satunya cara bagi mereka untuk bepergian, Ma.


4. Maroko

Seorang gadis Maroko berangkat ke sekolah di Taghzirt, sebuah desa terpencil di provinsi el-Haouz di Pegunungan High Atlas di selatan Maroko pada tanggal 4 Maret 2016.


BACA JUGA


Berbeda Pendapat dengan Anak Soal Sekolah Itu Biasa Kok. Lakukan Saja 4 Hal Ini Untuk Bisa Sepakat!

Berbeda Pendapat dengan Anak Soal Sekolah Itu Biasa Kok. Lakukan Saja 4 Hal Ini Untuk Bisa Sepakat!

Pembicaraan mengenai sekolah, kampus serta jurusan yang akan dipilih selalu menjadi topik hangat menandai dimulainya tahun ajaran baru. Tak ...

Read more..


5. Kosovo

Para siswa sekolah di Kosovo sedang melangsungkan kegiatan pendidikannya di sebuah kelas sosiologi di sekolah menengah Sami Frasheri di Pristina, Maret 2007.

Saat itu Kosovo sedang dalam proses untuk merumuskan kemerdekaannya dari Serbia, so pasti kondisinya masih sangat rawan konflik.


6. Irak

Kita kembali ke Irak, Ma. Anak-anak sekolah berjalan melewati seorang tentara Amerika Serikat. dalam sebuah patroli dengan polisi Irak di distrik Ameen Baghdad 14 Oktober 2008.

Mama ingat kan, kalau perang panjang nan mengerikan pernah terjadi di daerah ini. Bahkan di beberapa daerah masih terjadi konflik hingga sekarang.


7. Tiongkok

Para siswa tampak sedang belajar di luar ruangan di Jigmei Gyaltsen Girls Welfare School pada tanggal 21 April 2006 di Maqin County di Guoluo, Otonomi Tibet, Provinsi Qinghai, Tiongkok.

Jigmei Gyaltsen Girls Welfare School, didirikan pada tahun 2005, dibangun untuk memberikan pendidikan gratis bagi siswa perempuan miskin di daerah penggembalaan Tibet, Ma. Sekolah saat ini memiliki sekitar 96 siswa dan 10 guru. Mereka mengajarkan bahasa Tibet, Cina, matematika, seni dan kursus lainnya pada anak-anak Tibet ini.


8. Nepal

Beginilah anak-anak sekolah di sebuah daerah di Nepal, Manaslu Trek, berangkat sekolah setiap hari. Tanpa kendaraan mereka akan berjalan kaki berkilo-kilometer untuk mencapai sekolah.

Ah, lihat senyum mereka, Ma!


BACA JUGA


Working (Rocking) Mama Bisa Tetap Menghadiri dan Mengikuti Kegiatan Anak di Sekolah,  Coba Langkah Berikut ini Ma!

Working (Rocking) Mama Bisa Tetap Menghadiri dan Mengikuti Kegiatan Anak di Sekolah, Coba Langkah Berikut ini Ma!

“There’s no way to be a perfect mother and a million ways to be a good one.” —Jill Churchill

Read more..


9. Bangladesh

Mungkin di sebagian daerah di Indonesia kondisinya sama dengan anak-anak di desa Netrok, Bangladesh, ini. Mereka harus puas belajar dengan cahaya lilin atau lampu minyak saja.


10. Indonesia

Ini dia foto yang sempat menghebohkan beberapa waktu yang lalu, yang lantas menjadi gambaran umum sistem pendidikan di Indonesia.

Anak-anak sekolah ini setiap hari harus bertaruh nyawa menyeberangi jembatan rusak yang melintasi sungai besar di desa Sanghiang Tanjung, Lebak, Banten. Foto ini diambil sekitar bulan Januari 2012.

Konon kabarnya jembatan ini sudah diperbaiki ya, Ma. Tapi masih banyak jembatan lain yang juga rusak ataupun akses sulit yang harus ditempuh oleh anak-anak kita di daerah lain, yang menjadi simbol betapa sistem pendidikan di Indonesia masih harus terus diperbaiki.


11. Gaza

Anak-anak sekolah Palestina berangkat sekolah dengan melewati gedung-gedung yang hancur akibat diserang oleh Israel di wilayah Shejaiya, Gaza, pada September 2014.

Ya, ini adalah hari pertama mereka sekolah lagi, dan mereka pun harus selalu waspada akan serangan-serangan militer yang seakan tak pernah berakhir ini.


12. Bangladesh

Seorang anak sekolah harus berjalan melewati jalanan yang banjir di Dhaka, Bangladesh. Foto ini diambil pada 1 Oktober 2013. Perubahan iklim di Bangladesh menjadi isu yang sangat krusial pada 10 tahun terakhir, sehingga daerah tersebut makin sering dilanda bencana seperti ini, Ma.



Bener kan, Ma? Bahwa pendidikan itu masih begitu "mahal" bagi kita. Nggak cuma di Indonesia, tapi juga bagi seluruh dunia. Beruntunglah kita yang masih bisa menyekolahkan anak-anak kita ke sekolah-sekolah yang baik kualitasnya, masih bisa mengantar anak-anak kita dengan mobil, dan tak harus waswas setiap waktu jika ada serangan militer ataupun bencana alam.

Ayo, Ma, bersama dengan pemerintah dan sekolah, kita perbaiki sistem pendidikan kita. Di antaranya dengan ikut mendampingi anak-anak kita kalau mereka belajar di rumah, ikut terlibat dalam kegiatan sekolah, dan lain sebagainya.

Karena kualitas pendidikan nggak hanya merupakan tanggung jawab pemerintah dan sekolah saja. Malah semua berawal dari kita, Ma, orang tua anak-anak kita.

Maju terus pendidikan Indonesia!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Inilah 12 Potret Perjuangan Anak-anak Sekolah dari Seluruh Penjuru Dunia sebagai Gambaran Mahalnya Pendidikan Kita!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar