Jangan Ragu Mengolah Sayuran - 8 Jenis Sayur Ini Ternyata Jauh Lebih Menyehatkan Setelah Dimasak

azernews

Jangan Ragu Mengolah Sayuran - 8 Jenis Sayur Ini Ternyata Jauh Lebih Menyehatkan Setelah Dimasak

1.4K
Tidak selamanya sayuran mentah lebih menyehatkan daripada sayuran yang sudah diolah.

Sayuran dianggap sebagai salat satu makanan paling menyehatkan. Mama pun pasti selalu berusaha untuk memasukkan sayuran ke dalam menu makanan si kecil. Memang butuh perjuangan lebih pastinya ya, karena tidak semua anak menyukai sayur.

Saat ini, orang-orang meyakini bahwa cara mengonsumsi sayur yang paling baik adalah dengan memakan secara mentah-mentah. Banyak yang beranggapan bahwa proses pemasakan sayur akan menghilangkan nutrisi dalam sayur.

Namun, tentu saja ada pengecualian dalam setiap aturan ya, Ma. Tahu nggak sih, ternyata ada beberapa jenis sayuran yang kandungan gizinya meningkat justru setelah dimasak lo!

Akan tetapi, Mama tetap harus memperhatikan proses pemasakannya ya. Pastikan sayur tidak dimasak terlalu lama agar nutrisinya tetap terjaga.


BACA JUGA


Warna Buah dan Sayur-Sayuran Kita Ternyata Mempunyai Arti Masing-masing Lho! Kenali, Yuk!

Warna Buah dan Sayur-Sayuran Kita Ternyata Mempunyai Arti Masing-masing Lho! Kenali, Yuk!

Makan buah dan sayur-sayuran dengan variasi warna masih sangat dianjurkan, karena ternyata masing-masing buah dan sayur-sayuran ini ...

Read more..


Jadi, sayuran apa saja sih yang akan jauh lebih lezat dan menyehatkan setelah dimasak?

1. Asparagus

pixabay

Mama mungkin senang mengonsumsi asparagus mentah di dalam salad, namun si kecil belum tentu menyukainya. Berbahagialah, Ma, karena ternyata asparagus dapat lebih mudah dicerna dan diserap nutrisinya oleh tubuh setelah melalui proses pamasakan.

Asparagus memiliki sel dinding asparagus yang tebal sehingga membuat tubuh sulit untuk mencernanya. Padahal, ada berbagai vitamin, seperti vitamin A, C, E, dan folat yang sangat penting bagi tubuh.

Dengan memasaknya, dinding sel asparagus akan melunak sehingga tubuh pun dengan mudah dapat mencernanya. Si kecil pun kini bisa menikmati kelezatan dan manfaat dari asparagus, Ma.


2. Wortel

pixabay

Biasanya anak-anak sangat menyukai sup. Kini, Mama memiliki satu alasan lagi untuk menambahkan lebih banyak wortel ke dalam sup nih, Ma.

Seperti yang Mama tahu, wortel mengandung beta karoten yang akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Beta karoten terbukti mampu membantu menjaga kesehatan mata, menyehatkan kulit, dan memperkuat sistem imun tubuh.

Penelitian membuktikan, bahwa melalui proses memasak, kandungan beta karoten dalam wortel akan meningkat. Seperti halnya yang terjadi pada asparagus, panas akan melunakkan wortel sehingga tubuh lebih mudah memproses vitamin dan antioksidan yang terkandung di dalamnya.


3. Bayam

pixabay

Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak penggemar. Sayur bayam adalah salah satu menu favorit banyak keluarga, dan ternyata Mama sudah berada di jalur yang tepat.

Proses pemasakan akan membuat kandungan antioksidan dalam bayam semakn meningkat. Panas akan membantu mempertahankan kandungan antioksidan, sekaligus memudahkan penyerapan oleh tubuh.

Sedikit catatan, sebaiknya Mama segera menghabiskan sayur bayam dan tidak menghangatkannya lagi ya. Setelah 5 jam, kandungan bayam akan berubah menjadi racun bagi tubuh. Selain itu, apabila dihangatkan, bayam akan melepaskan zat karsinogenik.


4. Jamur

pixabay

Selama proses pemasakan, jamur akan melepaskan berbagai kandungan protein, mineral, dan vitamin. Selain tiga kandungan tersebut, jamur pun kaya akan potasium dan serat sehingga pasti mengenyangkan perut.

Namun, Mama harus berhati-hati. Jika jamur terlalu lama didiamkan, atau dihangatkan ulang, zat protein dalam jamur akan memburuk. Akibatnya, alih-alih menyehatkan, jamur tersebut justru menjadi racun hagi tubuh dan sangat mungkin mengganggu organ pencernaan, terutama perut.

Jadi, selalu segera habiskan hidangan jamus sesaat setelah dimasak ya,Ma.


BACA JUGA


Resep Masakan - Sawi Gulung Isi Ayam, Untuk Si Kecil yang Susah Makan Sayuran

Resep Masakan - Sawi Gulung Isi Ayam, Untuk Si Kecil yang Susah Makan Sayuran

Resep masakan pasti selalu dicari Mama untuk kreasi menu harian. Apalagi menghadapi si kecil yang malas makan sayuran, kreasi resep masakan ...

Read more..


5. Cabai merah

pixabay

Mama menggemari kuliner pedas? Jika iya, ada kabar gembira untuk Mama. Tahukah Mama, warna merah pada cabai ternyata berasal dari lycopene, antioksidan yang juga dapat mencegah kanker.

Saat cabai dimasak dalam minyak, seperti minyak zaitun, sistem pencernaan tubuh akan lebih cepat mencerna dan memprosesnya.

Namun ingat, jangan konsumsi cabai merah secara berlebihan ya, Ma.


6. Tomat

pixabay

Selain cabai merah, tomat pun sama-sama mengandung lycopene yang membuatnya memiliki warna merah.

Dengan memasak tomat selama 15-30 menit, Mama akan meningkatkan tingkat lycopene dalam tomat. Mama bisa menggunakan minyak, seperti minyak zaitun, atau bisa merebusnya.

Bila dipadukan dengan cabai merah, Mama sudah bisa membuat sambal yang lezat nih. Namun, jagalah jumlah minyak yang digunakan, atau Mama bisa membuat sambal rebus yang tidak kalah lezat dengan sambal goreng.


7. Persik

jonoandjules

Persik memang cukup jarang ditemukan di Indonesia, namun apabila Mama mendapatkan buah persik segar, pastikan Mama mengolahnya terlebih dahulu.

Proses pemasakan akan membawa keluar nutrisi, seperti vitamin C, dan membuat persik lebih sehat daripada persik segar.

Mama juga boleh banget membeli persik kalengan, tetapi pastikan beli yang less-sugar, atau cuci terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.


8. Kale

themailifiles

Kale adalah salah satu jenis sayuran yang sedang naik daun. Berbagai manfaat dari kale diyakini akan membantu kesehatan tubuh.

Apabila Mama masih mengonsumsi kale mentah, dan tidak tahan dengan rasa pahitnya, Mama pasti akan gembira mendengar kabar ini. Kale ternyata lebih sehat setelah dimasak.

Proses pemasakan akan meningkatkan kandungan zat besi dalam kale sehingga membuat tubuh lebih cepat menyerap kandungan kalsium dalam kale.


BACA JUGA


Ini Dia Tips Menyimpan Sayuran yang Praktis Untuk Mama Coba!

Ini Dia Tips Menyimpan Sayuran yang Praktis Untuk Mama Coba!

Tips menyimpan sayuran ini perlu banget Mama ketahui agar sayuran yang telah dibeli bisa dimaksimalkan penggunaannya

Read more..


Jangan lupa untuk selalu memasukkan salah satu jenis sayuran di atas ke dalam menu masakan keluarga ya, Ma.

Stay healthy, Mama!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jangan Ragu Mengolah Sayuran - 8 Jenis Sayur Ini Ternyata Jauh Lebih Menyehatkan Setelah Dimasak". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ra'idah Azyyati | @raidahazyyati

Silahkan login untuk memberi komentar