Agar Resolusi Tahun Baru Mama Tercapai dan Tak Hanya Tinggal Janji, Lakukan 6 Hal Simpel Ini!

Agar Resolusi Tahun Baru Mama Tercapai dan Tak Hanya Tinggal Janji, Lakukan 6 Hal Simpel Ini!

1.9K
Resolusi tahun baru biasanya hanya tinggal janji setelah beberapa hari memasuki tahun yang baru. Padahal, resolusi tahun baru ada supaya kita bisa memperbaiki diri. Gimana dong?

Sudah membuat daftar resolusi tahun baru, Ma?

Nah, sekarang saatnya Mama mulai memikirkan bagaimana caranya untuk bisa konsisten melakukan atau menepati resolusi tahun baru itu hingga bisa terwujud pada akhir tahun 2018 nanti.

Karena, percuma juga kan, kalau sudah bikin resolusi tahun baru, dan akhirnya hanya sekadar janji yang hanya numpang lewat tahun ini. Sayang banget kan? Padahal sudah ada niat di awal.


BACA JUGA


12 Resolusi Tahun Baru Terbaik untuk 12 Zodiak Berdasarkan Karakter Mereka

12 Resolusi Tahun Baru Terbaik untuk 12 Zodiak Berdasarkan Karakter Mereka

Sebentar lagi tahun baru! Resolusi awal tahun yang gagal bisa saja langsung kita jadikan resolusi tahun baru mendatang. Tapi, mungkin akan ...

Read more..


Nah, supaya nggak sekadar menjadi janji tanpa bukti, lakukan beberapa hal berikut ini agar resolusi tahun baru Mama tetap menjadi niat dan terlaksana hingga akhir tahun


1. Realistis


Nah, coba Mama perhatikan daftar resolusi tahun baru yang kemarin sudah Mama buat. Apakah cukup realistis? Hal ini patut diperhatikan karena menjadi awal tanda-tanda, apakah resolusi tersebut benar-benar bisa kita lakukan atau tidak.

Katakanlah begini. Resolusi Mama tahun ini adalah mengecilkan ukuran lingkar pinggang. Dari celana XXXXL, Mama ingin supaya celana lama Mama yang berukuran M muat lagi di akhir tahun nanti. Hmmm, kira-kira realistis nggak ya?

Untuk bisa membuat resolusi tahun baru yang realistis, yang harus selalu Mama ingat adalah bahwa tak ada sesuatu pun yang instan hasilnya. Semua harus melalui usaha dan cobaan.

Saat mulai membuat resolusi tahun baru, seharusnya Mama sudah bisa membayangkan apa saja usaha dan cobaan yang mungkin harus Mama hadapi di depan. Setelah ada bayangan, tanyakan pada diri sendiri, sanggupkah Mama menjalaninya? Kira-kira akhir tahun nanti, apakah Mama bisa survive dengan resolusi itu?

Kalau jawabannya tidak, ada baiknya Mama agak menyesuaikan resolusi tahun baru Mama agar lebih realistis.


2. Tak perlu terlalu banyak


Terlalu banyak janji memang membuat peluang untuk nggak menepati akan lebih besar.

Jadi, daripada membuat banyak resolusi, akan lebih baik jika Mama hanya membuat dua hingga tiga resolusi tahun baru saja untuk diwujudkan tahun 2018 ini. Hal ini akan membuat Mama lebih fokus dan tentu saja menjadi lebih gampang untuk merealisasikan hal-hal yang sudah Mama rencanakan.

Dan, ingat Ma, tetap realistis ya.


3. Tuliskan


Apa yang dituliskan, memang akan lebih mudah diingat. Jadi, tuliskan apa yang sudah Mama rencanakan tahun ini ke atas kertas.

Mama bisa membuat kartu resolusi tahun baru sendiri, seperti kartu ucapan Lebaran atau Natal, dihias dengan berbagai pernak pernik yang lucu.

Atau, Mama juga bisa memanfaatkan whiteboard atau papan styrofoam. Tempelkan kertas-kertas berisi resolusi di atas papan tersebut, dan letakkan di tempat-tempat yang mudah terlihat.

Hal ini tentu akan dapat membantu Mama untuk selalu ingat pada si janji awal tahun ini.


