Inilah 5 Gerakan Yoga yang Populer Saat Ini dan Bisa Mama Lakukan di Rumah!

Inilah 5 Gerakan Yoga yang Populer Saat Ini dan Bisa Mama Lakukan di Rumah!

5.7K
Gerakan yoga akhir-akhir ini sering banget menghiasi time line media sosial kita. Nggak ada salahnya sih kita melakukan gerakan yoga tersebut demi kesehatan. Setelah Mama menemukan gerakan yoga yang Mama suka dan terasa tepat, pastikan untuk berlatih secara rutin, ya.

Mama baru saja nyobain yoga? Yah, wajar makanya kalau bingung memilih jenis yoga yang tepat karena pilihannya memang banyak. Sebenarnya, mau gerakan yoga jenis apa pun pastilah bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, juga keseimbangan tubuh.

Tapi, mencoba gerakan yoga yang kurang disuka bisa saja membuat Mama malas buat berlatih kembali, betul?

Nah, untuk menemukan jenis yoga yang cocok, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, Ma, misalnya seperti apa tujuan dan bagaimana kondisi tubuh Mama saat ini.

Devi Asmarani, pelatih yoga dan penulis buku Yoga untuk Semua: Panduan Berlatih Yoga yang Lengkap dan Aman, punya rekomendasi 5 jenis yoga yang paling populer yang bisa Mama coba.

BACA JUGA


Butuh Instruktur Yoga, Ma? Barangkali 25 Binatang Ini Bisa Menjadi Alternatif Pilihan!

Butuh Instruktur Yoga, Ma? Barangkali 25 Binatang Ini Bisa Menjadi Alternatif Pilihan!

Mama suka yoga?Sudah bisa melakukan tree pose? Warrior pose? Atau sudah mahir melakukan standing split dan headstand?Belum? Hmmm ... ...

Read more..

5 Gerakan yoga yang populer saat ini dan bisa Mama lakukan di rumah.


1. Hatha

Hatha sering direkomendasikan untuk pemula karena gerakannya lambat dan dilakukan dengan lembut. Selain itu, untuk Mama yang suka berlari, hatha yang sifatnya statis dapat lebih menyeimbangkan Mama secara mental.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Psychosomatic Medicine menunjukkan bahwa perempuan yang berlatih yoga jenis hatha sekali atau 2 kali seminggu bisa pulih dari stres lebih cepat lho.

Yoga ini cocok buat Mama yang ingin mempelajari teknik pernapasan dan ingin lebih tenang saat berolahraga. Namun, hatha kurang cocok bagi Mama yang nggak suka gerakan lambat.


2. Iyengar

Iyengar bisa dicoba oleh orang yang pernah mendapatkan cedera. Mama akan berlatih dengan menggunakan alat bantu seperti balok, tali, kursi dan bantal yang dirancang untuk meningkatkan fleksibilitas dengan aman. Contohnya, bila Mama nggak bisa menyentuh jari-jari kaki sendiri, maka Mama akan menggunakan tali supaya tubuh lebih fleksibel dan tidak bergeser ke kanan dan ke kiri.

Iyengar cocok bagi Mama yang ingin fokus pada alignment atau kesempurnaan postur tubuh, misalnya menginginkan bentuk tulang punggung yang bagus.

BACA JUGA


11 Resolusi Tahun Baru untuk Hidup yang Lebih Sehat di Tahun 2017 (Selain Resolusi Menurunkan Berat Badan yang Terlalu Mainstream)

11 Resolusi Tahun Baru untuk Hidup yang Lebih Sehat di Tahun 2017 (Selain Resolusi Menurunkan Berat Badan yang Terlalu Mainstream)

Resolusi tahun baru pengin menurunkan berat badan? Ah, mainstream sekali! Dan, apa hasilnya? Biasanya hanya tinggal jadi resolusi, tanpa ...

Read more..


3. Vinyasa

Vinyasa baik bagi Mama yang banyak bergerak dan menyukai sesuatu yang dinamis. Tantang diri Mama untuk melakukan gerakan yang bertumpu pada tangan dan latihan handstand.

Mama yang menyukai gerakan yoga dengan flow lebih cepat akan menyukai yoga jenis ini, karena Mama nggak tahan berlama-lama di satu pose dan berpindah ke pose berikutnya.


4. Ashtanga

Ashtanga akan disukai oleh Mama yang menyukai tantangan. Jenis yoga ini bukan untuk orang yang mudah menyerah, dan biasanya memang diminati oleh orang-orang yang athletic.

Bagi Mama yang suka mempelajari satu hal hingga benar-benar paham, Ashtanga akan sangat terasa mengasyikkan. Sebaliknya, jika Mama nggak suka mengikuti satu seri gerakan, sehingga tidak bisa bergerak maju jika belum menguasai gerakan sebelumnya sebaiknya hindari saja jenis yoga ini.


5. Bikram

Mama yang menginginkan latihan yang padat bisa mencoba yoga Bikram. Latihan bikram melibatkan 26 gerakan yang dilakukan di dalam ruangan bersuhu sekitar 37 - 42 derajat Celcius.

Hawa panas akan membuat Mama merasa lebih fleksibel, tetap Mama perlu memahami kondisi tubuh dan beristirahat jika sudah nggak kuat lagi.

Penyuka yoga bikram adalah orang yang nggak keberatan banjir keringat ketika bergerak untuk menyehatkan tubuh. Namun, jika Mama adalah termasuk orang yang suka merasa akan pingsan di hawa panas, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

BACA JUGA


Tips Sehat Dari 12 Personal Trainer Selebriti Hollywood Ini Bisa Mama Sontek dan Lakukan Setiap Hari

Tips Sehat Dari 12 Personal Trainer Selebriti Hollywood Ini Bisa Mama Sontek dan Lakukan Setiap Hari

Tips sehat selalu dicari oleh semua orang yang menginginkan perubahan terhadap kesehatan, termasuk Mama kan. Ada beberapa tips sehat dari ...

Read more..

Nah, itu dia 5 gerakan yoga yang populer dan bisa Mama lakukan di rumah. Well, keinginan untuk mewujudkan tahun 2017 yang lebih sehat bisa terwujud. Btw, pilih yang mana, Ma?

Selamat mencoba!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Inilah 5 Gerakan Yoga yang Populer Saat Ini dan Bisa Mama Lakukan di Rumah!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar