Jangan Sampai Mobil Digondol Pencuri - Berikut 6 Tips yang Bisa Mengamankannya!

Jangan Sampai Mobil Digondol Pencuri - Berikut 6 Tips yang Bisa Mengamankannya!

604
Mobil tak hanya karena mahal, tapi sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian orang. Makanya, ayo, lakukan tindakan pencegahan agar terhindar dari tangan-tangan jail.

Tahu nggak sih, Ma, setiap tahun jumlah motor dan mobil, di Jakarta saja itu meningkat sebesar 12%?

Berdasarkan data Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, jumlah kendaraan bermotor di Jakarta dan sekitarnya bertambah sebanyak 5.500 – 6.000 unit per hari! Jumlah tersebut didominasi oleh pertambahan sepeda motor yang mencapai 4.000 – 4.500 unit per hari.

Wow!

Sedangkan kendaraan roda 4 alias mobil mengalami pertumbuhan sebanyak 1.600 unit per hari.

Jumlah tersebut berdasarkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang dikeluarkan oleh Samsat Polda Metro Jaya setiap harinya.

WOW!

Peningkatan jumlah kendaraan bermotor ini ternyata juga diiringi oleh peningkatan jumlah pencurian kendaraan bermotor lho. Berdasarkan data Polda Metro Jaya, pencurian mobil atau kendaraan bermotor roda 4 meningkat sebesar 17%.

Well, pencuri profesional memang nggak butuh waktu lama sih, Ma, untuk mencuri kendaraan, baik motor maupun mobil. Bahkan bisa hanya dalam waktu beberapa detik saja lo.

Jadi, sepertinya nggak ada ruginya bagi kita untuk meningkatkan kewaspadaan dan menambah pengamanan ekstra supaya nggak jadi korban para pencuri mobil ini.


BACA JUGA


Ini Dia 5 Kesalahan Mengemudi Mobil yang Biasa Kita Lakukan dan Bisa Berbahaya

Ini Dia 5 Kesalahan Mengemudi Mobil yang Biasa Kita Lakukan dan Bisa Berbahaya

Menngemudi mobil memang nggak ada teori pastinya. Semua kita lakukan berdasarkan 'hukum jalanan' yang berlaku. Cermati beberapa hal berikut ...

Read more..


Berikut beberapa tips untuk mencegah mobil kesayangan hilang digondol pencuri


1. Pilih area parkir yang terang


Image via parking-me.

Garasi, jalan raya, atau tempat parkir pada umumnya sebaiknya memiliki penerangan yang cukup. Ini akan membuat pencuri berpikir ulang sebelum memutuskan mencuri mobil.

Garasi rumah pun sebaiknya diberi lampu penerangan yang cukup. Jika Mama kebetulan harus memarkir mobil di pinggir jalan, sebisa mungkin parkirlah mobil di bawah lampu penerangan jalan.

Begitu juga jika parkir di dalam mal, pilih sudut parkir yang terang. Lebih bagus lagi, kalau memarkir di sudut parkir di mana bisa terpantau kamera pengawas dengan baik.


2. Kunci semua pintu


Image via Paragon Security NYC

Sepertinya ini sepele ya, Ma, tetapi seringkali pemilik mobil lupa menutup dan mengunci pintu, juga jendela mobil. Ini tentu menjadi situasi yang menguntungkan untuk orang-orang yang berniat jahat.

Jadi, sebelum meninggalkan mobil, cek dan ricek lagi apakah semua pintu dan jendela sudah tertutup rapat dan terkunci. Bahkan ketika Mama memarkir mobil di wilayah yang Mama anggap aman sekalipun, jangan lupa untuk mengunci dan mengecek pintu mobil.

Seringkali terjadi, pencurian mobil terjadi di area perumahan atau sekitar rumah karena pemilik merasa aman dan meninggalkan mobil dalam keadaan tak terkunci.


3. Tambahkan kunci pengaman dan alarm


Image via Audio Shack El Cajon

Meski biasanya mobil sudah dibekali alarm standar pabrik, namun nggak ada salahnya Mama menambahkan sistem alarm pada mobil kesayangan.

Saat ini, banyak tersedia sistem alarm yang canggih yang bisa Mama pilih sesuai bujet. Pilih yang memiliki bunyi alarm yang keras akan membuat gentar pencuri mobil. Mama juga bisa memilih mobil yang memiliki sistem immobilizer di mana mobil akan lumpuh jika kunci kontak yang dimasukkan salah.

Yang juga harus ada adalah kunci pengaman setir. Pilihlah yang berkualitas baik ya, Ma.


BACA JUGA


Kena Tilang Polisi? Hadapi dengan Cantik, Tak Perlu Marah-Marah Apalagi Mencakar

Kena Tilang Polisi? Hadapi dengan Cantik, Tak Perlu Marah-Marah Apalagi Mencakar

Kena tilang? Ah, itu biasa. Jutaan pengendara dan pengguna jalan lain juga mengalaminya. Nggak perlu drama, yang dibutuhkan adalah sikap ...

Read more..


4. Simpan kunci cadangan baik-baik


Image via replacecarkey

Hindari menyimpan kunci kontak cadangan di lokasi yang mudah ditebak, seperti di laci dashboard mobil misalnya. Simpanlah kunci cadangan di lokasi yang hanya Mama (dan Papa) yang tahu, sehingga tidak mudah ditemukan oleh orang iseng atau pencuri.


5. Hindari meninggalkan barang-barang berharga di dalam mobil


Image via Village News

Ini adalah peringatan standar ya, Ma; jangan meninggalkan benda-benda berharga seperti laptop, dompet, HP, tas, dan lainnya di dalam mobil. Lebih-lebih di area yang bisa dengan jelas terlihat dari luar.

Memang sih, pada beberapa jenis mobil terbaru, bagian bawah jok pengemudi terdapat ruang penyimpanan khusus yang cukup untuk memuat laptop. Tapi kalau nggak ada, sebaiknya bawa saja barang-barang berharga Mama saat meninggalkan mobil.

Cek kembali sebelum meninggalkan mobil, apakah masih ada barang berharga yang tertinggal.


6. Asuransikan mobil


Image via Toyota UK

Salah satu cara yang paling aman untuk mengantisipasi kehilangan mobil adalah dengan mengasuransikan kendaraan kesayangan Mama.

Biasanya, asuransi sudah termasuk dalam paket standar saat membeli mobil baru sih. Namun, jika belum, pilih asuransi yang tepat dan sesuaikan dengan bujet yang Mama miliki.


BACA JUGA


Mobil Mogok di Jalan, Jangan Panik! Segera Lakukan Langkah-Langkah Ini untuk Mengamankan Mobil dan Diri Sendiri

Mobil Mogok di Jalan, Jangan Panik! Segera Lakukan Langkah-Langkah Ini untuk Mengamankan Mobil dan Diri Sendiri

Saat kita mengendarai mobil, ada beberapa hal yang jadi 'nightmare', yaitu mobil mogok di perjalanan. Duh, pasti panik luar biasa deh! Entah ...

Read more..


Nah, lakukanlah 6 tips mengamankan mobil Mama di atas, agar terhindar dari tangan-tangan jail yang bisa merugikan Mama. Sounds cliche, tapi mencegah memang selalu lebih baik kan?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jangan Sampai Mobil Digondol Pencuri - Berikut 6 Tips yang Bisa Mengamankannya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar