Istri Golongan Darah B Menyulitkan? Pasti Belum Tahu 9 Cara Memahami Karakternya Ini Deh!

Istri Golongan Darah B Menyulitkan? Pasti Belum Tahu 9 Cara Memahami Karakternya Ini Deh!

1.9K
Si golongan darah B memang dikenal sebagai si cuek bebek, tetapi sebenarnya ia tetaplah perempuan peka dan perasa, meski kadang prosesnya agak lebih lama karena ia harus berpikir dan menganalisis dulu apa yang sedang terjadi.

Pernah nggak sih, Mama membaca buku atau komik tentang karakter golongan darah?

Membacanya memang membuat kita mau tak mau jadi merefleksi diri sendiri. Betul nggak, Ma?

Dan, sebagai seseorang yang mempunyai golongan darah B, saya sendiri merasa sudah paham betul dengan karakter para pemilik golongan darah B yang cuek, bebas, dan nggak mau dikekang ini.

Nah, cuma, memang nggak semua orang juga paham kan? Apalagi para suami nih.

Jadi, dengan tulisan ini, saya berharap bisa membantu para suami untuk lebih memahami istrinya yang punya golongan darah B. Jika Mama kebetulan bergolongan darah B, segera tunjukkan artikel pada Papa ya, Ma. Ahay.


BACA JUGA


Para Suami Paling Membenci 3 Hal Ini, Istri Wajib Tahu!

Para Suami Paling Membenci 3 Hal Ini, Istri Wajib Tahu!

Hai para istri, kami tahu kalian pengin kami, suami dan anak-anakmu, menjadi yang terbaik. Tapi cara kalian mungkin sedikit salah, Tertarik ...

Read more..


9 Cara memahami istri yang mempunyai golongan darah B

1. Bebaskan dan beri pilihan


Kebebasan itu layaknya napas bagi para pemilik golongan darah B. So, Papa, jangan pernah mengekang istri dengan golongan darah B ya. No no!

Ia terlahir sebagai sosok yang “berjiwa petualang” dan bebas. Ia lebih senang memiliki dunianya sendiri.

Tapi bukan berarti kami tak bisa diatur. Hanya saja memang perlu taktik khusus, Papa, yaitu dengan memberinya pilihan.

Contoh. Istri bilang, pengin keluar bersama teman-temannya. Jika Papa kurang berkenan, alih-alih hanya mengatakan, "Nggak boleh!", maka akan lebih baik jika Papa memberinya pilihan.

"Gimana kalau nanti perginya habis nemenin Papa ke toko elektronik. Katanya kemarin pengin AC baru."
"Keluar? Yah, padahal Papa barusan mau masakin seblak seuhah kesukaan Mama loh."

Naaah! Begitu caranya, kalau mau melarang istri si golongan darah B. Yes, tawarkan opsi lebih baik, dan biarkan ia memilih.


2. Katakan langsung apa yang Papa mau


Si golongan darah B memang dikenal sebagai si cuek bebek, tetapi sebenarnya ia tetaplah perempuan peka dan perasa, meski kadang prosesnya agak lebih lama karena ia harus berpikir dan menganalisis dulu apa yang sedang terjadi.

Ini biasanya akan terjadi kalau Papa suka kasih kode-kode.

"Duh, capeknya! Si bos seharian rewel, kasih kerjaan terus. Kalau belum selesai, belum boleh istirahat!"

Kode apa tuh, Pa? Minta dipijitin? Wah, maaf. Istri si golongan darah B nggak akan ngeh deh.

Kalau Papa pengin minta dipijitin, seperti dalam kasus di atas, Papa harus tahu strategi memintanya pada istri si golongan darah B, Pa. Gimana caranya?

Begini.

"Ma, seharian anak-anak bikin capek nggak? Masih punya tenaga cadangan buat mijit Papa 5 menit saja nggak? Please?"

Oh yeah. Siapa yang akan menolak kata-kata magic seperti itu? Sepertinya seorang istri golongan darah B pun tidak.

Nah, setelah si mama sudah mijitin, coba ajak ia ngobrol ngalor ngidul tentang topik kesukaannya. Biarkan ia memijit sambil curhat. Dan, nggak akan kerasa, 30 menit pijitan pun akan segera berakhir.


3. Jangan marah karena istri golongan darah B itu moody


Satu kali, ada keajaiban terjadi! Tiba-tiba saja istri si golongan darah B mendadak rajin. Semua peralatan dapur dicuci, karpet divacuum sampai bersih, kaca jendela digosok sampai mengkilat. Pokoknya, semua debu dilap sampai hilang tak bersisa.

Dan kemudian, istri si golongan darah B ini mager. Tiduran saja di sofa seharian sambil nonton TV, main gadget atau hanya gegoleran sembari ngemil camilan kesukaannya.

Karena sudah siang, Papa barangkali sudah lapar ya, Pa. Tapi waktu ditanya, ada makanan apa di rumah, malah si istri golongan darah B ini malah jawab, "Papa beli aja ya, Pa! Ke warung sebelah juga banyak yang enak kok."

Padahal kemarin, istri bisa masak 7 macam hidangan untuk dimakan pagi, siang dan sore loh! Ya, meski dapur berantakan banget.

Keteraturan memang menjadi musuh besar istri dengan golongan darah B. Kenapa? Karena ia sebenarnya begitu cepat bosan, dengan hal-hal yang itu-itu saja, yang selalu ia kerjakan setiap hari di rumah.

Untuk mengatasi rasa bosan, ia pun ngerandom pekerjaannya, menurut apa yang sedang ada dalam mood-nya. Ia lebih menyukai hal-hal yang bersifat spontan, menarik untuk dikerjakan atau lebih menantang sehingga ia bisa menjalani hari dengan lebih bahagia.

So, biarkan ia menyelesaikan pekerjaan dengan caranya sendiri, Pa. Ia akan membuat tantangannya sendiri. Nggak perlu mendiktenya.


BACA JUGA


Anandhi Serta 5 Pelajaran Mengenai Bagaimana Menjadi Seorang Perempuan dan Istri yang Baik

Anandhi Serta 5 Pelajaran Mengenai Bagaimana Menjadi Seorang Perempuan dan Istri yang Baik

Anandhi, siapa yang tak kenal? Setiap hari kita menikmati kehadirannya di layar televisi. Ternyata, Anandhi telah mengajarkan kita mengenai ...

Read more..


4. Pahami bahwa ia tak suka basa-basi


Sikapnya yang terkesan cuek membuat istri dengan golongan darah B kadang jadi terlihat kurang sopan dan kurang beretika. Ya, gimana lagi? Ia memang sangat enggan untuk berbasa-basi. Sikapnya ini kadang membuat orang lain tersinggung.

Padahal, suer deh, Pa, dalam lubuk hati yang paling dalam, orang dengan golongan darah B itu sama sekali tak pernah bermaksud menyinggung perasaan orang lain.

Ini bisa jadi memang merupakan kelemahan mereka. Please, Pa, dibantu untuk mengatasinya ya. Biasanya sih ini akan bermasalah kalau akan menerima tamu atau kala akan berkunjung ke rumah orang lain. Karena adat kebiasaan kita yang harus beramah tamah (baca: berbasa-basi) dengan orang yang belum terlalu kenal.

Setiap kali akan ada tamu berkunjung ke rumah, atau saat Papa dan Mama akan menemui seseorang yang memang harus dihormati, berikan briefing dulu pada istri mengenai gambaran situasi yang akan dihadapi. Sebutkan, apa saja yang boleh dikatakan dan tidak boleh, atau apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan.


5. Pahamilah, bahwa saat ia berantakan itu tandanya ia sedang kreatif dan ceria


Dapur yang berantakan, itu karena istri si golongan darah B lagi rajin trial and error resep kue dan masakan. Ruang keluarga yang tampak seperti kelas TK atau Playgroup, itu karena ia sibuk membuat mainan untuk anak-anak dari barang bekas.

Atau ada tumpukan buku, majalah, kertas, laptop, modem, kopi, susu, roti, handphone berantakan di meja? Ah, pasti istrinya penulis ya, Pa? Hahaha.

Yes, Papa, jangan dulu protes yes? Itu adalah tanda-tanda mereka sedang berkreativitas!

Solusinya cukup mudah lho, Pa. Berikan saja satu sudut atau ruang khusus bagi istri si golongan darah B untuk bisa bereksplorasi dan berkreasi sesuai dengan minatnya. Semacam ruang kerja khusus, begitu?

Kalau ini bisa terlaksana, ah, istri bakalan makin lafff deh sama Papa!


6. Dukung jiwa sosialnya yang tinggi


“Kok ngasih barang melulu sih, Ma?”

Yah, Papa. Nggak perlu bertanya-tanya seperti itu. Karena “mental sedekah” para pemilik golongan darah B memang on fire banget. Mereka selalu bersemangat kalau ada acara charity atau ada tetangga atau teman yang memang terlihat kekurangan.

Seharusnya Papa bersyukur tuh, punya istri yang senang berbagi dengan sesama. Iya nggak sih, Pa? Mereka tuh berbuat kebaikan atau menolong orang lain tanpa berpikir panjang lho, dan selalu ikhlas tanpa mengharap imbalan.

You're blessed, Papa!


BACA JUGA


Istri Kurang Bahagia? Barangkali Bisa Ditemukan Jawabannya dalam Beberapa Hal Berikut Ini!

Istri Kurang Bahagia? Barangkali Bisa Ditemukan Jawabannya dalam Beberapa Hal Berikut Ini!

Sebagai istri dan mama, kita memang dikuatkan untuk menyelesaikan tugas beragam yang menuntut banyak peran. Namun kita bukan manusia super. ...

Read more..


7. Bantu ia membuat to do list


Sejalan dengan sifatnya yang "kurang teratur", si istri dengan golongan darah B ini juga cukup pelupa, Pa. Biasanya sih karena saking overload informasi, akibatnya ia seperti orang bingung mau mengerjakan apa terlebih dahulu.

Efeknya? Ia mudah bete dan frustrasi.

Maka, jangan bosan dan capek membantunya untuk membuat to do list atau daftar prioritas ya, Pa. Ingatkan pekerjaan apa saja yang belum selesai atau yang harus diprioritaskan.


8. Mau memberinya nasihat? Begini caranya!


Karena istri dengan golongan darah B ini paling nggak taat aturan dan nggak mau diperintah, maka memberinya teladan adalah cara yang paling mudah untuk menasihatinya.

Ketimbang alih-alih bilang, “Ayo, salat dulu, Ma! Main Facebook melulu!", tapi Papa malah juga lebih asyik nonton bola di TV, akan lebih baik jika Papa mendahuluinya ke musala di rumah dan mengajak Mama untuk menyegerakan salat berjemaah.

Yes, “memerintah” istri dengan golongan darah B sebenarnya cukup sederhana kok. Nggak perlu ngomong, apalagi sambil memaksa. Karena pada dasarnya, ia punya hati yang sangat mudah tersentuh walaupun keseringan cuek.


9. Optimalkan kemampuannya memotivasi


Nah, salah satu sifat yang justru terlahir dari sifat cuek para istri dengan golongan darah B adalah kemampuan mereka untuk membangkitkan motivasi dan optimisme dalam hidup.

Coba deh, Papa ajak ngobrol istri si golongan darah B ketika Papa merasa down. Ia bisa loh, melihat sisi lain peristiwa, melihatnya secara logis tanpa emosi negatif ataupun terbawa perasaan.

Sikapnya yang cuek dan nggak baperan membuatnya melihat masalah dan keadaan jauh lebih logis dan tidak emosional ketimbang perempuan dengan tipe golongan darah lainnya.

Bahkan, ia mampu melahirkan quotes bijak, memperdengarkan optimisme dan menyalakan kembali api semangat yang redup di hati suami.

Tsah!


BACA JUGA


Suka Kepoin Handphone Suami? Ini Dia 3 Tipe Istri Berdasarkan Tingkat Kekepoannya Masing-Masing!

Suka Kepoin Handphone Suami? Ini Dia 3 Tipe Istri Berdasarkan Tingkat Kekepoannya Masing-Masing!

Setelah menikah, maka nggak ada lagi aku dan kamu. Yang ada hanyalah kita

Read more..


Yah. Orang dengan tipe golongan darah B bukan berarti menjadi golongan darah terbaik, atau terburuk, sampai-sampai harus ditulisin artikel bagaimana cara menghadapi mereka seperti ini.

Ini hanya sekadar membantu para (calon) suami agar lebih memahami para (calon) istri dengan golongan darah B plus segala kekurangan dan kelebihannya.

Yuk, yuk, yang punya tipe golongan darah lain, boleh juga dituliskan tips menghadapi karakter masing-masing. Supaya apa? Ya, supaya semakin jelas dan bisa paham betul, bagaimana harus menghadapi satu sama lain. Ini penting bukan, dalam hubungan suami istri, untuk bisa saling memahami dan saling menjaga perasaan satu sama lain?

Ditunggu tulisannya ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Istri Golongan Darah B Menyulitkan? Pasti Belum Tahu 9 Cara Memahami Karakternya Ini Deh!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Tetty Hermawati | @tettyhermawati

Silahkan login untuk memberi komentar