Produk Perawatan Bayi Bisa Membahayakan Loh Ma! Inilah Alasan Pentingnya Perawatan Bayi Berbahan Alami

Produk Perawatan Bayi Bisa Membahayakan Loh Ma! Inilah Alasan Pentingnya Perawatan Bayi Berbahan Alami

4.8K
Salah memilih produk perawatan bayi akan bisa membahayakannya loh, Ma. So, be careful ya!

Setelah ASI, menggunakan produk perawatan bayi yang mengandung bahan natural-non toxic menjadi hal terpenting kedua yang bisa kita lakukan dalam perawatan dan perlindungan tubuhnya. Mengapa harus memilih produk perawatan bayi berbahan alami?

Banyak bahan sintetis kimia dipergunakan dalam produksi kosmetik, bahkan dalam produk perawatan kulit bayi yang notabene haruslah lebih higienis dan lembut. Dan, seperti yang kita tahu, bahwa ada banyak efek samping menyertai semua bahan kimia tersebut. Memang sih, mungkin saja tidak akan menimbulkan efek langsung pada bayi, atau pemakainya. Namun, jika dipakai dalam jangka waktu yang lama, bukan tak mungkin kalau ternyata kita “menimbun” racun pada kulit bayi kita.

BACA JUGA


Persiapkan 6 Perlengkapan Bayi Berikut Sebelum Hari Perkiraan Lahir si Baby Tiba!

Persiapkan 6 Perlengkapan Bayi Berikut Sebelum Hari Perkiraan Lahir si Baby Tiba!

Hai, Mama! Bagaimana kabar kandungan Mama? Sudah semakin mendekati HPL? Sudah siap menyambut kedatangan si baby mungil kesayangan Mama itu? ...

Read more..


Beberapa hal yang bisa terjadi pada bayi jika kita memilih produk sembarangan adalah:

  • Kulit bayi masih sangat sensitif, sehingga kalau kita sampai salah memilih produk perawatan bayi maka bisa saja dapat menimbulkan iritasi.
  • Pewangi dan pewarna buatan yang terkandung dalam produk perawatan bayi tersebut bisa menimbulkan alergi
  • Sabun yang terkandung dalam jenis produk perawatan bayi hair & body wash dapat membuat kulit tubuh dan kepala bayi menjadi kering.

Wah, bayangkan kalau itu terjadi pada bayi kita, Ma!

Tapi, kadang kita memang terkendala oleh keterbatasan kita sendiri akan pengetahuan soal bahan-bahan atau ingredients ini. Apalagi kalau sudah ada nama-nama kimiawi di dalamnya. Membacanya pun sulit, apalagi harus menghafalkan demi bisa menghindarinya. Duh! Bener kan, Ma?

Tenang, Mama tak perlu harus dapat mengenali semua ingredients yang tertera dalam label setiap kemasan produk perawatan tersebut kok. Yang perlu Mama ingat hanyalah beberapa nama berikut ini yang tidak seharusnya ada dalam produk perawatan bayi, apalagi kalau produk tersebut adalah produk perawatan kulit dan mengklaim diri terbuat dari bahan alami.


Mari kita lihat produk perawatan bayi tersebut satu per satu


1. Diaper


Cloth diaper, atau yang sering disebut sebagai clodi, mungkin bisa menjadi alternatif terbaik jika Mama ingin mengurangi pemakaian bahan sintetis.

Namun, jika memang terpaksa menggunakan popok sekali pakai terutama karena alasan kepraktisannya, maka hindarilah produk yang mengandung:

  • Klorin, apalagi jika dalam bentuk dioxin yang merupakan bahan toxic yang cukup berbahaya
  • Pewangi, apalagi jika mengandung phthalate, yang biasanya dipakai untuk mengikat keharuman lebih lama.
  • Pewarna, karena bisa menimbulkan iritasi pada kulit.


2. Baby wipes atau tisu bayi


Ada penelitian yang telah membuktikan, bahwa baby wipes merupakan salah satu dari top 20 personal care yang rentan terkontaminasi oleh karsinogenik.

Karsinogen adalah zat yang bisa memicu penyakit kanker. Zat ini jelas tidak akan tercantum dalam label kemasan produk. Lagipula, mungkin saja kandungannya memang tak banyak, namun tetaplah ada. Apalagi baby wipes pasti juga mengandung pewangi.

Demi keamanan dan kenyamanan, ada baiknya menggunakan lap dari kain yang lembut saja untuk keperluan bayi. Lebih hemat juga kan, karena bisa dicuci dan dipakai berulang kali.


3. Lotion, sabun and sampo


Kebanyakan produk perawatan kulit yang tidak terbuat dari bahan natural biasanya akan mengandung allergens, hormone disruptors (zat yang bisa memengaruhi hormon), ataupun karsinogen. Sebut saja seperti paraben, phthalate, ethanol amines dan lain-lain. Maka, kita memang perlu berhati-hati betul memilih produk yang tidak mencantumkan bahan-bahan tersebut dalam label kemasannya.

Yah, memang sih, kita tak bisa mengontrol setiap makanan yang dikonsumsi oleh si kecil, pun apa saja yang seharusnya kita gunakan untuk merawat kulitnya. Capek juga kalau setiap kali belanja kebutuhan si kecil harus memelototi label kemasan produk perawatan bayi satu per satu.

Namun, kita tetap bisa berhati-hati kok. Apalagi kalau kemudian kita bisa menemukan satu merek produk perawatan bayi yang menggunakan bahan natural.



Salah satu merek produk perawatan bayi yang banyak direkomendasikan adalah Corine de Farme.

Beberapa keunggulan Corine de Farme dibandingkan produk perawatan bayi yang lain adalah:

  1. Hair & body wash serta shampoo tidak mengandung sabun, sehingga mampu membersihkan kulit dan rambut bayi yang sensitif dan lembut dengan lebih baik.
  2. Mengandung organic calendula, yaitu bahan yang dikenal mampu mencegah permasalahan kulit bayi, seperti iritasi, kemerahan, dan cradle cap.
  3. Menggunakan bahan alami, misalnya saja sweet almond oil yang dikenal akan nutrisi dan sifatnya yang melembutkan.
  4. Menggunakan paraffin oil untuk produk baby oil-nya sehingga tidak berbau dan tidak berwarna.
  5. Cream Corine de Frame mengandung vegetal glycerin yang dikenal sebagai bahan pelembap paling alami.

BACA JUGA


5 Perawatan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dilakukan Agar Selalu Sehat

5 Perawatan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dilakukan Agar Selalu Sehat

Perawatan bayi baru lahir kadang begitu membingungkan, apalagi untuk Mama yang belum berpengalaman. Don't panic, Rocking Mama telah ...

Read more..

Nah, tentunya dengan berbagai bahan natural dan ramah pada kulit bayi tersebut, akan membuat Mama merasa aman dan nyaman saat mengaplikasikannya pada bayi Mama bukan?

Tak perlu lagi harus selalu menelusuri ingredients pada label kemasan produk perawatan bayi, untuk sekadar mengecek kalau-kalau ada bahan toxic yang terkandung di dalamnya kan?

Karena, bayi yang terlindungi adalah bayi yang sehat. Sedangkan, bayi yang sehat adalah bayi yang bahagia.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Produk Perawatan Bayi Bisa Membahayakan Loh Ma! Inilah Alasan Pentingnya Perawatan Bayi Berbahan Alami". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian rocking mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com