BACA JUGA


Resolusi Tahun Baru untuk 2018 yang Lebih Stylish: Sampai Jumpa, Shlumpadinka!

Resolusi Tahun Baru untuk 2018 yang Lebih Stylish: Sampai Jumpa, Shlumpadinka!

Soal gaya, Mama perlu juga nih punya resolusi tahun baru. Jangan jadi Shlumpadinka lagi ya

Read more..


4. Make a plan


Selanjutnya, setelah Mama punya resolusi tahun baru yang realistis, Mama juga akan membutuhkan rencana step by step yang realistis juga.

Misalnya, ketimbang memikirkan lingkar pinggang, Mama akhirnya lebih memilih untuk memikirkan kesehatan Mama. Tentu akan lebih baik kan, jika tahun ini Mama lebih jarang sakit.

Nah, dari sini kemudian, Mama bisa membuat daftar apa saja yang bisa dan harus Mama lakukan. Misalnya, memperbaiki pola makan Mama sedikit demi sedikit. Bulan pertama, Mama akan makan salad dua kali seminggu. Bulan kedua, porsi saladnya ditambah jadi lima kali seminggu. Dan seterusnya.

Mama suka minum kopi, dan ingin mengurangi kopi di tahun 2018 ini? Rencanakan secara realistis, Ma. Misalnya, kalau sebelumnya Mama harus ngopi tiga kali sehari, maka di bulan Januari ini, Mama hanya ngopi dua kali saja. Selebihnya, ganti dengan minuman yang lebih sehat. Jus buah, mungkin?

Atau lebih baik dan lebih mudah sih sekalian dengan resolusi tahun baru lain yang berhubungan, misalnya lebih banyak air putih. Pasti akan bagus buat kesehatan Mama. Iya kan?


5. Track your progress


Resolusi tahun baru yang ditulis dan diletakkan di tempat yang mudah terlihat akan membuatnya menjadi semacam reminder untuk Mama. Dari situ, Mama lebih mudah untuk memonitor diri sendiri, sudah sampai seberapa jauh Mama sudah menjalani resolusi tersebut, dan melaksanakan rencana Mama.

Inilah mengapa Mama harus membuat rencana-rencana pendek setiap bulan. Rencana pendek selalu lebih mudah dilakukan, ketimbang rencana satu tahun kan? Catat apa saja yang harus Mama ingat selama proses resolusi tahun baru itu berjalan.

Misalnya begini, Ma. Mama berencana untuk menurunkan berat badan 10 kg tahun ini. Untuk bisa sukses di akhir tahun nanti, Mama bisa memperkirakan bahwa Mama perlu untuk menurunkan 2 kg di bulan pertama. Buatlah jurnal khusus untuk bulan pertama. Cari tahu via internet, menu apa yang paling pas untuk diet Mama ini, lalu catat. Pada akhir bulan pertama, Mama bisa melihatnya kembali.

Jika belum sukses, maka cari solusi lain agar kesulitan-kesulitannya bisa teratasi.


6. Gagal itu biasa


Ya, Mama. Gagal itu biasa. Resolusi tahun baru adalah semangat kita untuk membuat keadaan yang lebih baik. Selalu ada kesulitan pada saatnya nanti, dan kemudian menggagalkan rencana kita menuju kondisi yang lebih baik itu.

Well, that’s okay, Ma. Mama selalu bisa start over again. Kalau Mama gagal, selalu ada jalan untuk memperbaikinya lagi.


BACA JUGA


Tips Sukses Menjadi Ibu yang Lebih Baik Seutuhnya? Hindari Saja 7 Hal Penghambat Perkembangan Diri Ini!

Tips Sukses Menjadi Ibu yang Lebih Baik Seutuhnya? Hindari Saja 7 Hal Penghambat Perkembangan Diri Ini!

Tips sukses nggak selamanya hanya harus 'meningkatkan', tetapi harus juga 'membuang'. Terutama membuang 7 hal ini

Read more..


Nah, semoga semua resolusi tahun baru Mama bisa tercapai tahun ini ya. Yang pasti, Mama harus semangat untuk 2018 yang lebih baik!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Agar Resolusi Tahun Baru Mama Tercapai dan Tak Hanya Tinggal Janji, Lakukan 6 Hal Simpel Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar