Kabar Gembira! Main Games Ternyata Bisa Memberikan 5 Manfaat ini Bagi Anak-Anak (dan Suami)!

poshtiger

Kabar Gembira! Main Games Ternyata Bisa Memberikan 5 Manfaat ini Bagi Anak-Anak (dan Suami)!

3.5K
Ternyata, main games bisa memberikan 5 manfaat bagi anak-anak, juga suami. Kalau Mama juga ikut main games, berarti 5 manfaat ini juga bisa Mama rasakan lho!

Main games, baik itu video games maupun games online, seringkali dianggap sebagai kegiatan yang kurang bermanfaat oleh para ibu. Bahkan menjadi musuh!

Bagaimana tidak? Jika sudah tenggelam di dalam dunia virtual, anak-anak biasanya akan sangat sulit untuk diusik. Oleh sebab itulah, video game dianggap membuat para pemainnya menjadi antisosial, dan sulit fokus pada kegiatan lain. Selain itu, main game juga diyakini menumpulkan otak, serta memancing perilaku agresif.

Namun tahukah Mama? Di balik image-nya yang buruk, main games ternyata menyimpan berbagai manfaat lho.


BACA JUGA


Ini Daftar Games untuk Anak dan Aplikasi yang Aman dan Membantunya dalam Proses Belajar si Kecil yang Bisa Mama Cobakan

Ini Daftar Games untuk Anak dan Aplikasi yang Aman dan Membantunya dalam Proses Belajar si Kecil yang Bisa Mama Cobakan

Games untuk anak dan aplikasi yang aman dan membantu belajar anak? Ini daftarnya, Ma

Read more..


Tenang saja, pernyataan ini bukan justifikasi dari para pemain games, Ma, melainkan hasil penelitian yang dilakukan oleh psikolog bernama Simone Kühn pada tahun 2013 silam.

Dalam situasi dan kondisi yang tepat, main games dapat memberikan manfaat bagi anak (juga suami) loh, Ma. Setidaknya, ada 5 manfaat yang dapat diraih dari aktivitas main games ini. Simak ulasannya di bawah ini.


5 Manfaat main games untuk anak-anak (dan suami)


1. Mempererat hubungan kakak-adik

bitescience

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa main games tertentu dapat memperkuat hubungan persaudaraan, terutama kekompakan kakak dan adik.

Biasanya manfaat ini didapatkan oleh para anak laki-laki sih, Ma. Saat main game bersama-sama, anak-anak akan belajar untuk bekerja sama dan saling mengalah. Proses inilah yang membuat mereka semakin kompak.


2. Menciptakan kesempatan untuk bersosialisasi

telegraph

Bertentangan dengan anggapan saat ini, bahwa main games dapat membuat anak menjadi antisosial, games justru dapat membuat anak mengembangkan kemampuan sosialisasinya lho!

Hasil penelitian membuktikan bahwa main games tertentu dapat membuat anak "terpaksa" berkenalan dengan anak lain. Ingat dengan games Pokemon Go! yang ngehits beberapa waktu yang lalu, Ma? Yes, itu salah satu contoh games yang membuat para pemainnya jadi berkenalan satu sama lain.

Selanjutnya, anak akan bersosial dengan sendirinya, seperti berbagi trik saat main games, saling membagi reward, atau bekerja sama menyelesaikan misi.


3. Meningkatkan berbagai fungsi otak


express

Video game dapat membantu otak dalam berbagai cara, salah satunya adalah meningkatkan fleksibilitas otak. Fleksibitilas otak ini akan berperan penting dalam pengambilan keputusan, Ma.

Saat main games, anak harus mempertimbangkan berbagai situasi, hambatan, dan hasil yang berbeda, dan harus dilakukan dengan sangat cepat.

Berkat berlatih di dunia games, anak dapat lebih terbiasa saat menghadapi situasi kehidupan di dunia nyata lho. Selain itu, anak-anak yang main games juga dapat meningkatkan koordinasi mata dengan tangan, dan kemampuan untuk fokus.


4. Meningkatkan daya penglihatan


momjunction

Video game akan membantu melatih daya penglihatan anak-anak. Namun manfaat ini akan didapatkan secara maksimal dalam video game jenis action. Biasanya, video game penuh aksi akan menawarkan berbagai perubahan yang cepat, nuansa serta kecerahan yang lebih halus daripada game non-action.

Jenis pelatihan daya tangkap visual ini terbukti membuat para gamers lebih piawai menyetir kendaraan di malam hari, serta meningkatkan kemampuan membaca mereka.

Satu studi lain menunjukkan bahwa games ternyata dapat membantu anak-anak disleksia, Ma. Dengan main games jenis high action , kecepatan membaca mereka pun akan meningkat dalam waktu satu tahun.

Wah ... Ckckckck.


5. Sebagai obat depresi, kecemasan, dan gangguan mental lainnya


techbakbak

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa main games fantasi SPARX terbukti dapat membantu remaja mengatasi depresi.

Salah seorang perancang video game menyatakan, bahwa bagian otak yang paling terkena dampak positif ini adalah sistem the reward pathway (bagian otak yang mengatur rasa senang) dan hippocampus (bagian otak tempat mengingat dan mengatur navigasi).

Saat main games, para gamers jadi memiliki perasaan optimisme yang nyata terhadap kemampuan diri dan kesempatan untuk dapat melakukan yang lebih baik, serta dalam meraih kesuksesan, juga mendapatkan banyak energi fisik dan mental yang dapat digunakan untuk menangani permasalahan yang sulit.


BACA JUGA


Hobi Main Video Games Papa Sudah Berlebihan? Segera Atasi dengan 5 Tips Jitu Ini!

Hobi Main Video Games Papa Sudah Berlebihan? Segera Atasi dengan 5 Tips Jitu Ini!

Main video games memang mengasyikkan! Tapi kalau sudah berlebihan, akhirnya bikin semua berantakan. Apalagi kalau Mama punya visi yang ...

Read more..


Namun, satu hal yang perlu Mama ingat, semua manfaat di atas bisa didapatkan dengan syarat: anak tetap dibatasi saat main games.

So, peran Mama sebagai pengendali mereka tetaplah penting dan diperlukan ya. Bukan berarti karena manfaatnya cukup banyak, lantas Mama biarkan saja mereka main games tanpa kenal waktu. Ini berlaku untuk Papa juga.

Ingat, segala sesuatu yang berlebihan pasti efeknya kurang baik.

Btw, barangkali Mama juga perlu sesekali main games, supaya nggak stres, Ma. Hahaha.

Nah, selamat menikmati petualangan bersama anak-anak (dan Papa) saat main games ya, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kabar Gembira! Main Games Ternyata Bisa Memberikan 5 Manfaat ini Bagi Anak-Anak (dan Suami)!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ra'idah Azyyati | @raidahazyyati

Silahkan login untuk memberi komentar